Save Page

Ester 5:1-8
Ester menghadap raja
5:1 Pada hari yang ketiga Ester mengenakan pakaian ratu, lalu berdirilah ia di pelataran dalam istana raja, tepat di depan istana raja. Raja bersemayam di atas takhta kerajaan di dalam istana, berhadapan dengan pintu istana itu. 5:2 Ketika raja melihat Ester, sang ratu, berdiri di pelataran, berkenanlah raja kepadanya, sehingga raja mengulurkan tongkat emas yang di tangannya ke arah Ester, lalu mendekatlah Ester dan menyentuh ujung tongkat itu. 5:3 Tanya raja kepadanya: "Apa maksudmu, hai ratu Ester, dan apa keinginanmu? Sampai setengah kerajaan sekalipun akan diberikan kepadamu." 5:4 Jawab Ester: "Jikalau baik pada pemandangan raja, datanglah kiranya raja dengan Haman pada hari ini ke perjamuan yang diadakan oleh hamba bagi raja." 5:5 Maka titah raja: "Suruhlah Haman datang dengan segera, supaya kami memenuhi permintaan Ester." Lalu raja datang dengan Haman ke perjamuan yang diadakan oleh Ester. 5:6 Sementara minum anggur bertanyalah raja kepada Ester: "Apakah permintaanmu? Niscaya akan dikabulkan. Dan apakah keinginanmu? Sampai setengah kerajaan sekalipun akan dipenuhi." 5:7 Maka jawab Ester: "Permintaan dan keinginan hamba ialah: 5:8 Jikalau hamba mendapat kasih raja, dan jikalau baik pada pemandangan raja mengabulkan permintaan serta memenuhi keinginan hamba, datang pulalah kiranya raja dengan Haman ke perjamuan yang akan hamba adakan bagi raja dan Haman; maka besok akan hamba lakukan yang dikehendaki raja."


Penjelasan:



* Perjamuan Pertama Ester (5:1-14)
Raja dengan ramah menerima Ester dan Ester sebagai balasan mengundang raja dan Haman untuk menghadiri sebuah perjamuan pribadi. Pada saat perjamuan raja berjanji untuk memberikan apa saja yang diminta oleh Ester; dan Ester meminta agar mereka berdua berkenan untuk hadir di dalam perjamuan pribadi yang kedua keesokan harinya. Haman sangat senang dengan undangan istimewa tersebut namun masih jengkel dengan penolakan Mordekhai untuk berlutut di hadapan dirinya. Istri dan para sahabat Haman mengusulkan agar Haman memohon izin dari raja untuk menggantung Mordekhai pada tiang yang telah disiapkan olehnya.

*  Est 5:1-4 - Pada hari yang ketiga // Berkenanlah raja kepadanya
Pada hari yang ketiga. Hari yang ketiga dari masa mereka berpuasa yang mungkin berlangsung empat puluh jam lebih (4:16). Berkenanlah raja kepadanya (ay. 2). Sebuah bukti yang menakjubkan dari kenyataan bahwa "hati raja seperti batang air di dalam tangan Tuhan dialirkan-Nya kepada mana Ia ingini" (Ams. 21:1); khususnya dalam hal Ester 4:11.

*  Est 5:3 - Sampai setengah kerajaan sekalipun akan diberikan kepadamu
Sampai setengah kerajaan sekalipun akan diberikan kepadamu (ay. 3). Mungkin masih terkejut atas penampilan Ester yang tidak diberitakan sebelumnya, raja berpikir bahwa Ester akan meminta sesuatu yang sangat mendesak. Sekalipun apa yang dikatakan oleh raja itu berlebihan, tidak ada yang berpikir bahwa janji itu tidak sungguh-sungguh (bdg. 5:6; 7:2; Mrk. 6:23 dan Herodotus 9.109).

*  Est 5:5-8 - Permintaan dan keinginan hamba ialah ... besok akan hamba lakukan yang dikehendaki raja
Permintaan dan keinginan hamba ialah ... besok akan hamba lakukan yang dikehendaki raja (ay. 7, 8). Tujuan Ester dengan mengundang raja dan Haman ke perjamuan pribadi pertama-tama adalah untuk menuduh Haman membuat rencana memusnahkan bangsanya (bdg. 7:6). Tetapi sekarang, mungkin karena sadar bahwa dirinya belum memiliki pengaruh yang cukup terhadap raja untuk melancarkan tuduhan seberat itu, Ester menunda permohonannya dan mengundang mereka untuk menghadiri perjamuan yang lain pada malam berikutnya. Tindakan ini tentu saja merupakan pengaturan ilahi, sebab rangkaian peristiwa yang menyelangi, seperti yang dikisahkan dalam pasal 6, membuka peluang yang diperlukan untuk melancarkan tuduhannya pada saat perjamuan yang kedua itu.

