Save Page
2 Samuel 12:18-23
12:18 Pada hari yang ketujuh matilah anak itu. Dan pegawai-pegawai Daud takut memberitahukan kepadanya, bahwa anak itu sudah mati. Sebab mereka berkata: "Ketika anak itu masih hidup, kita telah berbicara kepadanya, tetapi ia tidak menghiraukan perkataan kita. Bagaimana kita dapat mengatakan kepadanya: anak itu sudah mati? Jangan-jangan ia mencelakakan diri!" 12:19 Ketika Daud melihat, bahwa pegawai-pegawainya berbisik-bisik, mengertilah ia, bahwa anak itu sudah mati. Lalu Daud bertanya kepada pegawai-pegawainya: "Sudah matikah anak itu?" Jawab mereka: "Sudah." 12:20 Lalu Daud bangun dari lantai, ia mandi dan berurap dan bertukar pakaian; ia masuk ke dalam rumah TUHAN dan sujud menyembah. Sesudah itu pulanglah ia ke rumahnya, dan atas permintaannya dihidangkan kepadanya roti, lalu ia makan. 12:21 Berkatalah pegawai-pegawainya kepadanya: "Apakah artinya hal yang kauperbuat ini? Oleh karena anak yang masih hidup itu, engkau berpuasa dan menangis, tetapi sesudah anak itu mati, engkau bangun dan makan!" 12:22 Jawabnya: "Selagi anak itu hidup, aku berpuasa dan menangis, karena pikirku: siapa tahu TUHAN mengasihani aku, sehingga anak itu tetap hidup. 12:23 Tetapi sekarang ia sudah mati, mengapa aku harus berpuasa? Dapatkah aku mengembalikannya lagi? Aku yang akan pergi kepadanya, tetapi ia tidak akan kembali kepadaku."

Penjelasan:

* 2Sam 12:23 - Aku yang akan pergi kepadanya
Aku yang akan pergi kepadanya. Bandingkan istilah Ayub, "Tempat segala yang hidup dihimpunkan" (Ayb. 30:23), Sedikit tentang pengertian orang Ibrani mengenai keadaan hidup dalam kehidupan yang berikut tersirat dalam ungkapan umum, "Dia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya." Mungkin melalui ayat ini Daud hanya bermaksud mengatakan bahwa anak itu tidak bisa hidup dan giat kembali, tetapi dia sendirilah yang suatu saat akan bergabung dengan anaknya.

* Hidup dalam tanggung jawab.
Semua orang memiliki masa lalu, sebagian bahagia, sebagian kelam. Daud pun demikian. Ia baru saja melakukan dosa yang keji: mengingini isteri sesama, perzinahan, pembunuhan. Allah menghukum dia dengan menulahi anak yang ada dalam rahim Batsyeba. Daud pun memberanikan diri berpuasa dan berdoa berhari-hari untuk memohon kesembuhan anaknya. Dalam kedudukannya yang tinggi, Daud merendahkan diri sampai ke debu di hadapan Allah yang dikasihinya.

Permohonan Daud tak dikabulkan oleh Allah. Keputusan Allah bahwa anak Daud harus mati, tidak dapat diubahkan, dan itu pasti terjadi. Mengetahui kenyataan tersebut, sebelum para pegawainya memberitahukan dia, Daud bangkit dari tanah dan memulai hidupnya kembali. Ia sadar akan segala konsekuensi terhadap segala dosa yang telah dilakukannya. Semua orang tercengang melihat sikap Daud. Penjelasan Daud membuat kita memahami bahwa ia meninggalkan masa lalunya untuk hidup dalam kekinian dan menyongsong masa depan dengan penuh tanggung jawab (ayat 23).



SBU


M|NGGU V SES. PENTAKOSTA
SABTU, 7 JULI 2018
Renungan Pagi
KJ. 467 : 1 -Berdoa
TEGURAN : KOREKSI DIRI

2 Samuel 12:1-17
"Kemudian berkatalah Natan kepada Daud : "Engkaulah, orang itu!" (ay.7)

Kebanyakan orang lebih suka dipuji daripada ditegur. Pujian akan membuat kita rnerasa senang. namun teguran adalah ucapan yang disampaikan dengan maksud memperingatkan. Terkadang kita menganggap teguran membatasi kesenangan kita. Bagi kita yang mau rnenegur menyadari bahwa menegur adalah tindakan yang mengandung banyak risiko.

