Save Page
Filipi 3:12-16
3:12 Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. 3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, 3:14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. 3:15 Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu. 3:16 Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh.

Penjelasan:

* Flp 3:12 - memperoleh // Telah sempurna // aku dapat juga menangkapnya // ditangkap oleh Kristus
Paulus belum memperoleh pengalaman pengenalan yang sempurna dan final tentang Tuhannya (ay. 8-11). Telah sempurna menegaskan lebih lanjut sasaran hidupnya. Sempurna di sini tentu berarti pengenalan penuh dan keserupaan sempuma. Ayat 12b dapat diparafrase menjadi "tetapi aku terus maju dengan bersusah payah kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya (katalambano di dalam papirus dipakai untuk tanah yang diambil oleh para penjajah) untuk mana akupun telah ditangkap oleh Kristus di jalan menuju ke Damsyik." Allah mempunyai rencana dengan pertobatan Paulus, dan Paulus sangat mendambakan agar maksud tersebut dapat direalisasikan sepenuhnya di dalam hidupnya. Banyak penafsir menganggap eph'ho to berarti "karena" yang dengan demikian akan menekankan alasan (bukan sasaran) dari jerih payah Paulus (bdg. C. F. D. Moule, Idiom Book, hlm. 132).

*  Flp 3:13 - Aku sendiri // tetapi ini // Melupakan apa yang telah di belakangku // Mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku
Ayat 13, 14 memperluas pokok pikiran dari ayat 12. Keadaan belum sempuma orang Kristen menghancurkan sikap berpuas diri dan menuntut upaya yang bersungguh-sungguh. Aku sendiri dapat menyiratkan suatu kontras dengan tindakan memuji diri dari orang lain. Kiasan yang dipakai adalah suatu pertandingan lari. Kata-kata tetapi ini mengungkapkan "satu maksud tunggal dan pemusatan semua tenaga untuk memenuhinya" (Michael, hlm. 160). Melupakan apa yang telah di belakangku. Keberhasilan-keberhasilan yang lalu dalam kariernya sebagai orang Kristen yang dapat menyebabkan rasa puas diri serta berkurangnya semangat. Mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku secara jelas melukiskan seorang pelari yang menggerakkan seluruh sisa tenaganya dan berpacu ke arah garis akhir.

* Flp 3:14 - Tujuan // hadiah // panggilan surgawi // dalam Kristus Yesus
Tujuan (skopos dari skopeo, "memandang kepada"). Yang menjadi sasaran perhatian penuh. Pengalihan pandangan akan berakibat fatal. Ada orang yang beranggapan bahwa kiasan yang dipakai adalah perlombaan kereta kuda). Jika kesempurnaan tertinggi merupakan tujuan si pelari (yang mencegahnya dari menyimpang arah), maka hal itu juga merupakan hadiah baginya. Hadiah adalah milik orang-orang yang dengan segenap hati menjawab panggilan surgawi Allah (menjauhi diri sendiri dan menuju ketinggian-ketinggian baru dari pencapaian rohani) dalam Kristus Yesus.

* Flp 3:15 - sempurna // Berpikir demikian // Jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, // hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu." 16
Menjadi sempurna. Menjadi dewasa. Di dalam agama-agama mistik istilah ini menunjuk kepada orang-orang yang sudah terlatih sempuma. yang berbeda dengan orang-orang yang masih baru. Tidak ada petunjuk mengenai adanya "ironi yang penuh celaan" di sini (demikian Lightfoot). Berpikir demikian. Milikilah sikap dasar ini, yaitu, bahwa keberhasilan yang lalu jangan meniadakan perlunya usaha keras untuk masa depan. Jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, kata Paulus menambahkan untuk memberi semangat, "Jika kamu belum yakin bahwa hal ini harus diterapkan di dalam setiap bidang kehidupan, maka hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu." 16. Sekalipun arti yang tepat dari ayat yang padat ini sulit ditentukan, maksud umumnya jelas, "Janganlah kita menyimpang dari prinsip-prinsip yang telah mengantarkan kita dengan selamat ke taraf kedewasaan kristen kita yang sekarang." Syarat untuk memperoleh bimbingan bagi masa depan ialah hidup menurut terang yang sudah ada kini.



SBU

MINGGU II SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 15 JUNI 2018
Renungan Pagi
KJ 443:1 -Berdoa
BERSUKACITALAH!

