Save Page
Mazmur 18:38-43
(#18-#38) Aku mengejar musuhku sampai kutangkap mereka, dan tidak berbalik sebelum mereka kuhabiskan;
(#18-#39) aku meremukkan mereka, sehingga mereka tidak dapat bangkit lagi; mereka rebah di bawah kakiku.
(#18-#40) Engkau telah mengikat pinggangku dengan keperkasaan untuk berperang; Engkau tundukkan ke bawah kuasaku orang yang bangkit melawan aku.
(#18-#41) Kaubuat musuhku lari dari padaku, dan orang-orang yang membenci aku kubinasakan.
(#18-#42) Mereka berteriak minta tolong, tetapi tidak ada yang menyelamatkan, mereka berteriak kepada TUHAN, tetapi Ia tidak menjawab mereka.
(#18-#43) Aku menggiling mereka halus-halus seperti debu di depan angin, mencampakkan mereka seperti lumpur di jalan.

Penjelasan:

* Allah membuatnya sangat berani dan gagah dalam pertempuran yang harus dihadapinya dan memberinya jiwa yang setara dengan kekuatannya. Jika ada gerombolan yang menghadangnya, dia tidak gentar menghadapi mereka. Dan jika ada tembok menghalanginya, ia tidak segan melompatinya (ay. 30). Begitu juga jika ada benteng atau kubu di depannya, dia tidak ragu untuk memanjatnya. Dengan bantuan ilahi ia pun dapat berdiri di tempat-tempat tinggi yang tadinya dikuasai oleh musuh-musuhnya (ay. 34).

* Allah telah melindunginya dan membuatnya aman, bahkan di tengah-tengah marabahaya. Sering kali dia menyerahkan nyawanya ke dalam tangan-Nya, dan nyawanya pun dipelihara secara ajaib: "Kauberikan kepadaku perisai keselamatan-Mu (ay. 36), dan perisai itu telah melindungi aku dari segala arah. Dengan perisai itu aku telah diselamatkan dari perbantahan rakyat yang berusaha menghancurkanku (ay. 44), terutama dari orang yang melakukan kelaliman" (ay. 49), yaitu Saul, yang lebih dari satu kali berusaha menombaknya.

* Allah telah membuatnya berjaya dalam segala rancangannya. Dialah yang telah membuat jalannya rata (ay. 33) dan tangan kanan-Nya-lah yang menyokong dia (ay. 36).

* Allah telah memberikan kepadanya kemenangan atas musuh-musuhnya, yaitu bangsa Filistin, Moab, Amon dan semua bangsa lain yang melawan Israel: merekalah yang terutama dimaksudkan Daud di sini, tetapi tanpa mengecualikan keluarga Saul yang menentang penobatannya sebagai raja, juga pengikut Absalom dan Seba yang hendak menggulingkannya. Dia terutama menekankan kebaikan Allah kepadanya dalam menundukkan lawan-lawannya, menyatakan bahwa kemenangan demi kemenangan yang diperolehnya bukanlah karena pedang atau busurnya sendiri, atau berkat pasukannya yang gagah perkasa, tetapi karena kebaikan Allah semata: Aku mengejar mereka (ay. 38), Aku meremukkan mereka (ay. 39); sebab Engkau telah mengikat pinggangku dengan keperkasaan (ay. 40). Jika tidak demikian, pastilah aku tidak akan sanggup melakukan itu semua. Segenap pujian di sini dilayangkan kepada Allah: Engkau tundukkan mereka ke bawah kuasaku(ay. 40). Engkau telah memberi kepadaku tengkuk segala seteruku (ay. 41, tl), bukan hanya untuk menginjak-injak mereka (Yos. 10:24), tetapi juga untuk memenggal mereka. Bahkan lebih dari itu, sekalipun orang-orang yang membenci Daud, kekasih Allah itu, sekalipun musuh-musuh bangsa Israel kepunyaan Allah, berseru kepada Tuhan dalam kesesakan mereka, percuma saja, sebab Ia tidak menjawab mereka. Bagaimana bisa mereka berharap Dia akan menjawab seruan mereka padahal Dialah yang mereka tentang? Dan, kala Dia menentang mereka (seperti yang akan dilakukannya kepada setiap orang yang melawan umat-Nya) maka tidak ada kekuatan lain yang dapat menyokong mereka: tidak ada yang menyelamatkan mereka (ay. 42). Orang-orang yang telah ditinggalkan oleh Allah mudah sekali dihancurkan: Aku menggiling mereka halus-halus seperti debu (ay. 43).



