Dilihat: 265 x

Save Page
Kejadian 37:23-30
37:23 Baru saja Yusuf sampai kepada saudara-saudaranya, merekapun menanggalkan jubah Yusuf, jubah maha indah yang dipakainya itu. 37:24 Dan mereka membawa dia dan melemparkan dia ke dalam sumur. Sumur itu kosong, tidak berair. 37:25 Kemudian duduklah mereka untuk makan. Ketika mereka mengangkat muka, kelihatanlah kepada mereka suatu kafilah orang Ismael datang dari Gilead dengan untanya yang membawa damar, balsam dan damar ladan, dalam perjalanannya mengangkut barang-barang itu ke Mesir. 37:26 Lalu kata Yehuda kepada saudara-saudaranya itu: "Apakah untungnya kalau kita membunuh adik kita itu dan menyembunyikan darahnya? 37:27 Marilah kita jual dia kepada orang Ismael ini, tetapi janganlah kita apa-apakan dia, karena ia saudara kita, darah daging kita." Dan saudara-saudaranya mendengarkan perkataannya itu. 37:28 Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir. 37:29 Ketika Ruben kembali ke sumur itu, ternyata Yusuf tidak ada lagi di dalamnya. Lalu dikoyakkannyalah bajunya, 37:30 dan kembalilah ia kepada saudara-saudaranya, katanya: "Anak itu tidak ada lagi, ke manakah aku ini?"

Penjelasan:


* Kej 37:12-28 - Dotan, sekitar // kafilah orang Ismael
Saudara-saudara Yusuf menyimpan kebencian terhadap Yusuf sehingga akhirnya mereka mengambil keputusan untuk menyingkirkannya. Mereka memiliki banyak waktu untuk membuat sebuah rencana guna melaksanakan maksud mereka itu. Dari Hebron di mana mereka tinggal hingga Sikhem di utara mereka mengembara mencari padang rumput bagi ternak mereka. Yakub kemudian mengutus Yusuf untuk pergi ke Sikhem melihat keadaan saudara-saudaranya serta melaporkan hasil kunjungannya itu. Ketika sampai di dekat Sikhem, Yusuf diberi tahu bahwa saudara-saudaranya telah bergerak ke Dotan, sekitar lima belas mil ke utara lagi. Ketika mereka melihat Yusuf, mereka langsung merencanakan untuk membunuh dia, sekalipun Ruben berusaha untuk menyelamatkan jiwa anak muda itu. Ruben berhasil meyakinkan saudara-saudaranya untuk memasukkan Yusuf ke dalam sebuah sumur, dengan rencana akan mengeluarkannya lagi kemudian. Yehuda kemudian berhasil meyakinkan yang lain bahwa Yusuf lebih baik dikeluarkan dari sumur itu dan dijual kepada kafilah yang sedang menuju ke Mesir. Ruben merencanakan untuk membawa Yusuf pulang. Akhirnya, Yusuf menjadi tawanan sebuah kafilah orang Ismael (ay. 25) atau orang Midian. Tidak lama lagi dia akan menjadi budak di sebuah keluarga di Mesir. Baik orang Ismael maupun orang Midian adalah keturunan Abraham. Mungkin kelompok kafilah tersebut terdiri dari orang-orang dari kedua suku ini.

* Kej 37:29-35 - "Aku akan berkabung, sampai aku turun mendapatkan anakku, ke dalam dunia orang mati!" Dunia orang mati
Ruben, si anak sulung, bertanggung jawab langsung atas anak muda ini kepada ayahnya. Dengan sedih dia dan saudara-saudaranya menghadap Yakub membawa jubah berlumuran darah dan cerita bohong sehingga menghancurkan hati orang tua itu. Yakub yakin bahwa putra kesayangannya sudah meninggal. Dia yang ketika masih muda merupakan jago penipu, kini, pada usia tuanya, tertipu. Kesedihannya luar biasa. Dia meratap, "Aku akan berkabung, sampai aku turun mendapatkan anakku, ke dalam dunia orang mati!" Dunia orang mati atau Sheol merupakan kata Ibrani yang melukiskan dunia bawah tanah tempat tinggal orang mati, sepadan dengan Hades dalam bahasa Yunani. Di sana, menurut tradisi, roh-roh yang telah berpisah dari tubuh akan tetap hidup di wilayah suram yang tidak ada jalan keluar dan tidak ada hubungan dengan Allah atau manusia. Hidup di sana hanya merupakan separo kehidupan. Yakub sadar bahwa dia segera akan ke Sheol, tetapi dia tidak ada harapan untuk melihat akhir dari kepedihan penderitaannya pada saat itu.

