Save Page
Mazmur 24:7-10
24:7 Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan! 24:8 "Siapakah itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!" 24:9 Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan! 24:10 "Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?" "TUHAN semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan!" Sela

Penjelasan:

* Mzm 24:7-10 - Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang // Supaya masuk Raja Kemuliaan // Tuhan semesta alam // Dialah Raja Kemuliaan
Jalan Masuk Ilahi. Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang. Diceritakan bahwa ambang-ambang pintu atau penutup portal terlalu rendah bagi raja ilahi untuk memasuki gerbang. Supaya masuk Raja Kemuliaan. Perintah kepada para penjaga pintu gerbang itu melambangkan kebenaran bahwa kehadiran Allah akan jelas. Kemudian, ajakan untuk mengenal Raja ini dinyanyikan oleh kelompok lainnya atau oleh orang yang ada di atas tembok kota. Suara jawaban yang kuat itu sangat mungkin adalah tanggapan jemaat, yang jelas mengenal Raja ini sebagai Tuhan. Sesudah perintah dan ajakan kedua maka terdengarlah jawaban yang jelas - Tuhan semesta alam (Yahweh Sebăôt), Dialah Raja Kemuliaan.

* Raja Kemuliaan (24:7-10)
Apa yang sudah diucapkan sekali, diucapkan kembali untuk kedua kali dalam ayat-ayat ini. Pengulangan seperti itu sudah biasa dalam nyanyian, dan kita menemukan banyak keindahan di dalamnya. Inilah,

    1. Seruan untuk masuk yang berulang kali ditujukan kepada Raja Kemuliaan. Pintu-pintu dan gerbang-gerbang harus segera dibuka, dibuka lebar-lebar, untuk membiarkan-Nya masuk, karena lihatlah, Dia berdiri di depan pintu dan mengetuk, siap untuk masuk.
    2. Pertanyaan yang berulang kali diajukan tentang Raja perkasa ini, yang di dalam nama-Nya orang-orang meminta masuk: Siapakah itu Raja Kemuliaan? Sama seperti ketika orang mengetuk pintu kita, kita biasa bertanya, "Siapa itu?"
    3. Jawaban yang berulang kali diberikan tentang Raja yang diharuskan masuk ini: TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan, TUHAN semesta alam (ay. 8, 10).

