Save Page
1 Tesalonika 2:17-20
2:17 Tetapi kami, saudara-saudara, yang seketika terpisah dari kamu, jauh di mata, tetapi tidak jauh di hati, sungguh-sungguh, dengan rindu yang besar, telah berusaha untuk datang menjenguk kamu. 2:18 Sebab kami telah berniat untuk datang kepada kamu -- aku, Paulus, malahan lebih dari sekali --, tetapi Iblis telah mencegah kami. 2:19 Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya, kalau bukan kamu? 2:20 Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami.

Penjelasan:

*  Perhatian Paulus (2:17-3:5).
Terpisah dari kamu. Secara harfiah, dijadikan yatim, kehilangan, menunjukkan adanya hubungan yang hangat antara Paulus dengan jemaat di sana. Bandingkan II Korintus 11:28 di mana penulis mencantumkan di antara beban-bebannya, memelihara semua jemaat. Sungguh-sungguh, dengan rindu yang besar, telah berusaha menunjukkan adanya usaha yang sangat kuat dari Paulus untuk menyampaikan keinginannya yang besar untuk bersekutu dengan mereka. Dia bahkan menggunakan istilah yang mengena, rindu, epithymia yang di dalam Perjanjian Baru pada umumnya berarti bernafsu atau mendambakan. 18. Aku, Paulus, malahan menunjukkan perhatian pribadinya. Lebih dari sekali, secara harfiah, sekali, dua kali, yang artinya "berulang-ulang." Iblis telah mencegah. Pernyataan ini menekankan peranan Iblis sebagai musuh Allah dan umat-Nya. Bagaimana caranya Paulus dicegah? Melalui penyakit (II Kor. 12:7; Gal. 4:13) atau melalui permusuhan di Atena sehingga dia tidak bisa pergi (3:1)? Beberapa penafsir berpikir bahwa halangan tersebut adalah jaminan dari Yason dan kawan-kawan bahwa Paulus tidak akan kembali ke sana (Kis. 17:9). Sambil dengan teguh mempercayai kedaulatan Allah, sang rasul tidak pernah menganggap ringan adanya kejahatan. khususnya kejahatan yang termasuk pekerjaan Iblis (3:5; II Kor. 4:4; Ef. 2:2; 6:12).

* 1Tes 2:19 - Kalau bukan kamu // Mahkota kemegahan // Pengharapan // sukacita // Kedatangan
Ikatan emosional antara Paulus dengan jemaat di Tesalonika itu nyaris meluap-luap. Kalau bukan kamu. Ini tampaknya merupakan sisipan di dalam pertanyaan utama, "Siapakah pengharapan kami ... di hadapan ... ?" Mahkota kemegahan. Kiasan yang diambil dari mahkota atau lingkaran daun kemenangan yang diberikan kepada pemenang perlombaan atau tokoh masyarakat yang terkemuka. Pengharapan dan sukacita Paulus serta satu-satunya alasannya untuk bermegah adalah jiwa-jiwa yang akan dipersembahkannya kepada Kristus (bdg. II Kor. 1:14; 11:2, Flp. 2:16). Kedatangan (parousia) pada mulanya berarti "kehadiran" atau "kedatangan," tetapi kemudian menjadi istilah teknis yang mengacu kepada kunjungan dari seorang raja atau pejabat. Para penulis Perjanjian Baru sering kali memakainya untuk kedatangan Kristus yang kedua kali (2:19; 3:13; 4:15; II Tes. 2:1; Yak. 5:7, 8; II Ptr. 1:16; I Yoh. 2:28; dan lain-lain).

* 1Tes 2:20 - Sungguh // Kamulah

Penulis memastikan dua kali bahwa jemaat di Tesalonika mengetahui jawaban atas pertanyaannya. Sungguh mengandung pengertian menegaskan sesungguhnya." Kamulah bersifat menegaskan, hanya kamu saja.