* Memuliakan diri vs berkorban
Tindakan orang akan memperlihatkan isi hatinya. Ester yang rela menanggung risiko kehilangan nyawa, kemudian mendapat perkenan Raja Ahasyweros (ayat 2). Lalu Ester mengundang Raja Ahasyweros dan Haman ke perjamuan yang dia adakan (ayat 3-5). Namun Ester tidak segera mengajukan permohonannya, walau raja berjanji akan memenuhi permintaan Ester, apa pun itu (ayat 6). Mungkin Ester melihat bahwa saat itu bukan waktu yang tepat. Atau mungkin juga Ester sedang ingin membuat raja merasa nyaman dulu dan tidak merasa dipaksa. Sebab itu, Ester harus punya alasan tepat untuk menunda pengajuan permintaannya pada raja (ayat 8). Bila tidak, penundaan ini dapat saja mengakibatkan perasaan raja berubah, atau Haman mungkin saja bisa menengarai maksud Ester. Sampai saat itu Haman memang belum "mencium" hubungan antara Ester dan Mordekhai. Maka Ester mengundang raja dan Haman untuk kembali datang ke perjamuan pada hari berikut (ayat 7-8).


SBU


MINGGU I SES.PENTAKOSTA
SENIN, 4 JUNI 2018
Renungan Pagi
♪GB.283 : 1 - Berdoa
BERANI MEMPERJUANGKAN KEBENARAN

Ester 4:1-17
"... aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."  (ay.16)

Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku tetapi karena ada kesempatan,"  kutipan terkenal dari "Bang Napi" di salah satu siaran televisi. Sesungguhnya, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada kesempatan tetapi karena banyak orang baik diam dan menutup mata. Kita tidak berani memperjuangkan kebenaran dan memerangi kejahatan karena risikonya terlalu tinggi.

Ester merasakan tekanan yang sama ketika Haman, yang diangkat raja Ahasyweros sebagai pembesar dianugerahkan cincin kerajaan untuk memusnahkan bangsa Israel. Mordekhai sebagai paman dan ayah angkat Ester menunjukkan rasa "protes" nya itu kepada raja dengan berkabung di depan pintu gerbang istana. Mordekhai mengingatkan Ester untuk membela bangsanya dan menguak kejahatan Haman. Ester harus mempertaruhkan nyawanya bertemu raja dengan inisiatif sendiri tanpa panggilan dari raja. Jelas bahwa risiko Ester untuk membela kebenaran dan menguak kejahatan dari Haman adalah mati. Akan tetapi, dalam pertaruhan ini, Ester membutuhkan dukungan dengan meminta seluruh orang Yahudi di Susan mendukungnya dalam puasa. Dia bergantung lebih dari sekadar keberanian manusia.

Puasa merupakan wujud pengalaman yang lebih efektif dalam menyiapkan diri untuk bersekutu dengan Tuhan.
Kejahatan bisa terjadi di mana saja baik di tengah kehidupan keluarga, di lingkungan pekerjaan atau di tengah persekutuan. Kadangkala, orang hanya diam dan menjadi penonton atas kejahatan yang terjadi bahkan menjadi pelaku kejahatan itu sendiri. Walaupun penuh dengan risiko dan harus keluar dari zona aman, marilah menjadi "pejuang Kebenaran" di manapun kita ditempatkan dengan memohon penjagaan dan perlindungan Tuhan sumber kebenaran dan keadilan.

♪GB.283 : 2
Doa : (Tuhan , kuatkan dan teguhkan hati kami untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan dalam kehidupan keluarga, pekerjaan dan persekutuan)



MINGGU I SES.PENTAKOSTA
SENIN, 4 JUNI 2018
Renungan Malam
♪GB.214 : 1 – Berdoa
DALAM KETENANGAN TIMBUL KEKUATAN

Ester 5:1-8
"Jikalau baik pada pemandangan raja, datanglah kiranya raja dengan Haman pada hari ini ke perjamuan yang diadakan oleh hamba bagi raja." (ay.4)

Jika kamu gugup dan panik, kekuatanmu akan diambil oleh lawan dan kamu tidak bisa menang. Jika kamu panik, lawanmu dengan cepat akan mengetahui kelemahanmu sehingga ia akan makin berani sementara kamu makin ciut". Demikian kutipan dari buku "Top Secrets of Succes" karya Suryadi Susmita dan Paulus Winarto.
Kepanikan tidak akan menyelesaikan masalah dan membuat masalah bertambah berat. Yang semula hanya seukuran semut akan berubah menjadi seukuran gajah. Obat yang paling mujarab dalam menghadapi permasalahan bukanlah panik tetapi bersikap tenang. Dengan ketenangan, kita bisa melihat masalah secara lebih jernih dan berpikir secara lebih rasional.

