Save Page
Efesus 5:32-33
5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat. 5:33 Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Penjelasan:

* Ef 5:32 - Rahasia ini besar
Rahasia ini besar. Maksudnya, sekalipun penjelasan mengenai makna hubungan pernikahan ini telah disinggung dalam Perjanjian Lama (bdg. Kitab Kidung Agung), hal tersebut belum dinyatakan secara jelas sebelum ada Perjanjian Baru. Paulus mengarahkan pikiran kita dari kesatuan pernikahan itu kepada kenyataan yang dilambangkan olehnya.

* Ef 5:33
Rangkuman dari sikap saling tunduk yang diminta Allah di dalam hubungan ini sebagai hasil wajar dari keadaan dipenuhi Roh Kudus.
(2) Anak dengan Orang tua (6:1-4). Sang rasul kini melanjutkan pembahasannya dengan hubungan khusus lainnya, yaitu hubungan anak dengan orang tua, dengan kewajiban yang dikenakan kepada masing-masing pihak.

* Kita tidak boleh mengartikan bahwa dengan perkawinan ini, maka kewajiban seorang laki-laki untuk hubungan-hubungan dengan sesama lainnya menjadi batal. Sebaliknya, yang dimaksud adalah bahwa hubungan ini lebih diutamakan daripada semua hubungan lainnya, karena di dalamnya ada persatuan yang lebih akrab antara kedua pribadi ini daripada dengan orang lain, sehingga laki-laki lebih rela memilih meninggalkan orang lain daripada meninggalkan istrinya. Sehingga keduanya itu menjadi satu daging, artinya, berdasarkan atas ikatan perkawinan itu. Rahasia ini besar (ay. 32). Kata-kata Adam yang baru disebut oleh Rasul Paulus, dikatakan secara harfiah mengenai sebuah perkawinan, namun juga mengandung arti rohani yang tersembunyi, yaitu berkaitan dengan persatuan antara Kristus dan jemaat-Nya, yang dilambangkan oleh persatuan melalui perkawinan antara Adam dan ibu dari kita semua. Walaupun tidak dilembagakan atau ditetapkan oleh Allah untuk makna ini, namun ini merupakan sesuatu perlambang yang bersifat wajar dan memiliki kemiripan di dalamnya, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat. Sesudah semua ini, Rasul Paulus menutup bagian pembicaraannya ini dengan sebuah ringkasan pendek mengenai kewajiban suami dan istri (ay. 33).



SBU

Jumat, 27 April 2018
HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH
Renungan Pagi
MENGASIHI SUAMI
Efesus 5 : 22 - 31

"Hal isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan" (ay.22).

Perikop bacaan kita sering digunakan untuk khotbah perkawinan kristiani. Perkawinan merupakan hubungan antara dua insan, laki-laki dan perempuan yang dipersatukan oleh Allah. Karena itu dua insan yang akan menikah harus mulai dengan keyakinan bahwa Tuhan yang mempersatukan mereka. Tanpa keyakinan yang demikian ini rumah tangga tidak mungkin dapat disatukan dalam arti sesungguhnya. Landasan perkawinan Kristen adalah kasih. Kasih yang didasarkan pada kasih Kristus. Karena itu "seorang isteri" tidak mungkin mengasihi suami, tanpa mengasihi Tuhan. Dengan mengasihi Tuhan maka kasih isteri terhadap suami akan mengaiir.. Bohong, kalau ada isteri yang mengatakan: "saya me-ngasihi suami", tanpa ia mengasihi Tuhan. Azas perkawinan Kristen adalah azas monogami, yaitu per-kawinan antara seorang laki-laki dan seorang perempuan.

Kata seorang hamba Tuhan: "Dalam dunia ada banyak laki-laki, kalau kita mencari laki-laki kita akan mendapat, tapi kita akan kehilang-an suami sebab suami hanya ada satu. Sebaliknya: "dalam dunia ada banyak perempuan, dan dengan mudah kita mendapatkannya, tapi kita kehilangan sebab isteri hanya ada satu. Dalam hubungan ini seorang isteri harus tunduk kepada suami. Kata tunduk disini tidak menunjukkan bahwa isteri lebih rendah dari suami. ini bukan hirarki dalam perkawinan. Karena suami isteri merupakan mitra yang sejajar yang saling memperlengkapi satu dengan yang lain. Tunduk artinya "hormat" kepada suami, seperti jemaat tunduk kepada Kristus.

