Save Page
Filipi 4:2-9
Nasihat-nasihat terakhir
4:2 Euodia kunasihati dan Sintikhe kunasihati, supaya sehati sepikir dalam Tuhan. 4:3 Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos, temanku yang setia: tolonglah mereka. Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan. 4:4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! 4:5 Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. 4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 4:9 Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.


Penjelasan:

* Flp 4:2 - Euodia dan Sintikhe // kunasihati // Sehati sepikir
Euodia dan Sintikhe adalah dua orang perempuan terkemuka di jemaat Filipi yang belakangan mulai saling menjengkelkan. Pengulangan kunasihati menunjukkan bahwa Paulus tidak berpihak. Sehati sepikir. Kembangkan keselarasan pikiran dan watak (bdg. 2:2).

* Flp 4:3 - Sunsugos // teman yang setia // Berjuang dengan aku // Klemens // kitab kehidupan
Untuk mempermudah terjadinya damai Paulus merujuk kepada Sunsugos yang sesuai dengan arti namanya, benar-benar merupakan seorang teman yang setia. Sunsugos rupanya adalah teman seseorang yang diperoleh ketika dibabtis. Jika hanya sebutan saja, dugaan tentang siapa yang dimaksudkan bisa ditarik mulai dari Silas hingga istri Paulus yang diduga bernama Lidia. Synethlesan. Berjuang dengan aku merupakan kiasan yang diambil dari gelanggang pertempuran gladiator (bdg. 1:27). Klemens mungkin ditambahkan untuk mengingatkan mereka akan peristiwa tertentu. Rujukan kepada kitab kehidupan yang didalamnya terdaftar para anggota persemakmuran surgawi memberikan kesan bahwa Klemens dan kawan-kawan mungkin telah mengorbankan hidup mereka ketika surat ini ditulis.

* Flp 4:4 - senantiasa // bersukacitalah // dalam Tuhan. 5 // kebaikan hati // Tuhan sudah dekat
Chairete adalah sebuah ungkapan perpisahan yang umum dipakai. Penambahan kata senantiasa menunjukkan bahwa yang ada dalam pikiran Paulus adalah artinya yang lebih dalam, bersukacitalah. Pengulangan menunjukkan bahwa keadaan di Filipi adalah sedemikian rupa sehingga nasihat semacam ini rasanya tidak masuk akal. Orang Kristen dapat diperintahkan untuk bersukacita, sebab sumber sukacita mereka bukan dalam situasi tetapi dalam Tuhan. 5. Kata yang agak sulit diartikan epieikes, kebaikan hati menunjuk kepada kesediaan untuk mendengarkan alasan, kesediaan untuk tidak membalas. Motivasi bagi "sikap manis" ini adalah kedatangan kembali Kristus yang sudah dekat. Tuhan sudah dekat. Kata-kata sandi dari gereja mula-mula (bdg. kata Aram yang sama artinya maranatha, dalam I Kor. 16:22).

* Flp 4:6 - Di dalam segala hal // Dengan ucapan syukur

Permusuhan dari kalangan kafir (bdg. 1:28) dapat menimbulkan kekhawatiran. Hal ini harus dihilangkan dengan doa. "Memperhatikan adalah kebajikan, tetapi memelihara kecemasan adalah dosa" (To care is a virtue, but to foster cares in sin, Muller, op. cit., hlm. 141). Di dalam segala hal. Semua yang dapat menimbulkan kekhawatiran jika tidak didoakan. Dengan ucapan syukur. Bersyukur atas apa yang telah dilakukan Allah merupakan sikap yang tepat untuk mengajukan permohonan baru.

