Save Page

Rabu, 2 Mei 2018
MELIHAT RANCANGAN TUHAN DAN BERTINDAK DIDALAMNYA
Rut 4:13-17 (SGDK)
Hari Minggu IV Sesudah Paskah

Rut 4:13-17
4:13 Lalu Boas mengambil Rut dan perempuan itu menjadi isterinya dan dihampirinyalah dia. Maka atas karunia TUHAN perempuan itu mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki. 4:14 Sebab itu perempuan-perempuan berkata kepada Naomi: "Terpujilah TUHAN, yang telah rela menolong engkau pada hari ini dengan seorang penebus. Termasyhurlah kiranya nama anak itu di Israel. 4:15 Dan dialah yang akan menyegarkan jiwamu dan memelihara engkau pada waktu rambutmu telah putih; sebab menantumu yang mengasihi engkau telah melahirkannya, perempuan yang lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki." 4:16 Dan Naomi mengambil anak itu serta meletakkannya pada pangkuannya dan dialah yang mengasuhnya. 4:17 Dan tetangga-tetangga perempuan memberi nama kepada anak itu, katanya: "Pada Naomi telah lahir seorang anak laki-laki"; lalu mereka menyebutkan namanya Obed. Dialah ayah Isai, ayah Daud.

Penjelasan:



* Rut 4:13 - Lalu Boas mengambil Rut dan perempuan itu . . . melahirkan seorang anak laki-laki // maka atas karunia Tuhan perempuan itu mengandung Lalu Boas mengambil Rut dan perempuan itu . . . melahirkan seorang anak laki-laki. Pernikahan itu diberkati oleh Allah.

Dalam bentuk pengajaran Alkitab yang khas istilahnya ialah maka atas karunia Tuhan perempuan itu mengandung. Anak-anak dipandang sebagai kepercayaan yang suci dari Tuhan.

* Rut 4:15 - Dialah yang akan menyegarkan jiwamu // Menantumu ... lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki Dialah yang akan menyegarkan jiwamu. Karena putra-putra Naomi sudah meninggal, harapan untuk melanjutkan keturunannya sudah tidak ada. Pernikahan Rut dan putra yang dilahirkan olehnya membawa harapan akan suatu keluarga baru di Israel. Menantumu ... lebih berharga bagimu dari tujuh anak laki-laki. Tujuh anak laki-laki tentu merupakan petunjuk tentang berkat Allah (bdg. I Sam. 2:5; Ayb. 1:2). Tetapi Naomi mempunyai seorang menantu

perempuan yang ketika melahirkan anak laki-lakinya memberikan penghiburan bagi Naomi atas kematian dua orang anak laki-lakinya sendiri.

* Rut 4:16 - Naomi mengambil anak itu ... dan dialah yang mengasuhnya
Naomi mengambil anak itu ... dan dialah yang mengasuhnya. Ini sering ditafsirkan sebagai upacara adopsi.

* Rut 4:17 - Mereka menyebutkan namanya Obed. Dialah ayah Isai, ayah Daud
Mereka menyebutkan namanya Obed. Dialah ayah Isai, ayah Daud. Obed artinya "penyembah," "hamba," "budak." Nama ini sering kali dipadukan dengan nama-nama Allah Israel atau dewa-dewa kafir seperti Obaja, Obed-Edom, Ebednego dan Abdullah.

* Pria dan wanita ideal.
Semua yang diimpikan seorang wanita tentang pria ideal di masa sekarang ada dalam diri Boas: kaya, pandai, berwibawa, rendah hati, dan berkepribadian menarik. Dan, semua yang diimpikan seorang pria tentang wanita idealnya, ada dalam diri Rut: lemah lembut, tak pantang menyerah, taat dan mengasihi orang tua. Ketika bertindak memikul beban sebagai penebus menurut adat yang berlaku, Boas tidak bermimpi akan memperoleh seorang pendamping seperti Rut. Begitu pula dengan Rut. Ketika melaksanakan anjuran Naomi, Rut tidak berharap akan menjadi pendamping Boas. Tetapi rencana Allah mempersatukan mereka dalam pernikahan. Sekali seumur hidup. Seandainya setiap orang yang telah dan akan berkeluarga menyadari arti pernikahan, maka tidak akan terjadi perceraian. Bila ada pernikahan berada di ambang kehancuran, dapat dipastikan bahwa pernikahan itu tidak didasarkan atas dasar-dasar pertimbangan yang matang dan benar, juga tidak melibatkan watak dan pembinaan karakter pelaku-pelakunya.


