Save Page
Yehezkiel 37:7-14
37:7 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan kepadaku; dan segera sesudah aku bernubuat, kedengaranlah suara, sungguh, suatu suara berderak-derak, dan tulang-tulang itu bertemu satu sama lain. 37:8 Sedang aku mengamat-amatinya, lihat, urat-urat ada dan daging tumbuh padanya, kemudian kulit menutupinya, tetapi mereka belum bernafas. 37:9 Maka firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah kepada nafas hidup itu, bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada nafas hidup itu: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Hai nafas hidup, datanglah dari keempat penjuru angin, dan berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali." 37:10 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar. 37:11 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel. Sungguh, mereka sendiri mengatakan: Tulang-tulang kami sudah menjadi kering, dan pengharapan kami sudah lenyap, kami sudah hilang. 37:12 Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel. 37:13 Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya. 37:14 Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN."

Penjelasan:


* PENGLIHATAN TENTANG TULANG-TULANG KERING. 37:1-14.
Bagian ini dari pasal ini merupakan haphtarah (bacaan dari tulisan nabi-nabi) untuk Paskah dan Sabat di sinagoge. Seluruh gereja memanfaatkan bagian ini dalam ibadah umum dan pribadi. Sebuah lukisan dari pemandangan ini, yang berasal dari tahun 244-245 A.D, muncul pada sisa-sisa sebuah sinagoge di Dura-Europos (bdg. RB 43 (1934), 117, 118).

* Yeh 37:9 - keempat penjuru angin
Nafas kehidupan dihembuskan dari keempat penjuru angin dari surga (bdg. Yer. 49:36), lambang Roh Allah yang memberi kehidupan universal (ay. 14).

* Yeh 37:11 - Tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel // Pengharapan kami sudah lenyap
Tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel (baik Israel maupun Yehuda, ay. 16, 22), di mana orang-orang yang masih tersisa berkata, Pengharapan kami sudah lenyap. Sang nabi sering mengutip perkataan orang-orang itu (mis., 11:13; 12:22, 27; 16:4; 18:2; 20:49; 36:20).

* Yeh 37:12 - Aku ... membangkitkan kamu ... dari dalamnya, dan ... membawa kamu // ke tanah Israel
Simbol itu diubah dari orang-orang yang terbunuh di daerah pertempuran menjadi orang-orang yang mati di kuburan. Aku ... membangkitkan kamu ... dari dalamnya, dan ... membawa kamu kembali, keluar dari tempat yang gelap yaitu pembuangan, ke tanah Israel (RSV). Lihat juga ayat 14, 21; 36:24.

* Yeh 37:14 - Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali
Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali. Roh Tuhan memberi hidup. Bandingkan ayat 10; Mazmur 104:30. Dalam 36:27, 28 Dia adalah Roh yang memperbaharui. Bandingkan Yesaya 49:8-12; 61:1.
Di sini sang nabi tidak sedang berbicara tentang kebangkitan tubuh, sekalipun ada petunjuk tentang doktrin tersebut dalam PL, terutama dalam Yesaya 25:8; 26:9; Daniel 12:2. Adalah "Juruselamat kita Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa" (II Tim 1:10).

*  Kuasa anugerah Tuhan yang memulihkan.
Kata dosa sudah terlalu sering kita dengar, sehingga terkadang kita tidak lagi menyadari daya dan dampak penghancurannya. Namun demikian, jikalau kita berada di bawah cengkeramannya, kita harus segera menyadarinya dan segera memohon pertolongan-Nya.

