Save Page
1 Korintus 14:29-33
14:29 Tentang nabi-nabi -- baiklah dua atau tiga orang di antaranya berkata-kata dan yang lain menanggapi apa yang mereka katakan. 14:30 Tetapi jika seorang lain yang duduk di situ mendapat penyataan, maka yang pertama itu harus berdiam diri. 14:31 Sebab kamu semua boleh bernubuat seorang demi seorang, sehingga kamu semua dapat belajar dan beroleh kekuatan. 14:32 Karunia nabi takluk kepada nabi-nabi. 14:33 Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera.

Penjelasan:

* 1Kor 14:28-29
Bahasa roh tidak boleh dipakai terkecuali ada penafsir, dan paling banyak hanya diperbolehkan tiga orang tiap kebaktian. Tampaknya petunjuk untuk bernubuat lebih longgar.

* 1Kor 14:32-33 - takluk kepada nabi, // kekacauan
Dorongan-dorongan untuk bernubuat harus takluk kepada nabi, yaitu orang-orang yang mengucapkan nubuat. Pengendalian diri senantiasa harus ada; jika tidak maka bisa terjadi kekacauan.

*  Ia membetulkan kesalahan-kesalahan mereka, dan meletakkan beberapa aturan untuk perilaku mereka selanjutnya.
    1. Mengenai berkata-kata dalam bahasa yang tidak dikenal, ia memerintahkan agar tidak lebih dari dua atau tiga orang mela kukannya dalam satu pertemuan, dan ini tidak secara bersamaan, tetapi bergantian, satu demi satu. Dan bahkan ini tidak boleh dilakukan kecuali ada orang yang menafsirkan (ay. 27-28), seorang penafsir lain selain orang yang berbahasa roh itu. Sebab mengatakan dalam bahasa asing apa yang selanjutnya akan dia tafsirkan sendiri hanyalah perbuatan pamer. Sebaliknya, jika ada orang lain yang bisa menafsirkan, maka dua karunia mujizat bisa digunakan sekaligus, dan dengan demikian jemaat dibangun, dan pada saat yang sama iman para pendengar pun diteguhkan. Namun, jika tidak ada yang menafsirkan, ia harus berdiam diri dalam jemaat, dan hanya menggunakan karunianya antara Allah dan dirinya sendiri (ay. 28), maksudnya (menurut saya) secara pribadi, di rumah. Sebab semua yang hadir dalam ibadah bersama harus mengikuti ibadah itu, dan tidak boleh menjalankan ibadah sendiri-sendiri. Ibadah pribadi bukan pada waktu dan tempatnya apabila dilakukan dalam ibadah bersama.
    2. Mengenai bernubuat, ia memerintahkan,
        (1) Agar hanya dua atau tiga orang yang berbicara dalam satu pertemuan (ay. 20), dan ini dilakukan bergantian, bukan sekaligus. Dan orang lain harus memeriksa serta menilai apa yang disampaikannya, maksudnya, membedakan dan menentukan apa yang disampaikannya, apakah itu benar ilham ilahi atau bukan. Bisa saja ada nabi-nabi palsu, orang yang hanya berpura-pura mendapat ilham ilahi. Nabi-nabi yang benar harus menilai mereka ini, dan mencerna serta mengungkapkan siapa yang diilhami oleh Allah, dan dengan ilham itu menafsirkan Kitab Suci dan mengajar jemaat, dan siapa yang bukan. Jadi untuk menentukan mana yang berasal dari ilham ilahi dan mana yang bukan. Tampaknya inilah arti dari aturan ini. Sebab apabila seorang nabi dipastikan mendapat ilham ilahi, dan berada di bawah dorongan ilahi, ia tidak bisa dihakimi. Karena jika demikian, itu berarti Roh Kudus pun ditundukkan pada penghakiman manusia. Orang yang memang mendapat ilham, dan dipastikan demikian, berada di atas semua penghakiman manusia.
        (2) Ia memerintahkan agar, jika seorang nabi mendapat wahyu, sementara nabi yang lain bernubuat, yang bernubuat itu harus diam, menutup mulut (ay. 30), sebelum nabi yang mendapat wahyu itu mengucapkan wahyu yang didapatnya. Memang, banyak orang yang memahami bahwa nabi yang mendapat wahyulah yang harus langsung diam. Akan tetapi, ini tampak tidak wajar, dan tidak begitu sesuai dengan konteksnya. Sebab mengapa orang yang berkata-kata melalui ilham harus segera diam karena yang lain mendapat ilham, dan menekan apa yang disampaikan kepadanya oleh Roh yang sama? Memang, orang yang mendapat wahyu baru boleh menuntut kebebasan berbicara pada gilirannya, setelah ia memperlihatkan tanda buktinya. Tetapi mengapa kebebasan berbicara diambil dari orang yang sudah berbicara sebelumnya, dan mengapa mulutnya dibungkam, padahal ia sedang menyampaikan apa yang disampaikan oleh Roh yang sama, dan bisa menunjukkan tanda bukti yang sama? Apakah Roh Allah menggerakkan yang seorang untuk berbicara dan, sebelum ia menyampaikan apa yang hendak dikatakannya, menggerakkan yang lain untuk memotong perkataannya dan membungkam dia? Bagi saya pemikiran ini tampak tidak wajar, dan juga tidak lebih sesuai dengan konteksnya, serta alasan yang ditambahkan (ay. 31): Bahwa semua boleh bernubuat seorang demi seorang, atau seorang disusul dengan yang lain, dan ini tidak dapat berjalan dengan baik bila ada orang yang dipotong perkataannya dan dibuat diam sebelum selesai bernubuat. Sebaliknya, semuanya akan berjalan lancar jika orang yang mendapat wahyu belakangan bisa bersabar untuk menyampaikan wahyunya setelah nabi yang pertama menyelesaikan apa yang hendak dikatakannya. Dan, untuk menegaskan pengertian ini, Rasul Paulus dengan cepat menambahkan, karunia nabi takluk kepada nabi-nabi (ay. 32). Maksudnya, karunia-karunia rohani yang mereka miliki tetap membuat mereka dikuasai oleh akal budi, dan mampu membuat penilaian sendiri dalam menggunakan karunia-karunia itu. Ilham ilahi tidaklah, seperti imam-imam kafir yang kerasukan, keras dan tidak bisa diatur, dan mendorong orang untuk bertindak seolah-olah tidak sadar diri. Sebaliknya, ilham ilahi itu waras dan tenang, dan mampu mengatur perilaku. Orang yang diilhami oleh Roh Allah masih bisa bertindak sebagai manusia, dan menja lankan aturan-aturan ketertiban dan kesopanan yang wajar dalam menyampaikan wahyu-wahyu yang didapatnya. Karunia rohaninya sejauh ini tunduk pada kehendaknya, dan diatur oleh kebijaksanaannya.