SBU



Rabu, 02 Mei 2018
Renungan Pagi
Melalui Hikmat, Tuhan Menebus (Rut 4:7-12)

"Beginilah kebiasaan dahulu di Israel dalam hal menebus dan menukar: …" (ayat 7)

Pernah membaca iklan penjualan barang (misalnya, sembako) yang berbungi: "tebus, Rp. 15,000,-"  Dua hal yang perlu diperhatikan: 1) istilah tebus digunakan untuk menjelaskan praktek membeli barang itu; dan 2) penebusan dilekatkan dengan uang.  Terlepas dari cocok atau tudak penggunaan kata tebus disejajarkan dengan membeli dan dilekatkan dengan uang, perikop ini mengajak kita untuk melihat bahwa "dengan-dan-melalui hikmat, Tuhan menebus".

Dua kata kunci untuk memahami hal itu: 1) istilah go‘el dan 2) melepaskan kasut di ayat 7.  Istilah go‘el di ayat 4 meiliki arti next-of-kin, artinya: relatif terdekat dari Elimelekh.  Tetapi praktek serah terima tanggung jawab dari seseorang terdekat dari Elimelekh, atau next-of-kin, di ayat 4 kepada Boas telah menggeser arti go‘el  sebagai next-of-kin menjadi go‘el sebagai redeemer atau penebus (F. J. Taylor 1964:186).  Memang, go‘el di dalam kosa kata Ibrani memiliki dua arti.  Lalu, perubahan arti berhubungan dengan kalimat "melepaskan kasut" di ayat 7.  Tindakan melepas kasut adalah peristiwa kudus di dalam iman Yahudi karena berakar di Kejadian 3:5.  Oleh karena itu, perubahan makna go‘el dari next-of-kin ke redeemer memiliki makna kudus, yaitu: ada rencana Tuhan bagi Naomi, Rut dan Boas.

Rencana Tuhan atas Naomi dan Rut adalah suatu rancangan keselamatan.  Lalu, rencana Tuhan atas Boas adalah Tuhan ingin Boas menjadi alat Tuhan yang menggenapi rancangan keselamatan itu.  Jadi, perikop saat ini mengajak kita untuk melihat bahwa Tuhan menebus dengan-dan-melalui hikmat.  Dengan-dan-melalui hikmat, Tuhan menyatakan kehadiran dan rencana-Nya, kita diajak untuk melihat pentingnya kata-kata penuh hikmat dan menjadi berhikmat.  Itu berarti berkata benar, berpikir benar, dan bertindak benar adalah bagian dari menjadi alat Tuhan.



Rabu, 02 Mei 2018
Renungan Malam
Melihat Rancangan Tuhan dan Tindakan Kita di Dalamnya
Rut 4:13-17
"Dan tetangga-tetangga perempuan memberi nama kepada anak itu, …" (ayat 17)

Melihat renungan beberapa hari terakhir tentang Kitab Rut telah membawa kita untuk menyimpulkan bahwa Kitab Rut memberi kesaksian tentang suatu kenestapaan yang dapat berakhir dengan kesukacitaan.  Tidak salah.  Tetapi, ingat, hal itu terjadi karena ada rencana Tuhan di sana, dan di rencana itu Tuhan hadir melalui hikmat.

Perikop ini mengajak kita untuk merenungkan tentang satu rencana Tuhan dan bagaimana Tuhan bekerja melalui satu peristiwa dan orang-orang tertentu untuk menjalankan rencana-Nya itu.  Mari belajar dari Rut.  Ia melalui kenestapaan dengan kesetiaan, dan hikmat Tuhan.  Untuk menyingkapkan rencana-Nya, Tuhan bekerja melalui orang-orang seperti Boas, dan Tuhan melengkapi orang-orang yang menjadi alat-Nya dengan hikmat.

