Save Page
Efesus 5:15-21
5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, 5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. 5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita 5:21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

Penjelasan:


* Wycliffe: Ef 5:15 - Karena itu // Perhatikanlah dengan seksama
Karena itu. Yaitu, perhatikan hal itu dengan mengingat apa yang baru saja dikemukakan. Perhatikanlah dengan seksama. Dengan cerdik, waspada.

* Ef 5:16 - Pergunakanlah waktu yang ada // Karena hari-hari ini adalah jahat
Pergunakanlah waktu yang ada. Memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Karena hari-hari ini adalah jahat. Bandingkan Galatia 1:4.

* Ef 5:17 - Janganlah kamu bodoh // Tetapi
Janganlah kamu bodoh. Kembali perintah untuk menghentikan sesuatu yang sudah berjalan - berhentilah berlaku bodoh. Tetapi. Bahasa Yunaninya menunjukkan pertentangan yang kuat (alla).

* Dipenuhi Roh Kudus (5:18-6:9).
Tidak ada orang percaya dalam Kristus yang diperintahkan untuk didiami Roh. Hal itu sudah merupakan suatu hal yang pasti yang tetap (Yoh. 14:16, 17). Seorang percaya juga tidak diperintahkan untuk dibaptiskan dengan Roh. Jadi terdapat tanggung jawab pribadi; ada beberapa syarat yang harus dipenuhi kalau kita ingin mengalami kuasa Roh di dalam hidup kita.

* Ef 5:18 - Janganlah kamu mabuk oleh anggur. Di dalam Alkitab terdapat beberapa hal peringatan, terhadap soal mabuk (bdg. Ams. 23:31). Tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh // Hendaklah kamu penuh dengan Roh
Janganlah kamu mabuk oleh anggur. Di dalam Alkitab terdapat beberapa hal peringatan, terhadap soal mabuk (bdg. Ams. 23:31). Tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh. Sebagaimana di dalam sebagian besar perbedaan, tetap ada suatu persamaan. Seorang yang mabuk anggur bertindak dengan cara tidak wajar yang sifatnya jahat; seorang yang dipenuhi Roh Kudus bertindak dengan cara tidak wajar yang sifatnya baik. Bandingkan dengan apa yang dikatakan kepada para rasul pada hari Pentakosta (Kis. 2:31). Hendaklah kamu penuh dengan Roh. Tetaplah dipenuhi dengan Roh. Seorang percaya tidak pernah dapat memperoleh Roh Kudus secara lebih banyak sebab Roh itu diam di dalam diri orang percaya dengan segenap kepenuhan-Nya. Tetapi Roh Kudus bisa mendapat lebih dari seorang percaya; yakni Dia dapat menguasai sepenuhnya hidup yang diserahkan kepada-Nya.

* Bersukacita dan Mengucap Syukur (5:19, 20).
Salah satu bukti bahwa seorang dipenuhi Roh Kudus ialah kegembiraan luar biasa di dalam hidupnya yang tampak dari sukacita dan rasa terima kasih yang berkesinambungan kepada Allah.

* Ef 5:19 - Berkata-kata seorang kepada yang lain // Mazmur // bersoraklah // Bagi Tuhan dengan segenap hati
Berkata-kata seorang kepada yang lain. Hasil dari dipenuhi dengan. Roh Kudus ialah pujian dan ucapan syukur maupun sikap mengutamakan orang lain di dalam hubungan hidup sehari-hari (ay. 19-21). Mazmur. Kata ini pada umumnya berarti nyanyian yang dibuat untuk diiringi dengan alat musik, sebagaimana halnya participle yang diterjemahkan menjadi bersoraklah (psallontes). Bagi Tuhan dengan segenap hati. Banyak orang secara lahiriah tidak dapat melakukan hal ini. Tetapi apabila dipenuhi dengan Roh Kudus, mereka pun akan mampu menciptakan musik di dalam hati mereka.

* Ef 5:20 - Ucaplah syukur senantiasa // Atas segala sesuatu

Ucaplah syukur senantiasa. Tidak ada batas waktu (bdg. I Tes. 5:18). Atas segala sesuatu. Tidak ada batas jangkauan. Beberapa orang akan membatasi hal ini pada berkat-berkat yang tercantum di dalam kitab ini, tetapi lebih baik memahaminya dalam artinya yang paling luas (bdg. Rm. 8:28).

