Save Page
MINGGU ADVEN II
Rabu, 12 Desember 2018
Yohanes 5:27-32 (SGK)

Yohanes 5:27-32
5:27 Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia. 5:28 Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya, 5:29 dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum. 5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku. 5:31 Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar; 5:32 ada yang lain yang bersaksi tentang Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar.

Penjelasan:


* Yoh 5:27
Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.518
Menurut pengertian orang Yahudi, hanya Allah yang "mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri", dan hanya Allah yang dapat menghakimi. Maka ayat ini dan ayat 26 mengejutkan. Yesus, yang "mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri", juga diberi kuasa untuk menghakimi. Dialah yang menentukan siapa dibangkitkan, Dialah yang juga membangkitkan mereka.
Allah melakukan ini karena Tuhan Yesus adalah Anak Manusia. Tuhan Yesus adalah Anak Manusia dengan arti, Dialah yang dinubuatkan dalam Kitab Daniel 7:13-14, dan karena Tuhan Yesus, sebagai manusia sejati, layak untuk menggenapi apa yang diperintahkan dalam Kejadian 1:26.

* Yoh 5:28
Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba,519 bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suara-Nya,
Tuhan Yesus menghimbau supaya mereka tidak heran oleh karena apa yang telah Dia katakan, karena buktinya besok, pada saat yang akan tiba. Pada waktu itu, suara-Nya yang saat ini dapat memberi hidup ilahi (dalam bentuk menyembuhkan, membangkitkan, menyelamatkan) akan membangkitkan orang dari kuburan mereka. Dengan demikian Tuhan Yesus menjelaskan bahwa Dia memakai kehidupan ilahi yang Dia miliki dalam diri-Nya sendiri untuk menyembuhkan, menyelamatkan, membangkitkan orang seperti Lazarus, dan akhirnya untuk membangkitkan semua orang dari dalam kuburan mereka.

* Yoh 5:29
dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum.
Jika ayat ini ditarik dari konteks, seolah-olah perbuatan yang baik menyelamatkan manusia, dan bukan iman. Barrett520 mengusulkan supaya kita memperhatikan konteks pernyataan ini, kita mengingat ayat 24, yang berkata, "Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup." Jadi, setiap orang yang telah percaya, sudah dipindahkan "dari dalam maut" dan "tidak turut dihukum", sehingga tidak dipanggil untuk penghakiman ini. Hanya orang yang tidak percaya kepada Yesus Kristus yang akan dipanggil pada penghakiman ini. Jika di antara mereka ada yang telah berbuat baik, mereka akan bangkit untuk hidup yang kekal, dan di antara mereka ada yang telah berbuat jahat, mereka akan bangkit untuk dihukum. Sebenarnya Roma 2:6-11 mengatakan hal yang sama. Dan kita mengerti bahwa "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak. Tidak ada seorangpun yang berakal budi, tidak ada seorangpun yang mencari Allah. Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorangpun tidak" (Roma 3:10-12). Di antara semua manusia, yang percaya dan yang tidak percaya, hanya ada satu orang yang memenuhi persyaratan yang ada dalam ayat ini: Yesus Kristus.

