Save Page

1 Petrus 3:8-12
Kasih dan damai
3:8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, 3:9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: 3:10 "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. 3:11 Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya. 3:12 Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat."


Penjelasan:


* 1Ptr 3:8-9 - Hendaklah semua seia sekata
Hendaklah semua seia sekata. Ini mengingatkan kita kepada "kesehatian" pada hari Pentakosta. atau kepada perintah Paulus agar jemaat di Filipi "situ roh" (Flp. 1:27) dan "sehati sepikir dalam satu kasih satu jiwa dan satu tujuan" (Flp. 2:2), yang dilanjutkan dengan sebuah garis besar yang mengesankan tentang pikiran Kristus. Daftar kebajikan yang dikemukakan Petrus sangat mirip dengan aspek-aspek penyangkalan diri yang merupakan buah roh (Gal. 5:22, 23) atau "hikmat yang dari atas" (Yak. 3:17).

* 1Ptr 3:10-12 - Siapa yang mau mencintai hidup // tertuju kepada orang-orang yang benar // kepada permohonan mereka yang minta tolong. 13. Siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu ... ?
Siapa yang mau mencintai hidup. Sang rasul mengutip Mazmur 34:13-17 di dalam pengajarannya mengenai kehidupan penuh berkat yang merupakan wujud dari kehidupan yang diarahkan dan dikuasai oleh Roh Kudus, sehingga hasilnya diawasi langsung oleh Tuhan yang mata-Nya senantiasa tertuju kepada orang-orang yang benar dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong. 13. Siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu ... ? Mengingatkan kita pada bagian tambahan oleh Paulus dalam uraian tentang buah-buah Roh - "Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu" (Gal. 5:23). Sebagai prinsip umum, dengan perkecualian terjadi akibat murka dari pihak lawan, tidak ada orang yang akan dihukum karena berbuat baik. Prinsip ini memastikan bahwa penderitaan yang tidak semestinya tidak akan bertahan lama.

