Save Page
Kolose 1:13-14
 1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; 1:14 di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

Penjelasan:

* Kol 1:12-14 - melayakkan // untuk mendapat bagian, // Terang // kegelapan // terang, // kegelapan // kerajaan // penebusan
Kuasa Allah melayakkan kita untuk mendapat bagian, maksudnya, memberi, kuasa kepada kita dan menjadikan kita layak. Terang dan kegelapan merupakan istilah-istilah teologis yang umum dipakai di kalangan keagamaan dan paling akhir dijumpai juga dalam Gulungan Naskah Laut Mati. Di sini Paulus rupanya membedakan kenyataan atau alam zaman baru - terang, dengan kenyataan zaman sekarang, lingkungan atau kuasa (exousia) jahat yakni kegelapan. Di bagian lain, lingkungan jahat ini disamakan dengan kuasa Iblis (bdg. 2:15; Luk. 22:53; Kis. 26:18; Ef. 2:2).

Ayat-ayat yang mengemukakan kelepasan pada waktu yang lalu dan pemindahan ke dalam kerajaan Kristus serta penebusan yang sudah dimiliki orang Kristen saat ini merupakan ciri-ciri khas dari "eskatologi yang sudah direalisasikan," yaitu, bahwa zaman baru sudah datang dengan kebangkitan Kristus dan bahwa orang-orang Kristen memasukinya ketika bertobat. Hubungan di antara kerajaan yang sudah direalisasikan dengan kerajaan yang masih akan datang telah menimbulkan perdebatan panjang dan menghasilkan adanya berbagai pandangan. Apakah keduanya merupakan konsep terpisah yang mencerminkan tahap-tahap perkembangan di dalam pemikiran para penulis Perjanjian Baru? Karena pada dasarnya hampir semua lapisan penulisan Perjanjian Baru mengandung kedua konsep ini, solusi tersebut di atas tampaknya dipaksakan. Apakah aspek sekarang dari kerajaan ini merupakan sebagian dari perwujudan kerajaan yang akan datang? Paulus tampaknya beranggapan bahwa orang-orang Kristen sepenuhnya berada di dalam suasana zaman. baru melalui kedudukan bersama mereka di dalam Kristus, yang diwujudkan di dalam diri perseorangan oleh Roh Kudus; sekalipun, begitu suasana zaman baru tersebut baru akan terwujud sepenuhnya secara pribadi hanya ketika parusia, yakni kedatangan kembali Kristus (lih. Pendahuluan).

Di dalam Gnostik yang belakangan, diadakan perbedaan antara pengampunan sebagai tahap awal, dan penebusan sebagai lolosnya jiwa ke alam baka. Di sini Paulus berbicara tentang penebusan yang menghasilkan pengampunan dosa-dosa. (Lih. Leon Morris, The Apostolic Preaching of the Cross, hlm. 43).




SBU

MINGGU SESUDAH EPIFANIA
KAMlS, 17 JANUARl 2019
Renungan Pagi
SALING MENDOAKAN

Kolose 1:9-12
... kami tiada berhenti berdoa untuk kamu. Kami meminta. supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar untuk mengetahui kehendak Tuhan dcngan sempurna (ay.9).

Dalam suratnya kepada jemaat Kolose, rasul Pauius mengucap syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, karena ia mendengar bahwa jemaat Kolose hidup dalam iman kepada Yesus Kristus, dan mewujudnyatakan kasih Kristus dalam kehidupan sehari-hari (1:1-4).

Sejak mendengar hal itu, rasul Paulus berdoa untuk jemaat Kolose setiap hari. Dalarn doanya, Paulus meminta kepada Tuhan supaya jemaat Kolose menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sampurna. Hikmat dan pangertian yang benar yang dimaksud Paulus di ayat 9, tentunya bukan hikmat dan pangertian dunia, malainkan hikmat dan pengertian yang bersumber dari Tuhan dan dianugerahkan Tuhan kepada orang-orang yang taat kepada Tuhan dan Firman-Nya.

Orang yang mengetahui kehendak Tuhan yang sempurna, maka kehidupannya akan rnenjadi kehidupan yang layak dan berkenan di hadapan Tuhan; memberi buah dalam segala pakerjaan yang baik; bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah; dikuatkan dalam menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar; selalu rnengucap syukur dengan penuh sukacita (ay.10-12).

