Save Page

Yohanes 3:31-36
3:31 Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya. 3:32 Ia memberi kesaksian tentang apa yang dilihat-Nya dan yang didengar-Nya, tetapi tak seorangpun yang menerima kesaksian-Nya itu. 3:33 Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku, bahwa Allah adalah benar. 3:34 Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. 3:35 Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya. 3:36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya."

Penjelasan:


*  Penjelasan panjang II (3:31-36)
Sama seperti percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus disusuli renungan dari Rasul Yohanes, nampaknya kesaksian Yohanes Pembaptis juga disusuli renungan Rasul Yohanes.348 Kalau begitu, maka pasal 3:30, yang meringkaskan kesaksian Yohanes Pembaptis, merupakan kata terakhir dari dia dalam Injil Yohanes. Hal ini tidak dapat dipastikan, tetapi jika pasal 3:31-36 dibaca, ada kesan bahwa Rasul Yohanes memberi tanggapannya sendiri pada pelayanan dan kesaksian Yohanes Pembaptis. Memang banyak ungkapan dalam pasal 3:31-36 juga diucapkan oleh Tuhan Yesus dalam percakapan-Nya dengan Nikodemus.349 Rupanya Rasul Yohanes memberi suatu komentar mengenai Yohanes Pembaptis dengan kosa kata yang dipakai oleh Tuhan Yesus dalam percakapan-Nya dengan Nikodemus untuk menutup nas mengenai Yohanes Pembaptis dan juga untuk mengikat kedua nas tersebut. Dengan demikian akhirnya dia tiba di puncak renungannya, yaitu bahwa hidup yang kekal hanya dapat diperoleh melalui iman dalam Yesus Kristus.

* Siapa yang menerima kesaksian-Nya itu, ia mengaku352, bahwa Allah adalah benar.
Jika pasal 3:32 sejajar dengan pasal 1:11, maka ayat ini sejajar dengan pasal 1:12. Orang-orang tertentu diperanakkan lagi, dan memiliki hidup kekal. Mereka menerima kesaksian-Nya. Rasul Yohanes adalah salah satu yang menerima kesaksian-Nya, sesuai dengan apa yang dikatakan dalam pasal 21:24, "Dialah murid, yang memberi kesaksian tentang semuanya ini dan yang telah menuliskannya dan kita tahu, bahwa kesaksiannya itu benar."

Tema iman, yang ditekankan dalam pasal 3:16-18, dikemukakan lagi di sini, dan akan ditegaskan dalam puncak nas ini, yaitu pasal 3:36.

Setiap orang yang percaya pada Tuhan Yesus tidak hanya mengaku bahwa Yesus adalah benar, tetapi juga bahwa Allah adalah benar. Sebabnya ini diuraikan dalam ayat yang berikut. Di situ kita membaca bahwa Tuhan Yesus mengucapkan kata-kata Allah. Itulah sebabnya ayat 33 berkata bahwa orang yang percaya pada Yesus mengaku, bahwa Allah adalah benar.


* Yoh 3:34
Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman353 Allah,354 karena Allah355 mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.

Dalam Injil Yohanes, Tuhan Yesus dan Rasul Yohanes sebagai narator sering berkata bahwa Tuhan Yesus diutus oleh Allah. Dia, yaitu Tuhan Yesus, dapat mengungkapkan kata-kata Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas. Kalau dulu, pada zaman Perjanjian Lama, Roh Allah dikaruniakan kepada orang sesuai dengan pelayanan tertentu yang harus dilaksanakan. Tetapi sekarang, kepada Tuhan Yesus, Roh-Nya dikaruniakan dengan tidak terbatas.

* 3:35 Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan356 segala sesuatu357 kepada-Nya.
Bukan Roh-Nya saja yang dikaruniakan kepada Yesus dengan tidak terbatas. Allah Bapa mendelegasikan segala sesuatu kepada-Nya. Dengan demikian kita dapat mengerti mengapa kita percaya kepada Anak untuk "diperanakkan... dari Allah", atau untuk "diperanakkan dari... Roh". Karena segala sesuatu telah diserahkan kepada Tuhan Yesus.