* Pengaruh Pelayanan Kristiani (2:17-20)

    Dalam kata-kata ini Rasul Paulus meminta maaf atas ketidakhadirannya. Di sini perhatikanlah,
        I. Dia memberi tahu jemaat bahwa ia dan teman-teman sepelayanan terpaksa harus jauh dari mereka: Kami, saudara-saudara, terpisah dari kamu (ay. 17). Seperti itulah kemarahan penganiaya-penganiayanya. Dia terpaksa mau disuruh pergi pada malam hari ke Berea (Kis. 17:10).
        II. Walaupun dia tidak hadir secara lahiriah, namun dia tetap hadir dalam batinnya. Dia tetap mengingat mereka, dan sangat peduli kepada mereka.
        III. Bahkan ketidakhadirannya secara lahiriah pun hanya untuk waktu yang singkat, seketika lamanya. Waktu yang ada singkat, seluruh waktu kita di bumi pun singkat dan tidak pasti, tidak peduli kita ada dengan teman-teman kita maupun tidak hadir bersama mereka. Dunia ini bukanlah sebuah tempat di mana kita selalu, atau lama, bersama-sama. Di sorgalah jiwa-jiwa yang kudus akan bertemu, dan tidak pernah berpisah lagi.
        IV. Dia sungguh-sungguh ingin dan berusaha keras bertemu dengan mereka kembali. Sungguh-sungguh, dengan rindu yang besar, telah berusaha untuk datang menjenguk kamu (ay. 17). Demikianlah Rasul Paulus setidaknya bermaksud supaya ketidakhadirannya hanya untuk waktu yang singkat. Keinginan dan usaha kerasnya adalah untuk kembali lagi sesegera mungkin ke Tesalonika. Tetapi orang yang berusaha bukanlah tuan atas waktu mereka sendiri. Paulus sudah berusaha keras, dan dia tidak dapat melakukan lebih dari itu (ay. 18).
        V. Dia memberi tahu mereka bahwa Iblis telah mencegah dia kembali kepada mereka (ay. 18). Artinya, ada musuh atau beberapa musuh, atau musuh besar umat manusia, yang membangkitkan perlawanan terhadap Paulus, pada waktu kedatangannya kembali ke Tesalonika, ketika dia bermaksud kembali ke sana. Atau musuh itu membangkitkan pertikaian dan perselisihan sedemikian rupa di tempat-tempat ke mana dia pergi sehingga membuat kehadirannya di sana diperlukan. Perhatikanlah, Iblis adalah musuh tetap bagi pekerjaan Allah, dan dia melakukan segala yang dapat dia lakukan untuk menghalanginya.
        VI. Dia meyakinkan mereka akan kasih sayangnya dan penghargaannya yang tinggi terhadap mereka, walaupun dia tidak dapat, hingga saat itu, hadir bersama mereka sesuai keinginannya. Mereka adalah pengharapan, dan sukacita, dan mahkota kemegahan baginya; kemuliaan dan sukacita baginya. Ini adalah ungkapan kasih sayang yang besar dan menggugah hati, dan rasa penghargaan yang tinggi. Dan sungguhlah menggembirakan bila pelayan-pelayan Tuhan dan umat sama-sama memiliki kasih dan sikap menghargai satu sama lain seperti itu, dan terutama jika mereka akan bersukacita karenanya, jika orang-orang yang menabur dan orang-orang yang menuai akan bersukacita bersama, di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatangan-Nya.
        VII. Di sini Rasul Paulus mengingatkan orang-orang Tesalonika bahwa walaupun dia tidak dapat datang kepada mereka hingga saat itu, dan walaupun dia tidak akan pernah dapat datang kepada mereka, namun Tuhan kita Yesus Kristus akan datang, tidak ada yang akan menghalangi hal ini. Dan lebih jauh lagi, pada saat Dia datang nanti, semua orang akan muncul di hadirat-Nya, atau di hadapan-Nya. Para pelayan Tuhan dan umat semuanya pasti akan muncul di hadapan-Nya, dan orang-orang yang setia akan menjadi kemuliaan dan sukacita bagi pelayan-pelayan setia pada hari yang agung dan mulia itu.



