Save Page
Yehezkiel 37:7-14
37:7 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan kepadaku; dan segera sesudah aku bernubuat, kedengaranlah suara, sungguh, suatu suara berderak-derak, dan tulang-tulang itu bertemu satu sama lain. 37:8 Sedang aku mengamat-amatinya, lihat, urat-urat ada dan daging tumbuh padanya, kemudian kulit menutupinya, tetapi mereka belum bernafas. 37:9 Maka firman-Nya kepadaku: "Bernubuatlah kepada nafas hidup itu, bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada nafas hidup itu: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Hai nafas hidup, datanglah dari keempat penjuru angin, dan berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali." 37:10 Lalu aku bernubuat seperti diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar. 37:11 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel. Sungguh, mereka sendiri mengatakan: Tulang-tulang kami sudah menjadi kering, dan pengharapan kami sudah lenyap, kami sudah hilang. 37:12 Oleh sebab itu, bernubuatlah dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel. 37:13 Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya. 37:14 Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali dan Aku akan membiarkan kamu tinggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, yang mengatakannya dan membuatnya, demikianlah firman TUHAN."

Penjelasan:


* PENGLIHATAN TENTANG TULANG-TULANG KERING. 37:1-14.
Bagian ini dari pasal ini merupakan haphtarah (bacaan dari tulisan nabi-nabi) untuk Paskah dan Sabat di sinagoge. Seluruh gereja memanfaatkan bagian ini dalam ibadah umum dan pribadi. Sebuah lukisan dari pemandangan ini, yang berasal dari tahun 244-245 A.D, muncul pada sisa-sisa sebuah sinagoge di Dura-Europos (bdg. RB 43 (1934), 117, 118).

* Yeh 37:9 - keempat penjuru angin
Nafas kehidupan dihembuskan dari keempat penjuru angin dari surga (bdg. Yer. 49:36), lambang Roh Allah yang memberi kehidupan universal (ay. 14).

* Yeh 37:11 - Tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel // Pengharapan kami sudah lenyap
Tulang-tulang ini adalah seluruh kaum Israel (baik Israel maupun Yehuda, ay. 16, 22), di mana orang-orang yang masih tersisa berkata, Pengharapan kami sudah lenyap. Sang nabi sering mengutip perkataan orang-orang itu (mis., 11:13; 12:22, 27; 16:4; 18:2; 20:49; 36:20).

* Yeh 37:12 - Aku ... membangkitkan kamu ... dari dalamnya, dan ... membawa kamu // ke tanah Israel
Simbol itu diubah dari orang-orang yang terbunuh di daerah pertempuran menjadi orang-orang yang mati di kuburan. Aku ... membangkitkan kamu ... dari dalamnya, dan ... membawa kamu kembali, keluar dari tempat yang gelap yaitu pembuangan, ke tanah Israel (RSV). Lihat juga ayat 14, 21; 36:24.

* Yeh 37:14 - Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali
Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kembali. Roh Tuhan memberi hidup. Bandingkan ayat 10; Mazmur 104:30. Dalam 36:27, 28 Dia adalah Roh yang memperbaharui. Bandingkan Yesaya 49:8-12; 61:1.
Di sini sang nabi tidak sedang berbicara tentang kebangkitan tubuh, sekalipun ada petunjuk tentang doktrin tersebut dalam PL, terutama dalam Yesaya 25:8; 26:9; Daniel 12:2. Adalah "Juruselamat kita Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa" (II Tim 1:10).

*  Kuasa anugerah Tuhan yang memulihkan.
Kata dosa sudah terlalu sering kita dengar, sehingga terkadang kita tidak lagi menyadari daya dan dampak penghancurannya. Namun demikian, jikalau kita berada di bawah cengkeramannya, kita harus segera menyadarinya dan segera memohon pertolongan-Nya.