Rasul Paulus memberikan alasan-alasan untuk peraturan ini. Seperti,
   1. Bahwa karunia-karunia itu demi kepentingan jemaat, untuk mengajar dan menghibur mereka. Supaya mereka semua dapat belajar dan beroleh kekuatan, atau nasihat, maka semua nabi harus berbicara secara teratur seperti yang dinasihatkan oleh Rasul Paulus. Perhatikanlah, mengajar, membangun, dan menghibur jemaat adalah tujuan Allah menetapkan pelayanan. Dan tentunya hamba-hamba Tuhan yang melayani, sebanyak mungkin, harus menyesuaikan pelayanan mereka dengan tujuan-tujuan ini.
    2. Rasul Paulus berkata kepada mereka, sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera (ay. 33). Oleh sebab itu, janganlah sampai ilham ilahi membuat pertemuan-pertemuan Kristen menjadi kacau, dan melanggar segala tata krama umum, yang tidak akan dapat dihindari jika sejumlah orang yang mendapat ilham mengutarakan secara bersamaan apa yang disampaikan kepada mereka oleh Roh Allah, dan tidak mau menunggu giliran masing-masing. Perhatikanlah, kehormatan Allah menuntut agar dalam pertemuan-pertemuan Kristen segala sesuatunya diatur dengan cara yang tidak melanggar tata krama yang wajar. Jika segala sesuatunya kacau balau, apa kata orang, yang mengamati dengan jeli, tentang Allah yang disembah di tempat ini? Apakah Dia terlihat sebagai Allah yang menghendaki damai sejahtera dan tidak menghendaki kekacauan? Segala sesuatu dalam ibadah harus diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada gagasan yang tidak baik atau menghina tentang Allah yang bisa terbentuk dalam pikiran orang-orang yang melihat.
    3. Paulus menambahkan bahwa segala sesuatunya diatur seperti itu dalam semua jemaat lain: Sama seperti dalam semua Jemaat orang-orang kudus (ay. 33). Mereka mengikuti aturan-aturan ini dalam menggunakan karunia-karunia rohani mereka, yang merupakan bukti nyata bahwa jemaat di Korintus bisa mengikuti aturan-aturan yang sama. Dan sungguh akan sangat memalukan bagi mereka, yang mengungguli kebanyakan jemaat dalam hal karunia-karunia rohani, jika justru merekalah yang lebih menggunakan karunia-karunia itu secara tidak tertib. Perhatikanlah, walaupun jemaat-jemaat lain tidak boleh kita jadikan sebagai patokan, namun perhatian mereka terhadap tata krama dan ketertiban haruslah membuat kita menahan diri dan tidak melanggar tata krama ini. Sejauh ini mereka bisa dijadikan teladan, dan sungguh memalukan jika kita tidak mengikuti mereka.