Demikian dengan Ester ketika menghadapi Haman yang bermaksud membinasakan Mordekhai dan bangsa Israel. Ester tidak menghadapinya dengan kepanikan luar biasa. Dengan ketenangan Ester mengambil langkah pertama yaitu memahami masalah (4:5) dengan bertanya pada Mordekhai berdasarkan fakta lapangan bukan sekadar "kabar burung". Langkah kedua yang diambil Ester adalah menganalisa masalah dengan memahami risiko dan konsekuensi dari tindakan yang akan diambil. Dan langkah yang ketiga adalah menetapkan strategi dan perencanaan untuk penyelesaian masalah dengan mengundang Haman datang. Langkah-langkah strategi itu direncanakannya dalam ketenangan.

Dalam menghadapi permasalahan di tengah kehidupan seringkali kita tidak bersikap tenang. Banyak permasalahan di tengah persekutuan muncul karena ketidaktenangan kita dalam melihat masalah dan cenderung bersikap emosional. Dalam ketenangan timbul kekuatan. Datanglah kepada Tuhan dalam setiap permasalahan yang kita hadapi. Mohon ketenangan, hikmat dan pengertian untuk menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan dalam kehidupan kita.

♪GB.214 : 2
Doa : (Tuhan, kami mohon berikanlah hati yang tenang, penuh hikmat dan pengertian dalam menghadapi masalah dan pergumulan kehidupan)

Label:   Ester 5:1-8 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 5 JUNI 2018 - JANGAN LUPAKAN KEBAIKAN - 1 Samuel 1:19-28 - MINGGU I SES.PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - MINGGU, 03 JUNI 2018 PENGAKUAN JUJUR = KERENDAHAN HATI - Mazmur 51:1-15 (SGDK) - HARI MINGGU I SES.PENTAKOSTA

Garis Besar Ester





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 19 Oktober - Matius 8-11

Hari ini, 19 Oktober - Maz 118:18-24, Yer 18-19, 2 Tes 1, Ams 26:27-28

19 Oktober - Yohanes 6:16-24, 1 Petrus 3:1-7, Kidung 4:1-7, Yeremia 50

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



download lagu rohani 15 kristen 2019,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,   kotbah untuk tanggal 20 oktober 2019,   tafsiran yer 17:7-8,   kumpulan khotbah Kristen protestan tanggal 20 oktober 2019,   Kumpulan Khotbah Kristen protestan bulan keluarga tanggal 20 oktober 2019,   KHOTBAH LUKAS 16 :19-31,    jamita HKBP. Hata batak. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   Kotbah minggu 20 oktober 2019,   Bacaan liturgi minggu 20 oktober 2019,   Jamita johanes 4:21-26,   download lagu pelengkap kidung jemaat mp3,   not angka untuk lagu tuhan memanggil,   susunan ibadah katolik hari sabtu tanggal 19 october 2019,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   lagu rohani untuk persembahan,   donload lagu nikita ku sembah engkau yesus,   download lagu mawar sharoon,   free download mp3 lagu penyembahan gereja gms,   Khotbah GKI Yohanes 4:21-26,   lagu penutup ibadah kristen,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lirik lagu dia harus makin bertambah,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   lagu untuk persembahan,   sabda bina umat oktober 2019,   khotbah anak muda dari kitab pengkhotbah 11:9,   Jamita johannes 4:21-26,   tafsir yohanes 6: 1-15,   ilustrasi tentang amsal 10 :1,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   pujian rohani kristen penutup ibadah,   khotbah amsal 22:8-12,   bacaan injil harian tgl 18 oktober calender liturgi 2019,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   mars pkb gpib,   mars pkb gpib,   khotbah Hakim-hakim 6:15-23,   lagu ibadah pemuda,   not dan angka pkj 36,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   renungan amsal 3:17-30,   lagu lagu pengakuan dosa,   lagu lagu pengakuan dosa,   Renungan amsal 13:3,   lagu kanon rohani,   renungan lukas 12:12-18,   renungan lukas 12:12-18,   dialah yang maha tinggi chord,   bimbinglah niat hamba,   kalender.katolik bln oktober .2019,   lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,