 Filipi 3:1-11
....bersukacitalah dalam Tuhan (ay.1a)

Kata sukacita di kamus besar banasa Indonesia (KBBI} berarti sebuah perasaan bersuka, bergirang dan senang. Setiap orang yang bersukacita, selalu berada dalam keadaan tidak bersedih atau bersusah hati.

Di renungan pagi ini, Paulus mengajak kita untuk selalu bersukacita. la mau rnenujukkan bahwa kaaih Allah itu sangat beaar dan ajaib, sekalipun kita di daiam penderitaan dan pencobaan. Ketika menulis surat ini, Paulus berada dalam penjara di Roma menjalani hukumannya. Ia menerima dan menjalani hukumannya dengan optimis dan penuh sukacita, Karena yakin bahwa apa yang ia perbuat adalah kebaikan di dalam Kristus. Daiam suratnya ini, Paulus terus mengingatkan jemaat di Filipi bahwa masalah, pergumulan dan cobaan pasti akan menghampiri, bahkan bisa muncu! di tengah jemaat sendiri (ay.3).

Masalah intern yang dimaksud ialah adanya orang-orang Kristen Yahudi yang disebutnya sebagai "anjing-anjing", pekerja-pekerja yang jahat dan penyunat-penyunat palsu (ay.2}. Mereka telah menjadi pengikut Kristus, namun tetap rnenjalarikan hukum Taurat dan adat istiadat Yahudi, sehingga menimbulkan perpecahan di dalam iemaat. Namun, Paulus tetap mengingatkan agar di dalam rnenghadapi semua itu, jemaat harus tetap bersukacita di daiam Tuhan, karena kebenaran, kebaikan dan keselamatan hanya ada di datarn Kristus Yesus, Tuhan dan Juruselarnat (ay.9-11).

Kemampuan Paulus untuk seialu bersukacita di daiam penderitaannya, dapat ia lakukan ketika ia sungguh-sungguh percaya dan menyerahkan hidupnya hanya kepada Tuhan. Paulus sungguh yakin Tuhan tidak akan pernah lalai menjaga, memelihara, mengasihi bahkan memberkati kehidupannya. Ia pun percaya, sekalipun harus menderita dan bahkan rnengalami kematian, kemenangan dan kekekalan akan diberikan Tuhan kepadanya. Uniuk dapat bersukacita di dalam penderitaan, diperiukan sikap hati merendah di hadapan Tuhan. Mari serahkan diri kepada Tuhan dengan kerendahan hati agar Tuhan menjaga, meiindungi dan menguatkan kita dalam menjaiani arus kehidupan ini. Mari bersukacitalah!

KJ.443 : 2
Doa : (Tuhan, kami serahkan hidup kami hanya kepada-Mu, Karena
kami yakin sekalipun kami mengalami pergumulan, kami dapat
selalu bersukacita karena kasih-Mu nyata bagi kami)





MINGGU II SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 15 JUNI 2018
Renungan Malam
GB.71 : 1 -Berd0a
KRISTUS PRIORITAS HIDUP SAYA

Filipi 3:12-16
dan berlari-larl kepada tuiuan... panggiIan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus (ay.14)

Apa hal yang terpenting di dalam hidup kita? Mungkin sebagian besar orang akan menjawab: keluarga, pasangan hidup, uang, karir, jabatan, kehormatan, pendidikan, dan masih banyak hal-hal duniawi lainnya yang akan disebutkan. Hal-hal duniawi ini biasanya selalu menjadi prioritas di dalam hidup kita yang justru dapat menjauhkan kita dari Tuhan. Berbeda dari kita,

Paulus memilh Kristus menjadi prioritas kehidupannya. Di ayat-ayat pembacaan kita malam ini, kita melihat bagaimana Paulus yang sudah rnerasakan dan mengalami banyak pengaiaman hidup, akhirnya mengeiahui apa prioritas utamanya yaitu untuk rnemperoleh hadiah panggilan sorgawi di dalam Kristus Yesus (ay.T4). Keyakinan iman sekuat ini dihasilkan Pauius melalui banyak pengaiaman yang terjadi dalam hidupnya. Ia pernah menjadi "hamba" dunia dan berada di dalam kegelapan dosa. Namun, ketika Kristus menyapanya, ia kernudian menyadari bahwa kepentingan hidupnya hanyalah Kristus sernata (ay.12-13).

