Save Page
Habakuk 3:17-19
3:17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, 3:18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. 3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi).

Penjelasan:

* Hab 3:17
Penyebutan pohon ara, pohon anggur, pohon zaitun, hasil ladang, dan ternak, semua itu mencakup keseluruhan hasil pertanian yang padanya bangsa ini bergantung. Rupanya alasan kegagalan panen adalah penyerbuan bangsa Kasdim. Pasukan musuh tidak hanya hidup di wilayah ini, namun sering juga dengan sengaja menghancurkan pepohonan dan panen. Sejarah Mesir masa awal membual bahwa pasukan Mesir telah menghancurkan pohon-pohon buah-buahan di salah satu dataran pantai Palestina.

* Hab 3:18 - Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN
Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN. Kehancuran yang dijelaskan begitu gamblang mendorong sang nabi bukan untuk berputus asa melainkan untuk beriman kepada Tuhannya.

* Hab 3:19 - Kakiku seperti kaki rusa // Untuk pemimpin biduan
Kakiku seperti kaki rusa. Binatang semacam rusa sangat cepat dan berkaki cekatan, sehingga ia dapat segera melepaskan diri dari para pengejarnya. Gambaran ini adalah tentang seseorang yang sangat yakin bahwa Dia yang memimpin umat-Nya ke dalam pencobaan adalah setia dan akan juga memberikan jalan keluar untuk setiap pencobaan, sehingga mereka mampu menanggungnya.

Untuk pemimpin biduan. Doa ini sudah jelas dimaksudkan untuk dipakai oleh paduan suara orang Lewi, walaupun nyanyian mazmur itu, berbeda dengan beberapa mazmur lainnya yang berada di luar kumpulan ini, misalnya, II Samuel 22:2 dan seterusnya, I Tawarikh 16:8 dan seterusnya, tidak pernah dimasukkan ke dalam Kitab Mazmur.


SBU

MINGGU XV SESUDAH PENTAKOSTA
SABTU,  08 SEPTEMBER 2018
RENUNGAN PAGI
GB.208 : 1 "Tak 'Ku Tahu 'Kan Hari Esok" – Berdoa
TENANG MENANTIKAN DATANGNYA KESUSAHAN

Habakuk 3 : 15-16
"Ketika aku mendengarnya, gemetarlah hatiku, " (ay.16)

Keadaan hidup ini seperti dua sisi mata uang, yang tidak terpisahkan satu sama lainnya. Keadaan susah atau senang, keadaan hidup atau mati, keadaan sakit atau sehat, keadaan jatuh atau bangun, miskin atau kaya, kecil atau besar, hitam atau putih dan seterusnya. Karena seperti dua sisi mata uang, maka tidak ada seorangpun dari kita yang bisa memilih hanya yang senang saja, hidup saja, kaya saja, atau sehat saja dan menolak keadaan yang tidak tidak sukai. Semua keadaan itu dapat terjadi di dalam kehidupan kita kapan saja dan kita tidak bisa menghindarinya. Oleh karena kita tidak dapat memilih keadaan seperti yang kita inginkan, maka cara yang terbaik bagi kita adalah menerima dengan lapang dada semua keadaan itu jika terjadi dan mendatangi hidup kita. Menerima dengan lapang dada dengan mengatakan : "Selamat datang kesusahan, selamat datang sakit, selamat datang penderitaan, selamat datang kematian."

Sulit untuk melakukannya, tetapi itulah yang dilakukan Habakuk. Dalam ketenangan ia akan menantikan datangnya hari kesusahan yang akan menyerang bangsa Yehuda. Walau hatinya gemetar, walau bibirnya mengigil, tulang-tulangnya tersengal, dan tubuhnya gemetar di tempat dimana ia berdiri saat Tuhan memberitahukan apa yang akan terjadi, tetapi ia akan menantikan datangnya hari kesusahan dengan tenang. Ketenangan itu datang dari kepercayaan kepada Tuhan Allah yang menjadi kekuatan bagi Habakuk.