SBU

MINGGU SESUDAH EPIFANIA
SABTU, 19 JANUARI 2019
Renungan Pagi
KJ. 54:1 -Berdoa
FIRMAN ALLAH YANG BEKERJA DALAM

1 Tesalonika 2:13-16
"sebah kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sehagai perkataan manusia, tetapi sebagai firman Allah yang bekerja juga di dalarn kamu yang percaya {ay.13).

Mari kita rnemperhatlkan dengan cermat, ayat 13. Di situ Paulus menyatakan rasa syukur kepada Allah, bukan sernata-mata karena jemaat Tesalonika telah menerima Firman Allah, tetapl terutama Karena firrnan Allah bekerja dalarn diri jemaat. Kalimat "firman Allah
yang bekerja" bisa diterjemahkan : Firman Allah yang berkuasa dalarn diri, dan menjadi anergi (kekuatan) dalam menjalani kehidupan sehari-harl. Darnpak dari Firman yang berkuasa dalam diri jemaat adalah : mereka mampu bertahan dalam menghadapi pen-
deritaan. Jernaat Tesalonlka mernang saat itu mengalami penderilaan akibat penghambatan dan penganiayaan yang dilakukan "teman-ternan sebangsa" (ay.14). Ternan-teman sebangsa menunjuk kepada orang-orang dekat yang barada di sekitaran mereka.

Selanjutnya, Paulus mengatakan bahwa penganiayaan yang dialami oleh jemaat di Tesalonika, juga ia alami. Menurut Paulus, penganiayaan yang ia alami itu dilakukan oleh orang-orang Yahudi yang lerus berusaha menghalang-halangi pernberitaan lnjil kepada bangsa-bangs-a lain (bangsa non Yahudi). Namun demikian ia rneyakini bahwa keadilan Tuhan akan berlaku bagi rnereka yang senantiasa hidup dikuasai dosa dan kejahatan (ay. 16).

Sebagai wargagereja, kita dihadirkan Tuhan di tengah dunia. Dunia di rnana Gereja hadir bukan dunia yang selalu menerima dengan balk kehadiran orang percaya. Tidak jarang, dunia di mana Gereja hadir dan rnelayani, menunjukkan panolakan terhadap kehadiran orang percaya. Dl tangah dunia yang sering menunjukkan penolakan itu, hendaknya Firman Tuhan berkuasa dalam kehidupan kita, sehingga Firman itu rnenjadi kekuatan bagi kita di
dalam menghadapi berbagai pergumulan iman. Tidak hanya itu, Firman Tuhan juga memberi semangat dan kekuatan kepada kita sehingga daiam pergumulan iman, kita tetap mampu menghadirkan karya kerja yang berkualitas bagi kehidupan masyarakat.

KJ. 54 : 4
Doa : (Ya Kristus, Firman Yang Hidup, Firman-Mu bekerja dalam diri dan kehldupan kami sehingga kami dikuatkan dalam menghadapi pergumulan iman)



MINGGU SESUDAH EPIFANIA
SABTU, 19 JANUARI 2019'
Renungan Malam
KJ. 443:1 -Berdoa
SUKACITA DALAM KEHIDUPAN BERIMAN

1 Tesalonika 2:17-20
Sungguh, kamulah kemuliaan kami dan sukacita kami {ay.20).

Hubungan antara Paulus dan jernaat Tesalonika bisa digambarkan seperti hubungan antara orangtua dan anak '(bnd.1 Tes.2:7,11). Dalam hubungan seperti itu, Paulus mengungkapkan
kerinduannya yang besar, setelah sekian lama "terpaksa" terpisah dengan jemaat di Tesalonika (bnd. Kis. 17:1-9).' Dalam kerinduannya yang besar, Paulus mengatakan bahwa ia sudah berniat dan berusaha,bahkan lebih dari aekali, untuk datang menjenguk jemaat
Tesalonika. Tetapi niat balk itu belum bisa ia wujudkan karena iblis selalu mencegah Paulus dan rekan-rekan sepelayanan untuk berkunjung ke Tesalonika. Tidak terlalu jelas dalam ha! apa, iblis menghalangi Paulus berkunjung ke Tesalonika. Sangat mungkln halang-
an itu berkaitan dengan pengham batan dan perlawanan terhadap usaha pekabaran lnjil.