SBU

MINGGU SESUDAH NATAL
JUMAT, 28 DESEMBER 2018
Renungan Pagi
KJ. 252:1 -Berdoa
TIAP-TIAP ORANG BERPERAN

1 Korintus 14:26-28
.... hendaklah tiap-tiap orang mampersembahkan... (ay.26)

Perikob bacaan kita, berbicara tentang "pertemuan jemaat" atau ibadah jemaat. Dikatakan, dalam ibadah jemaat, diharapkan semua warga yang hadir dalam pertemuan itu, mengambil bagian dalam ibadah tersebut. Agak mengejutkan bagi kita, bila pola ibadah gereja awal sepeni ini diterapkan dalam kehidupan gereja masa kini, ketika gereja telah terbiasa dengan peran yang didominasi oleh Pendeta, Diaken dan Penatua. Kecuali untuk ibadan tertentu, kita agak sedikit lebih bebas, misalnya mengizinkan warga jemaat membaca Alkitab dan berdoa syafaat.

Sesungguhnya tanggung jawab rnelayani adalah tanggung jawab semua warga jemaat (bnd. 1 Pet 2: 9). Semua warga diharapkan berperan sesuai karunia yang Tuhan titipkan dalam kehidupannya. Tidak ada yang menjadi penonton. Barangkali ini salah satu sebab ada warga jemaat (khususnya anak-anak muda) bergereja di ternpat yang lain bahkan pindah gereja karena ingin suatu ibadah yang lebih bebas.

Pemahaman yang demikian tidak seluruhnya benar, tapi ada hal positif yang dapat kita arnbil. Dalam hal ini, kita tidak perlu membongkar tatanan yang sudah berjalan baik, tapi bagaimana
kita memahami dan menyikapinya dalam kaitan berbagai perkembangan dan kernajuan yang sedang dan terus terjadi. Katerlibatan seluruh wargajemaat adalah panggilan kita, sebagai wujud syukur atas apa yang Tuhan buat dalam hidup kita.

KJ.252 : 3
Doa : (Mampukan kami Tuhan untuk berperan dalam memenuhi panggilan dan pengutusan kami)



MINGGU SESUDAH NATAL
JUMAT, 28 DESEMBER 2018
Renungan Malam
KJ.343 :1,2 -Berdoa
ALLAH TAK MENGHENDAKI KEKACAUAN

1 Korintus 14:29-33
Sebab Aiiah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera (ay 33).

Setiap warga jemaat diharapkan berperan dalam pelayanan sesuai karunianya masing-masing. Kalau dua atau tiga orang nabi yang berbicara, yang lain dapat menanggapi apa yang dikatakan. Tetapi kalau dalarn perternuan itu ada yang mendapat pernyataan (Roh), maka yang pertama harus berdiam diri.

Dalam hal ini masing- masing orang harus rnemahami diri, bagaimana ia harus berperan dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini penting, sebab kalau semua berperan menurut kemauannya, maka akan terjadi kekacauan. Allah tidak menghendaki terjadi kekacauan. Kekacauan terjadi ketika seseorang memahami diri sebagai yang utama, semua orang harus ikut kemauannya. Semua keputusan adalah berdasarkan kemauannya.
Jika orang ini menjadi seorang pemimpin, pemimpin seperti ‘ini cenderung otoriter daiarn pelayanan. Dlsini terjadl monopoli pelayanan.

Kekacauan dapat juga terjadi, ketika setiap orang berperan tanpa menghiraukan aturan-aturan yang berlaku. Ketika orang melayani hanya untuk memenuhi arnbisi pribadi atau mencari mencari popularitas. Dalam kondisi seperti ini sering terjadi penyalahgunaan keuangan gereja. Disinilah letak perpecahan, Karena terjadi kekacauan. Gereja yang kacau akan kehilangan kesaksian. Orang-orang pun pindah ke gereja lain. Gereja tidak iagi mampu melayani dan beraaksi sesuai kehendak Tuhan, sebab yang hadir hanyalah permusuhan, iri dan benci.

