Save Page

Roma 14:13-23
Jangan memberi batu sandungan
14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung! 14:14 Aku tahu dan yakin dalam Tuhan Yesus, bahwa tidak ada sesuatu yang najis dari dirinya sendiri. Hanya bagi orang yang beranggapan, bahwa sesuatu adalah najis, bagi orang itulah sesuatu itu najis. 14:15 Sebab jika engkau menyakiti hati saudaramu oleh karena sesuatu yang engkau makan, maka engkau tidak hidup lagi menurut tuntutan kasih. Janganlah engkau membinasakan saudaramu oleh karena makananmu, karena Kristus telah mati untuk dia. 14:16 Apa yang baik, yang kamu miliki, janganlah kamu biarkan difitnah. 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. 14:18 Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia. 14:19 Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun. 14:20 Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! Segala sesuatu adalah suci, tetapi celakalah orang, jika oleh makanannya orang lain tersandung! 14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu. 14:22 Berpeganglah pada keyakinan yang engkau miliki itu, bagi dirimu sendiri di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. 14:23 Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.


Penjelasan:


*  Rm 14:13 - jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung
Paulus menasihati para pembacanya untuk berhenti saling menghakimi dan agar jangan kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung. Di dalam ayat 14 Paulus menunjukkan bahwa dia berpihak pada orang Kristen yang lebih kuat. Paulus tahu bahwa tidak ada sesuatu pun yang najis dari dirinya sendiri. Tetapi bagi orang yang menganggap sesuatu adalah najis, maka sesuatu itu najis bagi orang tersebut.

* Rm 14:15 - Janganlah engkau membinasakan saudaramu oleh karena makananmu, karena Kristus telah mati untuk dia
Sekalipun demikian. makanan tidak boleh menjadi penyebab terlukanya perasaan sesama saudara seiman. Perasaan terluka semacam itu dapat menyeret seseorang makin jauh dari Kristus. Janganlah engkau membinasakan saudaramu oleh karena makananmu, karena Kristus telah mati untuk dia. Di dalam membahas istilah "membinasakan" (apollumi), Arndt menulis ayat ini di bawah judul, "Mengenai kebinasaan abadi" (apollumi, Arndt, La, alpha, hlm. 94). Dengan demikian masalah-masalah non-moral bisa menjadi masalah moral apabila kemudian masalah-masalah tersebut menghancurkan persekutuan seseorang dengan Kristus.

* Rm 14:16
Kebebasan Kristen merupakan salah satu hal baik dari iman Kristen. Tetapi seorang Kristen jangan bertindak sedemikian rupa sehingga hal yang baik ini dihujat orang.

* Rm 14:17-19 - berkenan pada Allah // dihormati oleh manusia
Perhatikan bahwa kerajaan atau pemerintahan Allah merupakan suatu kenyataan yang sudah ada sekarang. Kerajaan Allah didefinisikan sebagai cara hidup Kristen: perilaku yang benar, damai sejahtera atau harmoni, dan sukacita. Hal ini adalah dalam lingkungan Roh Kudus (bdg. 8:9) yang memberikan kemampuan kepada orang-orang percaya untuk berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia. Sebaliknya daripada terlibat dalam percekcokan, Paulus menasihati orang-orang percaya agar mengusahakan hal-hal yang mendatangkan damai sejahtera dan pembangunan sesama orang percaya.

*  Rm 14:20-21 - Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! // karenanya orang lain tersandung
Janganlah engkau merusakkan pekerjaan Allah oleh karena makanan! Sekalipun segala sesuatu adalah suci, makanan menjadi kejahatan apabila karenanya orang lain tersandung. Tersandung karena apa atau karena siapa? Jika tersandung karena keberatan orang lain, maka orang Kristen yang lebih kuat yang dianggap melakukan tindakan makan. Jika tersandung karena dirinya sendiri, maka yang makan adalah orang Kristen yang lebih lemah. Konteks dalam ayat 21 lebih pandangan pertama.