Di dalam kehidupan manusia yang penuh nestapa, Tuhan bekerja menjalankan rencana-Nya.  Melalui pernikahan Rut dan Boas, Rut menjadi nenek moyang dari Raja Daud.  Perhatikan Matius 1:1 yang menyatakan: "inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham."  Kini, mari kita bertanya apakah rencana Tuhan bagi diri kita masing-masing, keluarga kita, jemaat kita dan masyarakat kita?  Sesungguhnya, tidak mudah memahami rencana Tuhan di dalam hidup ini.  Bahkan, ketika kesulitan melanda, justru kesulitan itu membuat kita larut dan tenggelam di dalamnya sehingga kita tidak bisa melihat rencana Tuhan di tengah kesulitan tersebut.

Hikmat Tuhan menuntun Rut untuk setia, dan mengisolasi semua keinginannya.  Rut peka bahwa kesetiaannya dituntun oleh Tuhan.  Rut tahu bahwa kesetiaannya tidak membawanya kepada celaka.  Di sisi yang lain, hikmat Tuhan menuntun Boas untuk tidak melakukan penyalahgunaan hal baik yang ia miliki, yaitu kuasa dan kekayaannya, di saat Boas dipakai Tuhan untuk menyatakan rencana-Nya.  Boas tidak menyalahgunakan hal baik yang dimiliki untuk mengeksploitasi Rut, dan menyalurkan keinginannya sebagai suatu exchange (pertukaran) dengan kebaikan yang ia berikan.

Label:   Rut 4:13-17 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 03 Mei 2018 - Rencana Tuhan: Bersandar Kepada-Nya Saja! - 2 Raja-Raja 4:8-24

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 01 Mei 2018 - Berbudaya Itu Berhikmat dan Tidak Membinasakan - Rut 4:1-6





November 17-23 (Week 47) - Ezra 1-2; John 21 || Ezra 3-4; Psalm 92; 1 John 1 || Haggai; Zechariah 1; Ps 138; 1 John 2 || Zech 2-5; Psalm 93; 1 John 3 || Zech 6-8; 1 John 4

Hari ini, 23 November - 1 Korintus 9-12

Hari ini, 23 November - Maz 129:1-7, Yeh 31-32, Yak 4, Ams 29:14-15

Hari ini, 23 Nopember - Yohanes 13:12-17, Yudas 1-7, Ayub 21:1-21, Daniel 7-8

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
Contoh Tata Ibadah Natal Tahun Lalu
TATA IBADAH MALAM NATAL KELUARGA 24 DESEMBER, TATA IBADAH MALAM NATAL 24 DESEMBER, NATAL 25 DESEMBER, NATAL 26 DESEMBER, MALAM TH BARU 31 DESEMBER, TAHUN BARU 1 JANUARI, TATA IBADAH MALAM TAHUN BARU KELUARGA 31 DESEMBER, TATA IBADAH JAMUAN KASIH NATAL
Tata Ibadah HUT ke-37 Pelkat PT GPIB

