Save Page
Daniel 6:13-19
6:13 (#6-#14) Lalu kata mereka kepada raja: "Daniel, salah seorang buangan dari Yehuda, tidak mengindahkan tuanku, ya raja, dan tidak mengindahkan larangan yang tuanku keluarkan, tetapi tiga kali sehari ia mengucapkan doanya." 6:14 (#6-#15) Setelah raja mendengar hal itu, maka sangat sedihlah ia, dan ia mencari jalan untuk melepaskan Daniel, bahkan sampai matahari masuk, ia masih berusaha untuk menolongnya. 6:15 (#6-#16) Lalu bergegas-gegaslah orang-orang itu menghadap raja serta berkata kepadanya: "Ketahuilah, ya raja, bahwa menurut undang-undang orang Media dan Persia tidak ada larangan atau penetapan yang dikeluarkan raja yang dapat diubah!" 6:16 (#6-#17) Sesudah itu raja memberi perintah, lalu diambillah Daniel dan dilemparkan ke dalam gua singa. Berbicaralah raja kepada Daniel: "Allahmu yang kausembah dengan tekun, Dialah kiranya yang melepaskan engkau!" 6:17 (#6-#18) Maka dibawalah sebuah batu dan diletakkan pada mulut gua itu, lalu raja mencap itu dengan cincin meterainya dan dengan cincin meterai para pembesarnya, supaya dalam hal Daniel tidak dibuat perubahan apa-apa. 6:18 (#6-#19) Lalu pergilah raja ke istananya dan berpuasalah ia semalam-malaman itu; ia tidak menyuruh datang penghibur-penghibur, dan ia tidak dapat tidur. 6:19 (#6-#20) Pagi-pagi sekali ketika fajar menyingsing, bangunlah raja dan pergi dengan buru-buru ke gua singa;

Penjelasan:

* Persekongkolan itu Tampaknya Berhasil. 6:14-18.
Darius ternyata terikat dan tercekik oleh hukumnya sendiri. Dengan demikian, dia menunjukkan bahwa kekuasaannya lebih rendah dibandingkan dengan kekuasaan Nebukadnezar, yang berada di atas hukum. Pemerintahan Darius lebih mendekati cita-cita demokrasi, tetapi tidak semutlak demokrasi bangsa Kasdim. Dalam hal itu pemerintahannya kurang kuat sehingga menggenapi apa yang telah diramalkan melalui bagian yang dari perak dalam nubuat tentang patung pada pasal 2. Perhatikan bahwa kesukaan raja kepada Daniel tidak hilang, dan bahwa iman Daniel juga mengilhami sang raja untuk percaya.

* Jawaban yang Ajaib atas Doa Daniel. 6:19-28.
Seandainya Daniel berdoa untuk dirinya sendiri, maka ayat 22-24 menguraikan jawabannya; seandainya untuk raja, maka ayat 17 dari bagian sebelumnya menunjukkan karya Allah di dalam hatinya; seandainya untuk kemuliaan Allah, maka ayat 25-29 menjadi jawabannya. Iman Zoroastrian dari sang raja merupakan bentuk kepercayaan kafir yang paling mirip dengan monoteisme etik Yahudi. Pernyataan ini berbunyi nyaris seolah-olah dia telah "menemukan." Allah dimuliakan melalui kehancuran musuh-musuh-Nya, melalui pengakuan sang raja, dan melalui penghargaan terhadap hamba-Nya.

* Daniel tidak menggantungkan kehidupan doa dan ibadahnya pada situasi dan kondisi. Baginya ibadah adalah bagian penting dari penampilan utuh seluruh hidupnya. Keyakinan inilah yang tetap membuatnya setia dalam sikap dan keputusan Tuhan Allahnya (16-17). Ia sungguh yakin bahwa Allah yang dilayani dan ditaatinya adalah Allah yang hidup dan berkuasa mengatupkan mulut singa-singa yang buas itu. Keberanian Daniel muncul karena keyakinannya bahwa Allah yang menyertainya adalah Allah yang berkuasa.



SBU

MINGGU II SESUDAH EPIFANIA
SABTU, 26 JANUARI 2019  
Renungan Pagi
KJ. 439:1,2 -Berdoa
JAUHKANLAH IRI HATI

Daniel 6:1-12
Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam ha! ibadahnya kepada Allahnya!"
(ay-6).