Morris358 berkata bahwa manusia dapat percaya kepada Anak, karena Allah Bapa telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.

Oleh karena ada hubungan kasih yang sempurna antaraBapa dan Anak, maka rencana ilahi untuk menyelamatkan manusia dapat berjalan.

* Yoh 3:36
Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh359 hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada360 di atasnya.
Pasal ini, yang mulai dengan percakapan Tuhan Yesus dengan Nikodemus mengenai bagaimana orang dapat melihat Kerajaan Allah, mencapai puncak di sini. Ayat ini menegaskan bahwa hanya ada dua alternatif: iman atau ketidak taatan, dan masing-masing memiliki akibat sendiri: hidup yang kekal dan murka Allah.361 Menurut Yohanes tidak ada suatu "posisi yang netral" antara percaya dan tidak taat. Kontras antara mereka yang percaya dan mereka yang menolak Dia diulangi berkali-kali dalam Injil Yohanes, mulai dengan pasal 1:11-12, sampai suatu puncak dalam pasal 12:44-48.

Pemakaian ungkapan tidak taat menjadi kejutan, karena kita berpikir yang tepat adalah "tidak percaya". Tetapi sebenarnya yang dimaksudkan adalah sikap tidak taat terhadap perintah untuk percaya. Jika panggilan untuk percaya kepada Anak ditolak, maka tinggal murka Allah.
Ayat ini mengulangi apa yang dikatakan dalam pasal 3:18 yang berkata, "Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah." Namun apa yang disebut "hukuman" dalam ayat 18 diuraikan sebagai murka Allah dalam ayat 36.

SBU


Senin, 11 Juni 2018
Renungan Pagi
GB.156 : 1 - Berdoa
YESUSLAH YANG LAYAK DITINGGIKAN

Yohanes 3: 22 - 30
"Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil" (ay.30)

Belakangan ini, dunia televisi marak dengan tayangan-tayangan popular show. Sebut saja Indonesian Idol, KDI, Indonesian‘s Got Talent, the Voice Indonesia dan masih banyak lainnya. Konte-kontes seperti ini sepertinya sangat diminati, sehingga banyak orang berusaha menjadi kontestan di dalamnya, terlebih untuk menjadi pemenangnya. Apa sebenarnya tujuan dari mereka mengikutinya? Satu kata "popularitas". Mereka rela melakukan apapun untuk menjadi tenar dan popular, karena didalamnya ada kebesaran dan kehebatan. Mereka akan dikenal, dielukan dan ditinggikan oleh orang-orang disekitarnya. Sejak diciptakan, masnusia cenderung menjadi yang terbesar dari sesamanya, karena itu persaingan wajar terjadi dimana-mana. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Yohanes Pembaptis. Di dalam perikop pembacaan kita, Yohanes Pembaptis menampakkan kerendahan hati yang luar biasa, meskipun ketenarannya tidak diragukan lagi. Terbukti saat ia membaptis bukan sedikit orang yang datang kepadanya, baik dari Yerusalem, seluruh Yudea, dan daerah sekitar Yordan. (bd. Mat.3: 5-6). Sebenarnya ketenarannya ini bisa menjadi dasar baginya untuk sombong dan meninggikan diri, namun justru menyatakan tentang kesaksian dirinya sangat berbeda. Di ayat 28, ia menyatakan bahwa dirinya hanyalah utusan , seorang pembuka jalan , hamba dan bukan Mesias yang selama ini dinantikan. Yohanes menyadari relasi dirinya dengan Yesus. Baginya, Yesuslah sang Mesias itu, Anak Allah yang harus menjadi isi berita tentang kabar baik. Bagi Yohanes, hanya Yesus yang layak ditinggikan dan dia harus semakin merendah di hadapanYesus.

Kerendahan hati Yohanes ini kiranya menjadi refleksi kehidupan kita. Seringkali di dalam menjalani hidup ini kita selalu ingin menjadi yang terhebat dan ditinggikan orang lain, dalam pelayanan pun demikian. Pelayanan dilakukan bukan untuk kemuliaan nama Tuhan, melainkan agar orang lebih mengenal dan memuji kita., dibandingkan Sang Pemilik pelayanan itu sendiri. Ia harus semakin besar dan aku semakin kecil. Terpujilah nama Tuhan.

