Save Page
Filipi 2:5-11
2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. 2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, 2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, 2:11 dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Penjelasan:


* Flp 2:5 - Hendaklah ... menaruh pikiran // Kristus Yesus. 6. Yang walaupun dalam rupa Allah // rupa // keadaan
Hendaklah ... menaruh pikiran. Lebih tepat lagi jika diterjemahkan menjadi Pertahankan sikap batin terhadap sesamamu sebagaimana telah diteladankan (kata kerjanya harus ditambahkan) oleh Kristus Yesus. 6. Yang walaupun dalam rupa Allah. Lebih tepat jika diterjemahkan menjadi Sekalipun di dalam keadaan-Nya sebelum berinkarnasi memiliki sifat-sifat hakiki Allah, kesetaraan dengan Allah itu tidak dianggap-Nya harga yang harus dipertahankan untuk kepentingan-Nya (menganggap harpagmos sebagai pasif). Morphe, rupa di dalam ayat 6 dan 7 menunjukkan suatu ungkapan permanen tentang sifat-sifat hakiki, sedangkan schema, keadaan (ay. 8) mengacu kepada penampilan lahiriah yang bisa berubah-ubah.

* Flp 2:7 - Melainkan telah mengosongkan diri-Nya // mengambil rupa seorang hamba // rupa // dan menjadi sama dengan manusia
Melainkan telah mengosongkan diri-Nya. Ekenosen bukan dimaksudkan sebagai kiasan (yaitu, bahwa Dia membuang semua sifat ilahi-Nya), tetapi sebuah "ungkapan yang jelas tentang penyangkalan diri-Nya yang mutlak" (M. R. Vincent, A Critical and Exegetical Commentary on the Epistles to the Philippians and to Philemon, hlm. 59). Perhatikan penyebutan Yesaya 53:12, "ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut." Kristus mengosongkan diri-Nya dengan mengambil rupa seorang hamba (pemakaian kata morphic, rupa di sini menunjukkan kesungguhan dari kedudukan-Nya sebagai hamba) dan menjadi sama dengan manusia. Berbeda dengan Adam pertama, yang melakukan tindakan sia-sia untuk mencapai kesetaraan dengan Allah (Kej. 3:5), Yesus, Adam terakhir (I Kor. 15:47), merendahkan diri-Nya dan di dalam ketaatan menerima peran sebagai hamba yang Menderita.

* Flp 2:8 - salib // mati di kayu salib sekalipun // Ia telah merendahkan diri-Nya
Tindakan merendahkan diri secara sukarela tidak berhenti pada inkarnasi saja tetapi berlanjut sampai pada kedalaman-kedalaman yang memalukan, yaitu mati di kayu salib. Dibuangnya artikel sebelum staurou, salib menekankan sifat yang memalukan dari kematian itu - bahkan mati di kayu salib sekalipun. (Tentang pandangan orang Romawi mengenai penyaliban bandingkan Cicero, In Verrem, 5.66). Ia telah merendahkan diri-Nya. Dia mengesampingkan segala hak dan kepentingan pribadi untuk memastikan kesejahteraan orang lain.

* Flp 2:9 - Allah sangat meninggikan Dia // dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama
Akibatnya, Allah sangat meninggikan Dia (Kenaikan-Nya ke surga dan kemuliaan di sana) dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama (bisa TUHAN, kurios, nama Allah dalam Perjanjian Lama atau dipahami menurut pengertian Ibrani sebagai menunjuk kepada kedudukan dan martabat). Ayat 9-11 merupakan jawaban bagi ayat 6-8, dan secara paling jelas diterangkan dalam konteks ini (nasihat yang disela dilanjutkan kembali dalam 2:12) sebagai sisa dari kidung yang pada mulanya dikutip untuk penekanan bait pertamanya.

* Flp 2:10 - dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi
Dengan mengutip dari Yesaya 45:23, di mana Tuhan menubuatkan bahwa ibadah universal pada suatu hari akan dipersembahkan kepada-Nya, penulis mengemukakan bahwa dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi. Ungkapan ini merupakan suatu pernyataan tentang universalitas dan jangan dipaksakan untuk mendukung berbagai teori yang rumit mengenai penggolongan.