* Kewajiban-kewajiban terhadap Kawan dan Lawan (3:8-12)
    Di sini Rasul Petrus beralih dari nasihat-nasihat khusus ke nasihat-nasihat yang lebih umum.
        I. Ia mengajarkan bagaimana orang-orang Kristen dan sesama teman harus saling memperlakukan dengan baik. Ia menasihati orang-orang Kristen untuk seia sekata, untuk sehati dalam mempercayai iman yang sama dan menjalankan kewajiban-kewajiban agama yang sama. Dan, karena banyak orang Kristen pada saat itu berada dalam keadaan yang menderita, ia meminta mereka untuk seperasaan, untuk mengasihi saudara-saudara, untuk menyayangi mereka yang sedang tertimpa kesusahan, dan untuk rendah hati kepada semua orang. Dari sini Amatilah,
            1. Orang-orang Kristen harus berusaha seia sekata dalam perkara-perkara besar keimanan, dalam kasih sayang yang nyata, dan dalam perbuatan kristiani. Mereka harus saling rukun, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus (Rm. 15:5), bukan mengikuti kesenangan manusia, melainkan firman Allah.
            2. Walaupun orang-orang Kristen tidak bisa berpikiran secara persis sama, namun mereka harus berbelas kasihan satu sama lain, dan mengasihi sebagai saudara. Mereka tidak boleh menganiaya atau membenci satu sama lain, tetapi harus saling mengasihi melebihi kasih sayang yang biasa-biasa saja. Mereka harus mengasihi sebagai saudara.
            3. Kekristenan menghendaki rasa belas kasihan terhadap orang-orang yang sedang kesusahan, dan sopan santun kepada semua orang. Pasti orang yang sudah terang-terangan berdosa, atau orang murtad yang kejilah yang tidak layak diperlakukan dengan sopan (1Kor. 5:11; 2Yoh. 1:10-11).
        II. Rasul Petrus mengajar kita bagaimana bersikap terhadap musuh.
        Rasul Petrus tahu bahwa orang-orang Kristen akan dibenci dan diperlakukan dengan jahat oleh semua orang oleh karena nama Kristus. Oleh sebab itu,
            1. Ia memperingatkan mereka untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki. Sebaliknya, "apabila mereka mencaci maki kamu, berkatilah mereka. Apabila mereka berkata-kata jahat kepadamu, balaslah dengan kata-kata yang baik. Sebab Kristus, baik dengan firmanNya maupun teladan-Nya, telah memanggil kamu untuk memberkati orang-orang yang mengutuk kamu, dan telah menetapkan berkat atasmu sebagai warisanmu yang abadi, meskipun kamu tidak layak." Menanggung kejahatan dengan sabar, dan memberkati musuh-musuhmu, adalah cara untuk mendapatkan berkat Allah ini. Amatilah,
                (1) Membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, adalah perbuatan yang tidak kristiani dan berdosa. Hakim dapat menghukum para penjahat, dan orang dapat mencari upaya hukum apabila mereka diperlakukan dengan tidak adil. Tetapi balas dendam pribadi dengan bertarung, menghardik, atau diam-diam melakukan kejahatan itu dilarang (Ams. 20:22; Luk. 6:27; Rm. 12:17; 1Tes. 5:15). Mencaci maki adalah mencerca orang lain dengan kata-kata yang pahit, sengit, dan tercela. Tetapi kalau hamba-hamba Tuhan menegur dengan keras, dan berkhotbah dengan sungguh-sungguh melawan dosa-dosa zaman ini, itu bukan mencaci maki. Semua nabi dan rasul melakukannya (Yes. 56:10; Zef. 3:3; Kis. 20:29).
                (2) Hukum-hukum Kristus mewajibkan kita untuk membalas caci maki dengan berkat. Matius 5:44, "Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Kamu tidak boleh membenarkan mereka dalam dosa mereka, tetapi kamu harus melakukan untuk musuh-musuhmu semua hal yang dituntut oleh keadilan atau yang diperintahkan oleh kasih." Kita harus mengasihani, mendoakan, dan mengasihi orang-orang yang mencaci maki kita.
                (3) Seperti halnya panggilan orang Kristen memberinya hak-hak istimewa, demikian pula panggilan itu mewajibkan dia untuk melakukan kewajiban-kewajiban yang sulit.
                (4) Semua hamba Allah yang sungguh-sungguh pasti akan mewarisi berkat. Mereka sudah memilikinya dalam kadar yang besar, tetapi memilikinya secara penuh disediakan nanti pada keadaan dan di dunia lain.
            2. Rasul Petrus memberikan anjuran yang luar biasa baik supaya bisa hidup bahagia dan nyaman di dunia yang penuh dengan pertengkaran dan kejahatan ini (ay. 10): anjurannya itu dikutip dari 13-15. "Jika kamu sungguh-sungguh ingin hidup lama, dan hari-harimu damai dan sejahtera, jagalah lidahmu supaya tidak mencerca, berkata-kata jahat, dan memfitnah, dan bibirmu supaya tidak berbohong, menipu, dan berpura-pura. Hindari berbuat sesuatu yang merugikan atau menyakiti sesamamu, tetapi selalu bersiaplah untuk berbuat baik, dan mengalahkan kejahatan dengan kebaikan. Carilah perdamaian dengan semua orang, dan kejarlah itu, meskipun ia lari daripadamu. Ini akan menjadi cara terbaik untuk membuat orang condong berkata-kata baik tentang kamu, dan hidup damai denganmu." Amatilah,
                (1) Orang-orang baik yang hidup di bawah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru diwajibkan untuk menjalankan kewajiban-kewajiban moral yang sama. Menjaga lidah terhadap yang jahat dan bibir terhadap ucapan-ucapan yang menipu adalah kewajiban di zaman Daud seperti juga di zaman sekarang.
                (2) Menginginkan keuntungan-keuntungan yang sementara sifatnya sebagai alasan dan dorongan dalam menjalankan agama adalah hal yang diperbolehkan.
                (3) Pengamalan agama, khususnya mengatur lidah dengan benar, adalah cara terbaik untuk membuat hidup ini nyaman dan sejahtera. Lidah yang tulus, tidak menyinggung, dan bijaksana merupakan satu sarana untuk membuat kita dapat melewati dunia ini dengan damai dan nyaman.
                (4) Menghindari kejahatan, dan melakukan kebaikan, adalah cara untuk memperoleh kepuasan dan kebahagiaan baik di sini maupun di dunia nanti.
                (5) Sudah menjadi kewajiban orang-orang Kristen untuk tidak hanya menyambut perdamaian ketika ditawarkan, tetapi juga mencari dan mengejarnya ketika ditolak. Damai dengan masyarakat, dan damai dengan orang per orang, sebagai lawan dari perpecahan dan perseteruan, itulah yang dimaksudkan di sini.
            3. Rasul Petrus menunjukkan bahwa orang-orang Kristen tidak perlu takut bahwa perilaku yang sabar dan tidak menyinggung seperti yang diperintahkan itu justru akan mengundang dan mendorong datangnya kekejaman musuh-musuh mereka. Mereka tidak usah takut, karena Allah akan berpihak kepada mereka: Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar (ay. 12). Ia memberikan perhatian khusus kepada mereka, senantiasa memelihara dan memimpin mereka, dan memberikan penghormatan dan kasih sayang khusus kepada mereka. Telinga-Nya terbuka kepada permohonan mereka yang minta tolong, sehingga jika ada yang berbuat jahat kepada mereka, mereka memiliki obat penawar ini, yaitu mereka dapat mengeluhkannya kepada Bapa mereka di sorga, yang telinga-Nya selalu memperhatikan doa-doa hamba-Nya di dalam kesusahan, dan yang pasti akan membantu mereka melawan musuh-musuh mereka yang tidak benar. Tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat. Amarah, murka, dan pembalasan-Nya akan mengejar mereka, karena Ia teramat memusuhi para penganiaya yang fasik, lebih daripada manusia sekalipun. Cermatilah,
                (1) Kita tidak boleh dalam setiap hal mengikuti kata-kata langsung dari Kitab Suci, tetapi harus mempelajari arti dan maknanya, sebab kalau tidak, kita akan disesatkan ke dalam berbagai kesalahan dan kejanggalan yang menghujat. Kita tidak boleh membayangkan bahwa Allah mempunyai mata, telinga, dan wajah, meskipun ini adalah kata-kata langsung dari Kitab Suci.
                (2) Allah memberikan perhatian khusus dan kasih sayang sebagai orangtua kepada semua umat-Nya yang benar.
                (3) Allah betul-betul selalu mendengar doa-doa orang percaya (1Yoh. 5:14; Ibr. 4:16).
                (4) Meskipun Allah itu baik secara tak terhingga, namun Ia membenci para pendosa yang tidak mau bertobat, dan akan menumpahkan murka-Nya atas orang-orang yang berbuat jahat. Ia akan berbuat benar bagi diri-Nya sendiri, dan berbuat adil terhadap seluruh dunia. Dan kebaikan-Nya tidak menjadi penghalang bagi Dia untuk berbuat demikian.


