Save Page
1 Samuel 20:18-23
20:18 Kemudian berkatalah Yonatan kepadanya: "Besok bulan baru; maka engkau nanti akan ditanyakan, sebab tempat dudukmu akan tinggal kosong. 20:19 Tetapi lusa engkau pasti akan dicari; engkau harus datang ke tempat engkau bersembunyi pada hari peristiwa itu, dan duduklah dekat bukit batu. 20:20 Maka aku akan memanahkan tiga anak panah ke samping batu itu, seolah-olah aku membidik suatu sasaran. 20:21 Dan ketahuilah, aku akan menyuruh bujangku: Pergilah mencari anak-anak panah itu. Jika tegas kukatakan kepada bujang itu: Lihat anak-anak panah itu lebih ke mari, ambillah! -- maka datanglah, sebab, demi TUHAN yang hidup, engkau selamat dan tidak ada bahaya apa-apa. 20:22 Tetapi jika begini kukatakan kepada orang muda itu: Lihat anak-anak panah itu lebih ke sana! -- maka pergilah, sebab TUHAN menyuruh engkau pergi. 20:23 Tentang hal yang kita janjikan itu, antara aku dan engkau, sesungguhnya, TUHAN ada di antara aku dan engkau sampai selamanya."

Penjelasan:

* 1Sam 20:20 - Aku akan memanahkan
Aku akan memanahkan. Bahwa Yonatan membawa busur pasti tidak dicurigai sebab dia adalah seorang kesatria yang mungkin sedang latihan memanah. Hal ini sudah diatur sebelumnya seandainya ada pengintai di sekitar itu.

*  1Sam 20:22 - Tuhan menyuruh engkau pergi
Tuhan menyuruh engkau pergi. Ketika putra-putra Yakub mengirim adik mereka ke Mesir, Allah sedang melaksanakan rencana-Nya untuk kehidupan Yusuf. Demikian pula sekarang Allah sedang mengirim Daud pergi untuk mempersiapkannya di dalam disiplin yang keras untuk bisa menjadi seorang pemimpin Israel yang tangguh.

* Apapun hasil akhirnya, kasih setia harus dijunjung tinggi. Itu sebabnya, mereka saling meneguhkan lagi dengan ikrar (ayat 17, 23).

MINGGU, 17 JUNI 2018
HARI MINGGU III SES. PENTAKOSTA
Renungan Pagi
GB. -Berdoa
MERENDAHKAN D|R| DEMI KEBENARAN

I Samuel 20:1-17
Yonathan berkata kepada Daud : "Apapun kehendak hatimu, aku akan melakukarmya bagimu" - (ay. 4)

Teori Hirarki Kebutuhan Manusia yang dicetuskan oleh Abraham Maslow rnenyatakan bahwa setiap manusia memiliki lirna kebutuhan dasar dalam hidupnya. Saiah satu kebutuhan dasar ltu adalah kebutuhan akan harga diri. Manusia dipengaruhi oleh dorongan mendasar, diantaranya adalah dorongan ingin berkuasa untuk pembantukan sabuah harga dirinya. Kebutuhan dasar akan harga dliri inllah yang mernbual manusia sulit untuk merendahkan diri di tengah relasl dengan sesamanya.

Narnun, sebagai orang percaya hari lni klta belajar dari relasi yang terjadi antara Yonathan dan Daud yang rnengajarkan kepada klta semua pentingnya marendahkan diri. Teks kita menceritakan tentang Raja Saul sedang berusaha membunuh Daud. Usaha Raja Saul untuk membunuh Daud, membuat Daud larl dan akhirnya datang kepada Yonalhan {anak Flaja Saul). Daud menceritakan sem ua yang telah dilakukan oleh Raja Saul kepadanya yaitu usaha untuk membunuh Daud. Pada awalnya Yonathan lidak percaya, karena biasanya segala rencana yang akan dilakukan oleh ayahnya salalu diceritakan terlebih dahulu kepacia Yonathan. Tetapi, ketika Daud menjelaskan bahwa tidak-mungkin Haja Saul mencerltakan rencananya itu kepada Yonathan, karena Raja Saul tahu anaknya sangat manyayangi Daud. Maka, percayalah Yonathan. Kepercayaan Yonaihan terwujud nyata clalam sikap yang  mau merendahkan diri sebagai anak Fiaja untuk menolong Daud. Sebagai anak Flaja, bisa saja Yonathan membela ayahnya dan berusaha menjaga harga dirinya secara khusus  harga diri Keluarga besarnya ketika mendengar cerita Daud. Tetapi Yonathan menyikapi cerita Daud dengan cara benar yaitu merendahkan diri untuk menolong Daud, karena Yonathan mau bahwa kebenaran Allah harus dinyatakan. Dengan merendahkan diri di hadapan Daud akhirnya Yonathan bisa mengetahui rencana jahat ayahnya yang tidak dlikehendaki oleh Allah. Mampukah kita merendahkan diri seperti Yonathan di rengah kekuasaan yang mungkin sedang kita miliki?" Marl lakukanlah.

