Save Page

Kisah Para Rasul 17:29-34
17:29 Karena kita berasal dari keturunan Allah, kita tidak boleh berpikir, bahwa keadaan ilahi sama seperti emas atau perak atau batu, ciptaan kesenian dan keahlian manusia. 17:30 Dengan tidak memandang lagi zaman kebodohan, maka sekarang Allah memberitakan kepada manusia, bahwa di mana-mana semua mereka harus bertobat. 17:31 Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati." 17:32 Ketika mereka mendengar tentang kebangkitan orang mati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: "Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu." 17:33 Lalu Paulus pergi meninggalkan mereka. 17:34 Tetapi beberapa orang laki-laki menggabungkan diri dengan dia dan menjadi percaya, di antaranya juga Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan mereka.

Penjelasan:


* Kis 17:29
Karena Allah adalah cipta manusia. Dia pasti lebih besar dari manusia. Sebab itu, menyamakan Allah dengan sesuatu yang dibuat atau dibayangkan oleh manusia merupakan kebodohan paling hebat dan dosa paling dalam (lihat Rm. 1:22, 23).

* Kis 17:30-31 - tidak memandang lagi zaman kebodohan, // menetapkan suatu hari // dengan adil akan menghakimi dunia // Bukti tentang hal itu
Allah tidak memandang lagi zaman kebodohan, tetapi kini memberikan kepada umat manusia seluruh pengenalan tentang diri-Nya. Roma 3:25 mengacu kepada masa kesabaran Allah terhadap "dosa-dosa yang telah terjadi dahulu," dan Kisah Para Rasul 14:16 juga mengacu kepada masa kesabaran yang sama. Tetapi kesabaran Allah ada batasnya: sebab seluruh pengenalan tentang diri-Nya kini telah tersingkap di dalam Kristus, Allah memerintahkan manusia untuk bertobat, dan Dia telah menetapkan suatu hari ketika mana Dia dengan adil akan menghakimi dunia melalui Oknum itu yang di dalam-Nya terang baru ini telah disampaikan kepada manusia. Bukti tentang hal itu diberikan berupa kebangkitan Yesus dari antara orang mati.
Sering kali dikemukakan bahwa di Atena Paulus mencoba menggunakan pendekatan intelektual dan berusaha untuk menjadi seorang filsuf di antara filsuf yang lain dan bukan memberitakan Injil Yesus Kristus yang sederhana. kritikan ini tidak benar. sebab inti dari pemberitaan Kristen mula-mula adalah kebangkitan Yesus Kristus, dan hal ini juga merupakan inti penekanan berita yang disampaikan Paulus di Atena. Pasti paling sulit bagi para filsuf Yunani untuk menerima ajaran tentang kebangkitan tubuh dan adanya suatu hari penghakiman. Berita tentang keabadian pribadi di dalam keadaan tanpa tubuh jasmani mungkin masih dapat diterima, tetapi berita tentang kebangkitan tubuh merupakan suatu berita yang "tidak bijaksana." Paulus tidak mengurangi amanat Injil tetapi memberitakan Injil sedemikian rupa sehingga langsung menusuk inti filsafat Yunani.

* Kis 17:32-34 - pergi meninggalkan mereka // beberapa orang laki-laki menggabungkan diri dengan dia dan menjadi percaya

Beberapa orang menertawakan pemberitaan Paulus: yang lain bersedia mendiskusikannya lebih lanjut. Dengan demikian berakhirlah pertemuan itu dan Paulus pergi meninggalkan mereka. Dia tidak gagal secara mutlak, sebab beberapa orang laki-laki menggabungkan diri dengan dia dan menjadi percaya. Salah seorang di antara mereka adalah anggota Areopagus itu sendiri. Tetapi di Atena hanya ada sedikit orang yang menjadi percaya. Bukan hanya tidak pernah disebutkan tentang adanya gereja di Atena, "Orang-orang yang pertama-tama bertobat di Akhaya" (I Kor. 16:15) pun berada di Korintus dan bukan di Atena. Tidak ada alasan yang memadai untuk beranggapan bahwa kegagalan Paulus ini disebabkan oleh metode pendekatan yang keliru yang kemudian tidak dipakainya lagi: kegagalan ini lebih disebabkan oleh sikap orang Atena itu sendiri. Paulus tidak pernah merencanakan suatu program pemberitaan Injil atau program misionaris di kota itu.


SBU


MINGGU IV SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 29 JUNI 2018
Renungan Pagi
GB 121:1 -Berdoa
STRATEGI MEMBERITAKAN INJIL

Kisah Para Rasul 17:22-28b
"Sehab ketika aku herjalan-jaian di kotarnu darn meelihat-lihat barang-barangpujaanmu, aku menjumpal ]uga sebuah mezhah dengan tulisan: Kepada Aliah yang tidak dikenai. Apa yang kamu sernbah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu." (ay.23).