Seperti jemaat tunduk kepada suami hendak menunjukkan kepada kita bahwa isteri adalah milik suami seperti jemaat adalah milik Kristus. Tunduk tidak berarti "tunduk", sebab dalam kenyataannya ada suami-suami yang takut isteri. Ada isteri yang tidak tunduk, tidak hormat dan tidak mengasihi suami. Tak dapat disangkal ada banyak isteri yang menjengkelkan dan menyebalkan. Rumah tangga langgeng, damai dan bahagia bila isteri mengasihi suami dan sebaliknya. Karena itu hai isteri-isteri, kasihilah suamimu.


Jumat, 27 April 2018
HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH
Renungan Malam
MENGASIHI ISTERI
Efesus 5 : 32-33

"….kasihilah isterimu seperti dlri sendiri…" (ay.33b)

Ketika Tuhan Allah selesai menciptakan laki-laki (Adam), Allah berfirman: "tidak baik kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya yang sepadan dengan dia" (Kej 2:18). Allah menciptakan seorang perempuan, tidak seperti ketika ia menciptakan Adam. la mengambil rusuk laki-laki, dan dari rusuk itu dibangunnyalah seorang perempuan. Disebutnya perempuan sebab diambil dari laki-laki (Kej 2:21,22). Dengan demikian isteri diciptakan dan dihadirkan bagi laki-laki (sebagai suami) sebagai pendamping untuk dikasihi. Perikop bacaan kita mengatakan: suami harus mengasihi isteri-nya seperti Kristus mengasihi jemaat-Nya. Kristus telah menyerah-kan diri-Nya untuk jemaat-Nya. Itu berarti seorang suami harus rela berkorban bagi isterinya.

Seorang suami, tidak mungkin menga-sihi isterinya tanpa kerelaan untuk berkorban. Dalam kenyataan hidup, kita bertemu dengan isteri-isteri yang usianya masih sangat muda, tapi dari wajahnya sudah kelihatan "tua banget". Mengapa? Dan ada apa? Salah satu sebabnya, ka-rena tidak disayang suami. Suami tidak rela berkorban. Karena pengorbanan-Nya, Kristus telah menempatkan jemaat-Nya sebagai vang indah" dan "mulia" dihadapan-Nya. Demikian seharusnya .dilakuKan oleh seorang suami. Pengorbanannya terhadap sang isteri haruslah menempatkan sang isteri sebagai yang indah, mulia dan cantik bagi suami. Seorang suami harus mengasihi isterinya seperti tubuhnya sendiri. Tidak ada orang yang membenci tubuhnya melainkan mengasuh dan merawat tubuhnya.

Berlaku kasar atau berbuat jahat terhadap isteri berarti berbuat jahat dan berlaku kasar terhadap diri sendiri. Kesatuan suami isteri merupakan suatu persekuan yang utuh karena mereka telah dipersatukan menjadi "satu daging". Walter Trobisch mengatakan: "suami isteri yang telah dipersatukan Tuhan ibarat dua kertas tipis yang dilem. Memisahkan dua kertas tipis, itu berarti merobek kertas itu. Masing-masing pihak, dalam hal ini suami isteri akan mengalami akibat daripada perceraian itu. Dan kalau ada anak-anak yang lahir dalam perkawinan, mereka akan menjadi korban perceraian. Mari membangun rumah tangga diatas dasar kasih.

Label:   Efesus 5:32-33 







NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 28 April 2018 - Renungan Malam MELAYANI = MENGASIHI Kolose 2:1-5 - HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 26 April 2018 - BERPEGANG PADA PENGHARAPAN - Ibrani 10:23-25 - HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH

Khotbah Ibadah GPIB - Rabu, 31 Januari 2018 - BAGI YESUS KUSERAHKAN HIDUPKU SELURUHNYA - Efesus 4:25-32 (SGDK)

Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 27 April 2018 - MENGASIHI ISTERI - Efesus 5:32-33 - HARI MINGGU III SESUDAH PASKAH

Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 22 JULI 2018 - BESAR KUASA-NYA - Efesus 1:19-23 - HARI MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA

Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 24 Juli 2018 - BERANI KATAKAN TIDAK PADA GELAP - Efesus 5:6-20 - MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA

Khotbah Ibadah GPIB RABU, 25 JULI 2018 - HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN - Efesus 5:15-21 - MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA

Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 1 NOVEMBER 2018 - PEMBERIAN YANG LUAR BIASA - Efesus 2:8-10 - MINGGU XXII SES. PENTAKOSTA

Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 2 NOVEMBER 2018 - HANYA SATU JALAN KE PADA BAPA - Efesus 2:18-22 - MINGGU XXII SES. PENTAKOSTA

Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 3 NOVEMBER 2018 - PERTUMBUHAN UN TUK KEDEWASAAN - Efesus 4:9-16 - MINGGU XXII SES. PENTAKOSTA

Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 - TELADAN KRISTUS - Efesus 5:31-33 - MINGGU XXIV SES. PENTAKOSTA

Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 27 DESEMBER 2018 - KELUARGA ALLAH - Efesus 2:17-22 - MINGGU SESUDAH NATAL


All Garis Besar:
Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Wahyu

Garis Besar Wahyu

Garis Besar

Prolog
(Wahy 1:1-8)
I. Tuhan yang Diagungkan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yudas

Garis Besar Yudas

Garis Besar

Salam Kristen
(Yud 1:1-2)
I. Penjelasan Menge

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 3 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes

Garis Besar

Salam Kristen
(3Yoh 1:1)
I. Pujian bagi G

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar

Salam Kristen
(2Yoh 1:1-3)
A. Kepada

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar

Pendahuluan
(1Yoh 1:1-4)
I. Persekutuan d

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Petrus

Garis Besar 2 Petrus

Garis Besar

Salam Kristen
(2Pet 1:1-2)
I. Pujian Atas

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Petrus

Garis Besar 1 Petrus

Garis Besar

Salam Kristen
(1Pet 1:1-2)
I. Hubungan Ora

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yakobus

Garis Besar Yakobus

Garis Besar

Salam Kristen
(Yak 1:1)
I. Menghadapi Penco

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ibrani

Garis Besar Ibrani

Garis Besar

I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Filemon

Garis Besar Filemon

Garis Besar

Salam Kristen
(File 1:1-3)
I. Penghargaan T

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Titus

Garis Besar Titus

Garis Besar

Pendahuluan
(Tit 1:1-4)
I. Pengarahan Mengena

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Timotius

Garis Besar 2 Timotius

Garis Besar

Pendahuluan
(2Tim 1:1-4)
I. Pesan Paulus

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Timotius

Garis Besar 1 Timotius

Garis Besar

Pendahuluan
(1Tim 1:1-20)
I. Pengarahan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Tesalonika

Garis Besar 2 Tesalonika

Garis Besar

Salam Kristen
(2Tes 1:1-2)
I. Paulus M

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Tesalonika

Garis Besar 1 Tesalonika

Garis Besar

Salam Kristen
(1Tes 1:1)
I. Terima Kas

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Kolose

Garis Besar Kolose

Garis Besar

Pendahuluan
(Kol 1:1-12)
A. Salam Kriste

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Filipi

Garis Besar Filipi

Garis Besar

Pendahuluan
(Fili 1:1-11)
A. Salam Krist

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Efesus

Garis Besar Efesus

Garis Besar

Salam Kristen
(Ef 1:1-2)
I. Ajaran yang Penu

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Galatia

Garis Besar Galatia

Garis Besar

Pendahuluan
(Gal 1:1-10)
A. Salam

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Korintus

Garis Besar 2 Korintus

Garis Besar

Pendahuluan
(2Kor 1:1-11)
I. Pembelaan P

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Korintus

Garis Besar 1 Korintus

Garis Besar

Pendahuluan
(1Kor 1:1-9)
I. Pembahasan M

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Roma

Garis Besar Roma

Garis Besar

Pendahuluan
(Rom 1:1-17)
I. Kebutuhan Mendesak

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Kisah Rasul

Garis Besar Kisah Rasul

Garis Besar

Pendahuluan
(Kis 1:1-11)
I. Pencurahan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yohanes

Garis Besar Yohanes

Garis Besar

Prolog tentang Logos
(Yoh 1:1-18)
I. Memper

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Lukas

Garis Besar Lukas

Garis Besar

I. Pendahuluan Injil Lukas
(Luk 1:1-4)
II. Ke

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Markus

Garis Besar Markus

Garis Besar

I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus
(Mr 1:1-13)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Matius

Garis Besar Matius

Garis Besar

I. Memperkenalkan Mesias
(Mat 1:1-4:11)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Maleakhi

Garis Besar Maleakhi

Garis Besar

Pendahuluan
(Mal 1:1)
I. Ucapan Ilahi dan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Zakharia