*  Yusuf Dijual (Kejadian 37:23-30)
    Kita mendapati di sini bagaimana mereka menjalankan rancangan mereka terhadap Yusuf.
        1. Mereka menelanjangi dia, masing-masing berusaha merebut jubah berwarna-warni yang membuat mereka iri hati itu (ay. 23). Demikianlah, dalam bayangan mereka, mereka merampas haknya sebagai anak, yang mungkin dilambangkan oleh jubah ini, dengan mendukakan dia, menghina ayah mereka, dan menghibur diri mereka sendiri, sementara mereka menghina-hina dia. "Sekarang, Yusuf, di manakah jubah yang mahaindah itu?" Demikian pulalah Yesus Tuhan kita ditelanjangi dari jubah-Nya yang tidak berjahit, dan demikian pulalah dengan orang-orang kudus-Nya yang menderita, yang pertama-pertama dirampas dengan begitu gencar dari hak-hak istimewa dan kehormatan-kehormatan mereka, dan kemudian dijadikan sebagai kotoran dari segala sesuatu.
        2. Mereka pergi ke sana kemari untuk membuat dia kelaparan, melemparkannya ke dalam sumur kering, untuk membinasakannya di sana dengan rasa lapar dan udara dingin, betapa mereka tidak mengenal belas kasihan (ay. 24). Perhatikanlah, apabila iri hati berkuasa, belas kasihan hilang, dan perikemanusiaan sendiri terlupakan (Ams. 27:4). Betapa kebencian penuh dengan racun yang mematikan, sehingga semakin biadab suatu perbuatan, semakin menyenangkan perbuatan itu. Sekarang Yusuf memohon untuk tidak dibunuh, dalam kesesakan hatinya ( Kejadian 42:21), meminta, dengan segala rasa iba yang bisa dibayangkan, agar mereka puas mengambil jubahnya dan menyayangkan hidupnya. Ia menyerukan ketidakbersalahannya, hubungan persaudaraannya dengan mereka, kasih sayangnya terhadap mereka, dan penyerahan dirinya terhadap mereka. Ia menangis dan memohon, tetapi semua sia-sia. Hanya Ruben yang melunak dan menengahi untuk dia ( Kejadian 42:22). Tetapi ia tidak berhasil menyelamatkan Yusuf dari sumur yang mengerikan itu, yang di dalamnya mereka bertekad untuk membuatnya mati secara perlahan-lahan, dan terkubur hidup-hidup. Inikah orang yang kepadanya saudara-saudaranya harus memberikan penghormatan? Perhatikanlah, pemeliharaan-pemeliharaan Allah sering kali tampak bertentangan dengan maksud-maksud-Nya, sekalipun pemeliharaan-pemeliharaan itu memenuhi maksud-maksud-Nya, dan bekerja dari kejauhan untuk mencapai penggenapannya.
        3. Mereka menghinanya ketika ia sedang dalam kesusahan, dan tidak bersedih atas penderitaannya. Sebab ketika ia merana di dalam sumur, meratapi kesengsaraannya sendiri, dan dengan tangisan yang pilu memohon-mohon agar mereka mengasihaninya, duduklah mereka untuk makan (ay. 25).
            (1) Tidak ada penyesalan dalam hati nurani mereka atas dosa itu.Seandainya mereka menyesal, itu akan merusak nafsu makan mereka, dan kenikmatan makanan mereka. Perhatikanlah, kekuatan besar yang menutupi hati nurani biasanya membuat hati nurani itu beku, dan untuk sementara waktu membuatnya kehilangan rasa maupun kata. Orang yang berani berbuat dosa selalu merasa aman-aman saja. Tetapi hati nurani saudara-saudara Yusuf, meskipun sekarang tertidur, dibangunkan lagi lama sesudah itu (42:21).