Seorang pernuda Ambon yang baru saia tiba di Jakana, memesan teh panas dan nasi ayam di sebuah warung makan sebagai menu makan siangnya. Ketika rnakanan dan minuman yang dipesan datang, si pemuda kaget. Makanan yang disajikan kepadanya hanya nasi putih dan ayam tanpa lauk lain serta teh tawar panas.

Di Ambon, jika memesan menu yang sama biasanya si pemuda akan mendapatkan nasi ayam dengan sayuran komplit dan teh manis panas. Setiap daerah punya latar beiakang dan kebiasaan yang tidak bisa disamakan. Hal inilah yang disadari oleh Rasul Paulus dan mendorongnya untuk teriebih dahulu meneliti latar belakang kehidupan penduduk dan situasi kota Atena, sebelum ia memberitakan lnjil Kristus di sana (ay.16). Rasul Paulus berusaha menemukan dasar untuk bertukar pikiran dan rnemberitakan injll di Atena (ay.17-18).
Seteiah mengetahui latar beiakang kota Atena dan orang-orang yang tinggal di sana, Rasul Paulus memberitakan lnjil dengan gaya pemikiran orang Atena sendiri (ay.27-28).
Rasul Paulus memperiihatkan bahwa pemberitaan Injil bukanlah untuk mengajarkan hal-hal yang terdengar hebat dengan istilah-istilah sulit yang kelihatan keren tetapi tidak jarang membingungkan pendengar. Pmberitaan lnjil menjacli hebat ketika penyam paiannya mudah dimengerli clan pesannya dapat sarnpai kepada jemaat. Pemberitaan Injil bukan hanya tugas para diaken, penatua dan pendeta tetapi juga tanggungjawab semua pengikut Kristus. Mari kita perkenalkan injil kepada orang lain dengan cara yang paling mudah dimengeni yakni, cara hidup kita yang benar sebagai orang beriman kepada Kristus.

GB.121:2
Doa : (Ya Tuhan, ajarlah kami untuk menyampaikan pesan Injil melalui cara hidup kami sebagai pengikut-Mu)




MINGGU IV SES. PENTAKOSTA
JUMAT, 29 JUNI 2018
GB 337:1,4,5 -Berdoa
DIEJEK KARENA INJIL

Kisah Para Rasul 17:29-34
"Ketika mereka merldengar tentarlg kebangkitan orang rnati, maka ada yang mengejek, dan yang lain berkata: 'Lain Kali saja kami rnenclengar engkau
berbicara tentang hal itu.'" (ay.32)

Atena adalah sebuah kota yang terletak di Yunani dan dikena! sebagai kotanya para ahii filsafat, budayawan dan para pemikir hebat. Peristiwa kebangkitan yang disampaikan Pauius melaiui berita lnjil, menjadi awal mula konflik antara Paulus dan orang-orang di Atena.

Berita Injil tentang kehidupan dan penghakiman setelah kematian (ay.31), sangat bertentangan dengan cara pikir orang-orang Atena. Ilmu pengetanuan tinggi yang mereka miliki rnengajarkan bahwa. hidup hanya sekali dan tidak akan ada kehidupan setelah kematian.  Paulus dan berita lnjil kemudian diejek dan dianggap lucu oleh orang-orang Atena (ay.32) tetapi ada beberapa orang yang kemudian menjadi percaya (ay.34). Upaya memberitakan injil atau setidaknya hidup sesuai dengan ajaran dalam !nji|, terkadang malah mendatangkan ejekan. Pamberitaan Injil yang bertentangan dengan ilmu pengetahuan seringkali menjadi alasan bagi orang-orang tidak percaya untuk
mengejek Injil dan pengikutnya.

Kita memang sudah tidak diperhadapkan dengan situasi seperti di Atena. Namun demikian, harus diingat bahwa kita hidup di tengah-tengah masyarakat dengan kepercayaan dan paham yang beragam. Hal tersebut menuntut keberanian dan ketegasan iman kita untuk tetap bertahan dan setia kepadaYesus. Jangan kecewa jika iman kita diejek atau ditertawakan orang lain. Kerjakanlah terus apa yang menjadi bagian kiia dan Tuhan yang akan menyelesaikan bagian-Nya.