Dosa Israel yang disebabkan karena penolakan Israel terhadap firman Tuhan yang disampaikan melalui Yehezkiel membuat mereka terhilang, tak berpengharapan, dan sudah menjadi seperti tulang-tulang yang sangat kering (ayat 11). Namun demikian, di tengah kengerian dosa ini, Tuhan hadir dan memperkenalkan Diri-Nya pada Israel sebagai Tuhan yang penuh anugerah. Dialah yang mengalahkan kuasa dosa dan memulihkan umat-Nya. Ia menyatukan kembali tulang-tulang yang sudah mengering, memberikan urat-urat, daging, dan kulit, serta menghembuskan nafas hidup kepadanya, sehingga mereka berjejak dan menjadi barisan tentara yang besar (ayat 7-10). Ia membuka kubur-kubur Israel, membangkitkan serta membawa mereka keluar dari tanah pembuangan untuk masuk kembali ke tanah perjanjian (ayat 12-13). Dialah sumber kehidupan Israel yang memberikan semangat dan pengharapan bagi umat-Nya yang tak berdaya oleh kuasa dosa (ayat 14). Inilah gambaran dari kuasa anugerah Tuhan yang mengalahkan dosa dan memulihkan umat-Nya.
Ujung tombak dari kuasa anugerah ini terletak di dalam firman-Nya yang penuh kuasa. Melalui firman Tuhan, maka tulang-tulang yang kering itu dibangkitkan. Israel yang telah patah semangat beroleh penghiburan, dan mereka yang telah hancur karena dosa dipulihkan (ayat 1-6). Firman Tuhan memegang peranan penting bagi kehidupan orang percaya.


SBU

MINGGU ADVEN I
SABTU, 8 DESEMBER 2018
Renungan Pagi
GB.356 : 1,2 -Berdoa
ALLAH MEMULIHKAN

Yehezkiel 37 : 1 – 6
"Aku akan memberi urat-urat padamu dan menumbuhkan daging padamu, Aku akan menutupi kamu dengan kulit dan memberikanmu nafas hidup, supaya kamu hidup kembali. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN." (ay.6)

Dosa Israel yang disebabkan karena penolakan Israel terhadap firman Tuhan yang disampaikan melalui Yehezkiel membuat mereka terhilang, tak berpengharapan dan sudah menjadi seperti tulang-tulang yang sangat kering (ayat 11). Namun demikian, di tengah kengerian dosa ini, Tuhan hadir dan memperkenalkan Diri-Nya pada Israel sebagai Tuhan yang penuh anugerah. Dialah yang mengalahkan kuasa dosa dan memulihkan umat-Nya. Ia menyatukan kembali tulang-tulang yang sudah mengering, memberikan urat-urat, daging, dan kulit, serta menghembuskan nafas hidup kepadanya, sehingga mereka berjejak dan menjadi barisan tentara yang besar (ayat 7-10). Ia membuka kubur-kubur Israel, membangkitkan serta membawa mereka keluar dari tanah pembuangan untuk masuk kembali ke tanah perjanjian (ayat 12-13). Dialah sumber kehidupan Israel yang memberikan semangat dan pengharapan bagi umat-Nya yang tak berdaya oleh kuasa dosa (ayat 14). Inilah gambaran dari kuasa anugerah Tuhan yang mengalahkan dosa dan memulihkan umat-Nya.

Kita perlu mewaspadai dampak-dampak kuasa dosa yang dapat menghancurkan sendi-sendi hidup, keluarga, pekerjaan, dan Pelayanan kita. Di tengah proses ini, kita membutuhkan frrman Tuhan karena firman Tuhan adalah sumber kehidupan yang menyalakan semangat yang pudar, memberikan pengharapan dalam keputusasaan, dan memulihkan kehancuran.

GB.356 : 3 "Beribu Lidah Patutlah"
Doa - (Ya Tuhan, tolonglah dan pulihkanlah kami, karena hanya Engkaulah tempat kami berseru)



MINGGU ADVEN I
SABTU, 8 DESEMBER 2018
Renumgan Malam
KJ.141: 1,2 -Berdoa
ALLAH MEMBANGKITKAN

Yehezkiel 37:7-14
Aku akan mernberikan Rah-Ku ke dalammu, sehingga kamu hidup kernbali dan
Aku akan membiarkan kamu tlnggal di tanahmu. Dan kamu akan mengetahui
bahwa Aku, TLIHAN, yang mnngatakannya dan membuatnya, demikianlah
firman TUHAN. (ay.14)