* Rm 14:22-23 - Berpeganglah pada keyakinan yang engkau miliki itu, bagi dirimu sendiri di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman (keyakinan). Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa // Keyakinan

Berpeganglah pada keyakinan yang engkau miliki itu, bagi dirimu sendiri di hadapan Allah. Berbahagialah dia, yang tidak menghukum dirinya sendiri dalam apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan. Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman (keyakinan). Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa. Di sini dijelaskan bahwa setiap orang harus memiliki patokan untuk tindakannya. Dengan patokan yang benar tidak akan ada masalah nurani mengenai makanan; tetapi dengan patokan yang salah, misalnya patokan yang dibawa dari cara hidup Lama, mendatangkan kutukan. Keyakinan ialah kepastian bahwa patokan yang dimiliki itu benar. Tanpa suatu landasan yang benar untuk menentukan sikap, orang percaya bisa disadarkan akan dosa oleh nuraninya sendiri, padahal sebetulnya tidak ada dosa. Sangat penting bagi seorang percaya untuk memberikan patokan yang benar bagi nuraninya. dan untuk membantu sesama saudara seimannya agar memperoleh patokan yang benar ini pula. Dia harus menghindari apa pun yang mencegah sesama saudara seiman dari memperoleh patokan yang benar dan apa pun yang memisahkan sesama saudara seiman dari Kristus.


SBU


Selasa, 15 Mei 2018
Renungan Pagi
KJ 5:1 - berdoa
KEDAMAIAN HATI, BERKAT BAGI SESAMA
Roma 14 : 1 - 12

".......dan semua orang akan memuliakan Allah" (ayat 11)

Tak seorang pun pernah dihormati karena apa yang dia terima.  Kehormatan adalah penghargaan bagi orang yang telah memberikan sesuatu yang berarti. (Calvin Coolidge). – ‘Bagaimana seharusnya kehidupan orang-orang beriman kepada Yesus?

Paulus sangat menekankan kasih Allah yang menyelamatkan melalui  Yesus Kristus Putera-Nya. Dengan demikian manusia didamaikan dengan Allah berkat iman mereka; manusia dibenarkan karena iman.  Melalui pembenaran oleh iman dan damai sejahtera dengan Allah, manusia memperoleh kasih karunia. Di atas kasih karunia itulah orang-orang yang telah dibenarkan berdiri kokoh-teguh. Dengan beriman, manusia senantiasa berharap akan menerima kemuliaan Allah. Hasil dari pembenaran itu adalah kasih Allah yang menyelamatkan.

Karena itu dengan pengalamannya sendiri Paulus menasihati jemaat Roma yang sedang menghadapi situasi sulit. Jemaat mengalami tekanan yang berat dari orang-orang Yahudi dan orang-orang Roma, serta keadaan jemaat dalam konflik serius.

Namun tidak menyurutkan maksud Tuhan menciptakan manusia supaya bukan hidup dan berbuat sekehendak hatinya. Tuhan menciptakan manusia agar ia tahu dan harus memuliakan Allah Penciptanya. Inilah tujuan kita diciptakandan ditebus. Memuliakan Tuhan adalah tujuan utama kehidupan orang Kristen. Kunci memuliakan Allah adalah ketaatan dalam melakukan kasih-Nya. Tolok ukurnya bukan seberapa hebat/besar tindakan kita dan dampaknya. Perbuatan yang tampak sepele sekalipun asalkan meluap dari kasih Allah yang memenuhi hati kita, tetap bermakna. Ya, memuliakan Allah bukan bermaksud mengundang pujian dari manusa, melainkan un tuk menyenangkan hati-Nya. Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan. "Kedamaian bukanlah sekadar tujuan jangka panjang yang kita cari, tetapi makna yang terkandung dengan kita mencapai tujuan tersebut. (Marthin Luther King Jr.).