* Yoh 5:30
Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
Tampaknya ayat ini merupakan puncak bagian ini. Tuhan Yesus mulai dengan membela hak-Nya untuk tetap "bekerja" pada hari Sabat, karena Dia, sama seperti Bapa-Nya tetap bekerja. Mereka semakin menganiaya Dia, karena Dia "menyamakan diri-Nya dengan Allah". Kemudian Dia menguraikan hubungan-Nya dengan Allah Bapa: sama seperti Bapa-Nya, Dia memiliki hidup dalam diri-Nya, dan Bapa-Nya sudah menyerahkan segala penghakiman kepada-Nya. Ayat ini meringkaskan segala pembahasan tersebut.
Dalam ayat 19 Dia berkata bahwa Dia "tidak dapat mengerjakan sesuatu dari diri-Nya sendiri", dan dalam ayat ini Dia berkata bahwa Dia tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri. Dalam ayat 19 kita membaca bahwa Dia harus "melihat Bapa mengerjakan..." dan dalam ayat ini Dia menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar.
"Khotbah" yang pertama ini mengetengahkan bahwa hubungan Tuhan Yesus dengan Bapa-Nya berarti bahwa Dia memiliki hidup ilahi dalam diri-Nya sendiri, maka jika kita merenungkan peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi dalam Injil Yohanes, tema kehidupan ilahi ini, dan kehendak Tuhan Yesus untuk membagikannya kepada orang lain, sungguh menonjol. Pembahasan mengenai kewajiban untuk "diperanakkan kembali", dan menerima "air kehidupan", juga penyembuhan anak pegawai istana ("anakmu akan hidup") dan penyembuhan orang sakit di Kolam Betesda, semuanya itu memiliki kaitan erat pada tema kehidupan ilahi. Tuhan Yesus membagikan kehidupan ilahi itu kepada segala macam manusia, termasuk beberapa orang (misalnya Nikodemus dan orang sakit di Kolam Betesda) yang kurang mengagumkan. Ada pelajaran mengenai kasih karunia Allah dalam hal ini.

* Yoh 5:31
Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar;
Oleh karena hubungan-Nya yang begitu erat dengan Allah Bapa, Tuhan Yesus tidak mungkin memberi kesaksian yang bebas atau independen dari kesaksian Allah Bapa. Tampaknya Tuhan Yesus menerapkan peraturan kesaksian yang ada dalam Perjanjian Lama.524 Perjanjian Lama tidak melarang orang untuk bersaksi mengenai dirinya sendiri, tetapi budaya atau tradisi Yahudi melarang kesaksian seperti itu. Jadi oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Tuhan Yesus menyesuaikan diri-Nya pada budaya mereka, supaya mereka percaya kepada-Nya.


SBU

MINGGU ADVEN ll
RABU, 12 DESEMBER 2018
Renungan Pagi
GB.222 -Berdoa
TIGA TANDA KEDATANGAN MESIAS

Yohanes 5: 27 - 32
Dan la telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, Karena la adalah
Anak Manusia (ay.27)

Ketiga tanda tentang kedatangan Mesias ada|ah:
1. Segala kuasa dan penguasaan telah diberikan kepada Tuhan Yesus, Sang Mesias untuk menghakimi Karena Dia adaiah Anak Manusia. (Lihat ayat 27
dan Danie! 7;1-14).
2. Orang-orang yang lumpuh dan sakit disembuhkan. Lihat 5:20,26, Yesaya 35:6, serta Yeremia 31:8-9. dan
3. Orang-orang mati dibangkitkan, mereka hidup kembali. (Bandingkan Yohanes
5:21-28 dengan Ulangan 32:39; 1 Samuel 2:6, 2 Raja-Raja 4:32-36.

Tetapi. orang yang rnenentang Kristus juga akan dibangkitkan tetapi
untuk dihakimi Ailah lalu menuju kebinasaan di mana Allah tidak berada
di sana. Yang sangat menonjol adalah penghakiman atas orang per-
caya. Penghakiman selalu berbasiskan atas perbuatan manusia.
Mengapa? Oleh sebab perbuatan sesorang merupakan rnanifestasi
dari imannya dan kondisi dalam diri manusia itu.

Kita bukan hanya dihakimi sesuai dengan profesi dalarn iman
akan Kristus, tetapi atas cara kita hidup. Perjanjian Baru tidak me-
ngajarkan bahwa kebangkitan manusia itu akan dilakukan satu kali
dalam satu waktu tertenu dalam sejarah manusia. Ada kebangkitan
setelah Tuhan Yesus bangkit, (Matius 27:52-53). Kebangkitan lainnya
adaiah pada saat Gereja mengalami kebangkitan memasuki keadaan
yang tidak dapat binasa sebab diubah secara amat signifikan. (1
Korintus 15:51-52). Bahkan rnengalarni rapture, mereka yang hidup,
yang masih tingga! diangkat bersama-sama dengan mereka yang
mati datam Kristus yang dibangkitkan terlebih dahulu.