* Flp 2:11 - mengaku // segala lidah // Yesus Kristus adalah Tuhan

Kata kerja majemuk dari mengaku (exomologeo) bisa berarti "mengaku dengan ucapan syukur" walaupun ini akan tampak aneh apabila segala lidah itu mencakup baik mereka yang terhilang maupun yang diselamatkan. Yesus Kristus adalah Tuhan merupakan pengakuan iman yang paling dini dari Gereja mula-mula (bdg. Rm. 10:9; I Kor. 12:3). Ketuhanan Kristus merupakan inti kekristenan.

* Di sini ada sebuah pola Injil yang dikemukakan supaya kita tiru, dan itu merupakan teladan Tuhan kita Yesus Kristus. Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus (ay. 5). Perhatikan, orang Kristen harus memiliki pikiran Kristus. Kita harus memiliki kehidupan yang menyerupai kehidupan-Nya, apabila kita ingin memperoleh manfaat dari kematian-Nya. Jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus (Rm. 8:9). Nah, seperti apakah pikiran Kristus itu? Dia luar biasa rendah hati, dan inilah yang khususnya harus kita pelajari dari Dia. Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati (Mat. 11:29). Apabila kita rendah hati, tentulah kita menjadi sehati sepikir. Dan jika kita seperti Kristus, tentulah kita akan rendah hati. Kita harus melangkah di dalam roh yang sama dan di dalam jejak yang sama dengan Tuhan Yesus, yang merendahkan diri sampai menderita dan mati bagi kita. Bukan hanya untuk memuaskan keadilan Allah dan membayar harga untuk membebaskan kita, melainkan juga untuk memberi teladan bagi kita, supaya kita dapat mengikuti jejak-Nya. Nah, di sini kita temukan dua kodrat dan dua keadaan Tuhan kita Yesus. Dapat dilihat bahwa Rasul Paulus, setelah mendapat kesempatan untuk membicarakan Tuhan Yesus serta pikiran yang ada di dalam diri-Nya, menggunakan kesempatan itu untuk lebih jauh lagi membicarakan pribadi-Nya, dan memberikan gambaran khusus tentang diri-Nya. Ini adalah topik yang menyenangkan, dan seorang pelayan Injil tidak boleh beranggapan bahwa ia tidak punya kesempatan ketika menjumpai kesempatan itu. Setiap kesempatan yang cocok harus segera dimanfaatkan.