Yehezkiel 37:7-14  menyatakan bahwa Allah berkenan mem-
bangkitkan kembali Israel yang telah mati. Hal ini dlmaksudkan
bersatunya kembali Israel yang telah terpecah, selanjutnya juga
menunjukkan bahwa Allah berkenan -membangkitkan dan meng-
hidupkan kembali secara rohanl kehidupan iman bangsa Israel
yang telah mati. Mengapa? Karena selama ini bangsa Israel tidak
setia kepada Tuhan, tetapi justru menyembah kepada berhala dan
hldup dalam ketldak benaran. Oleh kerena itu Allah menghendaki
umat Israel yang baru tidak lagl seperti umat Israel dalam Perjanjian
Lama, tetapi umat baru yang telah diiselamatkan dalam kematlan
dan kebangkltan Tuhan Yesus, yaitu gereja yang telah dipanggil
dari dalam kegelapan menuju terangNya unluk memberitakan
karya Allah bagi dunia yang ingln dlselamatkan.

Allah berkuasa membangkllkan, membangkitkan manusia dari
kematian. Kehadiran dan karya Tuhan Yesus bersama dengan
murld-murid-Nya ketika membangkitkan orang mati bahkan ke-
bangkitan-Nya sendiri telah menunjukkan bahwa nubuat nabi
Yehezkiel tentang kebangkilan orang mati adalah sesuatu yang nyata
dalam kehldupan manusia. Orang percaya adalah uma tAlIah yang
telah dibangkltkan dar kematian dan hidup baru di dalam Kristus,
yang disimbolkan dengan Baptisan. Orang percaya mempunyal
tugas panggilan untuk memullakan Allah dan menjadi saksi-Nya
memberitakan lnjil dalam kata dan perbuatan.

KJ.141 : 3
Doa : (Tuhan Yesus mampukan kami untuk setia memberitakan
Injil-Mu)

Label:   Yehezkiel 37:7-14 





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 09 Desember 2018 - MENGASIHI KEBENARAN - Matius 24:3-11 - MINGGU ADVEN II

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 7 Desember 2018 - SIAP DIBENTUK - Yesaya 41:8-10 - MINGGU ADVEN I

All Garis Besar:
Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Wahyu

Garis Besar Wahyu

Garis Besar

Prolog
(Wahy 1:1-8)
I. Tuhan yang Diagungkan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yudas

Garis Besar Yudas

Garis Besar

Salam Kristen
(Yud 1:1-2)
I. Penjelasan Menge

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 3 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes

Garis Besar

Salam Kristen
(3Yoh 1:1)
I. Pujian bagi G

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar

Salam Kristen
(2Yoh 1:1-3)
A. Kepada

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar

Pendahuluan
(1Yoh 1:1-4)
I. Persekutuan d

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Petrus

Garis Besar 2 Petrus

Garis Besar

Salam Kristen
(2Pet 1:1-2)
I. Pujian Atas

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Petrus

Garis Besar 1 Petrus

Garis Besar

Salam Kristen
(1Pet 1:1-2)
I. Hubungan Ora

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yakobus

Garis Besar Yakobus

Garis Besar

Salam Kristen
(Yak 1:1)
I. Menghadapi Penco

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ibrani

Garis Besar Ibrani

Garis Besar

I. Argumentasi: Kristus dan Iman Kristen Lebih Unggul

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Filemon

Garis Besar Filemon

Garis Besar

Salam Kristen
(File 1:1-3)
I. Penghargaan T

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Titus

Garis Besar Titus

Garis Besar

Pendahuluan
(Tit 1:1-4)
I. Pengarahan Mengena

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Timotius

Garis Besar 2 Timotius

Garis Besar

Pendahuluan
(2Tim 1:1-4)
I. Pesan Paulus

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Timotius

Garis Besar 1 Timotius

Garis Besar

Pendahuluan
(1Tim 1:1-20)
I. Pengarahan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Tesalonika