SBU


Kamis, 17 Mei 2018
Renungan Pagi
KJ 314:1 -Berdoa
MANUSIA BATINIAH
1 Petrus 3:1-7

"tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah...." (ayat 4)

Kebahagiaan itu seperti batu arang, ia diperoleh sebagai produk sampingan dalam proses pembuatan sesuatu (Aldous Huxley).   Anak keturunan Afrika itupun datang mendekat. Ia memperhatikan penjual balon yang setelah memompa udara ke dalam balon tersebut lalu melepaskannya terbang tinggi secara bebas ke angkasa.  Sebuah balon merah dilepaskan, disusul balon biru, lalu kuning.  Setelah itu balon putih juga dilepaskan yang dengan serta-merta melejit bagai roket dan menghilang di angkasa biru. – Anak kecil itu mendekati sang penjual balon dan memerhatikan balon hitam yang juga dipajang di situ. lalu bertanya, "Jika engkau melepaskan balon hitam itu ke angkasa. apakah ia akan juga terbang secepat balon-balon berwarna lainnya tadi?"- Sang penjual balon memberikan senyuman kepada sang anak itu. Ia segera tahu apa yang dirasakan sang anak itu yakni apakah yang hitam selalu dalam posisi diremehkan dan dikelas-duakan. Dari pengalaman hidupnya yang singkat, sang anak tersebut telah belajar bahwa golongannya kaum berwarna hitam selalu muncul di belakang yang lain. – Sang penjual balon memompa balon hitam tersebut, lalu melepaskannya ke angkasa.  Balon hitam itupun menghilang bagai sebuah roket menembus awan yang kebetulan sedang terbang rendah, sambil berkata kepada anak tersebut, "Nak, bukan warna luarnya yang menentukan, tetapi apa yang ada di dalamnya yang memberikan kemampuan kepada balon-balon ini terbang tinggi."