Tata Ibadah Syukur HUT ke 71 GPIB - Minggu, 3 November 2019





New Submit

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah tentang kristuslah raja,   bahan khotbah rut 4 : 11-14,   lagu menyak sikan ku ber sama mu,   judul SBU 3 des 2019,   judul SBU 3 des 2019,   SBU 3 des 2019,   dalam segala perkara tuhan punya rencana mp3,   cerita sekolah minggu tentang Roma 3:1-8,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   eksposisi mazmur 16:11,   khotbah: merendahkan diri di bawah tangan allah yang kuat.,   Liturgi katolik 1 desember 2019 Liturgi katolik 1 desember 2019,   lirik lagu pelengkap kidung jemaat,   Khotbah Habakuk 3:1-6,   Khotbah minggu tanggal 24 november 2019 habakuk 3:1-6,   lirik lagu hai muliakan rajamu,   Tema renungan hotbah 2019,   lagugereja.com,   lagugereja.com,   lagugereja.com,   lagugereja.com,   lagugereja.com,   khotbah 24 november 2019,   khotbah 24 November 2019,   tata ibadah natal sangihe,   lagu persekutuan,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   Renungan Katolik 24 november 2019,   tema natal terbaru,   Kotbah Pesta Kristus Raja Semesta Alam 2019,   natal pertama not angka,   KPPK Kasih Allah,   struktur organisasi persekutuan doa,   kotbah kristen gmim nahum 1:1-8,   renungan bilangan 2 34,   Download lagu rohani kristen masa epifania ,   contoh kehidupan Berita renungan nAHUM 1:1-8,   tafsiran kitab habakuk 3:1-6,   jesus ma bahenonmu goarna,   sabda gereja gpib,   renungan Habakuk 3:1-6,   Renungan Habakuk 3 : 1-6,   khotbah Habakuk 3 : 1-6,   Khotbah kristen dari kitab efesus 3:14-21,   doa persembahan syukur,   kalender liturgi katolik 2020,   doa persembahan syukur,   jamita partangiangan matius 6:47-50,   lagugereja.com,   khotbah kristen bulan november 2019,   Khotbah Habakuk 3:1-6,   lagu jecklin celose mp3 arti kehadiranmu,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   lagu anak sekolah minggu terbaru 2019,   download liturgi gmit tanggal 24 november 2019,   sabda bina umat 22 november 2019 ,   lagu kemenangan iman,   gb 402c,   gita bakti pdf,   gita bakti pdf,   apa yg Tuhan kehendaki dalam kitab ibrani 11:1-6,   lagu kristen pantekosta,   renungan kitab nahum,   ilustrasi 2 tesalonika 3:1-15,   Kotba greja katolik minggu tgl 24 november 2019,   lirik lagu penyembahan kolekte,   free download mp3 kj 400 kudaki jalan mulia,   eksposisi lukas 23:33-43,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   Jamita epistel : mateus 13 : 47 - 50,   Khotbah ayub 7:7-10,   lagu persembahan rohani,   Khotbah Kristen Habakuk 3 ayat 1 - 19,   khotbah minggu 17 november 2019,   lirik lagu sukacita persembahan,   partitur lagu natal,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   Liturgi gereja katolik desember 2019-november 2020, tahun YA.,   Khotbah ayub 7:7-10,   2 tesalonika 3:6-13,   Kotbah Hari Minggu Pesta Raja Semesta Alam 2019,   khotbah natal dalam kitab matius pasal 2 ayat 1-12,   bukalah mata hatiku lirik,   lagu-lagu christmas carol,   lagu penutup ibadah,   jamita Habakuk 3 : 1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   renungan nahum 1:1-8,   kelender luturgi bulan november 2019,   renungan kristen tentang mazmur 82,   Khotbah kristen dari kitab yesaya 48:17-19,   kotbah acwc 2019,   khotbah berkati dan lindungi kami perjanjian lama,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   materi khotbah mazmur 127:1 - 5, anak panah di tangan Tuhan,   di saat ini david graham chord,   lirik timor rohani rab,   sbu gpib Desember 2019,   khotbah. maleakhi. 4: 1-2a,   efesus 4 : 28,   khotbah habakuk 3:1-6,   lagu gereja 2019 kristen,   tata ibadah natal 25 Desember 2019,   lirik gita bakti 22,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   bahan khotbah UEM,   khotbah minggu 24 november 2019,   kc 140,    ucapan doa menabur persembahan,   kalender liturgi 2020,   lirik firman mu pelita,   partitur lagu kumbayah my lord,   KHotbah habakuk 3:1-6,   ayat alkitab angkat sidi,   kotbah roma1:18-25,   khotbah Hosea 8:1-14,   bahan kotbah roma 1:8-15,   Donload lagu lagu natal,   lagu yang berhubungan dengan bait allah,   nahum 1 : 2-8,