* Ef 5:21 - Seorang kepada yang lain // Di dalam takut akan Kristus
 Seorang kepada yang lain. Perhatikan unsur saling dalam sikap tunduk ini. Di dalam takut akan Kristus. Perjanjian Baru maupun Perjanjian Lama berbicara tentang takut akan Allah - maksudnya, menghormati Dia sedemikian rupa sehingga membuat seorang takut melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh-Nya (bdg. II Kor. 5:11).


SBU


MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
RABU, 25 JULI 2018
Renungan Pagi
KJ. 114a:3 -Berdoa
SEKALI TERANG, TERANG TERUS

Efesus 5:11-14
Tetapi segala sesuatu yang sudah ditalanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang. (ay.13)

Pada dasarnya manusia itu tidak suka pada kegelapan (makna sesungguhnya), manusia lebih menyukai yang terang. Karena ketika di malam hari kemudlan mati listrik, kita disibukkan untuk mencari benda~benda penerang. Apalagi kalau sudah terjadwal setiap hari ada waktu untuk mati listrik khususnya di malam hari, pasti kita ngomel kepada PLN. Tapi hal itu sudah terbiasa bagi kami yang tinggal di tepian sungai Kayan, mati listrik di malam hari bukanlah hal baru, apalagi kaiau listriknya tidak bisa nonstop 24 jam. Sangat mengherankan bagi saya yang mana daerah Kalimatan ini adalah saiah satu daerah pemasok batu bara, tapi mengapa iistrik sering mati. Listrik boleh mati, keadaan sekitar boleh gelap, tapi hidup inl harus terang terus. Karena terang itu telah bercahaya, terang itu telah rnenjadi manusia dan tinggal antara manusia, siapa dia? Yesus Kristus yang adalah Sang Terang.

Kedatangan-Nya telah membawa terang itu kepada manusia yang percaya kepada-Nya, sehingga ketika terang itu telah kita terima, biarlah terang itu berkobar terus hingga menerangi bahkan mengalahkan kegeiapan dunia ini. Nasihat rasul Paulus di ay. 11 "Janganlah turut mangambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak
berbuahkan apa~apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.  Perbuatan-perbuatan kegelapan tidak akan pernah berbuahkan apa-apa, yang ada adalah kebinasaan. Tetapi dengan terang yang ada pada diri kita, marilah kita gunakan untuk menelanjangi kegelapan itu. Dengan terang yang sudah kita terima, mari kita gunakan selalu untuk menerangi langkah juang kehidupan ini yang terkadang kita meiewati kegelapan, agar kita tidak tersandung danjatuh. Jagalah selalu terang itu untuk terus bercahaya, Karena sekali terang,  terang terus

KJ. 323; 1
Doa : (Biarlah terang-Mu menyinari langkah juang daiam hidup kami di hari ini)



MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
RABU, 25 JULI 2018
Renungan Malam
GB. 61:1 -Berdoa
HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN

Efesus 5:15-21
Sabab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti
kehendak Tuhan (ay.17)

Hdup ini adaiah kesempatan, hidup ini untuk malayani Tuhan, jangan sia-siakan waktu yang Tuhan beri, hidup ini hanya sementara...."  sebuah penggalan dari lirik Lagu rohani yang cukup popular di akhir tahun 2017. Awal mendengar lagu ini, ketika seorang anak
Pelkat PA meminta saya untuk mengiringi pujian ini dengan menggunakan gitar dalam ibadah minggu.

Pertama mendengar kata demi kata lirik ini memang sangat sederhana tetapi mengandung
makna yang sangat mendaiam. Marilah kita bersikap jujur atas setiap perkara daiam hidup ini, ay.15 dikatakan " Karena itu, perhaikanlah dengan seksama, bagaimana karnu hidup,  "
parhatikan dengan seksarqa bagaimana kehidupan kita saat ini.

Apakah kehidupan yang Tuhan beri saat ini sudah kita gunakan bagi kemuliaan-Nya, atau kita tarjebak pada kebodohan manusia dunia yang melupakan bahwa hidup ini adalah anugerah yang Tuhan berikan. Ingatlah bahwa hari-hari yang kita lewati penuh dengan kegelapan, penuh dengan kejahatan, sehingga janganlah kiia menjadi serupa dengan dunia ini. Lalu apa yang bisa kita lakukan agar tidak jatuh seperti orang-orang bebal? Ay. 17 " ...... .. usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan". Untuk belajar mengerti kehendak Tuhan tentu yang harus kita lakukan adalah hidup dekat, akrab, dan bergaul dengan Tuhan.

