Save Page
Minggu 9 September 2018,
XV Dob Trinitas     
2 Korintus 11:7-16     
Paulus tidak mementingkan diri
11:7 Apakah aku berbuat salah, jika aku merendahkan diri untuk meninggikan kamu, karena aku memberitakan Injil Allah kepada kamu dengan cuma-cuma? 11:8 Jemaat-jemaat lain telah kurampok dengan menerima tunjangan dari mereka, supaya aku dapat melayani kamu! 11:9 Dan ketika aku dalam kekurangan di tengah-tengah kamu, aku tidak menyusahkan seorangpun, sebab apa yang kurang padaku, dicukupkan oleh saudara-saudara yang datang dari Makedonia. Dalam segala hal aku menjaga diriku, supaya jangan menjadi beban bagi kamu, dan aku akan tetap berbuat demikian. 11:10 Demi kebenaran Kristus di dalam diriku, aku tegaskan, bahwa kemegahanku itu tidak akan dirintangi oleh siapapun di daerah-daerah Akhaya. 11:11 Mengapa tidak? Apakah karena aku tidak mengasihi kamu? Allah mengetahuinya. 11:12 Tetapi apa yang kulakukan, akan tetap kulakukan untuk mencegah mereka yang mencari kesempatan guna menyatakan, bahwa mereka sama dengan kami dalam hal yang dapat dimegahkan. 11:13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. 11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. 11:15 Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka. 11:16 Kuulangi lagi: jangan hendaknya ada orang yang menganggap aku bodoh. Dan jika kamu juga menganggap demikian, terimalah aku sebagai orang bodoh supaya akupun boleh bermegah sedikit.


Penjelasan:

* 2Kor 11:7 - Apakah aku berbuat salah // aku merendahkan diri // cuma-cuma
Apakah aku berbuat salah menunjukkan seriusnya tuduhan yang dilancarkan terhadap Paulus. Dalam aku merendahkan diri kita dapat melihat ajaran (Mat. 18:4; 23:12) dan teladan (Flp. 2:8) dari Yesus. Soal "meninggikan" jemaat di Korintus adalah dari kedalaman kegelapan kafir menuju kepada ketinggian persekutuan dengan Allah (bdg. Ef. 2:1 dst.; I Ptr. 2:9, 10). Tentang cuma-cuma lihat II Korintus 12:14; Kisah Para Rasul 20:33-35; I Korintus 9:4-18; I Tesalonika 2:9. 8,

* 2Kor 11:9 - tunjangan // jemaat // jemaat lain // dicukupkan oleh saudara-saudara yang datang dari Makedonia // jangan menjadi beban
Kemarahan Paulus yang sah terhadap tuduhan-tuduhan palsu membuat dia memakai bahasa yang keras di dalam membela dirinya. (1) Dia mengambil tunjangan dari jemaat-jemaat lain. (2) Kebutuhannya yang mendesak di Korintus dicukupkan oleh saudara-saudara yang datang dari Makedonia (bdg. Flp. 4:15, 16). (3) Sikapnya yang teguh ialah menjaga agar dirinya jangan menjadi beban bagi mereka.

* 2Kor 11:10 - di dalam diriku // dirintangi
Ayat ini merupakan sebuah pernyataan yang kuat dengan penekanan pada di dalam diriku: "Kebenaran Kristus ada di dalam .diriku sehingga kemegahanku tidak akan dirintangi di wilayah Akhaya." Kata dirintangi (phrasso) di bagian Perjanjian Baru lainnya dipakai dalam Roma 3:19; Ibrani 11:22.

*  2Kor 11:11
Paulus meminta Allah untuk menjadi saksi bahwa dirinya mengasihi jemaat di Korintus sekalipun mereka memiliki motivasi yang salah terhadapnya (bdg. 12:15).

*  2Kor 11:12 - sama dengan kami,
Ayat ini telah menimbulkan aneka terjemahan dan tafsiran. Tiga hal tampak jelas: (1) Paulus akan melanjutkan sikapnya untuk tidak meminta tunjangan dari jemaat di Korintus. (2) Sikap tentang keuangan ini merupakan tanggapan yang dimaksudkan untuk mengalahkan para guru palsu. (3) Setelah tidak ada tuduhan yang dapat dilancarkan kepada Paulus mengenai pokok ini, para guru palsu tersebut akan terdapat sama dengan kami, maksudnya: dihakimi menurut tolok ukur yang sama; keunggulan yang mereka banggakan akan menghilang.