Selanjutnya,diayat 19 dlan 20, Rasul Paulus mengungkapkan sukacitanya terhadap jemaat di Tesalonika. Sukacita itu ia alami karena jemaat Tesalonlka telah menerima firman Allah (2:13)  mengalaml pertumbuhan iman, sehingga iman itu terwujud dalam pekerjaan dan kehidupan dalam kasih (1:3). Tidak hanya ltu, kehidupan mereka menjadi teladan untuk semua orang (1 :7).

Sukacita seringkali hanya kita kaitkan dengan keberhasilan dalam studi, karir, pekerjaan atau usaha. Malam ini kita dingatkan bahwa sukacita yang kita alami tidak selalu hanya berkaitan dengan keberhasilan dalam studi, karir, pekerjaan atau usaha, tetapi juga berkaltan dengan kehidupan beriman dalam Kristus. Marllah kita bersukaciia bukan saja ketika anak-anak kita mampu rneraih peringkat yang baik di sekolah, tetapi terutama ketika mereka mampu memancarkan kasih dan keselamatan Kristus lewat kehidupan sehari-hari, sehlngga kenidupan mereka boleh menjadi teladan bagi orang lain.

KJ. 443 : 2
Doa : (Ya Tuhan berilah hati kami senantiasa bersukacita, Karena rahmat dan keseiamatan-Mu yang terpancar lewat kehidupan kami)

Label:   1 Tesalonika 2:17-20 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 20 JANUARI 2019 - TUHAN MEMBERI YANG TEPAT DALAM KEADAAN SULIT - Mazmur 18:31-37 - HARI M|NGGU II SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 18 JANUARl 2019 - SEMANGAT BEKERJA DAN MELAYANI ATAS DASAR KASIH - 1 Tesalonika 2:8-12 - MINGGU i SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar 1 Tesalonika





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 16 Juni - 2 Raja 19:1-34; Mazmur 73

Hari ini, 16 Juni - Maz 73:4-10, 2 Raj 19-20, Kel 2:1-13, Ams 17:27-18:1

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI MINGGU III SESUDAH PENTAKOSTA & SYUKUR HUT KE-38 YAPENDIK GPIB Minggu, 7 JULI 2019

Tata Ibadah Bulan Pelkes GPIB 2019 - Minggu, 09 Juni 2019 sd 30 Juni 2019
Tata Ibadah dan Renungan yang terdiri atas: a. Ibadah Hari Minggu, tanggal 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; b. Ibadah Keluarga, tanggal 05, 12, 19 dan 26 Juni 2019; c. Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna, tanggal 02, 09, 16, 23 dan 30 Juni 2019; d. Ibadah Pelkat GP, PKP, PKB, dan PKLU, tanggal 05 Juni 2019;
TATA IBADAH HARI MINGGU PEMULIAAN YESUS KRISTUS & HARI LANJUT USIA NASIONAL ke-23 - MINGGU, 2 JUNI 2019
JUKLAK HLUN ke-23 2019 , PESAN DEWAN PKLU HLUN ke-23, SURAT PENGANTAR HLUN ke-23, DOWNOAD TATA IBADAH HARI MINGGU PEMULIAAN YESUS KRISTUS & HARI LANJUT USIA NASIONAL ke-23 - MINGGU, 2 JUNI 2019



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 15 Juni 2019
Family of God (Hymn) - Bill Gaither