Setiap perempuan Kristen harus lebih mementingkan inner beauty daripada penampilan luar, yaitu sisi riasan, pakaian, dan perhiasan. Karena kecantikan adalah warisan bagi setiap perempuan yang menjadi mllik Kristus.  "… tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah" (1 Ptr.3:4). Kecantikan sejati yang tidak dapat rusak atau pudar, sesungguhnya dimulai dari dalam, dan pancarannya pasti mengubah pembawaan atau penampilan.

"Aku meyakini kebenaran tanpa senjata dan cinta yang tak membedakan akan membawa tujuan akhir dalam kehidupan" (Marthin Luther King Jr.).

KJ 314:3
Doa : (Ya Tuhan pandanglah kami anak-anakMu, agar kami bisa belajar dengan tekun dan menjadi anak-anakMu yang baik).


Kamis, 17 Mei 2018
Renungan Malam
GB 117:1 -Berdoa
MENCARI PERDAMAIAN
1 Petrus 3:8-12

".... ia harus mencari perdamaian..." (ayat 11)

Berlakulah baik kepada temanmu untuk menjaga mereka, dan berlaku baiklah kepada musuhmu untuk mengalahkan mereka (Benjamin Franklin).- Dalam bukunya berjudul "Nommensen", Pdt. Dr. Andar Lumbantobing bercerita: di awal pelayanannya, Nommensen dimusuhi orang-orang Batak, bahkan mereka mengepung rumahnya, tetapi takut menggedor pintu rumah itu, sebab Nommensen memiliki sebuah senapan. Mereka pernah bertaruh di mana dukun-dukun dihadirkan dan mengatakan, "Lihat kami membawa guru-guru sakti. Dengan mantra,kami bisa menjatuhkan seekor burung yang terbang di atas." Namun Nommensen berkata, "Cobalah tunjukkan kepadaku," tetapi tak terbukti kehebatan dukun-dukun itu.  Kemudian Nomensen masuk ke rumah dan mengambil senapannya, "Lihat, aku akan menjatuhkan burung itu," katanya. Kemudian ia mengeker dan menarik pelatuknya, tam…burung itu pun jatuh. Mulai saat itu orang-orang Batak takut, tetapi tak mengurungkan niat mau membunuh Nommensen. Malam itu mereka menunggu Nommensen keluar, namun hingga jauh malam beliau tidak membuka pintu. Karena telah kecapean dan kedinginan, musuh-musuh Nommensen itu pun tertidur di sekitar rumah. Saat itulah Nommensen keluar menyelimuti mereka semua. Keesokan harinya mereka terbangun dan melihat apa yang dibuat Nommensen. Mereka malu,kemudian meminta maaf dan akhirnya bersahabat dengan Nommensen, bahkan masuk Kristen.

Surat 1 Petrus 3 ini lebih memuat kewajiban orang Kristen dalam hidup bermasyarakat untuk menghayati persaudaraan yang lebih luas dengan semua orang. Manusia memiliki kecenderungan membalas kejahatan dengan segala macam alasan dan pertimbangan yang masuk akal dan dapat ditoleransi, terlebih kalau mereka diperlakukan dengan tidak adil. Akan tetapi Firman Tuhan justru meminta agar setiap orang percaya mengingat panggilan Kristen untuk memberkati orang lain, bahkan kepada mereka yang telah berbuat jahat. Inilah tuntutan Tuhan atas hidup Kristen yang berbeda dengan cara pandang dan pola pikir dunia. Bukan hanya melakukan hal yang baik kepada orang yang berbuat baik, melainkan juga kepada orang yang bersalah kepada kita. "Kemenangan yang paling indah adalah bisa menaklukan hati sendiri" (La Fontaine).