* 2Kor 11:13 - rasul-rasul palsu // pekerja-pekerja curang; // menyamar sebagai rasul-rasul Kristus // itu // menyamar,
Paulus melukiskan mereka yang menentang dirinya sebagai berikut: (1) watak mereka - rasul-rasul palsu: (2) ketidakjujuran mereka - pekerja-pekerja curang; (3) penyamaran mereka - menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. Tentang itu lihat 3:12. Kata kerja metaschematizo, yang diterjemahkan dengan menyamar, berbeda dengan kata metamorphoo dalam 3:18 seperti perubahan lahiriah berbeda dengan perubahan batiniah.

*  2Kor 11:14 - Tidak usah mengherankan // sebagai malaikat Terang
Tidak usah mengherankan (thauma di bagian lain Perjanjian Baru hanya dalam Why. 17:6) bahwa Iblis mengubah dirinya (tindakan kebiasaan yang ditunjukkan dari bentuk waktu tengah sekarang) sebagai malaikat Terang (bdg. Kej. 3:5; Ayb. 2:1; Yes. 14:13 dst.; Yeh. 28:1-19; Mat. 4:8, 9; II Tes. 2:4).

* 2Kor 11:15 - Pelayan-pelayan // menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran?
Pelayan-pelayan Iblis tersebut meniru kesesatan pimpinan mereka (bdg. Yoh. 8:44), bermegah di dalam perlengkapan teologis ciptaannya dan akhirnya mengalami kebinasaan dalam kemusnahan yang sudah ditetapkan sebelumnya (bdg. Mat. 7:22, 23; 25:41; Why. 20:10, 15). Bagaimanakah orang-orang semacam itu, yang masih ada juga bersama dengan kita saat ini, menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran? (1) Dengan menolak kebenaran Allah sambil bersikukuh menekankan jasa baik dari kebenaran manusia. (2) Dengan menyangkal semua akibat fatal dari dosa terhadap kebenaran asli manusia dengan cara bersikukuh bahwa sifat manusia pada dasarnya benar. (3) Dengan meniadakan kebenaran yang diperhitungkan bagi orang percaya karena Kristus (bdg. 5:21) sambil tetap bersikukuh bahwa kematian-Nya masih memiliki efek moral bagi umat manusia. (4) Dengan mempersoalkan kebenaran mutlak Kristus sambil bersikukuh bahwa kehidupan-Nya, sekalipun tidak sempurna, tetap layak diteladani.

* 2Kor 11:16 - bodoh
Kata bodoh (aphron) secara seragam diterjemahkan demikian (11:19; 12:6, 11; Luk. 11:40; 12:20; Rm. 2:20; I Kor. 15:36; Ef. 5:17; I Ptr. 2:15). Artinya ialah "tanpa pikiran" - bertindak "tanpa dipikir atau direnungkan" (Thayer).