Mari melayant dengan motiyasl yang baik dan benar, sehingga tidak ada kekacauan.

KJ.343 : 3
Doa : (Tuhan Yesus tolong kami melayani dengan baik dan benar)


Label:   1 Korintus 14:29-33 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 29 DESEMBER 2018 - BERLANGSUNG DENGAN SOPAN DAN TERATUR - 1 Korintus 14:36-40 - MINGGU SESUDAH NATAL

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 27 DESEMBER 2018 - KELUARGA ALLAH - Efesus 2:17-22 - MINGGU SESUDAH NATAL

Garis Besar 1 Korintus





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Juli - Yeremia 13; Mazmur 13,14

Hari ini, 23 Juli - Maz 85:5-11, Ezra 3-4, Kis 23:12-35, Ams 21:8-9

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB
MARS YAPENDIK GPIB | Lirik dan Video Lagu - MINGGU, 14 JULI 2019




Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Senin, 22 Juli 2019
Come As You Are - David Leonard

Senin, 22 Juli 2019
Over and Over - Influence Music, Matt Gilman

Senin, 22 Juli 2019
Bright - Allan Scott

Senin, 22 Juli 2019
Redeemed - Influence Music

Senin, 22 Juli 2019
Dancing on Top of the World - The Afters

Senin, 22 Juli 2019
Fighter - Danny Gokey

Senin, 22 Juli 2019
Misfits - Apollo LTD

Senin, 22 Juli 2019
Step Into Love - Tedashii, Sarah Reeves

Senin, 22 Juli 2019
King of Heaven - Mack Brock

Senin, 22 Juli 2019
Here I Am - North Point InsideOut, Kaycee Hines

Senin, 22 Juli 2019
Every Good Thing - For All Seasons

Senin, 22 Juli 2019
Honest - We Are Messenger

Senin, 22 Juli 2019
New Day - Danny Gokey

Senin, 22 Juli 2019
Just A Vapor - Branan Murphy

Senin, 22 Juli 2019
Perfectly - Branan Murphy

Senin, 22 Juli 2019
For Worse or Better - Stars Go Dim

Senin, 22 Juli 2019
Symphony - Newsboys

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



downlosd lagu rohani kidung jemaat vol 363,   downlosd lagu rohani kidung jemaat vol 363,   kunci gitar seindah siang disinari terang,   renungan MAZMUR 119 :17-32,   dowenload buku bahasa arab kelas 12,   jamita epistel minggu tgl 30 september 2018,   lagu kidung jemaat untuk pembuka,   lagu rohani mainoro senja membayg di batas hari,   lagu rohani mainoro senja membayg di batas hari,   lagu kidung jemaat untuk mengumpulkan persembahan,   Kotbah Yohanes 1:5-12,   renungan kejadian 3:19,   renungan kejadian 3:19,   Free Download Mp3 lagu betapa mulianya true worship,   khotbah lukas 6:37-42,   nyanyian rohani 107,   nyanyian rohani 107,   Renungan ft imamat 25:35-55,   lagu rohani untuk persembahan kolekte,   lagu sekolah minggu pengakuan dosa,   lagu sekolah minggu pengakuan dosa,   partitur koor batak natal,   Renungan ft imamat 25:35-55,   galatia 6:1-10 tema: tetap semangat,   lagu persembahan syukur,   khotbah hakim-hakim 7:2-9,   download lagu christ is risen,   kumpulan lagu rohani terbaru 2018 mp3,   kalender gereja 2019,   Jamita. 1 tessalonika 4:13-18,   khotbah mazmur 119:17-32,   khotbah mazmur 119:17-32,   download instrumen keybord lagu ro,   kumpulan lagu pentakosta,   ayat pengantar persembahan,   bahan khotbah 1 timotius 6 2b 10,   tata ibadah gereja gbi,   khotbah kristen wahyu 2 10,   khotbah kristen wahyu 2 10,   renungan kisah para rasul 1 1-5,   renungan imamat 25 8 13,   Tafsiran zakaria 8:9-13,   ayat pengantar persembahan,   lagu rohani hkbp chord,   lagu anak sekolah minggu 2019,   Lagu Kebaktian SATB,   kotbah hakim hakim 7 2 9,   khotbah yoh 5:1-8,   khotba kolose 1:15-28,   Renungan firman yesaya 55:6-13,   renungan kisah rasul 14 8 20,   angka nada lagu disabat yang ceria,   download mp3 kj 429,   lirik lagu Suara gembira nomor 42,   Suara gembira