Perhatikanlah:
    I. Cara masuk yang demikian megah yang digambarkan di sini mungkin merujuk pada perarakan khidmat ketika tabut perjanjian dibawa ke dalam kemah Daud yang khusus didirikan untuk tabut itu, atau ke dalam Bait Salomo yang dibangun untuknya. Karena, ketika Daud mempersiapkan bahan-bahan untuk membangun tempat bagi tabut itu, pantas juga baginya untuk mempersiapkan mazmur untuk dipersembahkan untuknya. Para penjaga pintu diminta untuk membukakan pintu, dan pintu-pintu itu disebut pintu-pintu yang berabad-abad, karena pintu-pintu itu lebih tahan lama dibandingkan dengan pintu kemah, yang hanya berupa sebuah tirai. Mereka diajar untuk bertanya, "Siapakah itu Raja Kemuliaan?" Dan orang-orang yang menggotong tabut perjanjian diajar untuk menjawab dengan perkataan yang ada di hadapan kita, dan ini sangat cocok, karena tabut perjanjian merupakan lambang atau pertanda hadirat Allah (Yos. 3:11). Atau jawaban itu dapat juga dipandang sebagai sebuah perkataan puitis yang dirancang untuk menggambarkan tokohnya dengan cara yang lebih menyentuh hati. Allah, dalam firman dan ketetapan-ketetapan-Nya, memang selayaknya disambut oleh kita dengan cara yang demikian,
        1. Dengan segenap kesediaan hati: pintu-pintu dan gerbang-gerbang harus segera dibuka bagi-Nya. Biarlah firman Tuhan masuk ke dalam bagian yang paling dalam dan paling utama dalam jiwa kita. Dan, seandainya kita memiliki enam ratus leher, kita harus menundukkan semuanya di bawah wewenang firman Tuhan itu.
        2. Dengan segala rasa hormat, sambil mengingat betapa besarnya Allah yang dengan-Nya kita sedang berurusan, ketika kita datang mendekat kepada-Nya.
    II. Tidak diragukan lagi bahwa pernyataan ini menunjuk pada Kristus, yang dilambangkan oleh tabut perjanjian itu, beserta tutup pendamaiannya.
        1. Kita dapat menerapkannya pada kenaikan Kristus ke sorga dan sambutan yang diterima-Nya di sana. Setelah Dia menyelesaikan pekerjaan-Nya di bumi, Dia naik dengan awan-awan dari langit (Dan. 7:13-14). Gerbang-gerbang sorga pasti terbuka bagi-Nya pada waktu itu, yaitu pintu-pintu yang sebenarnya yang disebut dengan pintu-pintu yang berabad-abad, yang telah ditutup bagi kita, untuk menjaga jalan menuju pohon kehidupan (Kej. 3:24). Juruselamat kita menemukan pintu-pintu itu tertutup, namun, karena Dia sudah mencurahkan darah-Nya sebagai penebusan dosa dan memperoleh hak untuk masuk ke dalam tempat yang kudus (Ibr. 9:12) sebagai orang yang berkuasa untuk itu, maka Dia menuntut untuk masuk, bukan hanya untuk diri-Nya sendiri melainkan juga untuk kita. Karena, sebagai Pendahulu, Dia telah masuk bagi kita dan membukakan Kerajaan Allah bagi semua orang percaya. Bukan hanya kunci-kunci neraka dan maut, melainkan juga kunci-kunci sorga dan hidup harus diserahkan ke dalam tangan-Nya. Karena cara kedatangan-Nya begitu megah, para malaikat menjadi bertanya, "Siapakah itu Raja Kemuliaan?" Para malaikatlah yang menjaga pintu-pintu gerbang Yerusalem Baru (Why. 21:12). Ketika Anak Sulung dibawa ke dunia atas, semua malaikat harus menyembah Dia (Ibr. 1:6), dan karena itu mereka dikatakan bertanya dengan terheran-heran, "Siapakah Dia? – Apakah Dia ini yang datang dari Bozra dengan baju yang merah (Yes. 63:1-3)? Karena Dia muncul di dunia itu sebagai Anak Domba yang telah disembelih." Dijawab di sini bahwa Dia jaya dan perkasa, perkasa dalam peperangan, untuk menyelamatkan umat-Nya dan menaklukkan musuh-musuh-Nya dan musuh-musuh umat-Nya.
        2. Kita dapat menerapkannya pada masuknya Kristus ke dalam jiwa-jiwa manusia melalui firman dan Roh-Nya, supaya mereka bisa menjadi bait-Nya. Hadirat Kristus di dalam diri mereka seperti kehadiran tabut perjanjian di dalam Bait Allah. Hadirat-Nya itu menguduskan mereka. Lihat, Dia berdiri di muka pintu dan mengetok (Why. 3:20). Gerbang-gerbang dan pintu-pintu hati harus dibukakan bagi-Nya, bukan hanya seperti tamu yang harus dibiarkan masuk, melainkan juga seperti harta milik yang harus diberikan kepada pemiliknya yang sah, setelah hak milik itu diperebutkan. Inilah panggilan dan tuntutan Injil, yakni agar kita membiarkan Yesus Kristus, Sang Raja Kemuliaan, masuk ke dalam jiwa kita, dan menyambut-Nya dengan teriakan-teriakan hosana, diberkatilah Dia yang datang. Agar kita dapat melakukannya dengan benar, maka kita wajib bertanya, "Siapakah itu Raja Kemuliaan?" – untuk mengakrabkan diri kita dengan Dia, yang harus kita percayai, dan yang harus kita kasihi melebihi segalanya. Dan jawabannya sudah tersedia: Dia adalah Yehovah, Yehovah keadilan kita, Juruselamat yang mahamencukupi bagi kita, jika kita menyambut Dia dan menjamu-Nya. Dia jaya dan perkasa. Dia Tuhan semesta alam. Oleh karena itu, kita sendirilah yang akan terancam bahaya jika kita menolak-Nya masuk, sebab Dia mampu membalas penghinaan itu. Dia dapat mendesak masuk, dan mematahkan berkeping-keping dengan tongkat besi-Nya siapa saja yang tidak mau tunduk pada tongkat emas-Nya.
    Dalam menyanyikan mazmur ini, biarlah hati kita dengan gembira menjawab panggilan ini, seperti yang terdapat dalam perkataan pertama dari mazmur berikutnya, "Kepada-Mu, ya TUHAN, kuangkat jiwaku."

SBU

MINGGU ll SESUDAH EPIFANIA
RABU, 23 JANUARI 2019
Renungan Pagi
KJ.424:1,2 -Berdoa
SIAPA YANG LAYAK DATANG KEPADA TUHAN?

Mazmur 24:1-6
"Orang yang bersih tangarmya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan. dan yang tidak bersumpah palsu (ay.4).

Jika kita memperhatikan tata ibadah hari Minggu, maka dalam tata ibadah tersebut terdapat unsur pengakuan dosa. Di dalam bagian ini umat bersatu hati dan dibimbing seorang penatua untuk mengakui segala dosanya dihadapan Tuhan. Dengan mengaku dosa dan memohon pengampunan kepada Tuhan, kita berharap kehadiran kita di rumah-Nya menjadi persembahan diri yang berkenan dihadapanNya.

