Save Page
Yesaya 60:1-5
Kemuliaan Sion yang akan datang
60:1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu. 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. 60:3 Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu. 60:4 Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong. 60:5 Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.


Penjelasan:

* Yes 60:1-3
Nabi menyatakan bahwa kegelapan dunia akan dikalahkan oleh terang Israel. Sudut pandangnya di sini ialah kedatangan pertama kali Kristus, sebab Dialah Terang yang akan terbit atas bangsa Yahudi. Dan Jemaat atau Gereja-Nya akan merupakan terang itu, yakni yang memancarkan kesempurnaan dan kasih-Nya yang mulia, serta saluran bagi kebenaran-Nya untuk menjangkau orang yang belum mengenal TUHAN. Injil Perjanjian Baru akan memiliki daya tarik kuat bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang mana tidak pernah dimiliki oleh Kabar Baik Perjanjian Lama.

* Yes 60:4-9 - anak-anak laki-laki // anak-anak perempuan // burung merpati // dinanti-nantikan // di depan
Di sini bangsa-bangsa lain yang bertobat diceritakan sedang datang berhimpun ke Kerajaan itu dan mempersembahkan semua milik dan talenta mereka sebagai kurban syukur bagi Tuhan. Barangkali orang-orang sudah bertobat ini harus diperhitungkan sebagai anak-anak Allah karena pengangkatan, karenanya menjadi anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan Israel (ay. 4). Atau mungkin mereka adalah bangsa Yahudi yang terserak, di mana mereka pasti akan disertai dan dikawal oleh orang Kristen dari bangsa-bangsa lain yang dengan iman masuk ke dalam Kerajaan Allah. Sungguh mengherankan bahwa asal usul semua kekayaan yang dipersembahkan ini sebagian besar adalah dari dunia Arab. Barangkali ada petunjuk di sini bahwa Islam suatu hari nanti akan berpaling kepada Salib (menurut tafsiran Wycliffe). Semua imigran yang masuk ke Negeri Perjanjian ini seperti burung merpati yang melayang cepat dalam jumlah besar (ay. 8). Mereka ditarik ke sana oleh apa yang dinanti-nantikan mereka (ay. 9) atau kepercayaan mereka kepada Tuhan. Prosesi tersebut di depan akan dituntun oleh kapal-kapal dari pulau-pulau yang jauh - dari Tarsis.

* Yes 60:1-5 - Pertambahan Jemaat
    Seluruh pasal ini sepenuhnya mengarah pada maksud yang sama, sepenuhnya dalam nada yang sama. Pasal ini berisikan bagian dari kovenan Allah dengan jemaat-Nya, yang dibicarakan dalam ayat terakhir pada pasal sebelumnya, dan berkat-berkat yang dijanjikan di sini adalah buah-buah firman dan Roh yang dijanjikan di situ. Keberlanjutan jemaat-Nya, bahkan sampai pada zaman-zaman yang paling akhir, dijanjikan di situ, dan di sini dijanjikan perluasan jemaat sampai jauh, bahkan sampai ke wilayah-wilayah bumi yang paling jauh. Dan kedua janji untuk jemaat ini adalah untuk kehormatan Sang Penebus. Di dalam pasal ini dijanjikan,
            I. Bahwa jemaat akan diterangi dan disinari (ay. 1-2).
            II. Bahwa jemaat akan diperbesar dan banyak yang ditambahkan kepadanya, untuk ikut melayani Allah (ay. 3-8).
            III. Bahwa para petobat baru akan sangat berguna bagi jemaat dan bagi kepentingan-kepentingannya (ay. 9-13).
            IV. Bahwa jemaat akan sangat dihormati dan dikenal baik di antara manusia (ay. 14-16).
            V. Bahwa jemaat akan menikmati kedamaian dan ketenteraman yang mendalam (ay. 17-18).
            VI. Bahwa, karena anggotanya adalah orang-orang yang benar sepenuhnya, keagungan dan sukacitanya akan tetap selama-lamanya (ay. 19-22). Nah, hal ini sedikit berkaitan dengan keadaan tenteram dan makmur yang terkadang dialami oleh bangsa Yahudi setelah mereka keluar dari pembuangan dan kembali ke tanah mereka sendiri. Tetapi ini jelas mengarah lebih jauh, dan akan digenapi secara penuh dalam kerajaan Mesias, ketika kerajaan-Nya itu diperluas dengan dibawa masuknya orang-orang bukan Yahudi ke dalamnya, dan ketika kerajaan itu diperkaya dengan berkat-berkat rohani berupa hal-hal sorgawi oleh Kristus Yesus, dan segala jaminan ini adalah tentang sukacita dan kemuliaan kekal.