nomor 42,   renungan mazmur 119:17-32,   Free mp3 rohani,   engkaulah darah Dan juga berkat pengorbananmu layakkan ku yesus engkau tuhanku,   pujian syukur,   renungan harian Kristen arti sepadan,   pengkhotbah 7 ayat 11 sampai 12,   khotbah amsal 10 1 7,   instrumen buku ende,   instrumen buku ende,   santapan harian dr mazmur 119:17-32,   santapan harian dr mazmur 119:17-32,   lagu yang cocok untuk penutup ibadah,   www.download lagu rohani nada latuhari.com,   khotbah imamat 26 1-13,   Download lagu apapun yang terjadi didalam hidupku ini selalu ku katakan tuhan yesus baik,   khotbah imamat 26 1-13,   bahan khotbah kristen kisah para rasul 18 1 17,   bahan khotbah kristen kisah para rasul 18 1 17,   renungan imamat 26:1-13,   khotbah amos 7 : 1 - 3,   khotbah yeremia 31 16,   lagu penutup ibadah,   renungan dari Mazmur 29:1-11,   lagu penutup ibadah,   khotbah dalam kolose 1 15 23,   kumpulan kotbah kitah yohanes,   renungan imamat 26:1-13,   renungan Ulangan 6 :16-25,   judul lagu sekolah minggu gki hom hom,   kis 14:21-28,   renungan amsal 4:13-27,   lagu pernikahan Rohani kristen,   bahan khotbah gbkp bekasi - denpasar tgl 28 Juli 2019,   renungan kisah pararasul 8:4-25,   doa berkat penutup ibadah,   songwriter berkatilah keluargaku,   songwriter keluarga hidup indah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   tafsiran alkitab mazmur 36,   not angka pkj 255,   not angka pkj 255,   naot angka pkj 255,   kidung keesaan damai di dunia,   lirik mnr2 76,   kolose 1 15-23,   lirik nr 76 ,   lirik nr 76 ,   kotbah kisah para rasul 18 :24-28,   khotbah kolose 1 18,   lagu rohani bersyukur,   khotba imamat 26;1-13,   materi khotbah ulangan 6:16-25,   lirik nr 76,   materi hotbah ulangan 1:16-25,   Jamita Minggu Panguhum 7:2-9,   lirik nr 76 ,   lirik nr 76 ,   yang kunanti datangmu lagu rohani download gratis,   khotbah ulangan 6 : 6- 9,   khotbah ulangan 6 : 6- 9,   kolose 1 15-23,   lagu rohani tentang teladan,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   renungan imamat 26:1-13,   jamita hakim-hakim 7:2-9,   khotbah kejadian 37:12-36,   Baca dan renugan minggu 2019 yohanes 6:1_15 yesus memberi makan lima ribu orang,   Bacaan dan renugan minggu pagi 2019 yohanes 6:1_15,   Bacaan dan renugan minggu pagi 2019 yohanes 6:1_15,   gunung di israel,   gunung di israel,   jamita panguhum 7:2-9 bahasa batak,   jamita panguhum 7:2-9 bahasa batak,   Hakimhakim 7,2-9.,   lagu penutupan ibadah,   kolose 1:7-2:5,   renungan kaum bapak tentang efesus 5:14-17,   lagu rohani pengutusan,   lagu praise gms,   khotbah hut 2019,   lagu praise gms,   download lagu ketika hatiku tlah disakiti mp3,   download lagu ketika hatiku tlah disakiti mp3,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   khotbah dari ulangan 6 : 16 - 25,   pujian syukur awal ibadah,   nyanyian rohani,   lagu sudah ku dapat sayang tuhan,   khotbah yakobus 1 2-12,   khotbah roma 3:1-8,   Ilustrasi Hakim-Hakim 7:2-9,   lagu untuk memberikan kolekte kristen,   renungan amos 5 : 24,   Kotbah Imamat 26:1-17,   download musik rohani let shine mp3,   mp3 untuk pkj 163,   dowenload lagu walau hanya sebentar tolong,   dowenload lagu walau hanya sebentar tolong,   download lagu gereja,   gita bakti 244 download mp3,   gita bakti 244 download mp3,   bahan khotbah imamat 26,   doa persembahan dlm perjamuan kudus,   kisah para rasul 14: 26-26,   Ilustrasi Hakim-Hakim 7:2-9,   lagu mars pelkat PA GPIB,   mars pa gpib,   ilusttasi renungan yakobus 12:2-12,   free download lagu ku kagum akan kasihmu tuhan true worship,   nun gusti nu sipat,