            (2) Sekarang mereka senang membayangkan bagaimana mereka terbebas dari ketakutan bahwa saudara mereka akan berkuasa atas mereka, dan bahwa, sebaliknya, mereka telah memutar roda sehingga berbalik melawannya. Mereka bergembira atas dia, seperti penganiaya-penganiaya bergembira atas dua saksi Allah yang telah menjadi siksaan bagi mereka (Why. 11:10). Perhatikanlah, orang-orang yang menentang ketetapan-ketetapan Allah mungkin saja berhasil, sejauh mereka berpikir bahwa mereka telah mencapai tujuan mereka, namun dalam hal ini mereka tertipu.
        4. Mereka menjualnya. Serombongan kafilah pedagang pada waktu yang amat tepat (dengan sudah diatur oleh Allah Sang Pemelihara) lewat, dan Yehuda mengajukan permintaan agar mereka menjual Yusuf kepada pedagang-pedagang itu, untuk dibawa jauh-jauh ke Mesir, di mana, dalam segala kemungkinan, ia akan tersesat, dan tidak akan pernah terdengar lagi kabarnya.
            (1) Yehuda mengusulkannya karena merasa kasihan kepada Yusuf (ay. 26): " Apakah untungnya kalau kita membunuh adik kita itu? Kita akan lebih sedikit bersalah, dan lebih banyak beruntung, jika kita menjualnya." Perhatikanlah, apabila kita tergoda untuk berdosa, kita harus mempertimbangkan kerugiannya. Dosa adalah sesuatu yang dengannya kita tidak mendapat apa-apa.
            (2) Mereka menerima permintaan itu, karena mereka berpikir bahwa jika ia dijual sebagai budak, ia tidak akan pernah menjadi tuan, dan jika dijual ke Mesir, ia tidak akan pernah menjadi tuan mereka. Namun demikian, semua ini justru bekerja menuju pada penggenapannya. Perhatikanlah, panas hati manusia akan menjadi pujian bagi Allah, dan sisa panas hati itu akan Dia perikatpinggangkan (Mzm. 76:11). Saudara-saudara Yusuf secara menakjubkan diperikatpinggangkan (atau ditahan) untuk tidak membunuh dia, dan perbuatan mereka yang menjual dia dijadikan sebagai pujian bagi Allah dengan cara yang begitu menakjubkan. Sama seperti Yusuf dijual oleh rencana Yehuda seharga dua puluh keping perak, demikian pula Yesus Tuhan kita dijual seharga tiga puluh keping perak, dan oleh seorang yang juga bernama sama, Yudas. Ruben, tampaknya, sudah pergi jauh-jauh dari saudara-saudaranya ketika mereka menjual Yusuf, dengan niat untuk mendatangi sumur itu kembali melalui suatu jalan lain. Ia hendak membantu mengeluarkan Yusuf dari sumur dan mengantarnya pulang dengan selamat kepada ayahnya. Ini adalah rencana yang baik, tetapi, seandainya itu berhasil, apa jadinya dengan maksud Allah untuk mengangkat Yusuf di Mesir? Perhatikanlah, ada banyak rancangan dalam hati manusia, banyak rancangan dari musuh-musuh umat Allah untuk menghancurkan mereka, dan banyak rancangan dari sahabat-sahabat mereka untuk membantu mereka, yang mungkin kedua-duanya dikecewakan, seperti yang terjadi di sini. Tetapi ketetapan-ketetapan Tuhanlah yang akan terlaksana. Ruben menganggap dirinya binasa, karena anak itu sudah dijual: ke manakah aku ini? (ay. 30). Karena ia anak sulung, ayahnya akan mengharapkan laporan tentang Yusuf dari dia. Tetapi, seperti yang ternyata kemudian, mereka semua akan binasa seandainya ia tidak dijual.