Mazmur 24:3-4 mencatat persoalan mengenai siapa yang boleh datang kepada Tuhan di tempat kudus-Nya. Jawaban pertanyaan tersebut : penfama, orang yang bersih tangannya, artinya orang yang tidak rnelakukan perbuatan jahat seperti mencuri atau membunuh. Kedua, orang yang murni hatinya maksudnya, orang yang tidak menyerahkan diri kepada kepercayaan yang sia-sia seperti berhafa, mamon dan orang yang tidak merancangkan kejahatan terhadap sesamanya. Di ayat 5 secara khusus dicatat bahwa mereka yang bersih tangan dan murni hati akan rnenerirna berkat dari Tuhan dan keadilan terhadap perkara yang dihadapinya. sehingga memperoleh keselamatan.

Tidak seorang pun luput dari melakukan kesalahan. Berbuat salah dalam tindakan mungkin bisa dikontrol untuk tidak melakukannya, tetapi berbuat salah dalam hati sangat sulit untuk tidak melakukannya. Oleh Karena itu pengakuan dosa kita dihadapan Tuhan pada setiap Minggu bukan hanya pengakuan terhadap dosa-dosa yang kita lakukan, tetapi juga dosa-doaa yang terdapat dalam hati kita manusia. Pengakuan di muiut harus diianjutkan dalam perbuat-
an tiap-tiap hari yang terus berupaya melakukan kehendak Tuhan, maka Tuhan memberkati dan memberi keadilan kepada kita, sehingga kita berbahagia. Kita pun dilayakkan-Nya datang kepada-Nya pada setiap waktu untuk memuji dan berdoa pada-Nya. Buatlah komitmen pagi ini bahwa saya akan menjaga hati dan perilaku saya agar bersih sebagaimana kehendak firman Tuhan.

KJ.424: 3,4
Doa : (Tuhan teguhkan kami agar memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan kehendak Tuhan)


MINGGU ll SESUDAH EPIFANIA
RABU, 23 JANUARI 2019
Renungan Malam
KJ.332:1 -Berdoa
SAMBUTLAH TUHAN DI HATIMU

Mazmur 24:7-10
Angkatlah kepalarnu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatiah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad. supaya masuk Raja Kemuliaan (ay.7).

Pembukaan Asian Games tanggal 18 Agustus 2018 merupakan acara yang spektakuler. Acara tersebut menjadi acara yang penuh kegembiraan dan kemeriahan. Kemeriahan ini menjadi tanda bahwa tuan dan nyonya rumah menyambut dengan penuh sukacita kehadiran para tarnu yang datang. Sekaligus juga menjadi tanda kesiapan tuan dan nyonya rumah urltuk menyelenggarakan acara yang dimaksud. Tentunya dengan acara pembukaan yang-baik,
tuan dan nyonya rumah bersama peserta mendoakan agar seluruh rangkaian acara dapat berlangsung dengan baik pula.

Ayat 7-10 merupakan perenungan raja Daud atas pengalaman mambawa Tabut Perjanjian kembali ke Yerusalem. Dalam perenungannya Daud rnemberikan semangat dan motivasi kepada umat agar bersungguh-suragguh dan penuh kerelaan hati menyambut upacara perayaan kehadiran Tabut Perjanjian di tengah-tengah Israel. Tabut Perjanjian menjadi tanda kehadiran Allah, Sang Raja Kemuliaan dalam kehidupan urnat. Jika Allah berada di tengah-
tengah mereka, maka hidup umat akan diberkati,dilindungi dan dipelihara oleh Allah sendiri.

Tuhan berkenan hadir dalam kehidupan kita, bahkan la berkenan memberikan keselamatan kepada kita melalui Yesus Kristus. Mari buka hati sambut kehadiran-Nya dengan sukacita dan
memberikan hati kita agar senantiasa dituntun oleh kuasa-Nya yang memberikan kekuatan dan penghiburan dalam menghadapi berbagai tantangan dan pergumulan hidup yang datang silih berganti dalam kehidupan kita. Tuhan hadir mernbuat hidup kita berlimpah dengan kasih dan karunia-Nya.

KJ.332 : 2
Doa : (Tuhan, berilah kami hati yang penuh sukacita dan rela untuk didiarni Tuhan dari hari ke hari sampai selamanya)

Label:   Mazmur 24:7-10 



Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

NEXT:
KAMIS, 24 JANUARI 2019 - HUKUMAN TUHAN BAGI PELAKU KECURANGAN - Mazmur 82:6-8 - MINGGU ll SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 22 JANUARI 2019 - PERINTAH TUHAN MENDATANGKAN KEBAIKAN - MINGGU II SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Mazmur




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

    songbatak.com- Top of JUDIKA

    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,