Perjumpaan nabi Natan dan Raja Daud merupakan gambaran tentang hal ini yang terjadi pada Daud, ketika Nabi Natan menceritakan kepadanya bagaimana perlakuan orang kaya terhadap orang miskin. Dipengaruhi oleh rasa keadilan seorang raja, Daud marah kepada orang kaya itu. Daud beranggapan bahwa orang kaya tersebut patut dihukum mati. Dalam kemarahannya, Daud tidak menyadari bahwa dirinyalah yang menjadi sasaran ilustrasi dalam cerita Nabi Natan.

Teguran Nabi Natan kepada Raja Daud meialui sebuah perumpamaan merupakan metode yang tepai pada saat itu, apalagi status Daud sebagai raja. Tentu untuk menyampaikan kesalahan yang dfbuat Raja membutuhkan hikrnat dan kecerdasan. Nabi Natan memulai dengan cerita yang menegur dan menggugah keberadaan Daud selaku pelaku ketidakadilan yang dilakukannya terhadap Uria. Nabi Natan secara jelas rneyampaikan kepada Daud bahwa perbuatannya tidak berkenan kepada Tuhan. Apa reaksi Daud setelah mendengar jawaban Nabi Natan bahwa orang kaya itu adalah dirinya? Daud tidak marah atau membela din, tetapi justru memenma teguran itu dan berusaha memohon pengampunan Aliah atas tindakan ketidakadiian yang telah dilakukannya. Dalam pandangan Allah ini adalah perbuatan dosa.

Bagaimana reaksi kita ketika orang lain menegur kita?. Belajar dari Daud, melihat teguran itu sebagai hal yang positif untuk terus membenahi diri. Teguran seseorang terhadap kita adalah sebuah koreksi diri. Belajar juga dari Nabi Natan, ketika kita akan menegur orang lain, maka kita menegur dengan cara yang bijak dan santun.

KJ. 467 : 3
Doa : (Ya Tuhan berilah kepada kami hati yang sedia diubahkan oieh Engkau melalui orang Iain)


MINGGU V SES. PENTAKOSTA
SABTU, 7 JULI 2018
Renungan Malam
KJ. 379 : 1,2 -Berdoa
BELAJAR DARI KESALAHAN

2 Samuel 12:18-23
"Laiu Daud bangun dari lantai,  Sesudah itu pulanglah ia ke rumahnya, dan atas permintaannya dihidangkan kepadanya roti, lalu ia makan" (ay.20)

Siapa pun kita, pasti pernah berbuat salah. Kesalahan fatal yang kita lakukan akan rnenimbulkan penyesalan yang dalarn. Hal ini membuat hati kita menjadi tidak nyarnan, kehilangan damai sejahtera, bahkan dihantui oleh rasa bersalah. Sebagai bentuk pengakuan atas kesalahan yang telah dibuat, Daud melakukan doa dan puasa sebagai cara untuk rnembujuk Allah. Harapan Daud, Tuhan akan mengurungkan niat-Nya atas anaknya. Segala cara yang Daud lakukan agar Tuhan membiarkan anak tetap hidup. Doa dan puasa dilakukannya sebagal bentuk memohon pangampunan Allah atas perbuatannya. Namun toh anak tersebut tetap mati. Apa yang terjadi saat Daud mengetahui anaknya telah mati‘?

Pertama, Daud berubah sikap. Ia tidak lagi melaksanakan puasa doa, melainkan bangklt dari kasedihannya dan bersyukur kepada Allah atas apa yang sudah dialaminya. Kematian anaknya rnerupakan bagian dari penabusan dosa yang Allah lakukan atas Daud. Inilah bentuk pengampunan Allah atas Daud, dimana ia tidak mengalami hukuman mati atas dosa yang diperbuatnya. Daud sadari bahwa hal ltu merupakan cara Allah menegurnya.

Kedua, peristiwa ini merupakan cara Allah memulihkan hubungan-Nya dengan Daud. Ada damai antara Allah dan Daud, antara Daud dan sesamanya. Hubungannya yang balk dengan Allah dibarui, tetapi Daud dihukum melalui kematian anaknya. Didikan Allah kepada kita terkadang menyakitkan, apalagl ketika kita melakukan kesalahan fatal. Tuhan melakukan panghukuman untuk rnarnulihkan hubungan kita dengan-Nya. Panghukuman itu dalam rangka pengampunan dan pemulihan, sahingga kita dapat belajar dari kasalahan yang kita perbuat. Mengakul kasalahan berarli belajar berdamai dengan Allah dan dengan diri sendiri.