* Flp 4:7 - Damai sejahtera Allah // yang melampaui segala akal, // Akan memelihara
Damai sejahtera Allah ialah ketenangan yang dimiliki Allah dan hanya Allah yang dapat memberikannya. Frasa, yang melampaui segala akal, pada umumnya dipahami sebagai ketidakmampuan mutlak dari pikiran manusia untuk memahami kedalaman damai sejahtera Allah ini. Mungkin lebih tepatnya ungkapan ini berarti bahwa damai sejahtera Allah jauh melampaui semua perencanaan cermat dan gagasan cemerlang kita untuk mengatasi kekhawatiran kita. Akan memelihara. Phoureġ, "memelihara," adalah sebuah istilah militer yang berarti "menjaga atau membentengi." Dengan memakai kiasan yang jitu Paulus melukiskan damai sejahtera Allah sebagai seorang pengawal yang bertugas menjaga di gerbang kehidupan batiniah seseorang - pikiran, kehendak dan perasaan.

* Flp 4:8 - Yang benar // Yang mulia // Yang adil // Yang suci // Yang manis // Yang sedap didengar // Semua yang disebut kebajikan // "Pikirkanlah

Di dalam "paragraf tentang kesehatan batin" (Simcox) ini Paulus mengemukakan sejumlah kebajikan yang mungkin sekali berasal dari tulisan seorang tokoh etika Yunani. Dua dari delapan kebajikan yang tercantum tidak disebutkan di bagian Perjanjian Baru mana pun, dan satu hanya muncul di dalam surat ini saja. Yang benar. Berkaitan dengan sifat yang nyata dan hakiki. Yang mulia. Layak untuk dihormati, dimuliakan. Yang adil. Sesuai dengan konsepsi yang tertinggi tentang apa yang benar (Michael). Yang suci. Tidak tercampur dengan unsur-unsur yang akan merendahkan martabat jiwa. Yang manis. Yang mengilhamkan kasih. Yang sedap didengar. Menurut Michael, "segala sesuatu yang enak untuk didengar." Semua yang disebut kebajikan. Oleh Lightfoot diparafrase menjadi "Apa pun yang masih bernilai di dalam konsepsi kafirmu yang lama tentang kebajikan" (hlm. 162). dengan maksud untuk menekankan pertimbangan Paulus untuk tidak mengabaikan sumber rujukan yang ada. Mereka diperintahkan, "Pikirkanlah (logizomai; maksudnya. resapkan) semua kebajikan kafir tersebut.

* Flp 4:9 - "Lakukanlah itu" // Allah sumber damai sejahtera
Di samping itu mereka diperintahkan, "Lakukanlah itu" (Kata perintah prasette adalah dalam bentuk waktu sekarang), yaitu semua moralitas dam etika khusus Kristen yang telah mereka pelajari dari kehidupan dan ajaran sang rasul. Bukan hanya "damai sejahtera Allah" (ay. 7). namun juga Allah sumber damai sejahtera akan menyertai mereka.


SBU

MINGGU II SES.PENTAKOSTA
SABTU, 16 JUNI 2018
Renungan Pagi
GB.277:1 -Berdoa
MENJADI TELADAN

Efesus 3:17-4 : 1
... ikutilah teladanku... karena... banyak orang yang hidup sebagai Seteru saiib (ay.17-18)

Seorang ibu membawa anaknya mendatangi Mahatma Gandhi. ibu ini bercerita bahwa anaknya suka sekaii rnakan permen. Untuk itu, ibu ini merninta bantuan kepada bapak yang terkenal bijaksana ini, supaya mau menasihati anaknya agar rnenghentikan kebiasaan buruknya. Gandhi tidak bicara apa-apa, hanya meninta ibu dan anaknya ini untuk datang kembaii dua minggu iagi.

Dua rninggu kernudian ibu dan anak ini datang kembali, Gandhi iangsung menasihati anak itu. Sang ibu sangat berterirna kasih, namun sebelurn pamit, ia bertanya kepada sang guru, mengapa harus menunggu dua rninggu sarnpai dapat menasihati anaknya? Gandhi
pun menjawab, "Seiama dua rninggu itu saya berusaha menghi!angkan kebiasaan buruk saya, karena saya juga gemar makan

permen."  Menjadi teladan tentu bukan persoalan rnudah, karena tidak mungkin kita dapat menasihati atau meiarang orang lain, kaiau kita  sendiri rnelakukan hal dan kesalahan yang sama.

