Save Page
Maznur 149:1-9
Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya
1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. 1:2 Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. 1:3 Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi. 1:4 Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. 1:5 Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama. 1:6 Berfirmanlah Allah: "Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air." 1:7 Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. 1:8 Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua. 1:9 Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.


Penjelasan:

* Kej 1:1 - Pada Mulanya // mulanya // Allah menciptakan // Mencipta // Langit dan bumi
Pada Mulanya (bereshith). Penulis menuntun pembaca kembali ke saat sebelum ada waktu, memasuki wilayah tak terselami dari kekekalan, sekalipun tidak ada kata yang bisa dipakainya untuk mengemukakan keadaan sebelum ada waktu. Penulis tidak memberikan tanggal tertentu dari mulanya ini. Kisahnya menjangkau balik ke masa sebelum peristiwa-peristiwa ada tanggalnya. Allah menciptakan. Kepastian agung dari penyataan didasarkan pada satu penegasan kuat ini. Allah melakukan semuanya. Tidak ada pernyataan yang bisa lebih menakjubkan daripada pernyataan ini. Elohim adalah kata yang umum untuk "Allah" dalam bahasa Ibrani, Aram dan Arab. Sebetulnya ini bentuk jamak, tetapi dipakai dengan kata kerja bentuk tunggal. Mungkin bentuk jamak tersebut paling baik dijelaskan sebagai menunjukkan "hebatnya keperkasaan" atau martabat luar biasa dan kemuliaan tak terbatas. Di dalam Yang Esa ini terpadu segala kuasa kekekalan dan ketidakterbatasan.

Mencipta (bara) adalah kata kerja yang hanya dipakai untuk Allah. Manusia tidak mungkin mencapai kuasa-kuasa yang terkandung dalam istilah ini, sebab kata ini menggambarkan mukjizat sempurna. Dengan kuasa tertinggi untuk menciptakan yang Allah miliki, sesuatu yang sama sekali baru dijadikan. Langit dan bumi. Di sini penulis memfokuskan perhatiannya pada seluruh wilayah bumi, di atas, di sekeliling dan di bawah. Di dalam frasa ini dia mencakup alam semesta yang telah lengkap sebagaimana dikenal (atau akan dikenal) oleh orang Ibrani, dan segala bahan mentah yang diperlukan untuk membuat matahari, planet, bintang, kabut angkasa, galaksi, molekul, atom, elektron dan semua hal serta makhluk tertentu di muka bumi.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa galaksi kita berisi lebih dari 100 bilyun bintang dan bahwa matahari kita terletak 150 trilyun mil dari pusat galaksi. Galaksi kita adalah salah satu kumpulan kecil di antara 19 galaksi, dan galaksi terdekat letaknya 30 juta tahun cahaya jauhnya dari kita (150 juta trilyun mil). Para ilmuwan yang mengadakan riset, dengan memakai teleskop, telah cukup yakin bahwa ada lebih daripada satu bilyun galaksi. Menurut perhitungan mereka jumlah bintang di semua galaksi ini mendekati 100 quintilyun buah. Kekuatan cahaya dari salah satu galaksi sama dengan 400 juta matahari. Jika seorang memandang ciptaan yang maha luas ini dan membandingkan apa yang dilihatnya itu dengan kisah sang penulis yang diilhami ini tentang terciptanya semua itu, pasti hatinya penuh ketakjuban. Dia mengenali tangan Allah di dalam keindahan dan tatanan dari tata surya dan di dalam kekuatan dari sebuah inti atom. Entah dia memandang matahari (yang diberi muatan positif), yang mengikat semua planet (yang diberi muatan negatif), atau entah dia mempelajari sebuah nukleus (yang diberi muatan positif) pada inti atom, yang mengikat setiap elektron (yang diberi muatan negatif) di bawah pengaruhnya, dia merasakan hikmat, kuasa dan kemegahan Allah. Mengingat semua ini, seorang yang saleh tunduk di hadapan sang Pencipta dalam ketakjuban dan pengabdian tulus, serta meluap dalam penyembahan, pemujaan, ucapan syukur dan pujian yang tidak bisa ditahannya lagi. Ciptaan agung Tuhan ialah makhluk yang sangat dikasihi itu, yang Ia ciptakan menurut gambar-Nya sendiri.