GB.156 : 2,3
Doa : (Ya Yesus Tuhan kami, ajarlah kami agar tidak menyombongkan diri dalam hidup ini, tetapi biarlah melalui karya hidup kami hanya nama-Mu yang dimuliakan)


Senin, 11 Juni 2018
Renungan Malam
GB.157: 1
AKUILAH KETERBATASAN KITA

Yohanes 3:31-36
"Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya� " (ay.31)

Pada renungan pagi kita telah merenungkan bagaimana Yohanes Pembaptis menyadari dirinya yang hanya seorang utusan dan pembuka jalan bagi hadirnya Kristus di dunia. Pada renungan malam ini, Yohanes tetap menegaskan hal itu bagi kita. Sebagai manusia, kita harusnya sudah menyadari bahwa kita hanyalah makhluk ciptaan yang terbatas. Manusia yang hanya mampu berbicara dan berfikir dalam pengertian-pengertian duniawi, sehingga tidak satupun kehebatan kita dapat diagungkan dan dielukan. Kesaksian Yohanes dalam perikop pembacaan kita saat ini menyatakan secara tegas bahwa hanya Kristuslah yang patut ditinggikan dan diagungkan, karena Dialah yang datang dari sorga dan diatas segalanya (ay.31), bahkan di ayat 35 Yohanes memberi kesaksian bahwa Allah sangat mengasihi Yesus dan mengaruniakan segala kuasa kepada-Nya. Dengan demikian hanya Yesuslah yang berkuasa atas langit, bumi dan segala isinya. Manusia hanyalah bagian kecil yang ada dibumi ini, penuh keterbatasan dan milik Kristus sendiri. Karena itu, posisi kita di dunia ini hanyalah hamba dan bentara yang harus menyiapkan jalan bagi Tuhan, hamba yang harus terus percaya, menyembah Dia, terlebih menyerahkan hidup kepada-Nya. Hidup kekal dan kemenangkan sejati hanya didapatkan oleh mereka yang mau terus percaya dan taat kepada Kristus Anak Allah (ay.36).

Lalu, oleh pemahaman ini dengan apakah kita mau menyombongkan diri? Hidup kita hanyalah pemberian Allah, makhluk ciptaan dan terbatas dibandingkan Dia yang memiliki dan berkuasa atas semuanya. Karena itu saudaraku, untuk menutup malam ini mari kita kembali merenungkan dan memeriksa diri, kalau-kalau dalam hidup ini kita masih terus menyombongkan diri dengan apa yang kita miliki. Kalau kita memiliki kekayaan, sadarilah itu anugerah dari Tuhan. Dengan demikian kita akan menjadikan diri kita dengan segala yang kita miliki untuk memuliakan nama Tuhan.

GB. 157 : 2,3
Doa : (Ya Tuhan ampuni kami, ketika kami menyombongkan diri dengan apa yang kami miliki, sadarkan kami bahwa kami hanyalah manusia yang memiliki keterbatasan, sehingga hanya nama-Mulah yang kami muliakan)

Label:   Yohanes 3:31-36 


German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 12 JUNI 2018 - MEMBANGUN IMAN DENGAN DASAR YANG KUAT - Matius 7:24-27 - MINGGU II SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 10 JUNI 2018 - MANUSIA DISELAMATKAN KARENA KASIH - Lukas 7:41-50 - HARI MINGGU II SES.PENTAKOSTA

Garis Besar Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 26 Juni - Yesaya 26-28

Hari ini, 26 Juni - Maz 76:12-77:5, 1 Taw 14-15, Kis 7:44-60, Ams 19:5-7

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH PERJAMUAN KUDUS & SYUKUR HUT KE-25 YADIA GPIB - MINGGU, 14 JULI 2019
1. surat pengantar HUT ke-25 Yadia 2. Juklak HUT ke-25 YADIA GPIB 3. PESAN HUT YADIA KE 25 TAHUN 2019 4 Tata Ibadah HUT YADIA KE 25 TAHUN 2019 5. Rekapitulasi Laporan Keuangan Yadia GPIB Tahun 2018 - 2019. 6. KOLEKTA IBADAH JAN SD DES 2018-319JEMAAT 7. KOLEKTA IBADAH JAN SD MAR 2019-319JEMAAT 8. KONTRIBUSI JAN SD DES 2019 - 319 JEMAAT 9.
TATA IBADAH HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA & SYUKUR HUT KE-38 YAPENDIK GPIB Minggu, 7 JULI 2019