Dosa Israel yang disebabkan karena penolakan Israel terhadap firman Tuhan yang disampaikan melalui Yehezkiel membuat mereka terhilang, tak berpengharapan, dan sudah menjadi seperti tulang-tulang yang sangat kering (ayat 11). Namun demikian, di tengah kengerian dosa ini, Tuhan hadir dan memperkenalkan Diri-Nya pada Israel sebagai Tuhan yang penuh anugerah. Dialah yang mengalahkan kuasa dosa dan memulihkan umat-Nya. Ia menyatukan kembali tulang-tulang yang sudah mengering, memberikan urat-urat, daging, dan kulit, serta menghembuskan nafas hidup kepadanya, sehingga mereka berjejak dan menjadi barisan tentara yang besar (ayat 7-10). Ia membuka kubur-kubur Israel, membangkitkan serta membawa mereka keluar dari tanah pembuangan untuk masuk kembali ke tanah perjanjian (ayat 12-13). Dialah sumber kehidupan Israel yang memberikan semangat dan pengharapan bagi umat-Nya yang tak berdaya oleh kuasa dosa (ayat 14). Inilah gambaran dari kuasa anugerah Tuhan yang mengalahkan dosa dan memulihkan umat-Nya.
Ujung tombak dari kuasa anugerah ini terletak di dalam firman-Nya yang penuh kuasa. Melalui firman Tuhan, maka tulang-tulang yang kering itu dibangkitkan. Israel yang telah patah semangat beroleh penghiburan, dan mereka yang telah hancur karena dosa dipulihkan (ayat 1-6). Firman Tuhan memegang peranan penting bagi kehidupan orang percaya.


SBU

MINGGU ADVEN I
SABTU, 8 DESEMBER 2018
Renungan Pagi
GB.356 : 1,2 -Berdoa
ALLAH MEMULIHKAN

Yehezkiel 37 : 1 – 6
"Aku akan memberi urat-urat padamu dan menumbuhkan daging padamu, Aku akan menutupi kamu dengan kulit dan memberikanmu nafas hidup, supaya kamu hidup kembali. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN." (ay.6)

Dosa Israel yang disebabkan karena penolakan Israel terhadap firman Tuhan yang disampaikan melalui Yehezkiel membuat mereka terhilang, tak berpengharapan dan sudah menjadi seperti tulang-tulang yang sangat kering (ayat 11). Namun demikian, di tengah kengerian dosa ini, Tuhan hadir dan memperkenalkan Diri-Nya pada Israel sebagai Tuhan yang penuh anugerah. Dialah yang mengalahkan kuasa dosa dan memulihkan umat-Nya. Ia menyatukan kembali tulang-tulang yang sudah mengering, memberikan urat-urat, daging, dan kulit, serta menghembuskan nafas hidup kepadanya, sehingga mereka berjejak dan menjadi barisan tentara yang besar (ayat 7-10). Ia membuka kubur-kubur Israel, membangkitkan serta membawa mereka keluar dari tanah pembuangan untuk masuk kembali ke tanah perjanjian (ayat 12-13). Dialah sumber kehidupan Israel yang memberikan semangat dan pengharapan bagi umat-Nya yang tak berdaya oleh kuasa dosa (ayat 14). Inilah gambaran dari kuasa anugerah Tuhan yang mengalahkan dosa dan memulihkan umat-Nya.

Kita perlu mewaspadai dampak-dampak kuasa dosa yang dapat menghancurkan sendi-sendi hidup, keluarga, pekerjaan, dan Pelayanan kita. Di tengah proses ini, kita membutuhkan frrman Tuhan karena firman Tuhan adalah sumber kehidupan yang menyalakan semangat yang pudar, memberikan pengharapan dalam keputusasaan, dan memulihkan kehancuran.

GB.356 : 3 "Beribu Lidah Patutlah"
Doa - (Ya Tuhan, tolonglah dan pulihkanlah kami, karena hanya Engkaulah tempat kami berseru)



MINGGU ADVEN I
SABTU, 8 DESEMBER 2018
Renumgan Malam
KJ.141: 1,2 -Berdoa
ALLAH MEMBANGKITKAN

Yehezkiel 37:7-14
Aku akan mernberikan Rah-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kernbali dan
Aku akan membiarkan kamu tlnggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui
bahwa Aku, TLIHAN, yang mnngatakannya dan membuatnya, demikianlah
firman TUHAN. (ay.14)