Pertambahan Jemaat (60:1-8)

    Di sini dijanjikan bahwa Bait Allah Injil itu akan sangat terang dan sangat besar.
            I. Bait itu akan sangat terang: Terangmu datang. Ketika bangsa Yahudi kembali dari pembuangan, mereka mendapatkan kelapangan hati dan sukacita, kegirangan dan kehormatan. Mereka lalu dibuat mengenal TUHAN dan bersukacita karena kebaikan-Nya yang besar. Dan karena hal-hal inilah maka terang mereka datang. Ketika Sang Penebus datang ke Sion, Dia membawa terang bersama-Nya, Dia sendiri datang untuk menjadi terang. Nah sekarang perhatikanlah,
                1. Apa terang ini, dan dari mana ia berasal: Terang TUHAN terbit atasmu (ay. 2), kemuliaan TUHAN (ay. 1) menjadi nyata atasmu. Allah adalah Bapa dan sumber segala terang, dan di dalam terang-Nyalah kita akan melihat terang. Sejauh kita memiliki pengenalan akan Allah di dalam diri kita, dan perkenanan Allah terhadap kita, maka terang kita sudah datang. Ketika Allah menyatakan diri-Nya kepada kita, dan kita mendapatkan penghiburan dari perkenanan-Nya, maka kemuliaan TUHAN terbit atas kita seperti terang pagi. Ketika Dia menyatakan diri-Nya kepada kita, dan kita diakui karena perkenanan-Nya, ketika Dia menunjukkan kepada kita beberapa tanda kebaikan dan menyatakan perkenanan-Nya kepada kita, maka kemuliaan-Nya tampak atas kita, seperti atas Israel dalam tiang awan dan api. Ketika Kristus bangkit sebagai surya kebenaran, dan di dalam diri-Nya surya pagi dari tempat yang tinggi melawat kita, maka kemuliaan TUHAN menjadi nyata atas kita, kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Sulung Bapa.
                2. Penghalang seperti apa yang akan ada bagi terang ini: Kegelapan menutupi bumi. Tetapi, walaupun itu merupakan kegelapan yang besar, kegelapan yang dapat saja dirasakan, seperti yang di Mesir, yang akan melingkupi orang-orang, namun jemaat, seperti Gosyen, akan memiliki terang pada waktu yang sama. Ketika keadaan suatu bangsa yang tidak memiliki Injil akan sangat menyedihkan, penjuru-penjuru gelap di bumi penuh sarang-sarang kekerasan bagi jiwa-jiwa yang malang, maka keadaan jemaat akan sangat menyenangkan.
                3. Tugas apa yang diserukan oleh terang yang terbit ini: "Bangkitlah, menjadi teranglah, jangan hanya menerima terang ini saja, dan" (seperti tafsiran yang diperluas) "diterangi olehnya, tetapi juga pantulkanlah terang ini, bangkit dan pancarkan terang dengan sinar yang dipinjam darinya." Anak-anak terang harus bersinar sebagai terang di dunia ini. Jika kemuliaan Allah terlihat nyata atas kita sehingga menjadi kehormatan bagi kita, maka kita tidak boleh dengan bibir kita saja, melainkan juga dengan hidup kita, mengembalikan pujian bagi kemuliaan-Nya itu untuk kehormatan-Nya (Mat. 5:16; Flp. 2:15).
            II. Bait itu akan sangat besar. Ketika bangsa Yahudi kembali tinggal di tanah negeri mereka sendiri, setelah pembuangan mereka, banyak orang dari negeri itu menggabungkan diri dengan mereka. Namun tampaknya tidak pernah ada banyak penambahan terhadap jumlah mereka yang dapat memenuhi penggenapan nubuat ini. Dan oleh karena itu kita harus menyimpulkan bahwa nubuat ini memandang jauh ke depan, kepada dibawanya orang-orang bukan Yahudi ke dalam jemaat Injil, bukan berduyun-duyunnya mereka ke satu tempat tertentu, walaupun peristiwa itu di sini digambarkan dengan perlambang seperti itu. Tidak ada satu tempat khusus apa pun saat ini yang menjadi pusat kesatuan jemaat. Sebaliknya, janji itu adalah mengenai berduyun-duyunnya orang-orang itu kepada Kristus, dan datangnya mereka dengan iman, dan pengharapan, dan kasih yang kudus, ke dalam kumpulan yang terhimpun karena piagam Injil-Nya, dan kesatuan yang hanya Dia saja pusatnya, yaitu keluarga yang dinamakan berdasarkan nama-Nya (Ef. 3:15). Jemaat Injil dengan jelas disebut Sion dan Yerusalem, dan dengan pemikiran inilah semua orang percaya dikatakan datang ke sana (Ibr. 12:22, Kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi), yang menjadi kunci untuk nubuat ini (Ef. 2:19). Perhatikanlah,
