Save Page
Yesaya 40:6-8
40:6 Ada suara yang berkata: "Berserulah!" Jawabku: "Apakah yang harus kuserukan?" "Seluruh umat manusia adalah seperti rumput dan semua semaraknya seperti bunga di padang. 40:7 Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, apabila TUHAN menghembusnya dengan nafas-Nya. Sesungguhnyalah bangsa itu seperti rumput. 40:8 Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya."

Penjelasan:

* Yes 40:6-7
Dilihat dari dirinya sendiri, manusia adalah lemah dan fana, keindahannya segera akan layu. Hidupnya tidak memiliki martabat dan anti yang nyata. Tetapi, Firman Allah itu kekal dan sempurna, mengajarkan arti hidup dan kemuliaan yang tidak dapat binasa.

*  Ketika semua persiapan ini sudah dilakukan, maka kemuliaan TUHAN akan dinyatakan (ay. 5)
        (1) Ketika persiapan dilakukan bagi pembebasan para tawanan, Raja Koresh akan mengumumkan pembebasan itu, dan yang akan mendapatkan manfaat darinya adalah orang-orang, dan hanya mereka saja, yang hatinya digerakkan Tuhan dengan keberanian dan kebulatan hati untuk menerobos segala rasa tawar hati yang menghadang jalan mereka dan tidak gentar dengan segala bukit, lembah dan tempat kasar.
        (2) Ketika Yohanes Pembaptis selama beberapa waktu telah memberitakan tentang pertobatan, berbalik dari hawa nafsu, dan pembaruan diri, dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya (Luk. 1:17), maka kemudian Sang Mesias sendiri dinyatakan dalam kemuliaan-Nya, di mana Ia mengerjakan berbagai mujizat, yang tidak dilakukan Yohanes, dan dengan kasih karunia-Nya, yang adalah kemuliaan-Nya, Ia membalut dan menyembuhkan dengan penghiburan orang-orang yang telah terluka oleh perkataan Yohanes yang menyatakan dosa mereka. Dan penyataan kemuliaan ilahi ini akan menjadi terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain (KJV: terang yang menerangi bangsa-bangsa lain). Seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama, dan bukan hanya bangsa Yahudi. Mereka akan melihat dan mengaguminya, melihat dan menyambutnya datang, seperti kembalinya para tawanan dari Babel diperhatikan oleh bangsa-bangsa tetangga (Mzm. 126:2). Dan dengan demikian digenapilah firman Allah, yang tidak satu iota atau titik pun dari firman-Nya itu yang dibiarkan-Nya gugur: Sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakannya, dan karena itu tangan Tuhan akan menjadikannya.

Dengan keyakinan akan firman Tuhan, dan bukan mengandalkan makhluk atau benda ciptaan apa saja. Sungguh, TUHAN sendiri telah mengatakannya, suara itu menyerukannya ke mana-mana (siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar), Firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya (ay. 8).
    1. Dengan penggenapan semua nubuat dan janji-janji keselamatan ini, dan pelaksanaannya sampai sepenuh-penuhnya pada waktu yang telah ditentukan oleh Allah, maka tampak jelas bahwa firman Tuhan itu pasti dan aman untuk diandalkan. Maka kita pun telah siap untuk mengalami kebebasan bila kita bergantung sepenuhnya pada firman Allah, membangun harapan kita padanya, dengan keyakinan bahwa firman-Nya itu tidak akan membuat kita malu. Waktu kita bergantung pada firman ini, kita pasti akan mengakui bahwa seluruh umat manusia adalah seperti rumput, menjadi layu dan mengering.
        (1) Kekuatan manusia, ketika ia tampil melawan pembebasan itu, tidaklah perlu ditakuti. Sebab, ia seperti rumput di depan firman Tuhan. Ia akan menjadi layu dan diinjak-injak. Orang-orang Babel yang kurang ajar itu, yang berjanji kepada dirinya sendiri bahwa kehancuran Yerusalem akan berlangsung untuk selama-lamanya, hanyalah rumput belaka, yang cukup diembusi Roh TUHAN dengan nafas-Nya, menjadi tidak ada apa-apanya, dan menjadi layu kemuliaannya. Sebab, firman Tuhan, yang menjanjikan kelepasan bagi Yerusalem itu, tetap untuk selama-lamanya, dan tidak ada kekuatan musuh yang dapat menghalangi pelaksanaannya.
        (2) Kekuatan manusia, jika ia tampil untuk menyelamatkan, janganlah dipercaya. Sebab, ia hanyalah rumput dibandingkan dengan firman Tuhan, satu-satunya dasar kokoh bagi kita untuk membangun pengharapan kita. Bilamana Allah hendak mengerjakan keselamatan bagi umat-Nya, Dia akan menjauhkan mereka dari kebergantungan kepada mahkluk dan benda ciptaan, dan supaya mereka tidak mencari keselamatan itu dari atas bukit-bukit dan gunung-gunung. Segala ciptaan itu tidak akan menghasilkan apa-apa bagi mereka, dan membuat semua pengharapan mereka mengecewakan. Roh Tuhan akan mengembus semua ciptaan itu dengan nafas-Nya. Sebab, Allah tidak akan membiarkan ciptaan apa saja menjadi pesaing-Nya untuk mendapatkan pengharapan dan kepercayaan umat-Nya. Dan, oleh karena firman-Nya akan tetap selamanya, maka dalam firman itu iman kita harus tetap berdiri. Ketika kita sudah mencapai hal ini, maka saat itulah, dan hanya pada saat itulah, kita menjadi layak untuk mendapatkan belas kasihan-Nya itu.