Pauius rnenyadari apa yang telah dilaiuinya, bahkan sampai kepada penderitaannya, semua iu tidak terlepas dari bentuk kasih Allah yang terus menaungi hidupnya, bahkan menyelamatkannya. Karena itu, dengan mata yang diarahkan pada hadiah akhir ini, Paulus mengenyampingkan segala yang berasal dari dunia untuk dapat hidup dan mati bersama Kristus.

Ketika kita akan menutup malam ini, mari kembali meiihat apakah prioritas-prioritas duniawi kita seiama ini telah membawa kebahagiaan sejati bagi hidup kita, atau justru hanya membawa rnasalah dan penderitaan‘? Paulus sudah bersaksi bahwa hanya di dalam Kristuslah ia menemukan kebahagiaan dan sukacita abadi, karena Kristuslah yang menyelamatkan kita, bukan harta, pendidikan yang tinggi, jabatan bagus, karir yang mapan, dsb.

Oleh karena itu, ketika kita mau menjadikan Kristus sebagai prioritas kita, maka berkat-berkat duniawi itupun akan mengikuti dan disediakan Tuhan bagi hidup ktta.

GB.71 :2, 3
Doa : (Ajar kami ya Tuhan, agar dalam hidup ini kami dapat selalu mencari dan mendekat hanya kepada-Mu)


Label:   Filipi 3:12-16 



Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 15 JUNI 2018 - KRISTUS PRIORITAS HIDUP SAYA - Filipi 3:12-16 - MINGGU II SES. PENTAKOSTA





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
Khotbah Ibadah GPI SABTU, 16 JUNI 2018 - NYATAKANLAH KEBAIKANMU ! - Filipi 4:2-9 - MINGGU II SES.PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB KAMlS, 14 JUNI 2018 - BRI PADANYA SEGENAP HIDUPMU - Matius 25:19-30 - MINGGU II SES. PENTAKOSTA
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan



rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke



JUMAT, 30 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 30 NOVEMBER 2018 - BELAJAR BUAK DARI KEHIDUPAN - 2 Timotius 2:1-7 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Hari ketujuh, Demikianlah riwayat langit dan bumi // TUHAN Allah, Ada kabut naik ke atas ... dan membasahi // kabut, Tuhan Allah membentuk // manusia itu dari debu tanah // membentuk // manusia itu dari debu tanah ... menghembuskan // napas hidup ke
RABU, 28 NOVEMBER 2018
RABU, 28 NOVEMBER 2018 - MENDERITA DALAM KEBENARAN, BERBAHAGIALAH - 1 Petrus 2:18-25 (SGDK) - MlNGGU XXVI SESUDAH PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 27 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 27 NOVEMBER 2018 - MEMBERLAKUKAN APA YANG DIBERLAKUKAN TUHAN - 1 Petrus 2:7-10 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 26 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 26 NOVEMBER 2018 - HIDUP ADALAH UCAPAN SYUKUR - 1 Petrus 1:17-25 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Jika kamu menyebut-Nya Bapa // Hidup dalam ketakutan, Kamu telah ditebus ... bukan dengan barang yang fana // Dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus // yang mahal, Rasul Petrus menasihati mereka supaya menjalin kasih persaudaraan, Sia-sianya Ma
MINGGU, 25 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 25 NOVEMBER 2018 - BERHIKMAT DALAM HIDUP - 1 Korintus 10:12-13 - HARI MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)



Minggu, 04 November 2018
Tata Ibadah Hari Minggu Syukur HUT ke-8 PKLU GPIB - Minggu, 04 November 2018

JUKLAK HUT KE-8 PKLU GPIB, PESAN MS GPIB HUT ke-8 PKLU, surat pengantar hut 8 pklu, TATA IBADAH PKLU GPIB HUT Ke-8 PKLU
7 OKTOBER 2018
KOREKSI LAGU DALAM TATA IBADAH 7 OKTOBER 2018 DAN PETUNJUK PELAKSANAAN IBADAH MINGGU SELAMA BULAN OKTOBER 2018


Minggu, 07 Oktober 2018
Tata Ibadah HARI PERJAMUAN KUDUS se-DUNIA dan HARI PEKABARAN INJIL INDONESIA (HPKD/HPII) Minggu, 07 Oktober 2018

Menggunakan Tata Ibadah GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ)



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK MEREKA YANG SETIA
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Permohonan Sepenuh Hati, ALLAH PENYELAMAT TUNGGAL