Sabtu, 15 Juni 2019
Back On Top - Gloria Gaynor

Sabtu, 15 Juni 2019
Singin' Over Me - Gloria Gaynor Feat. Jason Crabb

Sabtu, 15 Juni 2019
Day One - Gloria Gaynor

Rabu, 12 Juni 2019
Greater Than All My Regrets - Tenth Avenue North

Rabu, 12 Juni 2019
Believer - Rhett Walker

Rabu, 12 Juni 2019
Hope - Emily Brimlow

Rabu, 12 Juni 2019
Up Again - Dan Bremnes

Rabu, 12 Juni 2019
Even Louder - Steven Malcolm feat. Natalie Grant

Rabu, 12 Juni 2019
The Kind Of Man - The Color

Rabu, 12 Juni 2019
Revival - Tori Harper

Senin, 10 Juni 2019
Speak To Me - For All Seasons

Senin, 10 Juni 2019
Let It Rain (Is There Anybody) - Crowder

Minggu, 09 Juni 2019
Little Big Town - The Daughters

Minggu, 09 Juni 2019
Look What God Gave Her - Thomas Rhett

Minggu, 09 Juni 2019
My Miracle - Brad Paisley

Minggu, 09 Juni 2019
Love Wins - Carrie Underwood

Sabtu, 08 Juni 2019
Mercy Tree - Anthony Evans

Sabtu, 08 Juni 2019
No Condemnation - Anthony Evans

Sabtu, 08 Juni 2019
Precious Lord - Gloria Gaynor

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



nats khotbah minggu 16 juni 2019,   tafsiran kitab kejadian 22 : 1-12,   jamita partangiangan heber 3:7-12 tgl 16 juni 2019,   renungan amsal 3 11 20,   renungan 1 Yohanes 4:1-6,   kotbah kejadian 22:1-12,   lagu rohani kanon,   renungan singkat kejadian 22 1-19,   renungan Ulangan 12:7 mengimani Tuhan dalam ibadah, diberkatiNya,   lagu ya roh kudus baharuilah,   unduh video lagu aku percaya kj 280,   lagu persembahan,   renungan kita yohanes 14 : 15-31,   tafsiran kitab amsal 3:11-20,   khotbah singkat minggu 16 juni 2019,   khotbah singkat minggu 16 juni 2019,   lagu nyanyian rohani betapa indah bumi ini,   kotbah yosua 6:1-7,   renungan 1 Yohanes 4:1-6,   kotbah yosua 6:1-7,   lagu betapa indah bumi ini,   khotbah minggu 16 juni 2019,   kj 353,   lirik lagu istri yang ter amat baik,   download lagu rohani yang menyentuh hati,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya ,   larilah cepatlah lot dan kluarga,   khotba gpib tentang kesetiaan,   khotba gpib tentang kesetiaan,   renungan 1 Taw 23:30,   jamita minggu 1 musa 22:1-12 hkbp,   doa persembahan,   lagu penghantar persembahan,   mp3 nyanyian Rohani i.s keinjne,   khotbah amsal 3:11-20,   lirik lagu istri yang ter amat baik,   kj 353,   nyanyian rohani,   renungan 1 Yohanes 4:1-6,   1musa22;1-12,   jamita 1 musa 22:1-12,   jamita 1 musa 22:1-12,   lirik lagu istri yang ter amat baik,   kj 353,   renungan Amsal 3:11-20,   jamita 1 musa 22:1-12,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   pkj 227,   lirik lagu istri yang ter amat baik,   almanak gereja methodist indonesia 2019,   kj 353,   Kotbah Kejadian 22:1-12,   tafsiran kitab kejadian 22 : 1-12,   khotbah gereja toraja 16 juni 2019,   khotbah gereja toraja 16 juni 2019,   Download lagu gratis mars gp gpib,   Download lagu gratis mars gp gpib,   Kotbah minggu 16 juni 2019,   Kotbah minggu 16 juni 2019,   daftar lagu persembahan,   kejadian 22:1-12,   tata ibadah malam penghiburan malam ke 2 Kristiani,   khotbah pengkhotbah 8:9-17,   lirik dan acord yesus sungguh berarti oleh lidya nursaid dan mus mujiono,   kehendak Tuhan laksanakan cord,   lagu-lagu rohani barat ,   kehendak Tuhan laksanakan cord,   bahan khotbah amsal 3 : 11-20,   bahan jamita minggu tgl 16 juni 2019,   lagu rohani dengan tema hikmat,   lagu kidung jemaat untuk pembukaan ibadah,   jamita minggu tgl 16 juni 2019,   khotbah kisah para rasul 15:1-21,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   latar belakang lagu