SBU

HARI M|NGGU II SESUDAH EPIFANIA
MINGGU, 20 JANUARI 2019
Renungan Pagi
GB 214:1 -Berdoa
TUHAN MEMBERI YANG TEPAT, DALAM KEADAAN SULIT

Mazmur 18:31-37
Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji Tuhan adalah murni;.. (ay.31a).

20 hari sudah kita jalani kehidupan di tahun 2019. Meskipun kalender 2018 sudah berakhir, tatapi tidak berarti masalah yang kita alarni di tahun 2018 telah selesai. Bahkan mungkin masalah tersebut semakin sulit dan berat kita hadapi di tahun 2019 ini. Itulah kehidupan manusia dengan permasalahan dan penyelesaiannya datang silih berganti dalam kehidupan kita, tinggal bagaimana kita memaknainya saat menghadapinya, barsarna Tuhan atau mengandalkan kakuatan dan kemampuan diri.

Pemazmur dalam bacaan Alkitab pagi ini, memberi kesaksian bahwa hidupnya juga berhadapan dengan parsoalan. Namun, dengan berada pada jalan Tuhan dan berpegang pada janji-Nye, ia mendapatkan pertolongan dari-Nya. la pun dapat petunjuk untuk keluar dari pemasaiahan yang dihadapinya, secara khusus disaat berperang melawan musuh-musuhnya, pemazmur memperoleh kemenangan. Pertolongan yang diberikan Tuhan selalu tetap sesuai
apa yang diperlukannya bukan hanya bagi kebutuhan jiwanya, tetapi juga Tuhan memenuhi kebuiuhanjasmaninya. Perbuatan-perbuatan Tuhan ftulah yang meneguhkan iman pemazmur, sehingga ia yakin bahwa jalan Tuhan sernpurna dan janji Tuhan murni. Hal itu yang
dinyatakan pemazrnur dalam ayat 31a. Dengan penyataannya itu pemazmur mengingatkan kita, pembaca tulisannya pada masa kini.

Jika rnenghadapi masaiah atau keadaan diluar harapan kita, jangan membuat kita putus asa dan kehilangan harapan. sehingga tidak bersemangat atau malah ingin mengakhiri hidup. Tetap berjalan pada jalan Tuhan dan berpegang pada janji-Nya sebagai pilihan yang tepat. Pertolongan Tuhan pasti dinyatakan pada kita, tindakan Tuhan tepat sesuai kebutuhan kita pada saat tersulit. Mungkin kita mendengar berbagai tawaran untuk penyelesaian masalah kita, namun ujilah setiap tawaran sejauh mana sesuai jalan Tuhan. Pilihlah untuk tetap setia pada janji Tuhan.

GB.214 : 2,3
Doa : (Tuhan biarlah hikmat-Mu menuntun kami untuk tetap setia pada perintah dan ianji-Mu)



HARI M|NGGU II SESUDAH EPIFANIA
MINGGU, 20 JANUARI 2019
Renungan Malam
GB.252:1,2 -Berdoa
KUASA TUHAN MELEBIHl MASALAHKU

Mazmur 18:38-43
Aku menggiling mereka halus-halus seperti debu dl depan angin, mencarnpakkan mereka seperti lumpur di jalan (ay.43).