                1. Apa yang akan menarik begitu banyak orang ke dalam jemaat: "Mereka akan datang kepada terangmu dan kepada cahaya yang terbit bagimu (ay. 3). Mereka akan tergiur untuk menggabungkan diri denganmu,"
                    (1) "Oleh karena terang yang bersinar di atasmu," terang Injil yang mulia, yang jemaat acungkan ke depan, dan yang sebagai akibatnya mereka disebut sebagai kaki dian emas. Terang inilah yang mengungkapkan begitu banyak hal tentang Allah dan kehendak baik-Nya untuk manusia, yang dengannya hidup dan kekekalan menjadi jelas. Ini akan menarik seluruh bagian umat manusia yang hatinya sungguh-sungguh tersentuh untuk datang dan menggabungkan diri dengan jemaat, supaya mereka dapat memperoleh manfaat dari terang itu untuk memberi tahu mereka tentang kebenaran dan kewajiban.
                    (2) "Oleh karena terang yang dengannya engkau bersinar." Kemurnian dan kasih orang-orang Kristen mula-mula, cara berpikir mereka yang sorgawi, memandang rendah dunia, dan sabar menanggung penderitaan, adalah terang yang terbit bagi jemaat, yang menarik banyak orang untuk masuk ke dalamnya. Keindahan kekudusan adalah daya tarik yang kuat, yang dengannya Kristus mendapatkan orang-orang yang dengan sukarela dibawa kepada-Nya pada hari tentara-Nya (Mzm. 110:3).
                2. Betapa banyaknya orang yang akan bergabung dengan jemaat. Sejumlah besar orang berduyun-duyun datang, orang-orang bukan Yahudi (atau bangsa-bangsa) dari orang-orang yang diselamatkan, seperti yang dirujuk dalam Wahyu 21:24. Bangsa-bangsa akan menjadi murid (Mat. 28:19), dan bahkan juga raja-raja, orang-orang besar, penguasa, dan tokoh-tokoh besar, akan ditambahkan ke dalam jemaat. Mereka datang dari segala tempat (ay. 4): Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka datang, yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit (Kis. 2:5). Lihatlah betapa ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai (Yoh. 4:35). Lihatlah mereka datang dalam satu tubuh, sebagai satu orang, dan dengan satu persetujuan: mereka datang berhimpun, sehingga mereka dapat saling menguatkan, dan memberi semangat satu sama lain. Mari, kita naik (2:3). "Mereka datang dari tempat-tempat yang paling jauh: Mereka datang kepadamu dari jauh, karena telah mendengar kabar tentang kamu, seperti Ratu Syeba, atau melihat bintangmu di Timur, seperti orang-orang bijak, dan mereka tidak akan berkecil hati karena jauhnya perjalanan untuk datang kepadamu. Akan ada yang datang dari kedua jenis kelamin. Anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan akan datang dengan sikap penuh kepatuhan, seperti anak-anak laki-lakimu dan anak-anak perempuanmu, berketetapan hati untuk menjadi keluargamu, untuk tunduk kepada hukum-hukum keluargamu dan menempatkan diri mereka di bawah pengajarannya. Mereka akan datang untuk digendong, dididik olehmu sejak mereka dalam buaian." Anak-anak jemaat harus diasuh di dekat jemaat, bukan dikirim untuk diasuh di antara orang-orang asing. Di situ, di mana hanya susu firman yang tidak dicampur saja yang diberikan, haruslah bayi-bayi yang baru lahir dari jemaat itu diasuh, supaya olehnya mereka bertumbuh (1Ptr. 2:1-2). Orang-orang yang mau menikmati martabat dan hak-hak istimewa keluarga Kristus harus tunduk kepada tata tertibnya.