GB 117:2
Doa : (Biarlah teladan Kristus dalam prinsip inkarnasi adalah orientasi hidup kami bukan untuk kepentingan sendiri, melainkan untuk membawa kasih dan damai sejahteraMu).

Label:   1 Petrus 3:8-12 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 18 Mei 2018 DAMAI DALAM HATI - Kolose 2:15-17 - MINGGU PEMULIAAN KRISTUS

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 16 Mei 2018 - KETETAPAN HATI SEBAGAI NAFAS KETEKUNAN - Kisah Para Rasul 1:12-14 (SGDK) - MINGGU PEMULIAAN KRISTUS

Garis Besar 1 Petrus





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 22 September - Ezra 2; Mazmur 1, 121

Hari ini, 22 September - Maz 106:47-107:5, Yes 30-31, 2 Kor 12:11-21, Ams 25:1-2


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song







Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 22 September 2019
Great Jehovah - Travis Greene

Minggu, 22 September 2019
On My Own - Ashes Remain

Minggu, 22 September 2019
God's Not Dead - Newsboys

Minggu, 22 September 2019
Gone - Elevation Worship

Sabtu, 21 September 2019
Burdens - Jamie Kimmett

Jumat, 20 September 2019
We're A Winner - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Vaya (Go With Love) - Phillip Bailey

Jumat, 20 September 2019
Truimph - Phillip Bailey

Kamis, 19 September 2019
Oh Jesus! - Mercy Chinwo

Kamis, 19 September 2019
Quiet Time (2): 1 Hour Soaking Worship Songs (Kim Walker, Hillsong, Israel Houghton)

Kamis, 19 September 2019
Free - Hillsong

Kamis, 19 September 2019
Hear My Song, Lord - Gaither Vocal Band

Kamis, 19 September 2019
Give God the Glory - Marcus Jordan

Kamis, 19 September 2019
Beautiful - Jonas Rayme

Kamis, 19 September 2019
Yes, I Know - Gaither Vocal Band

Minggu, 15 September 2019
Forever Faithful (Love Song for Jesus) - Lifebreakthrough

