Save Page
Yunus 2:7-10
2:7 Ketika jiwaku letih lesu di dalam aku, teringatlah aku kepada TUHAN, dan sampailah doaku kepada-Mu, ke dalam bait-Mu yang kudus. 2:8 Mereka yang berpegang teguh pada berhala kesia-siaan, merekalah yang meninggalkan Dia, yang mengasihi mereka dengan setia. 2:9 Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!" 2:10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada ikan itu, dan ikan itupun memuntahkan Yunus ke darat.

Penjelasan:

*  Yun 2:7 - Jiwaku letih lesu . . . teringatlah aku // Bait-Mu yang kudus
Jiwaku letih lesu . . . teringatlah aku. Ketika Yunus berputus asa, dia berpaling kepada Tuhan untuk meminta pertolongan. Tema ini diulangi beberapa kali dalam doa itu karena kemustahilan kelepasan secara fisik sangat kontras dengan kenyataan tentang campur tangan ilahi. Inilah sumber kekaguman yang terus ada bagi Yunus. Bait-Mu yang kudus. Biasanya, doa dipanjatkan di pelataran Bait Suci di Yerusalem. Tetapi Yunus tahu bahwa hadirat Allah tidak dibatasi oleh bait duniawi manapun dan bahwa Tuhan mengerti kebutuhan anak-anak-Nya di manapun mereka berada.

* Yun 2:8 - Berhala kesia-siaan // kesia-siaan
Berhala kesia-siaan. Sebuah nama deskriptif untuk berhala-berhala dan dewa-dewa bangsa kafir (bdg. Mzm. 31:6; Ul. 32:21). Dalam konteks ini, kesia-siaan bukan memiliki makna "kedangkalan" melainkan "keadaan tidak berharga." Yunus menegaskan kembali penolakannya terhadap penyembahan berhala sebagai tindakan ibadah.

* Yun 2:9 - Dengan ucapan syukur akan kupersembahkan kurban // apa yang kunazarkan akan kubayar, // Keselamatan
Dengan ucapan syukur akan kupersembahkan kurban. Bertentangan dengan konsep kafir, tindakan mempersembahkan kurban yang sesungguhnya adalah suatu ungkapan syukur kepada Allah, dan bukan suatu usaha untuk meredakan murka-Nya. Dengan persembahan kurban itu,. suatu penyerahan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah dibuat. Dengan kata-kata, apa yang kunazarkan akan kubayar, sang nabi menunjukkan bahwa dia sedang berserah kepada kehendak Allah baginya. Dia sudah yakin akan satu hal: Keselamatan adalah karunia Allah dan bukan hasil usaha manusia.

* Dilepaskan. 2:10.
Keyakinan batin bahwa Allah menyelamatkan dengan tindakan penuh kuasa-Nya bukanlah khayalan ataupun gagasan yang abstrak, melainkan sesuai dengan peristiwa yang nyata. .Yunus dibebaskan dari ikan besar dan menemukan dirinya sudah berada di daratan, selamat tetapi diberi hajaran.


SBU

MINGGU VII SES. PENTAKOSTA
SENlN, 16 JULI 2018
Renungan Pagi
KJ. 443:1 -Berdoa
DOSA DAN PENDERITAAN

Yunus 2:1-6
"Dalam kesusahanku aku berseru kepacla TUHAN" (ay.2)

Dosa dan penderitaan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Siapa berbuat dosa, harus menerima ganjaran penderitaan bahkan kematian dari Tuhan. Dosa dan penderitaan seperti itu dialami oleh Yunus.

Yunus diperintahkan Tuhan ke Mesopotamia untuk menyerukan pertobatan kepada bangsa Niniwe dari kejahatannya (Niniwe terletak di tepi Sungai Tigris, di sebeiah utara Asyur). Narnun Yunus membelot dan berlayar ke Tarsis. Tuhan rnendatangkan badai besar
di Laut, lalu mereka mengetahui bahwa badai besar itu Karena murka Tuhan kepada Yunus. Mereka membuang Yunus ke Laut dan badaipun reda.

Yunus nyaris mati di laut, tetapi Tuhan mendatangkan ikan paus meneian dia. Dalam perut ikan, Yunus tidak tenggelam tetapi terendam dalam gelap gullta dan terkurung lebih buruk dari pada di penjara. Tempat yang tepat untuk menjadikan Yunus jera dan berintrospeksi, sambil menyaclari saat kematiannya karena upayanya menghindar dari suruhan Tuhan, dan itulah dosanya kepada Tuhan. Yunus tidak mau mati dan memilih taat. la berdoa mohon pengampunan. Tuhan mendengar doanya.

Kisah Yunus ini, mengajar kita agar jangan keras hati dalam dosa dan penderitaan yang berujung maut. Membuka hati untuk mengakui kesalahan dan bertobat adalah jalan keiepasan dari dosa dan penderitaan yang sedang dialami.

Tuhan menunjukkan rahmat kepada yang mau bertobat. Ia selalu memberi kesempatan untuk kembali dalam kebenaran dan ketaatan. Pada Tuhan selalu ada kesempatan kedua, tidak ada benci dan dendam, yang ada ialah kasih bagi pembaruan dan keselamatan kita.