Pada pernbacaan kita saat ini, Paulus mengajarkan teladannya kepada jemaat Filipi yang sedang menghadapi persoaian peiik. Ada banyak orang di masa itu menjadi seteru Salib Krisius; merekaiah yang dihadapi oleh jemaat Filipi. Seteru Salib adalah mereka yang
tidak mangenal Kristus, hidup secara duniawi, auka membuat aib dan memberikan contoh buruk bagi jemaat (ay.18-19). Pauius tidak mau iemaat yang sangat dikasihinya itu berada dalam kebinasaan, karena contoh yang buruk itu. Namun, Paulus rnengingatkan mereka agar dapat menjadikan dirinya contoh yang seialu berdiri teguh di dalam jalan Tuhan.

Saudaraku, menjadi teladan mernang bukan perkara mudah, tetapi sebagai anak-anak Tuhan, kita dituntut untuk dapat menjadi teladan yang baik bagi semua orang. Lalu, bagaimana caranya  agar kita dapat menjadi teiadan yang baik? Hiduplah seiaiu dalam jalan Tuhan dan dengan kerendahan hati mau terus belajar dan me-neiadani Kristus. Teladan Kristus mengajarkan kasih, sukacita, dan ciamai seiahtera bagi setiap orang percaya. Teladan ituiah yang harus kita bagikan kepada dunia ini.

GB 277 : 2, 3
Doa : (Ya Kristus bentuklah kami agar dapat meniadi teladan yang baik, dengan terus meneladani Engkau di sepanjang hidup kami)




MINGGU II SES.PENTAKOSTA
SABTU, 16 JUNI 2018
Renungan Malam
GB.116 : 1 -Berdoa
NYATAKANLAH KEBAIKANMU !

Filipi 4:2-9
Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang... (ay.5)

Memasuki malam ini, kita akan rnerenungkan pengajaran Paulus yang mengajak setiap orang percaya untuk berbuat baik Kepada sernua orang. istilah kebaikan hati yang digunakan Paulus di sini sebenarnya khusus berkaitan dengan suatu sikap hati yang dipenuhi kasih, sehingga dapat memancarkan kelemah~|embutan dan keramahan. Ajaran ini harus iampak dalam hidup orang Kristen, Karena karakter ini jugalah yang tampak dalam diri Kristus (2 Kor.10:1). Alasan utama nasihat Paulus ini adalah agar jemaat Filipi dan kita pada saat ini dapat terus rnenyatakan dan menghadirkan kasih, keramahan dan kelernah-lembutan kepada sesarna jemaat dan orang-orang lain yang belum mengenal Kristus, karana Kristus sendiri telah menyatakan kasih dan kebaikan-Nya di dalam hidup seliap Orang percaya. Lalu, bagaimana secara konkrit kasih, keramahan dan kelemah-lembutan itu nyata dalam kehidupan kita?

Setidaknya ada dua hal berdasarkan perikop pembacaan ini yang harus menjadi aikap hati dan perilaku yang cliharapkan nyata nadir di dalam hidup kita. Pertama. kasih, kerarnahan dan kelernah-iembutan itu harus nyata melalui hidup rukun dengan saaama. Seringkali kita lebih senang berselisih dan berseteru dengan sesama, bahkan hanya karena masalah kecil. Sama aeperti Sintikhe dan Euodia yang dinasihati oleh Paulus agar dapat sehati sepikir di dalam kebersamaan peiayanan mereka (ay.2), maka demikian juga kita sebagai anak~anak Tuhan dituntut terua rnenghadirkan kasih, keramahan dan kebaikan kepada sesama dengan selalu hidup rukun seorang akan yang lain. Kedua, jalanilah hidup tanpa kuatir dan selalu dipenuhi sukacita ilahi. Orang yang tidak pernah kuatir akan apapun yang terjadi di dalam hidupnya dan selalu bersukacita dalam Segala hal (sekalipun dalam penderitaan), pasti akan mampu menjadi orang yang seialu memancarkan, kasih, keramahan dan kebaikan di dalam hidupnya. Karena itu jangan kuatir, bersukacitalah dan nyatakanlah kabaikan rnu, Karena Kristus sumber darnai sejahtera akan salalu menyenai kehicfupan kita.