istri yg teramat baik,   download lagu nkb,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   khotbah pengkhotbah 8:9-17,   doa berkat pendeta,   Bacaa kitab suci gereja katolik 19-06-2019,   doa persembahan dalam ibadah minggu di gereja,   nats persembahan,   lirik lagu buka mata hatiku,   https://www.lagu-gereja.com/index.php?ipage=8331,   Not lagu terimalah ucapan syukur ku,   lirik lagu penyembahan pantekosta lama,   bahan khotbah kisah para rasul 2:41-47,   Pemurah dan pengasih dalam keluarga Kejadian 4:1-15 renungan,   Pemurah dan pengasih dalam keluarga Kejadian 4:1-15 renungan,   bahan jamita hkbp 16 juni 2019,   nkb not angka pdf,   bahan jamita hkbp 16 juni 2019,   lagu rohani nomor 72,   lagu puji pujian,   kotbah hkbp Keluaran 22:1-12,   kotbah hkbp Keluaran 22:1-12,   renungan dari pengkhotbah 11:10,   lagu sebelum doa buka,   penjelasan fan renungan dari pengkhotbah 11:9,   doa persembahan dalam ibadah minggu di gereja,   khotbah minggu trinitas,   khotbah ibrani 11:7-12,   khotbah ibrani 11:7-12,   khotbah setelah pentakosta,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   renungan dari pengkhotbah 11:10,   renungan dari pengkhotbah 11:10,   jamita minggu 16 juni 2019,   jamita minggu 16 juni 2019,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   Download lagu 20 lagu dangdut rohani terbaik,   renungan Amsal 3:11-20,   Download lagu 20 lagu dangdut rohani terbaik,   Download lagu 20 lagu dangdut rohani terbaik,   khotbah kejadian 7 ayat 10 sampai 24,   kumpulan lagu persembahan,   konteks matius 19:27-30 dalam injil matius,   lagu paskah kidung jemaat,   download kumpulan lagu paskah,   download MP3 kumpulan lagu paskah,   renungan dari pengkhotbah 11:10,   renungan amsal 15:21,   renungan amsal 15:21,   khotbah keluaran 15: 12- 18 ,   penegak rohani pentakosta,   lagu saat persembahan,   doa persembahan,   penjelasan fan renungan dari pengkhotbah 11:9,   renungan amsal 3 ayat 11 sampai 20,   conto`panitia pembangh panitia unan gerejah kema hinjil ,   renungan firman yohanes 14:15-31,   renungan kristen untuk pemuda dari pengkhotbah terbaik,   renungan kristen untuk pemuda dari pengkhotbah terbaik,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   doa persembahan dalam ibadah minggu di gereja,   khotbah dari kejadian 6 11 12,   doa persembahan dalam ibadah minggu di gereja,   doa persembahan dalam ibadah minggu di gereja,   chor lirik gembala baik nan merdu,   khotbah kejadian 22:1-12,   khotbah kejadian 22:1-12,   Tema ibadah persembahan,   khotbah matius 6:5-14,   khotbah johanes 13:31-35,   kotbah kristen tentang amsal 12,   1 tawarikh 25 penyanyi 1-31,   uraian khotbah mnrut Mzm.147: 1-7,   lagu saat persembahan,   mazmur 40 ayat 5-6 dan artinya,   Renungan kejadian 22:1-12,   Kotbah yakobus 2:1-13,   khotbah pemuda kejadian 22:1-19,   Bahan khotbah dari Kejadian 22:1-12,   lagu ucapan syukur rohani,   khotbah johanes 13:31-35,   jamita partangiangan heber 3:7-12 tgl 16 juni 2019,   renungan dari pengkhotbah 11:10,   lirik lagu 17 agustus beserta notnya,   lagu rohani mengabarkan injil keselamatan, ikut Tuhanku,   Renungan: ahi up ini adalah kesempatan,   jamita partangiangan heber 3:7-12 tgl 16 juni 2019,   keluaran 15 : 12 - 18,   kidung ceria 277 lawanlah godaan,   khotbah kisah para rasul 15:1-21,   jamita minggu tanggal 16 juni 2019,   khotbah johanes 13:31-35,   bahan khotbah kisah para rasul 2:41-47,   khotbah johanes 13:31-35,   kidung ceria 277 lawanlah godaan,   penjelasan tentang 1 korintus 14:1-5,