Tata Ibadah Bulan Pelkes GPIB 2019 - Minggu, 09 Juni 2019 sd 30 Juni 2019
Tata Ibadah dan Renungan yang terdiri atas: a. Ibadah Hari Minggu, tanggal 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; b. Ibadah Keluarga, tanggal 05, 12, 19 dan 26 Juni 2019; c. Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna, tanggal 02, 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; d. Ibadah Pelkat GP, PKP, PKB, dan PKLU, tanggal 05 Juni 2019;



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Selasa, 25 Juni 2019
Behold (Then Sings My Soul) - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Love So Great - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
I Will Boast In Christ - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
O Praise The Name (Anu00e1stasis) - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Never Forsaken - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Behold (Then My Soul Sings) - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
O Come All Ye Faithful - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
So You Would Come - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
When I Think Upon Christmas - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Lettered Love - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
You Are Life - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Silent Night - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Arrival - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Peace Has Come - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Through It All - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
All Things New - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
O Praise the Name (Anástasis) - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
My Story - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
One Thing - Hillsong Worship

Selasa, 25 Juni 2019
Our Father - Hillsong Worship

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



kotbah roma 1o:4-12,   hotbah kesombongan,   lagu rohani kristen terbaru mp3,   renungan kisah para rasul 13 13 25,   renungan kisah para rasul 13 13 25,   kotbah roma 1o:4-12,   download instrumen rohani,   lagu pengumpula persembahan,   lagu anak-anak sekolah minggu untuk pernikahan,   renungan pengkotbah 11:7,   lirik lagu bapa kami alfa trio,   lagu pernikahan kristen,   khotbah mazmur 127 gpib,   khotbah mazmur 127 gpib,   khotbah mazmur 127 gpib,   renungan keluaran 15:12-18,   Lirik lagu kristen Suplemen Ny Rohani no 99,   kotbah roma 1o:4-12,   keluaran 15 ayat 12-18,   lagu rohani kita dibenarkan karena. iman bersama.chord,   Download Lagu Rohani PikuL Liku ,   daftar lagu rohani kristen untuk paduan suara,   Dawnload lagu rohani tentang kesombongan,   Efesus 2 ayat 13-18,   jamita rom 10 4-12,   download lagu paduan suara gereja,   download lagu paduan suara gereja,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   kisah pararasul 17:22-30,   lagu untuk persiapan kotbah rohani,   nats Yesaya 50:7-10,   chord gitar aku bawa dan berikan,   tafsir rom 10 : 4 - 12,   Lagu pembukaan dari kj,   Download lagu rohani lirik kesombongan,   jamita 30 juni 2019,   lirik lagu tuhan adalah gembalaku( hanya dekat mu Tuhan),   khotbah roma 10, 4 - 12,   Download mp3 lagu rohani kuasa darah Yesus,   lagu manado pengucapan,   Download mp3 lagu rohani kuasa darah Yesus,   lagu manado pengucapan,   renungan ibadah keluarga rabu,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   khotba 1 yohanes 4:1-6,   refleksi lagu hidup ini adalah kesempatan? reformed,   tata ibadah gke,   downloud lagu 17 agustus,   Khotbah dari Kis 16:13-18,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   renungan harian kis para rasul 2: 45,   air hidup kisa para rasul 2:41-47,   