Save Page
MINGGU ADVEN I
Jumat, 7 Desember 2018
Yesaya 41:8-10

Yesaya 41:8-10
Israel hamba TUHAN
41:8 Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku, hai Yakub, yang telah Kupilih, keturunan Abraham, yang Kukasihi; 41:9 engkau yang telah Kuambil dari ujung-ujung bumi dan yang telah Kupanggil dari penjuru-penjurunya, Aku berkata kepadamu: "Engkau hamba-Ku, Aku telah memilih engkau dan tidak menolak engkau"; 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.


Penjelasan:

* Yes 41:8
Pemunculan pertama dari figur penting yakni Sang Hamba Tuhan. Di sini Sang Hamba tersebut ialah bangsa Israel yang percaya kepada TUHAN, berbeda dengan bangsa-bangsa lain yang tidak mengenal TUHAN atau kafir. Arti penting bangsa Israel terletak pada kenyataan bahwa (1) mereka adalah keturunan Abraham, sahabat karib Allah (harfiah, kekasih-Ku), dan (2) mereka karena itu adalah ahli waris perjanjian (Kej. 12:1-3). Sebagai seorang imigran dari Ur di Sumeria, Abraham datang dari "ujung bumi" (setidak-tidaknya dari sudut pandang orang Palestina). Demikianlah, orang-orang buangan yang tertawan itu akan dihimpun kembali dari Babel pada tahun 537 SM.

* Yes 41:10
Walaupun dalam sejarah sebelumnya tidak pernah ada satu bangsa dalam pembuangan yang dibawa pulang ke negeri leluhur mereka untuk memulai kehidupan baru, dan kendatipun dalam praktiknya pemerintah bangsa lain tidak memiliki sarana yang menyebabkan bangsa Yahudi pulang, toh Allah akan mewujudkan apa yang kelihatannya mustahil ini. Dengan kata-kata dalam ayat ini Dia berusaha keras menguatkan umat-Nya supaya mereka menang melawan semua kekuatan duniawi (entah itu Babel atau Persia, Yunani atau Romawi) yang akan berusaha memadamkan kesaksian mereka. Semua kerajaan kafir ini pasti runtuh dan berlalu, sementara umat TUHAN akan hidup terus dan berkembang. (Nubuat menakjubkan, digenapi secara menakjubkan pula). Itu bukan berarti Israel akan mencapai kekuatan duniawi yang besar, tetapi bahwa Allah akan selalu menjadi kekuatannya. Sendirian, Israel tidak lebih daripada seekor cacing (ay. 14) yang direndahkan dan diinjak oleh dunia. Tetapi, sebagai alat yang menyerah di tangan Allah, ia menjadi alat untuk meruntuhkan yang paling perkasa di antara bangsa-bangsa serta untuk menghancurkan mereka. Doa-doa orang beriman melepaskan kekuatan paling hebat dalam sejarah manusia, bahkan bala tentara Persia, Yunani, dan Roma yang tak terkalahkan akan remuk oleh ketetapan-ketetapan Allah, dan meninggalkan umat Allah menang di tengah-tengah keruntuhan mereka.

* Allah membesarkan hati umat-Nya sendiri untuk percaya kepada-Nya (ay. 8-9): Tetapi engkau, hai Israel, hamba-Ku. Para penyembah berhala itu tidak mengenal Aku, tetapi engkau mengenal-Ku, dan lebih tahu benar untuk tidak bergabung dengan orang-orang bodoh yang sudah kehilangan akal sehat itu" (sebab umat Allah sudah diperingatkan untuk tidak hidup menurut jalan bangsa-bangsa [kafir]). "Mereka itu menyerahkan diri di bawah perlindungan ilah-ilah yang tidak berdaya apa-apa, tetapi engkau ini ada di bawah perlindungan-Ku. Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya. Tetapi engkau, hai Israel, adalah hamba dari seorang Tuan yang lebih baik. Amati di sini apa yang disarankan kepada umat Allah untuk membesarkan hati mereka, ketika mereka diancam dan dihina.
    1. Mereka adalah hamba-hamba Allah, dan Dia tidak akan membiarkan mereka diperlakukan semena-mena begitu saja, apalagi mereka beribadah kepada-Nya: Engkau hamba-Ku (ay. 8), dan (ay. 9) "Aku berkata kepadamu: Engkau hamba-Ku, dan Aku tidak akan menarik perkataan-Ku."
    2. Ia telah memilih mereka menjadi suatu bangsa yang khusus bagi-Nya. Bukan dengan paksaan, tetapi oleh niat baik-Nya sendiri Ia memisahkan mereka.
    3. Mereka adalah keturunan dari Abraham yang dikasihi-Nya, sahabat-Nya. Menjadi kehormatan bagi Abraham bahwa ia disebut Sahabat Allah (Yak. 2:23), yang dengannya Allah mengikat perjanjian dan bergaul sebagai seorang sahabat, dan orang yang diberitahukan-Nya pertimbangan-Nya (Yoh. 15:15), dan itulah semarak bagi semua orang yang dikasihi-Nya. Dan demi bapa mereka itu, bangsa Israel dikasihi. Allah berkenan memandang mereka sebagai keturunan dari seorang sahabat lama-Nya, dan karena itu Ia berbaik hati kepada mereka. Sebab, perjanjian persahabatan dibuat dengan Abraham dan keturunan-Nya.
    4. Terkadang ketika mereka telah tercerai-berai di antara bangsa-bangsa kafir, Ia mengumpulkan mereka kembali dari segala ujung bumi dan membawa mereka keluar dari bangsa-bangsa perkasa, dan karena itulah sekarang pun Ia tidak akan membiarkan mereka. Abraham bapa mereka itu Ia ambil keluar dari suatu tempat yang sangat jauh, dan mereka ini adalah keturunannya. Dan orang-orang yang telah diambil jauh-jauh seperti ini dan ditebus-Nya dengan sedemikian mahal ini tidak mungkin dilepaskan-Nya dengan mudah begitu saja. Sebelum ini Ia sama sekali tidak mencampakkan mereka, walaupun mereka sering kali membuat-Nya marah, dan karena itu, sekarang pun Ia tidak akan meninggalkan mereka. Apa yang telah Allah lakukan bagi umat-Nya, dan apa yang akan Ia kerjakan lagi bagi mereka, seharusnya bisa membesarkan hati mereka untuk percaya kepada-Nya di segala waktu.