* Rasul Paulus membandingkan dirinya dengan rasul-rasul palsu itu di dalam hal yang khusus ini, yaitu dalam hal memberitakan Injil kepada orang-orang Korintus dengan cuma-cuma, tanpa upah. Inilah yang paling ditekankan oleh Rasul Paulus. Dan ia menunjukkan kepada orang-orang Korintus itu, seandainya mereka tidak mau mengakuinya sebagai pelayan Kristus, seharusnya mereka mau mengakui bahwa ia telah menjadi seorang sahabat yang baik bagi mereka. Sebab,
    1. Ia telah memberitakan Injil dengan cuma-cuma kepada mereka (ay. 7-10). Ia telah membuktikan dengan panjang lebar di dalam surat kerasulannya yang pertama kepada mereka, bahwa sesuai dengan hukum, para pelayan akan menerima pembiayaan hidup dari jemaat, dan merupakan kewajiban jemaatlah untuk memberikan penghidupan yang layak dan terhormat kepada para pelayan itu. Dan di sini ia berkata bahwa ia sendiri telah menerima tunjangan dari jemaat-jemaat lain (ay. 8), jadi ia pun mempunyai hak untuk meminta dan menerima tunjangan dari mereka. Namun, ia melepaskan haknya itu, dan memilih untuk lebih baik merendahkan dirinya dengan melakukan pekerjaan tangan membuat tenda supaya dapat menghidupi diri sendiri, daripada menjadi beban bagi mereka, supaya mereka dapat ditinggikan, atau didorong untuk menerima Injil, yang telah mereka peroleh dengan begitu murah. Ya, ia memilih lebih baik menerima tunjangan dari Makedonia daripada menuntut dari mereka.
    2. Ia memberi tahu mereka alasan mengapa ia berbuat demikian di tengah-tengah mereka. Itu bukanlah karena ia tidak mengasihi mereka (ay. 11),  atau tidak bersedia menerima tanda kasih mereka (sebab kasih dan persahabatan diwujudkan dengan saling memberi dan menerima), melainkan untuk menghindari membuat marah orang lain, supaya ia dapat mencegah kesempatan bagi orang yang mengingini kesempatan. Ia tidak mau memberi kesempatan kepada siapa pun untuk menuduhnya sebagai memiliki maksud-maksud duniawi dalam memberitakan Injil, atau menuduhnya menjadikan Injil sebagai barang dagangan untuk memperkaya diri sendiri. Ia juga ingin mencegah orang-orang lain di Korintus yang memusuhi dirinya mengambil keuntungan dari hal ini untuk menyerang dirinya, di mana mereka dapat menyatakan bahwa dalam hal ini mereka dapat dimegahkan sama dengan Rasul Paulus (ay. 12). Mungkin saja untuk menganggap bahwa pemimpin para guru palsu di Korintus itu, atau beberapa orang di antara mereka, adalah orang-orang yang kaya, dan mereka mengajar (atau menyesatkan) orang-orang di Korintus itu dengan bebas. Orang-orang ini mungkin saja bisa menuduh Rasul Paulus atau kawan-kawan sekerjanya sebagai orang-orang yang tamak uang, yang menerima gaji atau upah. Itulah sebabnya Rasul Paulus tetap teguh pada pendiriannya untuk tidak menuntut tunjangan hidup dari siapa pun juga di antara orang-orang Korintus itu.

Rasul-rasul palsu itu dituduh sebagai pekerja-pekerja palsu (ay. 13). Tuduhan ini disampaikan karena mereka menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. Dan walaupun sesungguhnya mereka adalah pelayan-pelayan Iblis, mereka tampak seperti pelayan-pelayan kebenaran. Mereka giat dan rajin memajukan hal-hal yang menyimpang, sama giat dan rajinnya seperti para rasul dalam memberitakan kebenaran. Mereka berusaha keras untuk merusak kerajaan Kristus sebagaimana para rasul giat membangunnya. Di dalam Perjanjian Lama ada nabi-nabi palsu yang mengenakan pakaian nabi dan mempelajari gaya bahasa nabi-nabi Tuhan. Begitu juga di zaman Perjanjian Baru, ada rasul-rasul palsu yang dalam banyak hal tampak menyerupai rasul-rasul Kristus yang sejati. Hal itu tidaklah mengherankan (kata Rasul Paulus). Kemunafikan merupakan hal yang tidak perlu banyak diherankan di dunia ini, khususnya ketika kita memikirkan besarnya pengaruh Iblis atas pikiran banyak orang, dia yang menguasai dan memerintah di dalam hati orang-orang durhaka. Sebagaimana Iblis dapat menyamar menjadi berbagai macam bentuk, mengenakan hampir berbagai bentuk yang ada, dan kadang-kadang tampak seperti malaikat Terang, supaya dapat memajukan kerajaan kegelapannya, begitu jugalah ia akan mengajar para pelayannya dan kaki tangannya untuk melakukan hal yang sama. Namun, ini akan diikuti dengan, kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka (ay. 15). Kesudahan mereka akan mengungkapkan bahwa sesungguhnya mereka adalah pekerja-pekerja curang, sedangkan pekerjaan mereka sendiri akan berakhir di dalam puing-puing dan kebinasaan.

Label:   2 Korintus 11:7-16 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu 16 September 2018, XVI Dob Trinitas - Rut 2: 8-16

PREV:
Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM Minggu, 2 September 2018, XIV Dob Trinitas - 1 Raja-raja 17:7-16

Garis Besar 2 Korintus




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,