Mengakui kesalahan menolong kita untuk lebih berhati-hati bartindak dalam setiap momen yang kita alami. Orang yang telah rnenerima pengampunan dan bertobat akan memperbaiki cara hidupnya dan maju ka tujuan baru.

KJ 379 : 3,4
Doa : (Ya Tuhan, ajarlah kami menerima keputusan-Mu dalam seluruh kehidupan kami)

Label:   2 Samuel 12:18-23 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 8 JULI 2018 - MENIRU TELADAN KRISTUS - Kolose 1:15-23 - HARI MINGGU VI SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 6 JULI 2018 - PUASA DAN TINDAKAN IMAN - Yesaya 58:6-12 - MINGGU V SES. PENTAKOSTA

Garis Besar 2 Samuel





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 18 Oktober - Matius 5-7

Hari ini, 18 Oktober - Maz 118:11-17, Yer 16-17, 1 Tes 5, Ams 26:25-26

18 Oktober - Yohanes 6:1-15, 1 Petrus 2:18-25, Kidung 3, Yeremia 49

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Rabu, 16 Oktober 2019
What A Beautiful Name - The Brooklyn Tabernacle Choir

Rabu, 16 Oktober 2019
There Was Jesus - Zach Williams and Dolly Parton

Rabu, 16 Oktober 2019
Worthy is the Lamb - Natashia Midori

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
Revival Anthem - Rend Collective