khotbah kisa para rasul 2:41-47,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   sabda bina umat gpib 2019,   bahan sermon jamita Psalmen 32:1-11,   khotbah mazmir 127 gpib,   khotbah mazmir 127 gpib,   renungan alkitab untuk ibadah kunci bulan,   lagu gereja ,   khotbah akhir bulan juni 2019,   khotbah akhir bulan juni 2019,   khotbah mazmir 127 gpib,   Sabda Bina Umat GPIB JUNI.2019,   khotbah mazmir 127 gpib,   download mp3 rohani kristen,   download mp3 rohani terbaru,   Vidio kidung pg...,   Free download Mp3 rohani kepuasan ku berada di hadiratmu,   menerima damai sejahtera yoh 20:19-23,   Renungan dari Amos 5:25-27,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah keluaran 15 : 12-18,   bahan renungan hosea 4:7-10,   roma 10:4-12,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   lagu rohani pernikahan,   khotbah keluaran 15:12-18,   partitur lagu anak rohani kristen,   khotbahmazmur 127gpib,   khotbahmazmur 127gpib,   tata ibadah api unggun,   Rancangan Khotbah Minggu 7 Juli 2019,   khotbahmazmur 127gpib,   khotbahmazmur 127gpib,   dpwnlpad lagu you are my king (amazing love) w/ lyrics (Christy Nockles),   lagu seruling mas,   lagu rohani kristen mengucap syukur,   renungan mat 7 15-20,   injil matius 7 15 20 beserta kotbahnya,   makna renungan i tesalonika 5:21-22,   bahan kotbah kisahpararasul 13 : 15 - 25,   nyanyian rohani nomor 165,   renungan mat 7 15-20,   renungan mat 7 15-20,   liturgi pernikahan gereja kalimantan evangelis,   renungan mat 7 15-20,   hukuman bagi ketidakadilan amos 5,   download khotbah mp3 bagi yang gelisah,   lagu rohani pertobatan,   lagu rohani suara gembira apk,   download suara gembira,   contoh doa syafaat kristen protestan terbaru,   eksposisi galatia 5:1-15,   Renungan kotbah Kisah para rasul 17:22-30,   renungan pengkhotbah 11:9-10,   penjelasan ttg yehezkiel 11,   kumpulan lagu ende HKBP,   Renungan sgd rabu 26 juni 2019,   khotbah hakim hakim 4:1 - 24,   khotbah dari galatia 3 :1-29,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   tenungan mazmur 97,   kotbah mazmur 96,   lagu penutup untuk ibadah,   download lagu rohani yang menyentuh hati,   amsal 23:17 gpdi,   pelayanan yang berbasis pada panggilan kisah para rasul 6; 1-7,   renungan mika 06 : 6-8,   renungan mika 06 : 6-8,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah Wahyu 22 : 12-17,   khotbah roma 10:4-12,   khotbah roma 10:4-12,   doa persembahan pada ibadah hari minggu,   Renungan harian kis para rasul 2: 45,   khotbah galatia 3,   satb koor,   isi khotbah kisah para rasul 2:41-47,   lagu penyembahan pantemosata,   kotbah matius 7 15 20,   download suara gembira,   lagu pujian untuk pemberkatan pernikahan,   lagu rohani pernikahan kristen yang terbaru mp3,   Mars gp,   keluaran 15:12-18,   kidung konstektual 93,   amsal 3 ayat 11 20,   lirik lagu rohani saat memberikan persembahan,   kotbahi galatia 6 1 10,   lagu penutup ibadah gpdi,   kotbah galatia 6:1-18,   renungan amsal 4 : 10-15,   download lagu aog,   Khotbah minggu 30 juni 2019,   lagu rohani kristen terbaru mp3,   download hatiku percaya karaoke,   bahan renungan hosea 4:7-10,   buku kidung muda mudi gpib,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   nyayian rohani untuk masuk firman,   materi katekisasi 2019,   kh8tbah ibran 2 : 1,   materi katekisasi perjamuan kudus,   katekisasi perjamuan kudus,   download lagu rohani tuhan ku bangkit,   renungan 1 yohanes 2 : 28 - 29,   lirik buka mata hatiku,   chord bertambah-tambah,   www.mp3 rohani tro ambisi .com,   lagu jonny agung persaudaraan,   nats persembahan,   nats persembahan,   the flame of the ages STEPHEN TONG,   Khotbah minggu 23 juni 2019 wahyu 22:12-17,   lirik lagu kaulah gunung batuku,trio elexis,   nyanyian rohani methodist,   lirik buka mata hatiku,