Ada sebuah peribahasa lama dan sangat terkenal, peribahasa yang menyatakan bahwa "rumput di rumah tetangga iebih hijau daripada rumput di rumah sendiri.  Peribahasa ini mengungkapkan suatu kenyataan bahwa manusia suka rnenilai seperti ini yang dimiliki orang Iain lebih baik dari pada dipunyai dirinya sendiri. Keadaan ini sering menimbulkan iri hati dan persaingan tidak sehat. Hal seperti itu kita ternukan dalam Daniel 6:1-12.

Ketika Darius, Raja orang Media itu mengetahui kemampuan Daniel yang luar biasa, maka ia ingin menempatkan Daniel sebagai salah seorang dari tiga pejabat tinggi yang akan mengawasi kerja para wakil raja di seluruh wilayah kerajaan. Daniel ditugaskan untuk
mengamankan kekayaan raja, sehingga raja tidak dirugikan. Namun, ada sejumlah orang dalam Kerajaan Darius yang tidak senang dengan rencana raja tersebut, karena mereka iri terhadap Daniel atas jabatan yang dipercayakan raja kepadanya. Iri hati kepada Daniel rnembuat mereka merancangkan suatu perbuatan jahat kepadanya yaitu dengan berupaya mencari kelemahannya untuk menjatuhkannya.

Perasaan iri hati sering muncul dalam hati manusia. Perasaan itu muncul, karena kita tidak memiliki kemampuan seperti yang dimiliki oleh orang lain. Muncullah istilah iri tanda tak rnampu. Namun demikian, ada yang menanggapinya secara positif, tetapi juga ada yang negatif. Secara positif berarti iri hati itu dipakai sebagai energi untuk mernbangun diri menjadi lebih baik. Sebaliknya, secara negatif itu terjadi bila iri hati dipakai sebagai energi untuk
mengalahkan dan menghancurkan orang lain.

Sebagai orang yang percaya kepada Tuhan pakailah rasa iri hati sebagai sumber energi positif untuk berkarya di tengah-tengah dunia ini. Ingatlah, setiap kita diberikan Tuhan karunia-karunia yang berbeda agar dapat saling bekerja sama menghasilkan karya-karya terbaik bagi kehidupan kita bersama di dalam dunia ini.

KJ.439 : 3,4
Doa : (Tuhan tolonglah kami agar dapat menjadikan iri hati sebagai
energi positif dalam berkarya)


MINGGU ll SESUDAH EPIFANIA
SABTU, 26 JANUARI 2019  
Renungan Malam
KJ. 462:1,2 -Berdoa
JADIKANLAH DIRIMU BERARTI

Daniel 6:13-19
Setelah raja mendengar hal itu, maka sangat sedihlah ia, dan ia mencari jalan untuk melepaskan Daniel, bahkan sampai matahari masuk, ia masih berusaha untuk menolongnya. (ay.15)

Drama seri korea berjudul "Jewel in the Palace" mengisahkan perjalanan hidup seoran perempuan bernama Dae Jung Geum yang mengawali karier sebagai pembantu / koki istana hingga menjadi tabib perempuan pertama yang diberi tugas khusus hanya untuk memeriksa, merawat dan mengobati Kaisar. Untuk mencapai kedudukan tersebut, tidak mudah. Perjuangan yang berat harus dilaluinya. Kisah perjuangan Jang Geum yang diceritakan dalam
drama itu memperlihatkan bahwa ia bekerja dengan tanggung-jawab, jujur dan tulus. Kaisar melihat pribadinya yang demikian baik, sehingga rajapun mengambil resiko melawan undang-undang demi memperoleh perawatan dan pengobatan dari Jang Geum, tabib perempuan pertama itu.

Hal yang sama terjadi pada Daniel. Daniel telah membuat Raja Darius bersedih dan berpikir keras agar dapat membebaskan Daniel dari undang-undang yang sudah dibuatnya. Daniel membuat raja Darius berpuasa semalam-malaman dan ia pun tidak mau dihibur oleh penghibur-penghibur istana. Daniel membuat raja Darius sungguh-sungguh memikirkan keselamatan dirinya. Raja Darius bertindak demikian, oleh karena ia menyadari bahwa Daniel adalah aset berharga yang ia miliki dan dapat dipercaya, sehingga ia merasa perlu memperjuangkannya.