    1. Di sini diceritakan tentang dua kodrat Kristus, yaitu kodrat ilahi-Nya dan kodrat manusiawi-Nya.
        (1) Berikut adalah kodrat ilahi-Nya. Yang walaupun dalam rupa Allah (ay. 6), memiliki kodrat ilahi, sebagai Anak Allah yang tunggal dan kekal. Ini sejalan dengan 1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah. Ini sama maknanya dengan menjadi gambar Allah yang tidak kelihatan (Kol. 1:15), dan cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah (Ibr. 1:3). Ia tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan (KJV: sebagai perampokan – pen.). Kristus tidak berpikir diri-Nya bersalah telah merebut apa yang bukan milik-Nya, atau pura-pura memiliki hak orang lain. Ia berkata, Aku dan Bapa adalah satu (Yoh. 10:30). Berpura-pura setara dengan Allah, atau mengaku diri satu dengan Allah merupakan perampokan terbesar yang dapat dilakukan oleh manusia biasa atau makhluk biasa yang mana pun. Bagi manusia, ini adalah merampok Allah, bukan mengenai persepuluhan dan persembahan, melainkan mengenai hak-Nya sebagai Allah (Mal. 3:8). Beberapa orang menafsirkan dalam rupa Allah – en morphē Theou hyparchōn, sebagai penampakan-Nya dalam kemuliaan ilahi yang agung kepada nenek moyang dan kepada orang Yahudi di dalam Perjanjian Lama, yang sering kali disebut sebagai kemuliaan dan Shekinah. Kata ini digunakan dengan makna tersebut oleh Septuaginta, dan di dalam Perjanjian Baru. Kristus menampakkan diri kepada kedua murid itu, en hetera morphē – dalam rupa yang lain (Mrk. 16:12). Metemorphōthē – Ia berubah rupa di hadapan mereka (Mat. 17:2). Dan Ia tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Ia tidak mencengkeram dengan serakah, ataupun mengingini dan berusaha supaya terlihat ada di dalam kemuliaan itu. Ia mengesampingkan kemegahan keadaan-Nya yang sebelumnya ketika Ia berada di muka bumi, yang dianggap sebagai suatu pernyataan tersendiri, ouk harpagmon hēgēsato. Vid. Bishop Bull's Def. cap. 2 sect. 4 et alibi, dan Whitby in loc.
        (2) Kodrat manusiawi-Nya. Ia menjadi sama dengan manusia, dan dalam keadaan sebagai manusia. Ia sungguh dan sepenuhnya manusia, mendapat bagian dalam darah dan daging kita, tampil dalam kodrat dan kebiasaan manusia. Dan Dia mengambil kodrat manusia dengan sukarela. Itu merupakan tindakan-Nya sendiri, dan dilakukan dengan persetujuan-Nya sendiri. Kita tidak dapat berkata demikian mengenai bagian kita di dalam kodrat manusia. Di sini Ia mengosongkan diri-Nya sendiri, melepaskan diri dari kehormatan dan kemuliaan dunia atas, serta dari keadaan-Nya yang sebelumnya, untuk mengenakan pada diri-Nya sendiri kain kotor berupa kodrat manusia. Dalam segala hal Dia sama dengan kita (Ibr. 2:7).
    2. Di sini diceritakan tentang dua keadaan Kristus, yaitu perendahan dan peninggian-Nya.
        (1) Keadaan-Nya yang direndahkan. Kristus tidak hanya mengambil rupa dan keadaan seorang manusia, tetapi juga rupa seorang hamba, yaitu, manusia yang hina. Kristus bukan hanya hamba Allah yang sudah dipilih oleh Allah, melainkan juga datang untuk melayani manusia, dan hidup di antara mereka sebagai seorang yang melayani di dalam keadaan hina dan rendah. Orang akan menyangka bahwa jika Tuhan Yesus menjadi manusia, tentulah Ia akan menjadi seorang pangeran, dan tampil dalam kemegahan. Namun justru sebaliknya: Ia mengambil rupa seorang hamba. Yesus dibesarkan secara sederhana, mungkin turut mengerjakan pekerjaan orang yang dianggap sebagai ayah-Nya. Seluruh hidup-Nya adalah hidup yang sangat rendah, hina, miskin, dan nista. Ia tidak memiliki tempat untuk meletakkan kepala-Nya, hidup dari sedekah, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan, tidak tampil