*  Kej 1:2 - Bumi belum berbentuk dan kosong // Roh Allah melayang-layang
Bumi belum berbentuk dan kosong (th wbh). Penulis yang diilhami itu dengan cepat mengarahkan perhatiannya ke bumi, sebab kisahnya berhubungan dengan rencana dan pemeliharaan Allah bagi kehidupan manusia di bumi ini. Dia melukiskan bumi dalam keadaan yang belum selesai. Tersedia banyak sekali bahan bagi setiap karya yang direncanakan Allah, sekalipun dalam keadaan kacau - tandus, kosong dan gelap. Enam hari penciptaan akan menghasilkan berbagai perubahan yang menakjubkan. Maksud Allah tentu belum terpenuhi sebelum sentuhan ajaib-Nya mengubah semua kekacauan tersebut. Bahkan kegelapan (yang di dalam Alkitab sering kali dikaitkan dengan kejahatan) harus dibuat tunduk kepada kehendak-Nya. Roh Allah melayang-layang (rah ... merhepet). Kata-kata ini melukiskan kehadiran Allah yang memberikan energi, menyentuh dan mengusap dunia yang kacau dan belum selesai itu ketika Dia bersiap-siap untuk melengkapi ciptaan-Nya. Bagaikan seekor induk burung setia melayang-layang di atas sarangnya, Allah bergerak keliling sambil melimpahkan kasih-Nya atas dunia yang baru jadi.

*  Kej 1:3 - Berfirmanlah Allah, "Jadilah terang."
Berfirmanlah Allah, "Jadilah terang." Sang penulis menyajikan sabda penciptaan pertama Allah. Dengan luar biasa tenang penuh kesadaran Allah yang mahakuasa menjadikan terang. Dia mengucapkan sabda-Nya dan langsung kehendak-Nya jadi (Mzm. 33:6, 9). Terang adalah jawaban Allah terhadap dominasi kegelapan. Tindakan ini merupakan langkah positif pertama Allah menuju penyelesaian seluruh program penciptaan. Tanpa tindakan ini, tindakan-tindakan lain tentu akan tidak berarti. Rasul Yohanes mengatakan bahwa "Allah adalah terang" (I Yoh. 1:5).

* Kej 1:4 - Allah melihat bahwa ... itu baik
Allah melihat bahwa ... itu baik. Ketika sang Khalik memandang hasil karya kehendak-Nya, Ia merasa itu sempurna dan mengagumkan; dan Ia senang. Pernyataan ini dikemukakan tujuh kali. Setiap tindakan Allah dalam mencipta itu sempurna, lengkap, menyenangkan dan memuaskan. Hendaknya diingat bahwa terang ini sama dengan yang dilihat dan dinikmati manusia saat ini.

* Kej 1:5 - Jadilah petang dan jadilah pagi
Jadilah petang dan jadilah pagi. Di dalam Kitab Kejadian, petang senantiasa mendahului pagi. Penciptaan terang mengakhiri kekuasaan kegelapan dan menghasilkan hari pertama. Karena ketika itu matahari dan bulan belum diciptakan, tidak tepat untuk berbicara mengenai hari yang panjangnya dua puluh empat jam sebelum penciptaan benda-benda penerang tersebut oleh sang Khalik. Yang dimaksudkan di sini adalah harinya Allah, bukan hari biasa yang diukur oleh menit dan jam. Awal setiap tindakan mencipta disebut pagi dan akhir dari tindakan ilahi tersebut dinamakan petang.

* Kej 1:6 - Cakrawala // di tengah segala air
Cakrawala (bentangan) di tengah segala air. Kata Ibrani raqi'a menunjuk kepada sesuatu yang dipukul atau ditekan sehingga melebar menutupi sebuah permukaan yang luas. Penulis memberikan kesan adanya sebuah bentangan di atas bumi yang menahan persediaan air yang bisa dicurahkan sebagai hujan.

* Kej 1:9 - Sehingga kelihatan yang kering
Sehingga kelihatan yang kering. Sampai tahap di atas, air meliputi segala sesuatu. Namun pada hari ketiga, Tuhan menciptakan daratan dan dunia tanaman. Dengan kuasa ilahi-Nya Dia membuat daratan muncul dari perairan yang mahaluas dan terbentuklah bumi (bdg. Mzm. 104:7-9; Ayb. 38:8-11). Dari tanah, sesuai dengan perintah Allah, tumbuh-tumbuhan yang hidup mulai bermunculan dan segera menyelimuti bumi dengan keindahan dan menyediakan makanan bagi makhluk-makhluk hidup.


Label:   Maznur 149:1-9 



Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

Chris Tomlin songs
for King & COUNTRY songs
Tasha Cobbs Leonard songs


NEXT:
Ptg Uj Tahun 31 Desember 2018 - Amsal 3:1-8

PREV:
Natal-2 26 Desember 2018 - Yesaya 60:1-5



BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,