Garis Besar 2 Tesalonika

Garis Besar

Salam Kristen
(2Tes 1:1-2)
I. Paulus M

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Tesalonika

Garis Besar 1 Tesalonika

Garis Besar

Salam Kristen
(1Tes 1:1)
I. Terima Kas

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Kolose

Garis Besar Kolose

Garis Besar

Pendahuluan
(Kol 1:1-12)
A. Salam Kriste

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Filipi

Garis Besar Filipi

Garis Besar

Pendahuluan
(Fili 1:1-11)
A. Salam Krist

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Efesus

Garis Besar Efesus

Garis Besar

Salam Kristen
(Ef 1:1-2)
I. Ajaran yang Penu

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Galatia

Garis Besar Galatia

Garis Besar

Pendahuluan
(Gal 1:1-10)
A. Salam

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Korintus

Garis Besar 2 Korintus

Garis Besar

Pendahuluan
(2Kor 1:1-11)
I. Pembelaan P

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Korintus

Garis Besar 1 Korintus

Garis Besar

Pendahuluan
(1Kor 1:1-9)
I. Pembahasan M

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Roma

Garis Besar Roma

Garis Besar

Pendahuluan
(Rom 1:1-17)
I. Kebutuhan Mendesak

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Kisah Rasul

Garis Besar Kisah Rasul

Garis Besar

Pendahuluan
(Kis 1:1-11)
I. Pencurahan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yohanes

Garis Besar Yohanes

Garis Besar

Prolog tentang Logos
(Yoh 1:1-18)
I. Memper

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Lukas

Garis Besar Lukas

Garis Besar

I. Pendahuluan Injil Lukas
(Luk 1:1-4)
II. Ke

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Markus

Garis Besar Markus

Garis Besar

I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus
(Mr 1:1-13)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Matius

Garis Besar Matius

Garis Besar

I. Memperkenalkan Mesias
(Mat 1:1-4:11)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Maleakhi

Garis Besar Maleakhi

Garis Besar

Pendahuluan
(Mal 1:1)
I. Ucapan Ilahi dan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Zakharia

Garis Besar Zakharia

Garis Besar

I. Bagian Satu: Firman Nubuat Dalam Konteks Membangun Kembal

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Hagai

Garis Besar Hagai

Garis Besar

I. Berita Pertama: Selesaikan Pembangunan Bait Suci
(H

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Zefanya

Garis Besar Zefanya

Garis Besar

Pendahuluan
(Zef 1:1)
I. Hukuman dan Hari T

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Habakuk

Garis Besar Habakuk

Garis Besar

Pendahuluan
(Hab 1:1)
I. Pertanyaan-Pertany

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Nahum

Garis Besar Nahum

Garis Besar

Judul
(Nah 1:1)
I. Sifat Allah dan Hukuman-Ny

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Mikha

Garis Besar Mikha

Garis Besar

I. Hukuman atas Israel dan Yehuda
(Mi 1:1-3:12)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yunus

Garis Besar Yunus

Garis Besar

I. Panggilan Allah yang Pertama Kepada Yunus
(Yun 1:1-

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Obaja

Garis Besar Obaja

Garis Besar

I. Hukuman atas Edom
(Ob 1:1-14)
A. Kebin

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Amos

Garis Besar Amos

Garis Besar

Pendahuluan
(Am 1:1-2)
I. Delapan Ucapan Ilahi

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yoel

Garis Besar Yoel

Garis Besar

Pendahuluan
(Yoel 1:1)
I. Malapetaka Yehuda ya

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Hosea

Garis Besar Hosea

Garis Besar

Judul (Hos 1:1)
I. Pernikahan Hosea Menggambarkan Keti

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Daniel

Garis Besar Daniel

Garis Besar

I. Latar Belakang Sejarah Daniel
(Dan 1:1-21)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yehezkiel

Panggilan dan Penugasan Yehezkiel
Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ratapan