dengan kemegahan lahiriah, atau memiliki tanda yang membedakan-Nya dari orang lain. Inilah keadaan rendah dari hidup-Nya. Namun tahapan yang paling rendah dalam kehinaan-Nya adalah kematian-Nya di kayu salib. Ia taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Ia tidak hanya menderita, tetapi juga sepenuhnya taat secara sukarela. Ia merendahkan diri di bawah hukum yang mengatasi-Nya sebagai Pengantara, dan oleh hukum itu Dia ditetapkan untuk mati. Aku berkuasa memberikan nyawa-Ku dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku (Yoh. 10:18). Dan Dia takluk kepada hukum Taurat (Gal. 4:4). Ada sebuah penekanan terhadap cara kematian-Nya, yang mengandung di dalamnya segala keadaan yang mungkin yang merendahkan diri-Nya. Bahkan sampai mati di kayu salib, sebuah kematian yang terkutuk, menyakitkan, dan memalukan, sebuah kematian yang dinyatakan terkutuk oleh hukum Taurat (Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib). Kematian yang penuh rasa sakit perih, tubuh dipaku sampai menembus bagian-bagian saraf (tangan dan kaki), dan seluruh berat badan-Nya tergantung pada kayu salib. Dan ini merupakan kematian seorang penjahat dan seorang budak, bukan seorang yang merdeka, dipertontonkan di depan umum. Begitu direndahkannya Yesus yang mulia itu.
        (2) Peninggian-Nya. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia. Dia ditinggikan sebagai upah karena telah direndahkan. Karena Dia merendahkan diri-Nya, maka Allah meninggikan Dia. Dan Allah sangat meninggikan Dia, hyperypsōse, mengangkat Dia tinggi melampaui segalanya. Allah meninggikan seluruh Pribadi-Nya, baik dalam kodrat-Nya yang manusiawi maupun yang ilahi. Karena Dia dikatakan berada dalam rupa Allah sekaligus dalam keadaan sebagai manusia. Sehubungan dengan kodrat ilahi-Nya, maka peninggian-Nya hanya berupa pengakuan atas semua hak-Nya, atau untuk penunjukkan dan penampilan kemuliaan yang Dia miliki di hadirat Bapa sebelum dunia ada (Yoh. 17:5), bukan pemerolehan akan kemuliaan yang baru. Karena itulah dikatakan bahwa Bapa sendiri juga ditinggikan. Jadi, peninggian yang sesuai adalah berkenaan dengan kodrat manusiawi-Nya, yang sebenarnya mampu dilakukan-Nya sendiri, walaupun karena ada hubungan dengan kodrat ilahi-Nya. Di sini peninggian-Nya terdiri dari hormat dan kuasa. Berupa hormat, supaya Dia memiliki nama di atas segala nama, suatu gelar kehormatan yang melebihi segala makhluk, manusia dan malaikat. Dan berupa kuasa, yaitu supaya semua bertekuk lutut di hadapan-Nya. Seluruh makhluk harus tunduk kepada-Nya: segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, para penghuni sorga dan bumi, yang hidup dan yang mati. Dalam nama Yesus, bukan pada bunyi nama tersebut, melainkan pada kekuasaan Yesus. Semua harus memberikan penghormatan dengan khidmat. Selain itu, supaya segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," setiap bangsa dan bahasa harus secara terbuka mengakui kerajaan semesta yang dimiliki Sang Penebus yang ditinggikan, dan bahwa kepada-Nya telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi (Mat. 28:18). Perhatikan betapa luar biasa luasnya kerajaan Kristus. Kerajaan-Nya menjangkau sorga dan bumi, mencakup setiap makhluk di kedua tempat itu, termasuk malaikat dan manusia, dan orang mati maupun yang hidup. Bagi kemuliaan Allah, Bapa. Amatilah, adalah bagi kemuliaan Allah, Bapa, bahwa Yesus Kristus diakui sebagai Tuhan. Sebab, merupakan kehendak-Nyalah supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa (Yoh. 5:23). Penghormatan apa pun yang diberikan kepada Kristus tertuju juga kepada Bapa. Barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku (Mat. 10:40).