SBU

MINGGU X SES. PENTAKOSTA
SENIN, 6 AGUSTUS 2018
Renungan Pagi
KJ.416 : 1,2  -Berdoa
|RI HATI YANG TERSEMBUNYI

Kejadian 37 : 1 - 22
Maka iri hatilah saudara-saudaranya kepadanya, tetapi ayahnya menyimpan hai itu dalam hatinya (ay.11)

Kisah antara Yusuf dan saudara-saudaranya tidak asing lagi.
Kisah nyata yang melukiskan ketegangan perasaan dan pikiran
yang mem bawa kepada konflik batin yang berkepanjangan. Konflik
muncul dikarenakan Yakub sebagai bapak keluarga terlalu ber-
Iebihan mengasihi Yusuf lebih dari saudara-saudara yang lain. Salah
satu sebab ialah Yusuf mendapatjubah yang paling indah daripada
saudara-saudaranya. Betapa Yusuf kebagian berkat Iebih daripada
saudara-saudaranya. Inilah sebabnya saudara-saudaranya benci
kepada Yusuf. Bahwa telah tercipta perbedaan-perbedaan yang
sangat menyolok diantara keluarga Yakub. Tentu Yakub mengetahui
ini. Namun pada saat-saat seperti ini Yakub belum mampu me-
ngantisipasi keberatan-keberatan dan persoalan-persoalannya
yang bakal muncul.

Tersembunyi atau tidak tersembunyi, tetapi dalam lubuk hati
setiap manusia terdapat sesuatu yang mengganjal rindu atau tidak
rindu seorang bapak atau ibu. Sikap acuh tak acuh tidak mau tau,
pura-pura adalah gambaran dari sebuah konflik batin yang bisa
tercipta dalam keluarga. Yakub mengalami hidup dalam permusuh-
an antar anak-anaknya sendiri. Bahkan dapat menjadi penghalang
keselamatan keluarga sendiri. Seharusnya Yakub tidak perlu
menyimpan iri hati. Banyak persoalan fisik dan mental yang me-
nyakitkan menyebabkan frustasi yang dalam.

Hendaknya semua ini harus dilihat berdasarkan perspektif yang
terjadi. Harus ada peluang yang memungkinkan Yakub membuka
diri dan rendahkan diri sambil mengakui kekeliruan mentalnya.

KJ.416 : 3
Doa : (Ya Tuhan bentuklah kami agar menjadi umat yang jujur dan
setia dalam keluarga)


MINGGU X SES. PENTAKOSTA
SENIN, 6 AGUSTUS 2018
Renungan Malam
KJ.354 : 1,2 —Berdoa
SUMUR IRI HATI

Kejadian 37:23-30
".... Janganlah tumpahkan darah, lemparkanlah dia ke dalam sumur yang ada di padang gurun ini,  (ay.22)

Baiklah dimalam hari ini kita merenungkan betapa di dalam sumur
yang kering dan gersang itu terkubur iri hati manusia. Boleh kita
katakan inilah sumur iri hati, memang para pedagang yang datang
itu tldak menyangka bahwa pernah di dalam sumur itu tersimpan
bayang-bayang iri hati. Di dalam intensitas kebencian saat itu tidak
ada tempat lain lagi bagi mereka untuk melampiaskan niat pem-
bunuhan. Untunglah alas usui Ruben maka sumur itulah yang me-
nampung segala jenis bentuk amarah. Yusuf tinggal sendirian,
kesepian dan terasing. la harus menghadapi sifat-sifat amarah dan
iri hati. Yusuf mau melawan tetapi apa daya. la pasrah menanggung
penderitaan. Sebuah nasib buruk yang menyelubungi dia disertai
dengan penganiayaan fisik dan mental.

Saudara-saudara marilah kita saling mengasihi sebab kasih itu
berasal dari Allah dan setlap orang yang mengasihi berasal dari
Allah serta mengenal Allah (bd. 1 Yoh.4:7-12). Mengenal Allah berarti
juga mengenal hukum-hukum-Nya. Dan mengerti dengan benar
hukum-hukum-Nya. Kasih yang benar dan tulus akan rnengalahkan
nafsu-nafsu membunuh dan nafsu sesat. Kita sendiri harus ber-
usaha menghindari dari tindakan-tindakan berbahaya. Karena hidup
benar harus dibuktikan pula melalui ucapan yang benar dan peri-
laku yang benar.