Ketika kita akan memulai aktifitas di hari ini, hendaknya kita mengawalinya dengan berdoa kepada Tuhan. Kita tentu saja boleh meminta banyak hal kapada Tuhan. Tetapi jangan lupa untuk berdoa rneminta hikmat dan pengertian agar kita mengetahui kehendak Tuhan dangan sempurna. Jangan lupa juga untuk mendoakan anggota keluarga (suami, istri, orangtua, anak, cucu), para pelayan Tuhan yang melayani di gereja, juga sahabat, dan saudara seiman.
Kita juga minta kepada Tuhan agar rnereka juga diberi hikmat dan pengertian untuk mengerti kehendak Tuhan dengan sempurna.

Sungguh sangat indah jika sebagai anggota tubuh Kristus, kita semua hidup saling menopang, mendukung dan mendoakan.

Doa : (Ya Tuhan, kami bermohon berikanlah hikmat dan pengertian yang benar, sehingga kami mengetahui kehendak Tuhan yang sempurna)


MINGGU SESUDAH EPIFANIA
KAMlS,17 JANUARl 2019
Renungan Malam
KJ.281:1 -Berdoa
YESUS KRISTU$, PEMBEBAS DAN PENEBUS DOSA

Kolose 1:13-14
...di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa" (ay.14).

Surat Kolose ditulis rasul Paulus dari dalam penjara. Surat ini dituils karena Pauius mendengar dari Epafras, pernimpin jemaat di Koiose bahwa telah beredar ajaran sesat yang terang-terangan menyangkal karya keselamatan Allah bagi seluruh ciptaan di dalam Yesus Kriatus. Karena itu tidak heran jika dalam surat kepada jamaat Kolose, Paulus sangat menekankan tentang keutamaan Yesus Kristus. Tekanan tantang keutamaan Kristus sudah dibahas
Paulus dalarn Kolose 1:13, dan 14.

Meialui ayat 13. dan 14, Paulus mau menegaskan bahwa Aliah telah mengarnbil prakarsa melepaskan manusia dari kuasa kegelapan, dan mernindahkannya ka dalam Kerajaan Anak-Nya (Kerajaan Kristus). lstilah "Kerajaan Anak-Nya" menunjuk kepada "pemerintahan Anak-Nya". Dengan demikian, istilah "Kerajaan AnakNya" berarti Kerajaan di mana Anak-Nya. yaitu Yeaus Kristus memerintah secara mutlak. Siapapun yang menjadi bagian dalam Kerajaan Kristus maka ia harus tunduk pada pemerintahan Kristus.

Paulus juga menagaskan bahwa hanya di dalam Anak-Nya itulah manusia memperoleh penebusan, yaitu pengampunan dosa. Malam ini, keiika kita akan baristirahat, mungkin saja masih ada masaiah kehidupan yang belum berhasil kita selesaikan hari ini. Jangan menyerah dan berputus asa. Tuhan Yasus Kristus yang telah mengarnbil prakarsa melepaskan kita dari kuasa kegelapan, dan telah menebus serta mengarnpuni dosa kita adalah Allah yang
berkuasa. Dia yang teiah membebaskan kita dari kuasa kegelapan, tentu saja Dia juga mampu untuk membebaskan dan melepaskan kita dari berbagai masalah kehidupan yang kita alami. Yang harus kita lakukan sekarang adalah mengucap syukur karena anugerah-
Nya yang teiah melepaskan kita dari kuasa kegelapan, seraya kita tetap giat memberitakan keselarnatan yang telah dikerjakan Allah dalam Yesus Kristus.

KJ. 281 : 2,3
Doa : (Tuhan Yesus, kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau telah menyelamatkan kami dari kuasa kegelapan dan telah menebus dan mengampuni dosa-dosa kami)



Label:   Kolose 1:13-14 





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 18 JANUARl 2019 - SEMANGAT BEKERJA DAN MELAYANI ATAS DASAR KASIH - 1 Tesalonika 2:8-12 - MINGGU i SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB RABU,16 JANUARI 2019 - TEKUN MEMBACA DAN MERENUNGKAN FIRMAN TUHAN - 2 Petrus 1:19-21

Garis Besar Kolose

Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    Lagu Kotbah




    songbatak.com-karaoke



    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*, HC*,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI



    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)






    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)


    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,