Daud asalah seorang pejuang san pemimpin di medan pertempuran, ketika ia menceritakan pertolongan Tuhan baginya di dalam peperangan. Tidak mengherankan bila muncul gambaran
mengerikan seperti yang kita baca di ayat 43. Dengan menceritakan keadaan musuh yang hancur seperti itu, Daud ingin mengatakan bahwa Allah yang disembahnya adalah Allah yang berkuasa oleh karena dapat memberikan kemampuan yang luar biasa kepadanya untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Walaupun dalam gambaran yang diberikan Daud tersebut terlihat keperkasaan Daud, tetapi jeias Daud tidak bermaksud menyombongkan dirinya.

Jikalau Tuhan dapat rnemberikan kernampuan yang luar biasa kepada Daud, mengapa Tuhan tidak dapat memberikan sesuatu yang luar biasa juga kepada kita? Tuhan dapat memberikan kemampuan kepacla kita dalam menghadapi musuh-musuh kita. Persoalannya adalah apakah kita menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan seperti Daud?

Terkadang kita lebih takut terhadap masalah yang kita hadapi dibanding takut pada Tuhan. Kita lebih ketakutan tidak punya uang dari pada tidak punya Tuhan. Begitu melihat besarnya masalah kita sudah kalut dan bingung. Belajar dari Daud, mari kita perteguh lagi keyakinan kita akan kaslh dan setia Tuhan serta karya-karyaNya dalam kehidupan kita. Malam ini sebelum tidur hitunglah berkat Tuhan yang kita alarni sepanjang hari ini, dengan begltu kita semakin kuat dalam irnan percaya kita kepada-Nya.

GB 252:4,5
Doa : (Tuhan, teguhkan iman kami untuk berpegang pada-Mu dalam menghadapi tantangan hidup ini)


Label:   Mazmur 18:38-43 





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 21 JANUARI 2019 - PUJI TUHAN DALAM SEGALA KEADAAN - Mazmur 18:47-51 - MINGGU II SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SABTU, 19 JANUARI 2019 - SUKACITA DALAM KEHIDUPAN BERIMAN - 1 Tesalonika 2:17-20 - MINGGU SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Mazmur

Sinergypro adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Replikasi, Duplikasi Cd, Vcd, Dvd dan juga menangani desain Grafis, Percetakan Offset Printing seperti Cover, buku, Katalog, X-Banner, Spanduk, Umbul-umbul, Kaos dll.

Kami sudah puluhan tahun di bidang ini dan sangat berpengalaman sehingga dengan keahlian yang kami punya berharap dapat memuaskan para pelanggan di dalam kerjasama dengan kami. Kami terus meningkatkan kinerja yang lebih optimal melalui ketepatan waktu, ketelitian dan hasil yang memuaskan





  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    Lagu Kotbah




    songbatak.com-karaoke



    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS, YJ, ADV (Himnario Adventista)*, HC*,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, KPRI, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI



    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)






    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    KAMIS, 31 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 31 JANUARI 2019 - LAKUKAN DENGAN BENAR! - Yakobus 5:4-6 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Tuhan semesta alam, hari penyembelihan, OBSESI AKAN KEKAYAAN
    RABU, 30 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB RABU, 30 JANUARI 2019 - JIKA TUHAN MENGHENDAKI - Yakobus 4:13-17 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 4:13-17 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)
    Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok, Jika Tuhan menghendakinya, Kita di
    SELASA, 29 JANUARI 2019
    Khot bah Ibadah GPIBSELASA, 29 JANUARI 2019 - HIKMAT DAN BUAHNYA - Yakobus 3:17-18 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Yakobus 3:17-18 Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    SENIN, 28 JANUARI 2019
    Khotbah Ibadah GPIB SENIN, 28 JANUARI 2019 - HIKMAT DARI - 1 Korintus 3:18-23 - MINGGU III SESUDAH EPIFANIA
    Penjelasan Ayat Sabda Bina Umat (SBU)

    MINGGU, 27 JANUARI 2019
    MINGGU, 27 JANUARI 2019 - 1 Korintus1:26-31
    Sabda Bina Umat (SBU)


    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,