GB.116: 2,3
Doa :(Mampukan kami Tuhan untuk dapat selalu berbuat baik kepada sesama, karena kami tahu bahwa Engkau adaiah Allah yang penuh kasih dan kebaikan di dalam hidup kami)




Label:   Filipi 4:2-9 



Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPI SABTU, 16 JUNI 2018 - NYATAKANLAH KEBAIKANMU ! - Filipi 4:2-9 - MINGGU II SES.PENTAKOSTA





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
Bacaan Alkitab GPIB MINGGU, 17 JUNI 2018 - PERSAHABATAN DI DALAM NAMA TUHAN - 1 Samuel 20:18-23 - HARI MINGGU III SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 15 JUNI 2018 - KRISTUS PRIORITAS HIDUP SAYA - Filipi 3:12-16 - MINGGU II SES. PENTAKOSTA
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan



rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke



JUMAT, 30 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 30 NOVEMBER 2018 - BELAJAR BUAK DARI KEHIDUPAN - 2 Timotius 2:1-7 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Hari ketujuh, Demikianlah riwayat langit dan bumi // TUHAN Allah, Ada kabut naik ke atas ... dan membasahi // kabut, Tuhan Allah membentuk // manusia itu dari debu tanah // membentuk // manusia itu dari debu tanah ... menghembuskan // napas hidup ke
RABU, 28 NOVEMBER 2018
RABU, 28 NOVEMBER 2018 - MENDERITA DALAM KEBENARAN, BERBAHAGIALAH - 1 Petrus 2:18-25 (SGDK) - MlNGGU XXVI SESUDAH PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)

SELASA, 27 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 27 NOVEMBER 2018 - MEMBERLAKUKAN APA YANG DIBERLAKUKAN TUHAN - 1 Petrus 2:7-10 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

SENIN, 26 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 26 NOVEMBER 2018 - HIDUP ADALAH UCAPAN SYUKUR - 1 Petrus 1:17-25 - MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Jika kamu menyebut-Nya Bapa // Hidup dalam ketakutan, Kamu telah ditebus ... bukan dengan barang yang fana // Dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus // yang mahal, Rasul Petrus menasihati mereka supaya menjalin kasih persaudaraan, Sia-sianya Ma
MINGGU, 25 NOVEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 25 NOVEMBER 2018 - BERHIKMAT DALAM HIDUP - 1 Korintus 10:12-13 - HARI MINGGU XXVI SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)



Minggu, 04 November 2018
Tata Ibadah Hari Minggu Syukur HUT ke-8 PKLU GPIB - Minggu, 04 November 2018

JUKLAK HUT KE-8 PKLU GPIB, PESAN MS GPIB HUT ke-8 PKLU, surat pengantar hut 8 pklu, TATA IBADAH PKLU GPIB HUT Ke-8 PKLU
7 OKTOBER 2018
KOREKSI LAGU DALAM TATA IBADAH 7 OKTOBER 2018 DAN PETUNJUK PELAKSANAAN IBADAH MINGGU SELAMA BULAN OKTOBER 2018


Minggu, 07 Oktober 2018
Tata Ibadah HARI PERJAMUAN KUDUS se-DUNIA dan HARI PEKABARAN INJIL INDONESIA (HPKD/HPII) Minggu, 07 Oktober 2018

Menggunakan Tata Ibadah GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ)



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK MEREKA YANG SETIA
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Permohonan Sepenuh Hati, ALLAH PENYELAMAT TUNGGAL