Perjalanan hidup Kristen hari ini harus mampu menghasilkan
kebaikan bagi persekutuan hidup bersama, apalagi bagi persekutuan
sebuah keluarga yang setia dan benar.

KJ.354 : 4
Doa : (Ajarlah kami ya Yesus untuk hidup taat, setia dan mengasihi
sesama kita semua seperti diri sendiri)


Label:   Kejadian 37:23-30 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 7 AGUSTUS 2018 - MENJADI MUSUH SEUMUR HIDUP? - 1 Samuel 18:17-29 - MINGGU X SES. PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 5 AGUSTUS 2018 - IRIHATI - Kejadian 4:1-9 - HARI MINGGU X SESUDAH PENTAKOSTA

Garis Besar Kejadian





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 24 Agustus - 2 Tawarikh 14-16


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Unstoppable God - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Lazarus - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
No Longer Slaves - Lauren Daigle - spontaneous worship

Minggu, 18 Agustus 2019
Trust In You - Lauren Daigle - Spontaneous Worship

Rabu, 14 Agustus 2019
Jehovah Reigns - Jamel Strong

Selasa, 13 Agustus 2019
Side Of My Heart - Rachael Lampa

Selasa, 13 Agustus 2019
Canvas and Clay - Pat Barrett feat. Ben Smith

Selasa, 13 Agustus 2019
My Reason - Planetshakers

Selasa, 06 Agustus 2019
King of Kings - Hillsong

Selasa, 06 Agustus 2019
Chances - Isaac Carree

Selasa, 06 Agustus 2019
But God - Isaac Carree

Jumat, 02 Agustus 2019
You Know My Name - the Brooklyn Tabernacle Choir

Jumat, 02 Agustus 2019
No Longer Slaves - Zach Williams

Jumat, 02 Agustus 2019
I Believe (Island Medley) - Jonathan Nelson

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,   renungan mazmur 2:1-12,   renungan mazmur 2:1-12,   sabda bina umat agustus 2019,   khotbah daniel 4:19-27,   khotbah daniel 4:19-27,   download mp3 instrumen piano lagu rohani kristen,   lukas 6:27-36,   tata ibadah minggu gbi,   tata ibadah minggu gbi,   lagu penutup ibadah,   bila topan kras melanda hidupmu bahasa batak,   LAGU ROHANI,   download musik Kristen m3,   maksud Injil Lukas 13:22-30,   Berjuang untuk masuk melalui pintu yang sesak, renungan katolik,   download lagu rohani terbaru 2019,   khotbah tentang filemon,   Download lagu rohani kristen kedukaan,   lhotbah kis rasil 6 1 7 gpib,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,tema Kemenangan Yang Hanya Dari-Nya(Ratapan 1:1-6)?,   chord gitar lagu jadikan aku terangmu,   sabda bina umat gpib 2019,   tata ibadah 2019 uem,   khotbah imamay 25:39-43,   lagu lagu ibadah liturgi pentakosta,   download lagu paduan suara gereja,   tafsiran luk 21:24b,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   tugas penatua dan diaken menurut tata gereja toraja,   khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   Download lagu rohani-Yesus pokok kitalah carangnya,   Roma 13 ayat 1~7 khotbah hkbp,   jamita 3 musa 25 39-43,   mars pkb gpib,   jamita 3 musa 25 39-43,   tata ibadah gbi,   Download renungan 1 Tawarikh 16:10,   renungan amos 5 : 7-13,   renungan amos 5 : 7-13,   renungan amos 5 : 7-13,   donwload lagu koor GBI,   yesus sayang padaku mandarin,   hati yang hancur chord,   ibadah nyanyian renungan roma 13:1-17,   doa persembahan syukur kristen protestan,   khotbah dari lukas 10 : 13,   khotbah gereja toraja untuk minggu 25 agustus 2019,   khotbah gereja toraja untuk minggu 25 agustus 2019,   hatorangan sermon gkpi lukas 6:27-36,   lirik kppk 215,   