Rabu, 16 Oktober 2019
The steadfast love of the Lord

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Where You Are - Leeland

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Adore Him - Kari Jobe

Selasa, 15 Oktober 2019
Angels We Have Heard on High - Chris Tomlin

Selasa, 15 Oktober 2019
All Things Are Possible - Hillsong Worship

Selasa, 15 Oktober 2019
Resurrecting - Elevation Collective, The Walls Group

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu paduan suara rohani kristen mazmur 150,   khotbah amsal 22:8-12,   liturgi ibadah kedukaan,   zefanya 3 9-20,   contoh kata sambutan kristen,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   album gms baru,   khotbah hari pekan pemuda tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   daftar lagu baru gms,   lagu rohani untuk penutup ibadah,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   khotba filipi 2:1-11,   bacaan injil bulan oktober 2019,   lagu gereja mp3,   download lagu kubri yang terbaik gms,   cache:0Zr0zI7toXoJ:https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=12104,   Renungan Mazmur 119:32-33,   khotbah zakaria 3:9-20,   lagu gereja pagi,   kalender katolik 2019,   khotbah kisah para rasul 5 ayat 26 sampai 32,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   lagu penutup ibadah,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan matius 7 ayat 15 sampai 23,   khotbah Matius 7 ayat 15 sampai 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   Renungangzn Khotbah Matius 7 ayat 15 sampa 23,   jamita johannes4,21-26,   jamita minggu 20 oktober 2019 sian Johannes 4:21-26,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   yoke frits Tuhan tolonglah hambamu,   perikop yesaya 2:2-5,   Glory haleluya lagu natal alfa trio,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   khotbah dan penjelasannya Maleakhi 3:13-18,   lagu kantri rohani kidung jemaat mp3,   lagu persembahan,   tata ibadah penghiburan gki di tanah papua,   Ruhanga Ninkuhimbisa,   lagu penutup ibadah,   khotbah Yohanes 4:21-26,   lagu doa syafaat,   Download lagu rohani senada dengan surga,   khotbah minggu 27 Oktober 2019 Amsal 22 : 8 - 22,   khotbah amsal 22 : 8-12,   buku bimbingan pra nikah gmit,   pdf satb cari dahulu kerajaan allah,   khotbah dan penjelasan 1 Korintus 3:10-23,   khotbah dan penjelasannya Roma 16:25-27,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah amsal 22 : 8 - 12,   khotbah serta penjelasannya kissah para rasul 27:14-25,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   lagu lagu gereja,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah 1 korintus 7 : 1 - 16,   Yohanes 4 : 21-26,   khotbah Yohanes 4:21-26,   Lagu2 gereja tiberias pendeta pariaji,   download lagu el shaddai,   lagu2 gereja tiberias,   imamat 25 : 35,   perikop yesaya 2:2-5,   doa persembahan,   lagu penutup ibadah,   khotbah tetap berpegang pada kebenaran yeremia 31:21-34; 2 timotius 3:14-4:5; lukas 18:1-8,   contoh tata ibadah kgpi,   contoh agenda kgpi,   tema khotbah tetap berpegang pada kebenaran 2 timotius 3:14-4:5,   bacaan liturgi 17 oktober 2019,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh full album,   lirik lagu nkb 42,   lirik lagu nkb 42,   chord pelengkap kidung jemaat,   lirik lagu nkb 42,   lagu kristen arab,   renungan gmim mazmur 85,   +firman-Mu plita bagi kakiku in mandarin lyrics,   renungan johanes 10;1-10,   renungan johanes 10;1-10,   renungan johanes 10;1-10,   Lagu persemban yang cocok,   thema - thema natal,   khotbah 2 raja-raja 2:23-25,   download pkj 289,   nyanyian rohani,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   Sabda bina umat 16 oktober 2019 ,   kalender liturgi katolik 2019,   bahan khotbah lukas 17:11-19,   bahan khotbah lukas 17:11-19,   lagu sungguh baik dan indahnya bila saudara semua diam Jalu Tegar Prasetya,   Jamita Johanes 4,21-26.,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   perikop yesaya 2:2-5,   tata ibadah penghiburan kristen protestan,   jamita johanes 4:21-26,   contoh khotbah kenamaan dan kepujian di bumi,   lagu untuk persembahan,   Kotbah lukas 16:19-31,   ringkasan dlm injil yoh 20:21-25,   renungan amsal 3:17-30,   Kunci lagu firman allah jayalah,   Jamita sian Habakuk 3:1-6,   kotbah kisah pararasul 4:32-33,   khotbah 1 tawarikh 16:29,   khotbah 1 tawarikh 16:29,   ayat alkitab tentang persembahan uang,   instrument lagu gereja,   lirik lagu rohani Kristen pemuda GKE,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal dan bersyukur padanya,   kmm 144,   lagu2 ceriah ambon,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal,   lirik lagu mari kita puji dia yg kekal,   mp3 mari kita puji dia yang kekal,   tafsiran kisah para rasul 1:1-5,   bacaan sbu hari ini 16 oktober 2019,   renungan kitab 2 timotius 3 : 14 - 4 : 5,   renungan kitab 2 timotius 3 : 14 - 4 : 5,   renungan rohani kristen pantang mundur,   renungan rohani kristen pantang mundur,   lagu untuk wedding indonesia Kristen,   kidung jemaat no 69,   Tata Ibadah Minggu GPIB, 6 Oktober 2019,   Tata Ibadah Minggu, 6 Oktober GPIB,   pembacaan sabda gereja,   pembacaan sabda gereja,   renungan Roma 1: 18 - 32,   khotbah mazmur 50,   Renungan kristen tentang pemudah di penghotbah,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   kumpulan lagu rohani terbaru 2018 mp3,   Renungan Filipi 3:17-23,   bulan keluarga lukas 18:9-14,   randas pemahaman iman,   nama grup rohani kristen,   Buku ende pentakosta,   lagu persembahan saat ibadah,   lagu ucapan syukur dan penyembahan,   Buku ende pentakosta,   lirik lagu rohani senja di batas hari,   kalender.katolik bln oktober .2019,   kotbah hkbp yesaya 2: 2-5. 2019,   sabda guna dharma hari rabu 16 oktober 2019,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   lirik lagu rohani terbaru gms live 2019,   wielbij ma duszo mocarza i krola wrzechswiata,   2 tesalonika 3 : 1-15 kotbah,   instrument lagu gereja,   khotbah kristen ul 28:1-6,   renungan yeremia 9:23,   lagu rohani persembahan syukur,   uraian khotbah yesaya 2:2-5,   lagu untuk membawa persembahan,   Bacaan injil untuk hari minggu 20 oktober 2019,   khotbah lukas 18:1-8,   sabda bina umat 15 oktober 2019 ,   renungan minggu 20 oktober 2019,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,   jamita partangiangan yesaya 2:2-5 tgl 20 oktober 2019,