KJ 443:2
Doa : (Tuhan, tolonglah saya untuk bertobat dan taat)



MINGGU VII SES. PENTAKOSTA
SENlN, 16 JULI 2018
Renungan Malam
KJ 438 : 1,2 -Berdoa
KUASA TUHAN

Yunus 2:7-10
"....keselamatan adalah dari Tuhan...." (ay.9)

Yunus dalam perut ikan paus, keadaannya sangat gelap, bau anyir, dan pengap menyesakan. Yang dapat dilakukan hanyalah mengingat kasih dan kuasa Tuhan. Dengan pikirannya ia manjangkau Bait Allah di Yerusalem dan berharap Tuhan mandengar doanya. Biia kuasa dan mujizat Tuhan tiba menolongnya. Ia berjanji akan memenuhi nazar dan korban syukur kepada Tuhan yang menunjukan rahmat-Nya.

Tuhan berkenan kepada pengakuannya yang tulus terhadap kebesaran Tunan. Sekalipun dalam kesulitan yang luar biasa di perut ikan paus, ia percaya kepada Tuhan. Janji korban syukur dan membayar nazar akan dipenuhinya. Tuhan memperlihatkan kuasanya kepada Yunus, ikan paus rnemuntahkan dia ke daratan. Yunus melakukan perjalanan ke Niniwe penuh semangat. Panas dan letih tidak dirasakannya bila dibanding dengan kasih Tuhan yang telah menyeiamatkannya. Janjinya dipenuhinya dengan metakukan kehendak Tuhan.

Semangat dan ketulusan pengabdian Yunus kepada Tuhan, menjadi cermin pembaruan hidup kita. Kiranya kisah Yunus manggugah kita untuk menyadarl kuasa dan kasih Tuhan bagi kita. Kesulitan hidup, permasalahan yang berat dan datang bertubi bagaikan telah jatuh tertiban tangga pula, janganlah melemahkan iman kita dan tidak menjauhkan kita dari Tuhan, yang telah rnem perlihatkan kuasa-Nya dalam pergumulan Yunus.

Iman memerlukan penyerahan diri dan pengosongan diri dari segala keinginan yang tidak barkenan kepada-Nya. Percayaiah kepada Tuhan, yang akan menjawab doa dan harapan iman kita. Ia akan melakukan-Nya melebihi yang kita pikirkan. la akan membuat hidup kita penuh art! dan memancarkan cahaya kemuliaan-Nya.

KJ. 438 : 3,4
Doa : (Kiranya Tuhan membarui saya seperti Yunus)




Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPIB SENlN, 16 JULI 2018 - KUASA TUHAN - Yunus 2:7-10 - MINGGU VII SES. PENTAKOSTA





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
Bacaan Alkitab GPIB SELASA,17 JULl 2018 - MAKSUD ALLAH BAGl AYUB - Ayub 40:1-9 - MINGGU VII SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 15 JULI 2018 - IMAN ADALAH SEGALANYA - Daniel 3:28-30 - HARI MINGGU VII SES. PENTAKOSTA
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan



rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke



JUMAT, 30 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 30 NOVEMBER 2018 - BELAJAR BUAK DARI KEHIDUPAN - 2 Timotius 2:1-7 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Hari ketujuh, Demikianlah riwayat langit dan bumi // TUHAN Allah, Ada kabut naik ke atas ... dan membasahi // kabut, Tuhan Allah membentuk // manusia itu dari debu tanah // membentuk // manusia itu dari debu tanah ... menghembuskan // napas hidup ke
RABU, 28 NOVEMBER 2018
RABU, 28 NOVEMBER 2018 - MENDERITA DALAM KEBENARAN, BERBAHAGIALAH - 1 Petrus 2:18-25 (SGDK) - MlNGGU XXVI SESUDAH PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 27 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 27 NOVEMBER 2018 - MEMBERLAKUKAN APA YANG DIBERLAKUKAN TUHAN - 1 Petrus 2:7-10 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 26 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 26 NOVEMBER 2018 - HIDUP ADALAH UCAPAN SYUKUR - 1 Petrus 1:17-25 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Jika kamu menyebut-Nya Bapa // Hidup dalam ketakutan, Kamu telah ditebus ... bukan dengan barang yang fana // Dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus // yang mahal, Rasul Petrus menasihati mereka supaya menjalin kasih persaudaraan, Sia-sianya Ma
MINGGU, 25 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 25 NOVEMBER 2018 - BERHIKMAT DALAM HIDUP - 1 Korintus 10:12-13 - HARI MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)



Minggu, 04 November 2018
Tata Ibadah Hari Minggu Syukur HUT ke-8 PKLU GPIB - Minggu, 04 November 2018

JUKLAK HUT KE-8 PKLU GPIB, PESAN MS GPIB HUT ke-8 PKLU, surat pengantar hut 8 pklu, TATA IBADAH PKLU GPIB HUT Ke-8 PKLU
7 OKTOBER 2018
KOREKSI LAGU DALAM TATA IBADAH 7 OKTOBER 2018 DAN PETUNJUK PELAKSANAAN IBADAH MINGGU SELAMA BULAN OKTOBER 2018


Minggu, 07 Oktober 2018
Tata Ibadah HARI PERJAMUAN KUDUS se-DUNIA dan HARI PEKABARAN INJIL INDONESIA (HPKD/HPII) Minggu, 07 Oktober 2018

Menggunakan Tata Ibadah GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ)



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK MEREKA YANG SETIA
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Permohonan Sepenuh Hati, ALLAH PENYELAMAT TUNGGAL