KJ 5:2
Doa : (Allah yang kekeal, biarlah kami memuji dan bersyukur kepadaMu dengan hati nurani yang bersih, agar kami kembalikan kemuliaanMu di dalam diri kami)


Selasa, 15 Mei 2018
Renungan Malam
GB 126:1 -Berdoa
KEJARLAH DAMAI SEJAHTERA
Roma 14: 13 - 23

"....mengejar… damai sejahtera" (ayat 19a)

Saat menghadapi kesulitan, beberapa orang tumbuh sayap, sedang yang lain mencari tongkat penyangga (Harold W. Ruoff).  Sejak dulu, para filsuf seperti Socrates, Plato dan Aristoteles menekankan bahwa manusia memiliki cita-cita hidup yaitu mencapai kebahagiaan atau keadaan yang baik. Kondisi ini dapat dicapai dengan memiliki pengetahuan dan kebijaksanaan. Namun bukan hanya pengetahuan, juga tindakan, bahkan tindakan yang mampu mencerminkan kemampuan maksimal manusia. Bagi Plato, untuk memperoleh kebahagiaan selain mengarahkan diri kepada hal-hal yang baik, seseorang harus juga melakukan kewajiban-kewajiban dalam kehidupannya sehari-hari. Socrates membagi ke dalam dua aspek theorein dan praxis. Artinya memandang ke dalam (theorein) yaitu merenungkan suatu realitas secara mendalam. Hal ini melibatkan jiwa manusia dan dianggap sebagai hal paling luhur dan paling membahagiakan. Hidup dalam keutamaan yang dimaksud oleh Aristoteles ialah hidup yang sungguh ditata dengan baik, sementara keutamaan ialah yang mengarahkan manusia pada perbuatan baik. Bagi Paulus, damai sejahtera adalah idaman pengikut Kristus. la sering tidak muncul begitu saja, tetapi ada upaya bersama dalam suatu proses; tidak pasif, tetapi aktif. Rasul Paulus menyebutnya dengan kata mengejar. Ketika kita sudah mengetahui bagaimana mengejar damai sejahtera dan pembelajaran satu sama lain, maka otomatis kita tidak lagi merusakkan pekerjaan Allah hanya karena meributkan hal-hal sepele/sekunder, misalnya makanan. Di sini Paulus mengaitkan bahwa barangsiapa menjerumuskan orang lain ke dalam dosa adalah orang yang merusakkan pekerjaan Allah.  Damai adalah tujuan yang layak diusahakan. Kebahagiaan muncul karena mengusahakan hubungan yang penuh damai.

Damai sejahtera Tuhan : (1) senantiasa / selamanya (=kekal, abadi); (2) tidak tergantung pada harta dunia; (3) tidak dipengaruhi situasi kondisi hidup; (4) tidak terpengaruh oleh perasaan. "Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera, dan yang berguna untuk saling membangun. Artinya orang Kristen harus berpikir, berbicara dan bertindak positif (Eka Darmaputera).

GB 126:2
Doa : (Ya Allah, betapapun indahnya dunia ini, tetapi tidak pernah bisa memberi damai sejahtera dalam hati. Hanya dengan mengejar kebenaran Firman Tuhan, maka dengan sendirinya damai sejahteraMu akan datang dan ditambahkan dalam hidup kami)

Label:   Roma 14:13-23 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 16 Mei 2018 - KETETAPAN HATI SEBAGAI NAFAS KETEKUNAN - Kisah Para Rasul 1:12-14 (SGDK) - MINGGU PEMULIAAN KRISTUS

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 14 Mei 2018 - ADA DAMAI, ADA KEBAIKAN - Roma 12:19-21 - MINGGU PEMULIAAN KRISTUS




BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
Great Jehovah - Travis Greene

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



KHOTBAH MENGADAKAN PENDAMAIAN,   sgdk oktober 2019,   renungan amos 8 ayat 4 - 8,   nyanyian suara gembira 21,   not angka gita bakti no 45 Dan lyrik,   not angka gita bakti no 45,   mars gerakan pemuda,   nyaniyan rohani 132,   tema mazmur 40:7-11,   sabda bina umat 22 september 2019 ,   jamita partangiangan 29 september 2019 mazmur 40:7-11,   kmm 33,   bahan kotbah mazmur 40:7-11 sabda.com,   Jamita psalmen 40:7-11,   khotbah yosua 24 13-25,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,