Minggu, 15 September 2019
Glory To The King - Hillsong

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



KHOTBAH MENGADAKAN PENDAMAIAN,   sgdk oktober 2019,   renungan amos 8 ayat 4 - 8,   nyanyian suara gembira 21,   not angka gita bakti no 45 Dan lyrik,   not angka gita bakti no 45,   mars gerakan pemuda,   nyaniyan rohani 132,   tema mazmur 40:7-11,   sabda bina umat 22 september 2019 ,   jamita partangiangan 29 september 2019 mazmur 40:7-11,   kmm 33,   bahan kotbah mazmur 40:7-11 sabda.com,   Jamita psalmen 40:7-11,   khotbah yosua 24 13-25,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   khotbah mazmur 111:1-10,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   lagu rohani Yesus berkata jadilah terang,   renungan harian katolik tanggal 22 september 2019,   kotbah 1 tesalonoka 3:6-8,   tafsiran mazmur 40:7-11,   Renungan harian bacaan dan mazmur minggu 22 September 2019,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   jamita minggu efesus 4:7-16,   Lagu kidung jemaat kristen protestan,   ayat Alkitab persembahan untuk anak anak,   renungan harian katolik 22 september 2019,   renungan harian katolik 22 september 2019,   lagu rohani easy worship,   lagu penutup ibadah,   lagu rohani pdt erastus sabdono,   Kesimpulan dari dosa , anugerah , pertobatan , pengampunan dan hidup baru,   lagu rohani untuk persembahan,   kidung ceria bilasangkakala,   not lagu nyanyian kidung baru 201,   tafsiran Yosua 24:13-25,   Bahan khotbah Josua 24:13-25,   sabda bina teruna septembr 2019,   inti korbah JOSUA 24:13-25,   jamita josua 24:13-25,   download MP3 lagu lagu di lagu sion acapella,   yosua 23 13-25,   renungan yesaya 27:1-5,   Khotbah 1tesalonika3,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   khotbah yosua 24:13-25,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   chord dipintumu ku datang dan,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   Ilustrasi kotbah josua,   renungan harian hkbp 2019 mazmur 40:7-11,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   Ilustrasi kotbah josua,   kotbah lukas 14:1 +7-14,   renungan matius 5:21-26,   amos 8 ayat 4 penjelasan,   khotbah lukas 16:10-18,   nyanyian rohani 136,   kmm 1 notasi,   jamita na marhata batak Josua 24:13-25,   lagu persembahan pastekosta lama,   1 petrus 3 : 8-12,   Injil Renungan Minggu 22 September 2019,   khotbah yosua 24:13-25,   1 petrus 3 : 8-12,   bina anak gmim bln september,   renungan gpib hari ini september,   khotbah yosua 24:13-25,   bahan renungan alkitab 1 yohanes pasal 1 ayat 1 sampai 6,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   khotbah yeremia 8:18-22 mendua hati,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   khotbah dari gal 4:18÷20,   nyanyian masmur minggu 22 september 2019,   kidung muda mudi 87,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   Khotbah amos 8:4-8,   tafsiran amos 8:4-6,   download kidung keesaan gratis,   bahan khotbah ester 4:1-17,   kidung kaesaan,   khotbah yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kidubg kaesaan 6,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah minggu 22 september.2019,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   khotbah ibadah syukur setahun kepergian ibu yang terkasih,   lagu sesudah pembacaan alkitab,   download lg soraklah alleluya katolik,   khotbah lukas 16: 10-18,   renungan kis,   khotbah yosua 24:13-25,   instrumen lagu rohani mp3,   khotbah minggu 22 september 2019 Yosua 24:13-25,   khotbah yosua 24:13-25,   kmm 33,   Khotbah amos 8:4-8,   sabda bina umat online,   notasi nkb 122,   nkb 122 dengan not,   kotbah josua 24 13 25,   kotbah josua 24:13-25,   kotbah josua 24:13-25,   jangan mengusik orang2 yg Kuurapi, renungan,   Khotbah minggu tanggal 22 sep 2019 yosua 24:13-25,   lagu-lagu rohani katolik 2019,   khotbah mazmur 40:7-11,   khotbah mazmur 40:7-11,   lagu gms,   bina anak gmim bln september,   tema ibadah hki 22 september 2019,   mars pelkat pa,   mars pelkat pa,   lagu kidung jemaat awal pesta,   ku daki jalan mulia chord,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   youtube kc 184 bermacam-macam anak,   lagu bermacam-macam anak,   Kotbah:yosua 24:13-25,   khotbah bilangan 27,   lagu untuk persembahan,   Tertwa lgu rohni,   ilustrasi khotbah lukas 16:10-18,   renungan roma 12:1-8 menjalani kehidupan ibadah yang sejati,   khotbah amos 8: 4-8,   Album rohani john tanamal,   khotbah amos 8: 4-8,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   khotba Roma 1:10 Aku berdoa, semoga dengan kehendak Allah aku akhirnya beroleh kesempatan untuk men,   Renungan amos 8:5,   kmm 33,   kmm 2,   lagu gereja baru,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   gambar meja persembahan di gereja,   kmm 2,   kmm 2,   kmm 2,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lagu rohani senja membayang di batas hari,   lirik lagu setelah ibadah,   KPPK 3,   yosua 24:13-25,   Renungan untuk ibadah minggu tgl 22 september 2019,   kmm 33,   kmm 33,   lagu penutup ibadah,   khotbah amos 8:4-8,   40 lagu rohani kristen,   lagu sebelum firman tuhan kidung jemaat,   Renungan..Amos.8:4-8,   Khotbah Flp 1 9- 11,   renungan kristen mazmur 40:7-11 renungan raja wali,   pergaulan buruk merusak,   Khotbah kematian 2samuel 12:18-23,   khotbah amos 8: 4-8,   ilustrasi untuk bacaan ulangan 30 : 15-20 untuk sekolah minggu,   tata ibadah penghiburan,   lagu kidung keesaan,   chord.gitar ku daki jalan mulia,   Renungan Harian GMIT 1 Timotius 6:2b-10,   download mp3 lagu kristen arab above all arabiac song,   ku mengasihi tuhan gb 238,   contoh-contoh pendalaman kotbah kejadian 21:18-13,   khotbah lukas 17 : 5 - 10,