khotbah lukad 7:27-36,   lagu persembahan,   lagu persembahan,   hatorangan lukkas 6;27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   renungan amos 5:7-13,   Mazmur 37 : 30 - 40,   lagu pembukaan ibadah wa,   khotbah roma 13 : 1 - 7,   Download lagu rohani terbaru 2019,   kmm 4,   kmm 4,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Kotbah Daniel 4 : 19-27,   Kotbah Daniel 4 : 19-27,   Lagu pengakuam dosa,   lagu rohani kristen terbaru 2018 mp3 free download,   Lagu lagu NKPI,   pencipta lagu may the mind of christ my saviour,   Arti khotbah imamat :5:39-43,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   sekolah tiranus kisah para rasul 19;9,   jamita hkbp mateus 5:43-48,   Khotbah roma 15:1-13,   khotbah mazmur 51:1-21,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Mazmur 37 : 30 - 40,   Renungan kotbah 3 musa 25:39-43,   Renungan kotbah 3 musa 25:39-43,   kisah rasul 16:19-40,   lagu penyembahan yang menyentuh hati,   kisah rasul 16:19-40,   isi renungan mazmur 78 ,   GITA BAKTI 85 OH TUHAN,   bahan khotbah kisah rasul 16:19-40,   renungan ku bersyukur atas indonesiaku,   renungan ku bersyukur atas indonesiaku,   Bacaan persembahan ?,   Tugas suku Lewi menurut 1 Tawarikh 6:31-53,   penyertaan Tuhan: keluaran 1:1-22,   santapan harian 1 raja raja 19,   santapan harian 1 raja raja 19,   lagu rohani kemerdekaan,   khotbah 1 raja raja 19 1-18,   Buatlah 2 buah lagu tentang pembukaan ibadah dan lagu ketika mendengarkan khotbah?,   khotbah amsal 8:12 - 21,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   Tema kotbah 3musa 25:39-43,   renungan kristen dari mazmur 109:21-31,   Ringkas khotbah 3 musa 25:39-43,   makna nas mazmur 40 : 7 - 11,   download lagu why god austin french,   download lagu why god austin french,   lagu pemberkatan nikah di gereja,   saat teduh pagi tentang kisah rasul 27:1-13,   khotbah 1 raja 4 29 34,   sgdk,   lagu ,   Rngn yak 1:2-8,   song praise gms,   1 Tawarikh 6 : 31-53,   kotbah imamat 25:39-43,   kidung jemaat tata ibadah,   kotbah imamat 25:39-43,   Tafsiran yosua 14:13-25,   Tafsiran yosua 14:13-25,   lukas 13 22-30,   betapa dalamnya gms,   kotbah imamat 25:39-43,   Mars PKB GPIB,   lagu kidung jemaat sebelum pembacaan firman,   Jamita partangiangan 3 Musa 25 : 39 - 43,   Jamita partangiangan 3 Musa 25 : 39 - 43,   renungan roma 13:1-7,   kidung jemaat no berapa mengasihi musu,   renungan amsal 4:24,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   khotbah kotbah Imamat 25:39-43,   lagu kidung jemaat untuk memgasihi musuh,   khotbah kotbah Imamat 25:39-43,   bacaan alkitab tentang persembahan,   renungan roma 13:1-7,   renungan roma 13:1-7,   lagu gereja,   khotbah roma 11:33-36,   tujuan im 25:39-43,   chord kj 260,   daniel 1:1-17,   lagu rohani persembahan,   jamita hkbp mateus 5:43-48,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   tafsiran ulangan 6:1-10,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   karoke musik dari 355 yesus memanggil,   Khotbah dari Ibrani 12:1-17,   PKJ 244 NOT DAN LAGU,   lagu kidung ceria no 215,   kidung ceria no 215,   kidung ceria no 215,   lagu penyembahan Italia,   pencipta lagu rohani may the mind of christ my saviour,   lagu untuk persembahan,   lagu ,   imamat 25 39-43,   penjelasan tentang 1 tawarikh 6:48-53,   khotbah tentang 1tawarikh 6 : 31-53,   Ringkas khotbah,3 musa 25:39-41,   Ringkas khotbah,3 musa 25:39-41,