Garis Besar Zakharia

Garis Besar

I. Bagian Satu: Firman Nubuat Dalam Konteks Membangun Kembal

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Hagai

Garis Besar Hagai

Garis Besar

I. Berita Pertama: Selesaikan Pembangunan Bait Suci
(H

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Zefanya

Garis Besar Zefanya

Garis Besar

Pendahuluan
(Zef 1:1)
I. Hukuman dan Hari T

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Habakuk

Garis Besar Habakuk

Garis Besar

Pendahuluan
(Hab 1:1)
I. Pertanyaan-Pertany

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Nahum

Garis Besar Nahum

Garis Besar

Judul
(Nah 1:1)
I. Sifat Allah dan Hukuman-Ny

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Mikha

Garis Besar Mikha

Garis Besar

I. Hukuman atas Israel dan Yehuda
(Mi 1:1-3:12)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yunus

Garis Besar Yunus

Garis Besar

I. Panggilan Allah yang Pertama Kepada Yunus
(Yun 1:1-

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Obaja

Garis Besar Obaja

Garis Besar

I. Hukuman atas Edom
(Ob 1:1-14)
A. Kebin

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Amos

Garis Besar Amos

Garis Besar

Pendahuluan
(Am 1:1-2)
I. Delapan Ucapan Ilahi

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yoel

Garis Besar Yoel

Garis Besar

Pendahuluan
(Yoel 1:1)
I. Malapetaka Yehuda ya

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Hosea

Garis Besar Hosea

Garis Besar

Judul (Hos 1:1)
I. Pernikahan Hosea Menggambarkan Keti

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Daniel

Garis Besar Daniel

Garis Besar

I. Latar Belakang Sejarah Daniel
(Dan 1:1-21)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yehezkiel

Panggilan dan Penugasan Yehezkiel
Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ratapan

Garis Besar Ratapan

Garis Besar

I. Penghancuran Yerusalem
(Rat 1:1-22)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yeremia

Garis Besar Yeremia

Garis Besar

I. Panggilan dan Penugasan Yeremia
(Yer 1:1-19)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yesaya

Garis Besar Yesaya

Garis Besar

I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran
(Yes

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Kidung Agung

Garis Besar Kidung Agung

Garis Besar

Judul
(Kid 1:1)
I. Syair Pertama: Memp

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Pengkhotbah

Garis Besar Pengkhotbah

Garis Besar

Judul
(Pengkh 1:1)
I. Pendahuluan: Kesi

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Amsal

Garis Besar Amsal

Garis Besar

I. Prolog: Maksud dan Tema-Tema Amsal
(Ams 1:1-7)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Mazmur

Garis Besar Mazmur
Garis Besar

I. Kitab 1 !!: Mazmur 1-41
(Mazm 1:1-41:13)
II. Kitab 2 !!: Ma

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ayub

Garis Besar Ayub

Garis Besar

I. Prolog Prosa: Krisisnya
(Ayub 1:1-2:13)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ester

Garis Besar Ester

Garis Besar

I. Pemeliharaan Allah Dalam Penempatan Seorang Ratu
(E

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Nehemia

Garis Besar Nehemia

Garis Besar

I. Membangun Kembali Tembok Yerusalem: Dipimpin oleh Nehemia<

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ezra

Garis Besar Ezra

Garis Besar

I. Rombongan Pertama Orang Buangan yang Kembali ke Yerusalem

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Tawarikh

Garis Besar 2 Tawarikh

Garis Besar

I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahanny

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Tawarikh

Garis Besar 1 Tawarikh

Garis Besar

I. Silsilah-Silsilah: Adam Sampai Pemulihan
(1Taw

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Raja-raja

Garis Besar 2 Raja-raja

Garis Besar

I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda
(2Raj

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Raja-raja


Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Samuel

Garis Besar 2 Samuel

Garis Besar

I. Keberhasilan Daud yang Luar Biasa Sebagai Raja
(

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Samuel

Garis Besar 1 Samuel

Garis Besar

I. Samuel: Seorang Nabi yang Menjadi Pemimpin Israel

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Rut

Garis Besar Rut

Garis Besar

I. Kemalangan Naomi
(Rut 1:1-5)
II. Naomi dan R

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Hakim-hakim

Garis Besar Hakim-hakim

Garis Besar

I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yosua

Garis Besar Yosua
Garis Besar

I. Persiapan untuk Masuk dan Menduduki Kanaan
(Yos 1:1-5:15)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ulangan

Garis Besar Ulangan

Garis Besar

Pendahuluan
(Ul 1:1-5)
I. Wejangan Musa I:<

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Bilangan

Allah Mempersiapkan Angkatan Keluaran untuk Memperoleh Tanah Perjanjian
Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Imamat

Garis Besar Imamat

Garis Besar

I. Cara Menghampiri Allah: Pendamaian
(Im 1:1-16:34)<

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Keluaran


Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Kejadian


Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah




songbatak.com-karaoke








Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

KAMIS, 31 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,

lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,