Label:   Filipi 2:5-11 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Minggu, 02 Juni 2019 - Khotbah: Daniel 3:21-29 - Epistel: Yohanes 14:15-26 - EXAUDI

PREV:
Minggu, 26 Mei 2019 - ROGATE - Khotbah: Lukas 11:1-13 - Epistel: Mazmur 102:2-3;13-23

Garis Besar Filipi





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Juli - Yeremia 13; Mazmur 13,14

Hari ini, 23 Juli - Maz 85:5-11, Ezra 3-4, Kis 23:12-35, Ams 21:8-9

Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB
MARS YAPENDIK GPIB | Lirik dan Video Lagu - MINGGU, 14 JULI 2019




Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Senin, 22 Juli 2019
Redeemed - Influence Music

Senin, 22 Juli 2019
Dancing on Top of the World - The Afters

Senin, 22 Juli 2019
Fighter - Danny Gokey

Senin, 22 Juli 2019
Misfits - Apollo LTD

Senin, 22 Juli 2019
Step Into Love - Tedashii, Sarah Reeves

Senin, 22 Juli 2019
Use My Life - Aline Barros

Senin, 22 Juli 2019
King of Heaven - Mack Brock

Senin, 22 Juli 2019
Here I Am - North Point InsideOut, Kaycee Hines

Senin, 22 Juli 2019
Every Good Thing - For All Seasons

Senin, 22 Juli 2019
Honest - We Are Messenger

Senin, 22 Juli 2019
New Day - Danny Gokey

Senin, 22 Juli 2019
Just A Vapor - Branan Murphy

Senin, 22 Juli 2019
Perfectly - Branan Murphy

Senin, 22 Juli 2019
For Worse or Better - Stars Go Dim

Senin, 22 Juli 2019
Testify - Social Club Misfits ft. Crowder

Senin, 22 Juli 2019
Weakness - Dan Bremnes

Senin, 22 Juli 2019
Symphony - Newsboys

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



renungan harian Kristen arti sepadan,   pengkhotbah 7 ayat 11 sampai 12,   khotbah amsal 10 1 7,   instrumen buku ende,   instrumen buku ende,   santapan harian dr mazmur 119:17-32,   santapan harian dr mazmur 119:17-32,   lagu yang cocok untuk penutup ibadah,   www.download lagu rohani nada latuhari.com,   khotbah imamat 26 1-13,   Download lagu apapun yang terjadi didalam hidupku ini selalu ku katakan tuhan yesus baik,   khotbah imamat 26 1-13,   bahan khotbah kristen kisah para rasul 18 1 17,   bahan khotbah kristen kisah para rasul 18 1 17,   renungan imamat 26:1-13,   khotbah amos 7 : 1 - 3,   khotbah yeremia 31 16,   lagu penutup ibadah,   renungan dari Mazmur 29:1-11,   lagu penutup ibadah,   khotbah dalam kolose 1 15 23,   kumpulan kotbah kitah yohanes,   renungan imamat 26:1-13,   renungan Ulangan 6 :16-25,   judul lagu sekolah minggu gki hom hom,   kis 14:21-28,   renungan amsal 4:13-27,   lagu pernikahan Rohani kristen,   bahan khotbah gbkp bekasi - denpasar tgl 28 Juli 2019,   renungan kisah pararasul 8:4-25,   doa berkat penutup ibadah,   songwriter berkatilah keluargaku,   songwriter keluarga hidup indah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   tafsiran alkitab mazmur 36,   not angka pkj 255,   not angka pkj 255,   naot angka pkj 255,   kidung keesaan damai di dunia,   lirik mnr2 76,   kolose 1 15-23,   lirik nr 76 ,   lirik nr 76 ,   kotbah kisah para rasul 18 :24-28,   khotbah kolose 1 18,   lagu rohani bersyukur,   khotba imamat 26;1-13,   materi khotbah ulangan 6:16-25,   lirik nr 76,   materi hotbah ulangan 1:16-25,   Jamita Minggu Panguhum 7:2-9,   lirik nr 76 ,   lirik nr 76 ,   yang kunanti datangmu lagu rohani download gratis,   khotbah ulangan 6 : 6- 9,   khotbah ulangan 6 : 6- 9,   kolose 1 15-23,   lagu rohani tentang teladan,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   renungan imamat 26:1-13,   jamita hakim-hakim 7:2-9,   khotbah kejadian 37:12-36,   Baca dan renugan minggu 2019 yohanes 6:1_15 