Save Page

Daniel 3:28-30
3:28 Berkatalah Nebukadnezar: "Terpujilah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego! Ia telah mengutus malaikat-Nya dan melepaskan hamba-hamba-Nya, yang telah menaruh percaya kepada-Nya, dan melanggar titah raja, dan yang menyerahkan tubuh mereka, karena mereka tidak mau memuja dan menyembah allah manapun kecuali Allah mereka. 3:29 Sebab itu aku mengeluarkan perintah, bahwa setiap orang dari bangsa, suku bangsa atau bahasa manapun ia, yang mengucapkan penghinaan terhadap Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego, akan dipenggal-penggal dan rumahnya akan dirobohkan menjadi timbunan puing, karena tidak ada allah lain yang dapat melepaskan secara demikian itu." 3:30 Lalu raja memberikan kedudukan tinggi kepada Sadrakh, Mesakh dan Abednego di wilayah Babel.

Penjelasan:


* PENGUJIAN OLEH NEBUKADNEZAR TERHADAP IMAN ORANG-ORANG YANG MENGAKU PERCAYA: SEBUAH PELAJARAN TENTANG IMAN YANG TEGUH. 3:1-30.
Segala sesuatu dalam Daniel 3 menunjukkan dengan jelas bahwa tujuan utama dari pasal ini secara langsung bersifat praktis dan bukan doktrinal. Tidak ada nubuat. Bentuk narasi hanyalah menceritakan nasib dari tiga rekan Daniel sebagai orang-orang yang dengan teguh mengaku percaya (Daniel sama sekali tidak berperan dalam pasal ini). Ibrani 11:34 mengutip kisah itu sebagai sebuah pelajaran tentang iman. Peristiwa utamanya menjadi pokok dari sebuah pengembangan palsu dalam sebuah kitab apokrif yang dikenal sebagai Kidung Tiga Pemuda Ibrani.
Para tokoh dalam 'drama' tersebut sudah dikenal, semuanya telah diperkenalkan sebelumnya: Nebukadnezar (Dan. 3:1; bdg. 1:1; 2:1); orang-orang Kasdim (3:8; bdg. 2:2); "tiga pemuda Ibrani" (3:12; bdg. 1:6, 7; 2:17, 49). Mengapa Daniel tidak terdapat dalam ketidaktaatan sipil seperti yang dilakukan oleh ketiga rekannya bisa paling baik dijelaskan dengan perkiraan bahwa dia tidak berada di kota itu untuk suatu urusan resmi.
Sesuai dengan sifat didaktis dari pasal berisi narasi ini, diusulkan sebuah garis besar homiletik, dan bukannya analitis. Tindakan-tindakan yang ada pada pasal ini disusun sebagai berikut: (1) musuh iman (ay. 1; bdg. ay. 8); (2) godaan iman (ay. 2-15); (3) pertunjukan iman (ay. 16-18); (4) keselamatan oleh iman (ay. 19-30).

* Tetap beriman! Tanpa kompromi!
Anda pilih yang mana: sembah patung atau mati? Sulitkah untuk memilih satu di antara dua pilihan tersebut?
Bagi Sadrakh, Mesakh, dan Abednego, menyembah patung tidak akan menjadi pilihan mereka. Meski untuk itu mereka bukan hanya menghadapi risiko kehilangan jabatan, melainkan juga nyawa! Padahal banyak orang yang rela melakukan apa saja demi mempertahankan nyawa. Malah demi sebuah jabatan, banyak orang rela 'menjual' imannya. Bagi ketiga rekan Daniel itu, meskipun Tuhan tidak melepaskan mereka dari perapian yang menyala-nyala, menyembah patung tidak akan pernah menjadi pilihan mereka (ayat 17-18)!
Mendengar pendirian ketiga orang Israel ini, raja murka. Saat itu raja sedang berusaha menyatukan berbagai bangsa yang berada di bawah kekuasaannya. Alat yang dipakai untuk itu adalah kesatuan agama, yakni penyembahan kepada patung emas buatan Nebukadnezar. Bagi bangsa-bangsa selain Yahudi, yang percaya kepada banyak dewa, hal itu bukan masalah. Mudah saja menjadikan patung emas sebagai salah satu dewa yang harus mereka sembah. Namun itu masalah besar bagi Israel. Israel hanya boleh menyembah Allah! Tak boleh yang lain! Maka berhadapan dengan titah raja membuat mereka harus memasuki perapian yang menyala-nyala, yang panasnya ditingkatkan tujuh kali lipat. Pastilah dalam sekejap ketiga orang itu akan hangus dimakan api. Akan tetapi, Tuhan hadir dan menyatakan kuasa-Nya. Jangankan hangus, ketiga orang itu malah berjalan-jalan di tengah api yang membara disertai seseorang yang rupanya seperti anak dewa (ayat 25). Padahal mereka dimasukkan dengan tubuh terikat. Nebukadnezar pun takjub. Selanjutnya, selain nyawa selamat, jabatan tinggi pun mereka terima dari raja (ayat 30).

Kisah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego meneguhkan kita. Tidak ada alasan bagi kita untuk kompromi dan menjual iman kita. Betapapun tuntutan zaman maupun tekanan politik mendesak kita, kita harus tetap berjalan lurus di dalam iman kepada Kristus. Bahkan jika itu berisiko nyawa kita!