Mereka diangkat dalam awan, yang menyongsong Tuhan di angkasa.
Kemudian setelah itu akan terjadi Kebangkitan Kedua setelah Keraja-
an Seribu Tahun. Kebangkitan Kedua metengkapi Kebangkitan Per-
tama. Mereka yang teiah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk
hidup yang kekal. Mereka yang berbuat jahat akan bangkit untuk
dihukum. Kolose 3:5 menjelaskan siapakah mereka yang berbuat
jahat itu. Mereka adalah hidup secara duniawi sehingga melakukan
percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu janat dan keserakahan yang
sama dengan penyembahan berhala.

Keserakahan koruptif inilah yang ditangani KPK, berrnula dengan Operasi Tangkap Tangan dan kemudian Pengadilan Tipikor. Banyakkah orang percaya kepada Kristus yang justru terjaring oleh KPK atau Lembaga Penegak Hukum lainnya? Berantaslah modus kejahatan keserakahan ini dan gantilah dengan
semangat kerja dipenuhi oleh kearifan dan kejujuran sejak muda.

GB. 222
Doa : (Sungguh Tuhan, saya berjanji tak akan ikut melakukan korupsi di
mana pun Tuhan menempatkan saya)


MINGGU ADVEN ll
RABU, 12 DESEMBER 2018
Renungan Malam
KJ.432 -Berdoa
SIAPAKAH YANG KITA PERCAYA?

Yohanes 5:41-47
Aku datang dalam nama BapaKu, dan kamu tidak menerima Aku {ay.43a)

Tuhan Yesus mernbuat kesimpulan yang tepat: manuaia tidak
percaya kepada-Nya tetapi percaya kepada orang lain. Umat Per-
janjian sampai sekarang tetap menolak Tuhan Yesus Kristus se-
bagai Mesias. Mereka sangat percaya kepada Musa, pemimpin
Israel yang telah membawa turun dari gunung Sinai Sepuluh Hukum
Taurat. Musa telah memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Tetapi
yang sebenarnya memimpin Israel keluar dari Mesir dan mem-
berikan Dasa Titah itu adalah Allah Yahweh.

Tuhan berkata bahwa Musa telah menulis tentang Dlri-Nya.
(Kejadian 3:15; Bilangan 21:9, 24:17, dan Ulangan18:15.).Tuhan
Yesus membandingkan Dirl-Nya dengan Musa. la menyatakan din-
Nya sebagai Allah yang Esa, kini harus diterjemahkan menjadi
Allah yang Eka. Maksudnya, Ia diutus oieh Allah Bapa ke dalam
dunia. Namun Ia ditolak. Mengapa? Oleh sebab mereka tidak mem-
punyai kasih akan Allah. Pernahkah Anda berpikir mengapa orang
tak mau percaya kepada Tuhan Yesus? Alasannya sarna, sebab
mereka tidak dapat mencarl hormat yang datang dari Allah yang
Esa atau Eka itu. Allah yang Esa atau Eka inilah yang sebutan
umumnya adalah satu-satunya Allah.

Dalam Tuhan Yesus mereka tidak melihat kemuliaan Allah,
sebab mereka tidak mengasihi Allah. Tuhan Mesklpun Yesaya
melihat kemullaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Yesus itu.
tetapi mereka tidak percaya. Dalam Yohanes 12:42-43 dinyatakan:
"Narnun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-
Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farlsi mereka tidak mengakui-
nya berterus terang, supaya mereka jangan dikucilkan. Sebab
mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormat-
an Allah". Bagaimana dengan kita dan anak-anak kita? Percayalah
Yesus! Bacalah Roma 2:29.

KJ. 432
Doa : (Janganlah kami mencari kemuliaan bagi diri kami, lalu
mencampakkan Tuhan bagi keuntungan materi)





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 13 Desember 2018 - SIAPAKAH YANG KITA PERCAYA? - Yohanes 5:36-47 - MINGGU ADVEN II

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 11 Desember 2018 - HIDUP KEKAL DENGAN ALLAH - Yohanes 5:19-23 - MINGGU ADVEN II
Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    Lagu Kotbah




    songbatak.com-karaoke



    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*, HC*,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI



    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)






    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)


    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,