                3. Apa yang akan mereka bawa bersama mereka dan keuntungan apa yang akan ditambahkan kepada jemaat karena ditambahkannya mereka kepada jemaat. Orang-orang yang dibawa ke dalam jemaat oleh karena anugerah Allah pasti akan membawa masuk segala sesuatu yang berharga bersama mereka, yang bersama dengan diri mereka sendiri akan mereka persembahkan untuk kemuliaan dan pelayanan Allah dan melakukan kebaikan dengannya di tempat-tempat mereka berada.
                    (1) Para pedagang akan menuliskan kudus bagi TUHAN di atas barang dagangan (KJV) dan upah mereka, seperti pada pasal 23:18. "Kelimpahan dari seberang laut, baik kekayaan yang dikeruh dari laut (ikan, mutiara) maupun yang dibawa masuk melalui laut, semuanya akan beralih kepadamu dan untuk engkau gunakan." Kekayaan pedagang-pedagang kaya akan dipakai untuk perbuatan-perbuatan saleh dan amal.
                    (2) Orang-orang perkasa dari berbagai bangsa akan mendayagunakan kekuatannya dalam pelayanan jemaat: "Kekayaan (KJV: kekuatan), atau pasukan bala tentara, bangsa-bangsa akan datang kepadamu, untuk menjaga pantai-pantaimu, menguatkan kepentingan-kepentinganmu, dan apabila perlu, bertempur untukmu." Kekuatan bangsa-bangsa telah sering menentang jemaat, tetapi sekarang mereka akan mendukungnya. Sebab, sebagai Allah, ketika Dia menghendaki, dapat, dan, ketika kita menyenangkan hati-Nya, akan, membuat bahkan musuh kita pun didamaikan-Nya dengan kita (Ams. 16:7). Begitulah, ketika Kristus mengalahkan orang kuat yang bersenjata, Dia membagi-bagikan barang rampasan-Nya, dan menjadikannya berguna bagi kepentingan-kepentingan-Nya yang sebelumnya telah digunakan untuk melawan mereka (Luk. 11:22).
                    (3) Kekayaan yang dibawa dengan kereta berkuda melalui darat, selain yang melalui laut, akan digunakan dalam pelayanan untuk Allah dan jemaat (ay. 6): Sejumlah besar unta dan unta-unta muda yang membawa emas dan kemenyan (emas untuk membuat mezbah emas, dan kemenyan dan ukupan untuk dibakar di atasnya), dari Midian dan Syeba, akan membawa barang-barang kebutuhan paling berharga dari negeri mereka, bukan untuk diperjualbelikan, melainkan untuk menghormati Allah, dan bukan dalam jumlah yang sedikit, melainkan dibawa dengan banyak unta. Ini sebagian digenapi ketika orang-orang majus dari Timur (mungkin beberapa negeri yang disebutkan di sini), karena tertarik oleh kecemerlangan bintang itu, datang kepada Kristus, dan mempersembahkan kepada-Nya harta berharga berupa emas, kemenyan, dan mur (Mat. 2:11).
                    (4) Banyak sekali korban akan dibawa ke mezbah Allah, korban-korban yang berkenan bagi-Nya, dan, walaupun dibawa oleh orang-orang bukan Yahudi, akan mendapatkan perkenanan-Nya (ay. 7). Kedar terkenal karena kawanan ternaknya, dan mungkin domba-domba yang tergemuk adalah yang berasal dari Nebayot. Ini semua akan datang dan diterima di mezbah Allah. Allah harus dilayani dan dimuliakan dengan hal-hal yang kita miliki, karena Dia telah memberkati kita, dan dengan hal-hal terbaik yang kita miliki. Ini digenapi ketika, berdasarkan perintah raja Darius, bupati-bupati daerah seberang sungai (mungkin dari beberapa di antara negeri-negeri ini) diperintahkan untuk memperlengkapi bait di Yerusalem dengan lembu jantan muda, domba jantan, anak domba untuk korban bakaran bagi Allah semesta langit (Ezr. 6:9). Nubuat ini telah digenapai, dan kita percaya akan digenapi lebih jauh lagi, dengan dibawa masuknya sejumlah besar orang-orang bukan Yahudi ke dalam jemaat, yang disebut persembahan korban atau persembahan orang-orang bukan Yahudi kepada Allah (Rm. 15:16). Kambing domba dan lembu-lembu jantan adalah jiwa-jiwa yang berharga, karena mereka dikatakan akan tersedia untuk melayani jemaat, dan datang sebagai persembahan yang hidup, mempersembahkan diri mereka sendiri kepada Allah melalui ibadah yang sejati di atas mezbah-Nya (Rm. 12:1).