SBU


HARI MINGGU VII SES. PENTAKOSTA
MINGGU, 15 JULI 2018
Syukur HUT KE-37 PELKAT PKB GPIB
HUT KE-68 PELKAT GP
Renungan Pagi
GB.259:1 -Berdoa
TETAP TEGUH PADA KEYAKINAN

Daniel 3:1-27
... bahwa kami tidak akan rnemuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu. (ay.18)

"Perintah raja sama seperti perintah dewa". Tidak boleh ada yang manentang atau menolaknya sehingga perintah raja harus dilaksanakan. Bagi yang melanggar pasti dihukum. Raja Nebukadnezar yang berkuasa di Babel, memerintahkan kepada seluruh orang dari seluruh bangsa, suku bangsa dan bahasa semua yang diangap perwakilan dari kerajaan: jika mendengar sangkakaia, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai jenis bunyi-
bunyian, harus sujud menyembah patung emas yang dibangun raja. Bagi yang tidak mematuhi akan dihukum dalam perapian yang menyala-nyala {ay.4-6).

Perintah dan hukuman menjadi pergumulan bagi siapapun yang tidak sejalan dengan perintah tersebut. Apalagi jika berkaitan dengan keyakinan. Orang dipaksa untuk mengingkari iman yang diyakini. Sebagaimana Sadrakh, Mesakh dan Abednego menolak untuk menyembah patung emas yang didirikan Nebukadnezar. Akibatnya mereka dicampakkan dalam perapian yang menya|a-nyala. Nyala api pembakaran ditingkatkan rnenjadi 7x lebih panas, ini seakan menunjukkan tingkat kemarahan raja. Walau akhirnya mereka tidak mengalami luka sedikitpun bahkan rambut di kepala tidak hangus, jubah mereka tidak berubah apa-apa, bahkan bau kebakaran pun tidak ada pada mereka (ay.27).

Tawaran untuk meninggalkan iman demi memperoleh kepuasan yang sifatnya duniawi pasti sering kita alami. Tawaran yang menjanjikan dan rnanyenangkan. Namun pertanyaannya adalah apakah semuanya itu memberikan kedamaian abadi. Kesenangan sesaat
tidaklah berarti dibandingkan dengan kedarnaian abadi dalam iman dan keyakinan yang teguh. Kita belajar dari Sadrakh, Mesakh dan Abednego, pertama, harus tetap teguh pada iman dan keyakinan dalam menghadapi setiap masalah. Tidak boleh lari dari kenyataan.

Kedua, setiap persoalan yang dihadapi yakinlah bahwa Tuhan akan menyelesaikan masaiah kita seturut dengan waktu, kehendak dan cara-Nya. Tuhan rnengetahui cara dan waktu yang tepat menyelesaikan persoalan kita asal kita menyerahkan sepenuh kepada-Nya dan jangan pernah menyangkal-Nya.

GB 259:2
Doa : (Bapa, janjiku untuk tetap setia dan berpengharapan hanya kepada-Mu)


HARI MINGGU VII SES. PENTAKOSTA
MINGGU, 15 JULI 2018
Renungan Malam
KJ.19 : 1-3 -Berdoa
IMAN ADALAH SEGALANYA

Daniel 3:28-30
"Lalu raja memberlkan kedudukan tinggi kepada Sadrakh. Mesakh dan Abednego diwilayah Babel" (ay.30)

Kata peribahasa "Yang dicari tak diperolah tetapi yang tidak dicari didapatkan". Itu yang lerjadl pada pengalaman iman Sadrakh, Mesakh dan Abednego dalam bacaan kita rnalam ini.

Tiga serangkai, yakni Sadrakh, Mesakh dan Abednego hanya bersikap setia dan taat karena imannya kepada Allah. Mereka hanya mengharapkan keselamatan dari Allah saja, tidak ada keinglnan atau maksud laln. Mereka bersikap tegas ketika ujian iman mereka terjadi.

Namun Allah menjawab iman Sadrakh, Mesakh dan Abednego seperti tempo dulu Allah rnenjawab doa raja Salomo yang minta hikmat untuk memerintah lsrael dengan baik dan adil. Apa yang mereka tidak minta Allah memberikannya. Sadrakh, Mesakh dan Abednego bukan saja memperoleh keselarnatan yang mereka harapkan dari Allah, tetapi juga dianugerahi kedudukan tinggi oleh Nebukadnesar sebagai penghormatan kepada mereka. Sungguh
luar blasa iman mereka. Kitab Daniel menjadi saksi sejarah tentang lsrael yang terpuruk, tetapi iman membangkitkan pengharapan masa depan yang penuh semangat.

Iman menjawab keyakinan dan penyerahan diri kita kepada Allah. Iman bukan saja menghadirkan karya kaselamatan Allah yang kita harapkan, ternyata leblh dari itu. lman adalah segalanya bagi orang percaya. Pengalaman iman Sadrakh, Mesakh dan Abednego
membuktikan hal tersebut, karena iman menjamin kepenuhan harapan kita, maka janganlah kita asal berirnan. Tetapi yakin dengan kesungguhan dan penyerahan diri kepada Allah saja.

KJ 19 : 4
Doa : (Ya Tuhan, jadikan saya saksi iman)

Label:   Daniel 3:28-30 





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SENlN, 16 JULI 2018 - KUASA TUHAN - Yunus 2:7-10 - MINGGU VII SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 14 JULI 2018 - DISELAMATKAN OLEH BAPTISAN-NYA - 1 Petrus 3:18-22 - MlNGGU Vl SES.PENTAKOSTA

Garis Besar Daniel

Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    Lagu Kotbah




    songbatak.com-karaoke



    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*, HC*,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI



    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)






    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)


    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,