SBU

MINGGU ADVEN I
JUMAT, 7 DESEMBER 2018
Renungan Pagi
GB.327: 1,2 "Jangan Kamu Takut"-Berdoa
JANGAN TAKUT

Yesaya 41 : 8 – 10
"janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan" (ay.10)

 

Pasca terjadinya gempa bumi dan tsunami 2-6 m di Palu dan Donggala pada hari Jumat, 28 September 2018 jam 18.02 mengakibatkan ketakutan bagi warga masyarakat sehingga harus mencari tempat yang dianggapnya aman sebagai tempat PerIindungan yaitu Iokasi yang lebih tinggi.

Janganlah takut. Seruan Tuhan dalam Yesaya 41 :10 ini telah memberikan ketenangan dan keteguhan bagi umat Yehuda. Mereka yang telah dibuang dan terserak di antara bangsa-bangsa bagaikan terkena "tsunami" kini dipanggil untuk kembali. Tuhan akan menyelamatkan dan mengembalikannya, karena Tuhan telah memilih mereka dan tidak menolak mereka (ay.9). Tuhan akan merekonstruksi dan merehabilitasi keadaan mereka. Bukan hanya bangunan fisik yang perlu direkonstruksi dan direhabilitasi, tetapi juga kehidupan rohaninya. Tuhanlah yang akan menolong dan menopang mereka membangun kehidupan yang baru yang tidak lagi menjadi umat yang selalu memberontak, tetapi taat dan setia pada firman dan kehendak-Nya.

Harapan dan nubuatan Yesaya ini akhirnya digenapi ketika Allah turun dan berkenan menyelamatkan umat-Nya melalui Tuhan Yesus yang mengajarkan jalan keselamatan dan mengorbankan diri-Nya untuk menyelamatkan manusia dari belenggu dosa. Jangan takut, sebab Tuhan besertamu.

GB. 327 : 3 "Jangan Kamu Takut"
Doa : (Tuhan, ajar kami untuk tidak takut menghadapi tantangan yang berat dalam kehidupan ini, karena kami tahu Engkau bersama kami)



MINGGU ADVEN I
JUMAT, 7 DESEMBER 2018
Renungan Malam
GB.125 : 1,2 "Tuhan Membri Kuasa-Nya bagimu"-Berdoa
SIAP DIBENTUK

Yesaya 41 : 11 -16
"Engkau akan menampi mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau ini akan bersorak-sorak didalam TUHAN dan bermegah di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel" (ay.16)

Untuk mendapatkan pasir yang akan digunakan sebagai bahan bangunan, maka seorang tukang bangunan akan menyaring pasir tersebut dan memisahkan antara batu-batu kerikil serta kotoran lainnya yang tidak berguna akan dibuang.

Kitab Yesaya berisi nubuatan terhadap umat Israel, nubuat Yesaya menginsafkan serta menghibur dalam kesusahan. Ada dua kesusahan besar yang menimpa umat Israel pada saat itu, yaitu : penyerbuan Sanherib, Raja Asyur, yang terjadi pada zaman Yesaya sendiri, dan penawanan di Babel, yang terjadi lama sesudah nubuat Yesaya ini. Dan Nubuat-nubuat ini kemudian digenapi dalam Kitab lnjil. Misalnya mengenai kelahiran mesias dari seorang perawan (ps. 7) dan semua penderitaan-Nya (ps. 53). Bagian awal kitab ini banyak berkenaan dengan kecaman-kecaman mengenai dosa dan ancaman penghakiman. Sedangkan bagian akhimya penuh dengan kata-kata keras dan kata-kata penghiburan. Cara seperti ini dipakai oleh Roh Kristus pada waktu dulu melalui para nabi, dan masih dipakai-Nya terus sampai sekarang, dengan pertama-tama menginsafkan hati, kemudian membentuknya menjadi umat baru yang percaya dan melakukan kehendak dan perintah-Nya. Umat perjanjian baru yang akan memberitakan atau menyaksikan kabar keselamatan bagi bangsa-bangsa sehingga mereka diselamatkan dan percaya kepada Kristus, menjadi umat milik-Nya sendiri.

GB.125 : 3 "Tuhan Membri Kuasa-Nya bagimu"
Doa : (Kuatkanlah kami sebagai umat-Mu ketika kami diuji dan dibentuk menjadi anak-anak Allah yang setia dan memiliki iman yang murni untuk melayani Tuhan)

Label:   Yesaya 41:8-10 





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 8 DESEMBER 2018 - ALLAH MEMBANGKITKAN - Yehezkiel 37:7-14 - MINGGU ADVEN I

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 06 Desember 2018 - JALAN LURUS - Yesaya 26:1-8 - MINGGU ADVEN I
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    Lagu Kotbah




    songbatak.com-karaoke



    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*, HC*,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI



    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)






    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)


    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,