Garis Besar Ratapan

Garis Besar

I. Penghancuran Yerusalem
(Rat 1:1-22)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yeremia

Garis Besar Yeremia

Garis Besar

I. Panggilan dan Penugasan Yeremia
(Yer 1:1-19)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yesaya

Garis Besar Yesaya

Garis Besar

I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran
(Yes

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Kidung Agung

Garis Besar Kidung Agung

Garis Besar

Judul
(Kid 1:1)
I. Syair Pertama: Memp

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Pengkhotbah

Garis Besar Pengkhotbah

Garis Besar

Judul
(Pengkh 1:1)
I. Pendahuluan: Kesi

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Amsal

Garis Besar Amsal

Garis Besar

I. Prolog: Maksud dan Tema-Tema Amsal
(Ams 1:1-7)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Mazmur

Garis Besar Mazmur
Garis Besar

I. Kitab 1 !!: Mazmur 1-41
(Mazm 1:1-41:13)
II. Kitab 2 !!: Ma

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ayub

Garis Besar Ayub

Garis Besar

I. Prolog Prosa: Krisisnya
(Ayub 1:1-2:13)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ester

Garis Besar Ester

Garis Besar

I. Pemeliharaan Allah Dalam Penempatan Seorang Ratu
(E

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Nehemia

Garis Besar Nehemia

Garis Besar

I. Membangun Kembali Tembok Yerusalem: Dipimpin oleh Nehemia<

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ezra

Garis Besar Ezra

Garis Besar

I. Rombongan Pertama Orang Buangan yang Kembali ke Yerusalem

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Tawarikh

Garis Besar 2 Tawarikh

Garis Besar

I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahanny

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Tawarikh

Garis Besar 1 Tawarikh

Garis Besar

I. Silsilah-Silsilah: Adam Sampai Pemulihan
(1Taw

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Raja-raja

Garis Besar 2 Raja-raja

Garis Besar

I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda
(2Raj

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Raja-raja


Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 2 Samuel

Garis Besar 2 Samuel

Garis Besar

I. Keberhasilan Daud yang Luar Biasa Sebagai Raja
(

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar 1 Samuel

Garis Besar 1 Samuel

Garis Besar

I. Samuel: Seorang Nabi yang Menjadi Pemimpin Israel

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Rut

Garis Besar Rut

Garis Besar

I. Kemalangan Naomi
(Rut 1:1-5)
II. Naomi dan R

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Hakim-hakim

Garis Besar Hakim-hakim

Garis Besar

I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Yosua

Garis Besar Yosua
Garis Besar

I. Persiapan untuk Masuk dan Menduduki Kanaan
(Yos 1:1-5:15)

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Ulangan

Garis Besar Ulangan

Garis Besar

Pendahuluan
(Ul 1:1-5)
I. Wejangan Musa I:<

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Bilangan

Allah Mempersiapkan Angkatan Keluaran untuk Memperoleh Tanah Perjanjian
Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Imamat

Garis Besar Imamat

Garis Besar

I. Cara Menghampiri Allah: Pendamaian
(Im 1:1-16:34)<

Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Keluaran


Jumat, 24 April 2015
Garis Besar Kejadian


Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2018..


rss lagu-gereja.com  Register   Login  

Lagu Kotbah




songbatak.com-karaoke








Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)

KAMIS, 31 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
SABTU, 12 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 12 JANUARI 2019 - PERGANTIAN NAMA - Yesaya 65:15-16 - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
KESALEHAN DAN KESALAHAN, Dalam hal kehormatan dan nama baik
JUMAT, 11 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 11 JANUARI 2019 - BERPALING DARI DOSA DAN KEMBALI KEPADANYA - Yesaya 65:1-7 - MINGGU EPIFANIA
Sabda Bina Umat (SBU)
Pertobatan Bangsa-bangsa Bukan Yahudi; Kefasikan Orang-orang Yahudi; Penolakan terhadap Orang-orang, BERKAT TUHAN UNTUK
KAMIS, 10 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 10 JANUARI 2019 - ANGKAT HATI PADA ALLAH - Yesaya 64:7-12 - HARI EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
ALLAH TIDAK TURUN TANGAN ,
RABU, 9 JANUARI 2019
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 9 JANUARI 2019 - KONEKSI DAN KOREKSI - Yesaya 63:15-19 (SGDK) - MINGGU EPIFANIA
Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU) Sabda Guna Dharma Krida (SGDK)
Permohonan Sepenuh Hati,

lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,