yesus memberi makan lima ribu orang,   Bacaan dan renugan minggu pagi 2019 yohanes 6:1_15,   Bacaan dan renugan minggu pagi 2019 yohanes 6:1_15,   gunung di israel,   gunung di israel,   jamita panguhum 7:2-9 bahasa batak,   jamita panguhum 7:2-9 bahasa batak,   Hakimhakim 7,2-9.,   lagu penutupan ibadah,   kolose 1:7-2:5,   renungan kaum bapak tentang efesus 5:14-17,   lagu rohani pengutusan,   lagu praise gms,   khotbah hut 2019,   lagu praise gms,   download lagu ketika hatiku tlah disakiti mp3,   download lagu ketika hatiku tlah disakiti mp3,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   khotbah dari ulangan 6 : 16 - 25,   pujian syukur awal ibadah,   nyanyian rohani,   lagu sudah ku dapat sayang tuhan,   khotbah yakobus 1 2-12,   khotbah roma 3:1-8,   Ilustrasi Hakim-Hakim 7:2-9,   lagu untuk memberikan kolekte kristen,   renungan amos 5 : 24,   Kotbah Imamat 26:1-17,   download musik rohani let shine mp3,   mp3 untuk pkj 163,   dowenload lagu walau hanya sebentar tolong,   dowenload lagu walau hanya sebentar tolong,   download lagu gereja,   gita bakti 244 download mp3,   gita bakti 244 download mp3,   bahan khotbah imamat 26,   doa persembahan dlm perjamuan kudus,   kisah para rasul 14: 26-26,   Ilustrasi Hakim-Hakim 7:2-9,   lagu mars pelkat PA GPIB,   mars pa gpib,   ilusttasi renungan yakobus 12:2-12,   free download lagu ku kagum akan kasihmu tuhan true worship,   nun gusti nu sipat,   ilustrasi khotbah yakobus 1 2-8,   khotbah imamat 26:1-13 untuk ulang tahun,   khotbah Yakobus 1:2-12,   khotbah yakobus1 :2-12,   renungan mazmur 119:1-3,   renungan mazmur 119:1-3,   tafsiran Yakobus 1:2,   Jakobus 1:2-12,   chord bunga-bunga yang di padang,   Jamita Evangelium minggu 21 juli 2019,   kidung ceria,   mp3 kidung.pujian,   mp3 kidung.pujian,   Renungan dari kitab penghotbah 5:9-19,   nyanyian rohani 137,   nyanyian rohani 136 :1,   nyanyian rohani 5 :7,   nyanyian rohani no 5,   ayat alkitab tentang persembahan kasih,   ayat persembahan syukur,   Renungan utk sekolah minggu,   Renungan utk sekolah minggu,   Khotbah kristen dari kitab yesaya 55:1-5,   khotbah 1petrus 2:6-8,   kunci.gitar lagu rinduka kau hari ini bagi smua berkatmu,   2:1-8 Tetapi engkau, beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat:,   khotbah 1 korintus 3 16-17,   ayat emas alkitab hari minggu,   kunci gitar lagu firman allah jayalah,   Khotbah tentang Yohanes 6 : 1 - 15,   Khotbah tentang Yohanes 6 : 1 - 15,   khotbah Yakobus 1:2-12,   bahan jamita jakobus :2 :2-12,   nyanyian rohani no 136,   cerita alkitab di 2 tesalonika 3:1-5 untuk anak sekolah minggu,   cerita alkitab di 2 tesalonika 3:1-5 untuk anak sekolah minggu,   khotbah tentang berkat tuhan imamat 26:1-13,   khotbah tentang berkat tuhan imamat 26:1-13,   khotbah tentang berkat tuhan imamat 26:1-13,   lagu pujian pantekosta,   download lagu mendengar suaramu lagu rohani mp3 gratis,   download lagu mendengar suaramu lagu rohani mp3 gratis,   download lagu mendengar suaramu lagu rohani mp3 gratis,   khotbah minggu 16 juni 2019,   ulangan 6"16-25,   2 Korintus 6 : 1-10,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19,   Jamita jakobus 1:2-12 langsung sitorus,   khotbah lukas 8:40-56,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19,   lagu rohani mp3,   khotbah minggu 21 Juli 2019,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19,   nkb beserta not nya,   doa persembahan,   doa persembahan,   nkb beserta not nya,   lagu rihani kristen yang menyentuh,   Khotbah pengkhotbah 5:9-19,