Daniel percaya kepada Tuhan dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada-Nya. Tuhan memberikan kemampuan untuk bekerja dengan sangat baik dalam tugas yang dipercayakan kepadanya dan ia melakukannya dengan hati yang jujur dan tulus.

Malam ini sebelum kita beristirahat mari kita renungkan lagi hal-hal yang kita lakukan sepanjang hari ini. Mari kita bertanya pada diri kita, sudahkah kita menjadi seseorang yang berarti bagi sesama dan Tuhan?. Ingatlah, Tuhan memanggil kita untuk menjadi Daniel-Daniel masa kini.

KJ 462:3,4
Dos: (Jadikanlah diri kami ini berarti bagi sesama ciptaan-Mu ya Tuhan)

Label:   Daniel 6:13-19 



Christian Songs
Songs on The Blood of Jesus
HEALING WORSHIP SONGS
Jesus Is Risen Song

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 27 JANUARI 2019 - HIKMAT KRISTUS MENYELAMATKAN MANUSIA - 1 Korintus 1:18-25 - HARI MINGGU Ill SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 25 JANUARI 2019 - TEGAKKAN KEADILAN - Ayub 32:17-22 - MINGGU II SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Daniel




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

    songbatak.com- Top of JUDIKA

    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392
    Preview Swing Tradig




    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, COUPLES FOR CHRIST SONGS (CFC SONGS)*, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни) *, SR *, SP *, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), Puji Syukur, Madah Bakti,
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Lagu Gereja Tiberias Indonesia GTI
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs



    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik


    Minggu, 03 Maret 2019
    JUKLAK DAN TATA IBADAH HUT KE-54 PELKAT PKP GPIB - Minggu, 03 Maret 2019

    Surat Pengantar, Juklak, Petunjuk Teknis IHMPA di Bulan Khusus-PKP, Tata-Ibadah, Pesan MS HUT 54 PKP, Multimedia Pesan H



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)

    Selasa, 2 Juli 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 Juli 2019 - Kisah Para Rasul 5:26-42 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Kisah Para Rasul 5:26-42 Penjelasan Ayat
    Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel
    Senin, 1 Juli 2019
    Senin, 1 Juli 2019 - HUT ke-38 Yapendik GPIB - Kisah Para Rasul 5:12-16 - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat

    Minggu, 30 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 30 Juni 2019 - Kisah Para Rasul 2:41-47 (SGD) - HARI MINGGU II SESUDAH PENTAKOSTA
    Penjelasan Ayat
    Cara hidup jemaat yang pertama, Kedatangan Roh Kudus, Persekutuan Murid-murid
    Sabtu, 29 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 29 Juni 2019 - Hakim-Hakim 11:1-11 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hakim-Hakim 11:1-11 Penjelasan Ayat
    Yefta dan Gilead, Adapun Yefta, orang Gilead itu, adalah seorang pahlawan yang gagah perkasa,
    Jumat, 28 Juni 2019
    Khotbah Ibadah GPIB Jumat, 28 Juni 2019 - Hosea 7:8-16 - MINGGU I SESUDAH PENTAKOSTA
    Hosea 7:8-16 Penjelasan Ayat
    Efraim // mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik

    lagu gereja tiberias indonesi, lagu gereja pikul salib, lagu gereja kemurahan tuhan, lagu gereja semua di mata tuhan, lagu gerejawi, lagu gereja mp3, lagu gereja gki, lagu lagu gereja, lagu gereja nikko, lagu gereja talita doodoh, lagu gereja lama, lagu gereja ntt, lagu gereja, lagu gereja kasih nama yesus, lagu gereja terbaru, lagu gereja suka cita, lagu gereja anak, , lagu gereja ya bapa, anugrahmu, lagu gereja tua, lagu gereja katolik, lagu gereja advent, lagu gereja hkbp, lagu gereja nikita, lagu gereja biak, lagu gereja batak, lagu gereja manado, agu gereja katolik cintamu, lagu gereja indonesia, lagu gereja yang mudah, lagu gereja katolik anak anak, lagu gereja terbaik dan terpopuler, lagu gereja nainggolan sisters, lagu gereja kidung jemaat, lagu gereja katolik bagai rajawali, lagu gereja anak kristen,