GB.69 : 1
Doa : (Ya Tuhan, mampukan kaml untuk merendahkan diri sehingga kebenaran-Mu dapat kami lihat dengan nyata)



MINGGU, 17 JUNI 2018
HARI MINGGU III SES. PENTAKOSTA
Renungan Malam
GB.114:1 -Berdoa
PERSAHABATAN DI DALAM NAMA TUHAN

1 Samuel 20:18-23
Tentang hal yang kita janjikan itu, antara aku dan engkau, sesungguhnya, Tuhan ada di antara aku dan engkau sarnpai selamanya (ay.23)

Philia adaiah salah satu istilah dalam bahasa Yunani yang diartkan sebagai kasih, yang terdapat di dalam persahabatan antar manusia. Kasih itu nampak dalam hubungan antara Yonathan dan Daud, dimana Yonathan mengasihi Daud seperti mengasihi dirinya sendiri, dan Daud pun mengasihi :Yonathan seperti mengasihi dlirinya sendiri (18:13). Dalam situasi dimana sahabainya sedang merasa terancam, Yonathan mengambil pilihan untuk menolong sahabatnya itu agar terhindar dari bahaya, ia berempati pada Daud. Empati artinya suatu sikap yang bersumber dari perasaan senasib dan sepenanggungan yang kemudian memunculkan suatu tindakan untuk menolong.


Hubungan persahabatan ini memang bertahan karena Tuhan berkenan atasnya. Itu yang mem buat mereka selalu meletakkan janji mereka di bawah nama Tuhan. Dengan membawa suatu hubungan kepada Tuhan, maka baik Daud dan Yonatan menjalani persahabatan rnereka dengan cara yang benar seturut kehendak Tuhan. Karena janji tersebut mereka buat atas nama Tuhan, maka Tuhan yang mengepalai persahabatan mereka. Jadi kehendak Tuhanlah yang utama dan harus dilakukan demi langgengnya persahabatan tersebut.

Pemahaman ini juga berlaku bagi segala sesuatu yang dijanjikan di bawah di dalam nama Tuhan. Mulai dari membaptis anak, sidi, menikah, sampai janji-jabatan, dan lain-lain. Jika sernua itu dilakukan di claiam nama Tuhan, maka kehendak Tuhan harus menjadi yang utama untuk dilakukan. Dengan membawa nama Tuhan, kita membawa segala sesuatu untuk dijaga / disertai oleh Tuhan, sekaligus untuk berjalan dan bergerak seturut kehendak Tuhan. Sehingga Dia dimuliakan lewat apa yang kita lakukan juga cialam persahabatan kita.

GB.114:2
Doa : (Tuhan karni sadar akan apa yang telah Engkau lakukan dalam hidup kami. lngatkan kami senantiasa ya Tuhan atas apa yang Engkau kehendaki untuk kami lakukan)

Label:   1 Samuel 20:18-23 





NEXT:
SENIN, 18 JUNI 2018 - TUHAN SENANTIASA ADA - 1 Samuel 20:35-42 - MINGGU III SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPI SABTU, 16 JUNI 2018 - NYATAKANLAH KEBAIKANMU ! - Filipi 4:2-9 - MINGGU II SES.PENTAKOSTA

Garis Besar 1 Samuel

Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    Lagu Kotbah




    songbatak.com-karaoke



    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*, HC*,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI



    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)






    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)


    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,