Dengan keintiman hubungan pribadi rnaupun persekutuan dengan Tuhan maka setidaknya kita akan rnemahami mana yang rnenjadi kehendak Tuhan dan mana yang mendukakan hati Tuhan. Keterdekatan Paulus kepada Tuhan, sehingga Paulus merafleksikan bahwa hidup yang dikehendaki Tuhan itu adaiah hidup yang dipenuhi Roh, perkataan yang keluar dari mulut seperti pujian Mazrnur, suka memuji Tuhan daiam pujian dan nyanyian rohani, bersorak bagi Tuhan dengan sagenap hati, selalu mengucap syukur ataa segala sesuatu daiam nama Tuhan, dan merendahkan diri dengan sikap takut akan Tuhan. Bagaimana nubungan kita dengan Tuhan, apakah kita juga sudah mandapatkan sebuah refleksi iman tentang kehidupan ini?

GB 61 : 3,4
Doa : (Mampukan kami untuk hidup didatam Roh dengan sikap takut akan Tuhan)

Label:   Efesus 5:15-21 



Khotbah Ibadah GPIB 2018

Khotbah Ibadah GPIB RABU, 25 JULI 2018 - HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN - Efesus 5:15-21 - MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA





[isi halaman tidak ditampilkan]

Halaman Khusus Member Pemberi Donasi.
Silakan Login Terlebih Dahulu!

Belum menjadi member? Silakan Register







Halaman Bebas Akses untuk Member Donasi:



NEXT:
KAMIS, 26 JULI 2018 - SULIT BUKAN BERARTI TIDAK BISA - Matius 19:23-26 - MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 24 Juli 2018 - BERANI KATAKAN TIDAK PADA GELAP - Efesus 5:6-20 - MINGGU VIII SES. PENTAKOSTA
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan



rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah


songbatak.com-karaoke



MINGGU, 30 SEPTEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 30 SEPTEMBER 2018 - JANGAN MENGANDALKAN PIKIRAN KITA - 1 Samuel 13:1-12 (SGDK) - HARI MINGGU XVIII SESUDAH PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
TIDAK PATUH PADA PERINTAH TUHAN ADALAH PERBUATAN BODOH 1 Samuel 13:13-14
SABTU, 29 SEPTEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 29 SEPTEMBER 2018 - SUAM-SUAM KUKU - Wahyu 3:14-22 - MINGGU XVII SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
TUHAN PEMEGANG KUNCI DAUD Wahyu 3:7-13 ||
JUMAT, 28 SEPTEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 28 SEPTEMBER 2018 - BINTANG TIMUR - Wahyu 2:26-29 - MINGGU XVII SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
TERUS BERTUMBUH DALAM KETEKUNAN Wahyu 2:18-25
KAMIS, 27 SEPTEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 27 SEPTEMBER 2018 - AJARAN BILEAM - Wahyu 2:12-17 - MINGGU XVII SES. PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
HENDAKLAH ENGKAU SETIA SAMPAI MATI Wahyu 2:8-11 | AJARAN BILEAM Wahyu 2:12-17
RABU, 26 SEPTEMBER 2018
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 26 SEPTEMBER 2018 - IMAN TANPA PERBUATAN ADALAH MATI - Yakobus 2:21-26 (SGDK) - MINGGU XVII SESUDAH PENTAKOSTA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Abraham bapa kita, Sahabat Allah, Rahab, KESALEHAN SEMU,


Minggu, 07 Oktober 2018
Tata Ibadah HARI PERJAMUAN KUDUS se-DUNIA dan HARI PEKABARAN INJIL INDONESIA (HPKD/HPII) Minggu, 07 Oktober 2018

Menggunakan Tata Ibadah GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ)
Minggu, 16 September 2018
TATA IBADAH HARI MINGGU GPIB Minggu, 16 September 2018 - SYUKUR HUT KE-59 Pelayanan Kategorial Anak

Tema: "Anak GPIB Cinta Damai" Sub-tema: "Berlatih, Berkarya, dan berkompetisi dalam Damai Tuhan"
6 SEPTEMBER 2018
6 SEPTEMBER 2018 - JUKLAK KEGIATAN PRA-HUT KE-60 PELKAT PA GPIB

DALAM RANGKA HUT KE 59 PELKAT PA GPIB - 6 SEPTEMBER 2018



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK MEREKA YANG SETIA
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Permohonan Sepenuh Hati, ALLAH PENYELAMAT TUNGGAL