GB.283:1,2
Doa : (Ya Tuhan, bentuklah kami menjadi umat yang tangguh, berani dan setia memberitakan kabar sukacita-Mu)

Label:   Kisah Para Rasul 17:29-34 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 30 JUNI 2018 - JANGAN DIAM - Kisah Para Rasul 18:9-17 - MINGGU IV 5ES. PENTAKOSTA

PREV:
KAMIS, 28 JUNI 2018 - EKSPRESIKAN EMOSIMU DENGAN BUAK DAN BERBUDI - Kisah Para Rasul 17:16-21 - MINGGU IV SES. PENTAKDSTA

Garis Besar Kisah Rasul





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 20 Oktober - Matius 12-15 Penjelasan Ayat

Hari ini, 20 Oktober - Maz 118:25-119:2, Yer 20-21, 2 Tes 2, Ams 27:1-2

20 Oktober - Yohanes 6:25-40, 1 Petrus 3:8-12, Kidung 4:8-16, Yeremia 51

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,   you tube karaoke lagu rohani ikut dikau saja tuhan,   Kotbah yohanes 4:21-26,   kidung ceria 125,   download lagu rohani 15 kristen 2019,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   khotbah pembacaan zefanya 3 :10-20,   Hotbah Amsal 22:6,   lagu rohani pengakuan dosa,   refrensi lukas 12:8-12,   kalender liturgi 2019,   catatan khotbah ratapan3:40,   doa persembahan kolekte katolik,   kudaki daki lirik, versi mandarin,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   di sebrang sana lagu rohani mp3 download,   contoh doa persembahan gke,   download lagu rohani kristen mp3 gratis 2018,   Jamita HKBP. Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Jamita Minggu 20 Oktober 2019. Johannes 4 : 21 - 26,   Perikop kotbah joh 4: 21-26.,   notasi angka kj 452,   renungan bacaan injil lukas 12:8-12,   lagu panasnya mata hali,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   MP3 music lagu rohani Alfa omega,   penerangan lukas 12 8-12,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan jesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   tata ibadah malam akhir tahun keluarga,   catatan khotbah matius 9:18,   catatan khotbah matius 9:18,   Renungan Wahyu 7:13-17,   renungan luk12:8-12.com,   renungan lukas 12:8-12,   pkj 213 gambar not,   pkj 213 gambar not,   lagu rohani tentang doa untuk greja,   lagu pkj 202,   lagu pkj 202,   contoh lagu untuk persekutuan akhir bulan,   lagu pkj 202,   lagu nkb tentang aku dan seisi rumahku,   jamita Evagelum HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   jamita HKBP. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   yohanes 4:21-26,   cerita orang samaria yang baik hati,   kotbah untuk tanggal 20 oktober 2019,   tafsiran yer 17:7-8,   kumpulan khotbah Kristen protestan tanggal 20 oktober 2019,   Kumpulan Khotbah Kristen protestan bulan keluarga tanggal 20 oktober 2019,   KHOTBAH LUKAS 16 :19-31,    jamita HKBP. Hata batak. minggu 20 Oktober 2019 Johannes 4 : 21 - 26.,   Kotbah minggu 20 oktober 2019,   Bacaan liturgi minggu 20 oktober 2019,   Jamita johanes 4:21-26,   download lagu pelengkap kidung jemaat mp3,   not angka untuk lagu tuhan memanggil,   susunan ibadah katolik hari sabtu tanggal 19 october 2019,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   khotbah yohanes 4:21-26,   lagu rohani untuk persembahan,   donload lagu nikita ku sembah engkau yesus,   download lagu mawar sharoon,   free download mp3 lagu penyembahan gereja gms,   Khotbah GKI Yohanes 4:21-26,   lagu penutup ibadah kristen,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lagu rohani seperti rusa merindukan sungai hemy pesolima,   lirik lagu dia harus makin bertambah,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   injil 20 oktober 2019,   lagu untuk persembahan,   sabda bina umat oktober 2019,   khotbah anak muda dari kitab pengkhotbah 11:9,   Jamita johannes 4:21-26,   tafsir yohanes 6: 1-15,   ilustrasi tentang amsal 10 :1,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   nast khotba zefanya 3 : 9 - 20,   Nats khotbah kisah para rasul 20-21-31,   pujian rohani kristen penutup ibadah,   khotbah amsal 22:8-12,   bacaan injil harian tgl 18 oktober calender liturgi 2019,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   ringkasan khotbah mazmur 25: 8-15,   mars pkb gpib,   mars pkb gpib,   khotbah Hakim-hakim 6:15-23,   lagu ibadah pemuda,   not dan angka pkj 36,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   renungan amsal 3:17-30,   lagu lagu pengakuan dosa,   lagu lagu pengakuan dosa,   Renungan amsal 13:3,   lagu kanon rohani,   renungan lukas 12:12-18,   renungan lukas 12:12-18,   dialah yang maha tinggi chord,   bimbinglah niat hamba,   kalender.katolik bln oktober .2019,   lagu untuk penutup ibadah,   lagu liturgi hari minggu tgl 20-oktober-2019,   khotbah tentang hidup ini hanya sementara,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   kalender liturgi 2019,   kalender liturgi 2019,   lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,