Ketenangan menghadapi datangnya kesusahan sangat menentukan sikap kita menghadapi dan menyelesaikan kesusahan itu. Ketenangan itu akan membuat kita bisa berpikir jernih, tindakan kita menjadi lebih terarah dalam menjawab persoalan, tubuh kita tetap sehat (tidak stress, tidak sakit kepala dan jantung tidak berdebar-debar), kita memiliki kekuatan dan sukacita. Di saat kita mengatakan selamat datang kesusahan, maka kesusahan itu menjadi teman kita, yang akan kita perlakukan dengan baik. Jikalau kesusahan menjadi teman, maka kesusahan itu tidak menjadi kesusahan lagi. Hidup kita akan bebas dari kesusahan. Sambutlah kesusahanmu dengan percaya bahwa Tuhan yang telah memelihara hidup kita di masa lalu akan memelihara kita di masa sekarang dan tetap memelihara hidup kita di masa yang akan datang.

GB.208 : 3 "Tak 'Ku Tahu 'Kan Hari Esok"- Berdoa

Doa : (Kami akan menantikan dan menyambut semua keadaan di dalam hidup ini dalam ketenangan, karena Engkaulah kekuatan kami)


MINGGU XV SESUDAH PENTAKOSTA
SABTU,  08 SEPTEMBER 2018
RENUNGAN MALAM
KJ.333 : 1 "Sayur Kubis Jatuh Harga" – Berdoa
OPTIMIS MEMANDANG KEHIDUPAN

Habakuk 3:17-19
"Namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN..." (ay.18)

 
Tidak mudah untuk tenang menghadapi masa-masa sulit di dalam hidup. Biasanya, saat kita menghadapi masa-masa sulit, kita sudah kasak-kusuk kiri dan kanan mencari pertolongan. Kalau tidak ada pertolongan kita stress dan sakit kepala, kita kehilangan semangat dan lebih suka menyendiri. Bahkan kadang kita berpikir bahwa hidup ini sudah berakhir, tak ada jalan keluar.

Sangat berbeda dengan Habakuk. Ia sangat optimis memandang kehidupan ini. Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun ia akan bersorak-sorak dan beria-ria di dalam Allah yang menyelematkannya. Bagi Habakuk, keadaan sulit ini tidak melemahkan atau menghilangkan semangat dan pengharapannya. Keadaan ini tidak mempengaruhi Habakuk, sebab ia tahu bahwa Tuhan Allah yang menjadi kekuatannya. Tuhan Allah yang dipercayainya adalah Tuhan yang berkuasa atas kehidupan ini dan akan memelihara hidupnya. Di dalam situasi sulit, bahkan situasi tidak berpengharapan sekalipun ia tetap bersandar dan mempercayakan hidupnya kepada Tuhan. Tuhan akan membuat kakinya seperti kaki rusa yang berjejak di bukit-bukit. Tuhan akan mengkokohkannya dan membuatnya berdiri tegak. Inilah kepercayaan Habakuk.

Menghadapi masa-masa sulit, kelaparan dan tidak ada kepastian di dalam hidup sangatlah merisaukan hati; hati tak tenang, kita kuatir dan ketakutan. Pertanyaan yang selalu muncul di kepala adalah "Bisakah kami melewati masa-masa sulit ini? Namun apa yang terjadi? Kalau kita berkaca dari pengalaman hidup kita ketika masa-masa sulit datang, kekuatiran menguasai diri, tanpa kita sadari masa-masa sulit berlalu dan kita bisa menarik nafas lega. Ternyata Tuhan berkarya memelihara dan menjaga hidup kita. Pengalaman ini memberi pengharapan bagi kita bahwa Tuhan yang sama akan tetap memelihara dan menjaga kita ketika melewati masa-masa sulit di masa mendatang. Yang terpenting adalah hiduplah di dalam kehendak-Nya. Orang benar akan hidup oleh percayanya.

KJ.332 : 2 "Kekuatan Serta Penghiburan"- Berdoa

Doa : (Ya Tuhan, kami akan yang tetap berpengharapan dan optimis memandang kehidupan walau keadaan sulit datang, sebab kami tahu Engkau Allah yang memelihara kami)


Label:   Habakuk 3:17-19 



Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB MINGGU, 9 SEPTEMBER 2018 - FITNAH MERENGGUT NYAWA - Kisah Para Rasul 8:8-12 - HARI MINGGU XV SESUDAH PENTAKOSTA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 7 SEPTEMBER 2018 - TUHAN PEMBELA KORBAN KETIDAKADILAN - Habakuk 3:12-14 - MINGGU XIV SES. PENTAKOSTA

Garis Besar Habakuk




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

    songbatak.com- Top of JUDIKA

    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,