SBU

TAHUN BARU
5ELASA, 1 JANUARl 2019
Renungan Pagi
GB 60:1 -Berdoa
RESOLUSI TAHUN INI

Yesaya 40:6-8
Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama-lamanya. (ay.8).

Setiap pergantian tahun ada orang yang menetapkan resolusi dalam hidupnya. Resolusi itu bisa dalam kategori hal yang sederhana hingga yang lebih sulit. Ia bisa berupa perubahan gaya hldup serta sikap dan perilaku, mengganti pekerjaan, mencari pasangan hidup, sarnpai hal-hal yang belum terpikirkan sebelumnya. Namun, semua yang ditetapkan di awal tahun itu belum tentu terjadi seperti yang diharapkan. Ia bisa berubah, tidak konsisten, dan malah semakin merosot ketika menghadapi persoalan.

Di dunia ini segala bentuk ketetapan manusla tidak akan berlangsung selamanya, ia dapat berubah seiring berjalannya waktu. Hal tersebut dikarenakan manusia sendiri hakikatnya seperti rumput yang akan kering, bunga di padang yang suatu saat akan layu (ay.6-8). Namun, tidak demikian firman Allah. Sepanjang waktu flrrnan Allah itu tetap untuk selama-lamanya (ay.8).

Memasuki tahun yang baru ini, dengan segala misterl dan ketidak-pastian di harl esok, resolusi hidup untuk semakin dekat dengan flrman Allah yang kekal itu adalah keharusan bagi umat-Nya. Ada pedoman dan dasar yang kokoh bagi kita dalam menjalani harl-hari depan ketlka dekat dengan firman Allah. Rasa enggan, rnalas dan mungkln hambar dalam mendengar dan menjalankan firman-Nya di tahun yang lalu sudah patut ditinggalkan.

Kita harus sadari selalu bahwa dalam menclntai Allah yang tak tampak dan tersentuh secara inderawi itu, hal pertama dan terutama yang harus kita lakukan adalah dengan selalu mendengarkan firman-Nya. Firman Allah yang konsisten sepanjang zaman memberi pengharapan akan hari esok. Ia menjadi kekuatan dan kesukacitaan dalam kepahitan, terang dalam kegelapan hidup, membuka jalan ketika tak terlihat jalan. Sediakah Saudara untuk rnenjadikannya sebagai resolusi di tahun ini?

GB.60 : 2
Doa : (Ya Allah, Yang Rahmani, berilah hikmat-Mu dan mampukan kami untuk tetap setia ketika menghadapi segala pergumulan dan tantangan hidup sepanjang tahun ini dalam terang Firman-Mu)



TAHUN BARU
5ELASA, 1 JANUARl 2019
Renungan Malam
GB.215:1 -Berdoa
TERLENA BERKAT

Yesaya 40:9-11
Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya... (ay.11)

Seorang anak bernama Kaot mendapat kunjungan tante yang pernah turut mengasuhnya saat masih bayi.  Harnpir 4 tahun mereka tak berjumpa. Si tante membawakannya beberapa hadiah rnainan dari kota. Kaot pun sangat senang menerlmanya. Ia segera membawa mainan itu keluar rumah dan begiiu asyik memainkannya bersama anak-anak tetangga. Tante yang sangat rindu dengan keponakannya itu sudah lama berharap bisa memeluk dan bermain lagl dengan Kaot. Namun ternyata Kaot lebih memilih berrnain dengan hadiahnya dari pada si pemberi hadiah.

Dalarn perikop saat ini Allah digambarkan seperti seorang gembala. Gambaran seperti ini ada banyak di dalam Alkitab. Sebagai Gembala Agung, Allah memberi perlindungan bagi domba-
domba-Nya dari segala macam ancaman, memastikannya tidak kelaparan dan kehausan, menghimpun dan mengarahkannya ke tujuan yang benar. Ketika domba-domba-Nya melakukan kesalahan, Allah tetap memberi pengampunan dan menolong mereka
yang tersesat. Gembala yang menjadi kebanggaan bangsa Israel di tengah allah-allah lain yang dlimiliki berbagai bangsa di sekitarnya.

Sayangnya, sampai saat ini banyak domba yang terlena dengan segala kebaikan dan berkat Tuhan. Tujuan hidup lebih terarah pada berkat seperti kesehatan, rezeki, jabatan, pendidikan,
prestasi dan sebagainya, dari pada kepada Sang Gembala. Seperti cerita tentang Kaot di atas, kita sering lupa bahwa Sang Pemberi berkat rindu akan hubungan yang dekat dan mesra clengan domba-domba-Nya. la menantikan syukur dan kesetiaan kawanan domba milik-Nya. Marilah kita mengingat kembali, dari tahun-tahun yang klta lalui sudah sejauh mana hubungan kita dengan Sang Gembala, Tuhan klta. Apakah mungkin kualitas iman dan kehidupan kita maslh seperti Kaot yang lebih asyik bermain dengan hadiahnya?

GB. 215 : 2
Doa : (Tuhan, tumbuhkarl selalu benih-benih kerinduan dalam diri kami untuk selalu bersekutu dengan-Mu dan mengutamakan Engkau dalam hidup ini daripada sekedar mengharapkan berkat dari-Mu)


Label:   Yesaya 40:6-8 



Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 2 JANUARI 2019 - Mazmur 105:7-11 - TUHAN TIDAK BERHUTANG APAPUN - TAHUN BARU

PREV:

Garis Besar Yesaya




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

    songbatak.com- Top of JUDIKA

    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,