                4. Bagaimana Allah akan dimuliakan dengan perluasan jemaat dan pertambahan yang sebanyak itu ke dalamnya.
                    (1) Mereka akan bermaksud untuk memuliakan nama Allah di dalamnya. Ketika mereka membawa emas dan kemenyan, itu bukanlah untuk memamerkan kekayaan negeri mereka, atau untuk mendapatkan tepuk tangan bagi diri mereka sendiri karena kesalehan dan ibadah mereka, melainkan untuk memberitakan perbuatan masyhur TUHAN (ay. 6). Pelayanan dan pemberian kita yang terbesar kepada jemaat tidak lebih berkenan kepada Allah jika kita tidak menjadikan kemuliaan Allah sebagai tujuannya. Dan inilah yang harus kita lakukan jika kita menjalankan ibadah-ibadah bersama, yaitu untuk memberikan kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya. Oleh karena itu, seperti orang-orang ini di sini, kita dipanggil keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib, supaya kita memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kita (1Ptr. 2:9).
                    (2) Allah akan meninggikan kemuliaan nama-Nya sendiri dengan perbuatan kita itu, seperti yang Dia katakan (ay. 7): Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku. Jemaat adalah rumah keagungan Allah, tempat Dia menyatakan kemuliaan-Nya kepada umat-Nya dan menerima penghormatan yang dengannya mereka memuliakan Dia. Dan untuk kemuliaan rumah ini, dan kemuliaan Dia yang menjaga rumah di situ, orang-orang bukan Yahudi akan membawa persembahan-persembahan mereka dan mereka akan diterima di dalamnya.
                5. Bagaimana perasaan jemaat sendiri oleh karena pertambahan jumlah ini (ay. 5).
                    (1) Jemaat akan mengalami luapan sukacita: "Engkau akan heran melihat dan berseri-seri" (atau beria-ria ke sana kemari), "seperti melonjak-lonjak kegirangan, karena merasa terkejut olehnya, namun sangat senang karenanya."
                    (2) Akan ada campuran rasa takut dengan sukacita ini: "Engkau akan tercengang (KJV: merasa takut), ragu-ragu mengenai boleh tidaknya menurut hukum jika pergi bergabung dengan orang-orang yang tidak bersunat dan makan dengan mereka." Petrus sangat tertegun oleh rasa takut ini sehingga dia membutuhkan sebuah penglihatan dan suara dari sorga untuk membantu dia mengatasinya (Kis. 10:28). Tetapi,
                    (3) "Ketika rasa takut ini ditaklukkan, hatimu akan menjadi lapang dalam kasih kudus. Begitu lapang hatimu sehingga engkau akan memiliki tempat di hatimu untuk semua orang bukan Yahudi yang berubah menjadi percaya. Engkau tidak akan memiliki jiwa yang begitu sempit seperti yang pernah engkau miliki, atau kasih sayang yang begitu terkungkung dalam kungkungan Yahudi." Ketika Allah merancang keindahan dan kekayaan bagi jemaat-Nya, Dia memberikan kelapangan hati ini dan kemurahan hati yang sangat luas.
                    (4) Orang-orang percaya baru yang berkumpul masuk ke dalam jemaat ini akan sangat dikagumi (ay. 8): Siapakah mereka ini yang melayang seperti awan? Perhatikanlah,


Label:   Yesaya 60:1-5 



Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

Chris Tomlin songs
for King & COUNTRY songs
Tasha Cobbs Leonard songs


NEXT:
Minggu 30 Desember 2018 - Maznur 149:1-9

PREV:
Natal-1 25 Desember 2018 - Mateus 1:18-25

Garis Besar Yesaya




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,