Yehezkiel 37:7-14  menyatakan bahwa Allah berkenan mem-
bangkitkan kembali Israel yang telah mati. Hal ini dlmaksudkan
bersatunya kembali Israel yang telah terpecah, selanjutnya juga
menunjukkan bahwa Allah berkenan -membangkitkan dan meng-
hidupkan kembali secara rohanl kehidupan iman bangsa Israel
yang telah mati. Mengapa? Karena selama ini bangsa Israel tidak
setia kepada Tuhan, tetapi justru menyembah kepada berhala dan
hldup dalam ketldak benaran. Oleh kerena itu Allah menghendaki
umat Israel yang baru tidak lagl seperti umat Israel dalam Perjanjian
Lama, tetapi umat baru yang telah diiselamatkan dalam kematlan
dan kebangkltan Tuhan Yesus, yaitu gereja yang telah dipanggil
dari dalam kegelapan menuju terangNya unluk memberitakan
karya Allah bagi dunia yang ingln dlselamatkan.

Allah berkuasa membangkllkan, membangkitkan manusia dari
kematian. Kehadiran dan karya Tuhan Yesus bersama dengan
murld-murid-Nya ketika membangkitkan orang mati bahkan ke-
bangkitan-Nya sendiri telah menunjukkan bahwa nubuat nabi
Yehezkiel tentang kebangkilan orang mati adalah sesuatu yang nyata
dalam kehldupan manusia. Orang percaya adalah uma tAlIah yang
telah dibangkltkan dar kematian dan hidup baru di dalam Kristus,
yang disimbolkan dengan Baptisan. Orang percaya mempunyal
tugas panggilan untuk memullakan Allah dan menjadi saksi-Nya
memberitakan lnjil dalam kata dan perbuatan.

KJ.141 : 3
Doa : (Tuhan Yesus mampukan kami untuk setia memberitakan
Injil-Mu)

Label:   Yehezkiel 37:7-14 





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 09 Desember 2018 - MENGASIHI KEBENARAN - Matius 24:3-11 - MINGGU ADVEN II

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 7 Desember 2018 - SIAP DIBENTUK - Yesaya 41:8-10 - MINGGU ADVEN I



BACAAN ALKITAB SETAHUN

  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    Lagu Kotbah





    songbatak.com-karaoke
    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ *, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Rabu, 1 Mei 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 1 Mei 2019 - Imamat 25:47-55 (SGK) - MINGGU I SESUDAH PASKAH
    Imamat 25:47-55 Penjelasan Ayat

    Selasa, 30 April 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 30 April 2019 - Imamat 18:21-30 - MINGGU I SESUDAH PASKAH
    Imamat 18:21-30 Penjelasan Ayat

    Jumat, 26 April 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 26 April 2019 - Yohanes 21:20-23
    Yohanes 21:20-23 Penjelasan Ayat

    Kamis, 25 April 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 25 April 2019 - Yohanes 21:7-14
    Yohanes 21:7-14 Penjelasan Ayat

    Minggu, 24 April 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 24 April 2019 - Lukas 24:44-49 (SGK) - MINGGU PASKAH
    Lukas 24:44-49 (SGK) Penjelasan Ayat



    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Rabu, 1 Mei 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 1 Mei 2019 - Imamat 25:47-55 (SGK) - MINGGU I SESUDAH PASKAH
    Imamat 25:47-55 Penjelasan Ayat

    Selasa, 30 April 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 30 April 2019 - Imamat 18:21-30 - MINGGU I SESUDAH PASKAH
    Imamat 18:21-30 Penjelasan Ayat

    Jumat, 26 April 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 26 April 2019 - Yohanes 21:20-23
    Yohanes 21:20-23 Penjelasan Ayat

    Kamis, 25 April 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 25 April 2019 - Yohanes 21:7-14
    Yohanes 21:7-14 Penjelasan Ayat

    Minggu, 24 April 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 24 April 2019 - Lukas 24:44-49 (SGK) - MINGGU PASKAH
    Lukas 24:44-49 (SGK) Penjelasan Ayat


    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,