Save Page
Hakim-Hakim 10:10-18
10:10 Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, katanya: "Kami telah berbuat dosa terhadap Engkau, sebab kami telah meninggalkan Allah kami lalu beribadah kepada para Baal." 10:11 Tetapi firman TUHAN kepada orang Israel: "Bukankah Aku yang telah menyelamatkan kamu dari tangan orang Mesir, orang Amori, bani Amon, orang Filistin, 10:12 orang Sidon, suku Amalek dan suku Maon yang menindas kamu, ketika kamu berseru kepada-Ku? 10:13 Tetapi kamu telah meninggalkan Aku dan beribadah kepada allah lain; sebab itu Aku tidak akan menyelamatkan kamu lagi. 10:14 Pergi sajalah berseru kepada para allah yang telah kamu pilih itu; biar merekalah yang menyelamatkan kamu, pada waktu kamu terdesak." 10:15 Kata orang Israel kepada TUHAN: "Kami telah berbuat dosa. Lakukanlah kepada kami segala yang baik di mata-Mu. Hanya tolonglah kiranya kami sekarang ini!" 10:16 Dan mereka menjauhkan para allah asing dari tengah-tengah mereka, lalu mereka beribadah kepada TUHAN. Maka TUHAN tidak dapat lagi menahan hati-Nya melihat kesukaran mereka. 10:17 Kemudian bani Amon dikerahkan dan berkemah di Gilead, sedang orang Israel berkumpul dan berkemah di Mizpa. 10:18 Maka para pemimpin bangsa di Gilead berkata seorang kepada yang lain: "Siapakah orang yang berani memulai peperangan melawan bani Amon itu? Dialah yang harus menjadi kepala atas seluruh penduduk Gilead."

Penjelasan:

* Hak 10:10 - Kami telah berbuat dosa terhadap Engkau
Kami telah berbuat dosa terhadap Engkau. Pada saat mereka tertindas bani Israel mengakui dosa mereka terhadap Allah. Dengan menyembah para Baal mereka telah melanggar perjanjian; dan oleh karena itu mereka menafsirkan kekuatan dari musuh-musuh mereka sebagai tangan Allah yang menghajar mereka.

*  Hak 10:11-12 - Bukankah Aku yang telah menyelamatkan kamu? // dari tangan orang Mesir, // orang Amori // bani Amon // orang Filistin (3:31), orang Sidon // suku Amalekh // suku Maon
Bukankah Aku yang telah menyelamatkan kamu? Tidak diragukan lagi bahwa yang berbicara di sini adalah seorang nabi atau seorang juru bicara lain yang dibangkitkan oleh Allah untuk mengingatkan umat tersebut tentang pertolongan Allah pada masa yang lalu. Allah bukan hanya telah melepaskan mereka dari tangan orang Mesir, namun Dia juga telah melepaskan mereka dari serangan orang Amori (Bil. 21:21-35), dari bani Amon (3:13) dan dari orang Filistin (3:31), orang Sidon (tidak ada ayat khusus, mungkin termasuk dalam penindasan oleh Yabin, 4:2, 3), suku Amalekh (bersama dengan Eglon, 3:13), dan suku Maon (LXX, orang Midian; tidak ada acuan ayat).

*  Hak 10:14 - Pergi sajalah berseru kepada para allah yang telah kamu pilih itu
Pergi sajalah berseru kepada para allah yang telah kamu pilih itu. Karena Israel telah menolak Tuhan, maka dengan mengejek juru bicara Allah menyuruh mereka meminta tolong kepada dewa-dewa yang telah mereka pilih untuk sembah.

*  Hak 10:15 - Kata orang Israel kepada Tuhan, "Kami telah berbuat dosa . . . " // Lakukanlah kepada kami // baik di mataMu
Kata orang Israel kepada Tuhan, "Kami telah berbuat dosa . . . " Pengakuan dosa merupakan titik balik bagi Israel. Lakukanlah kepada kami segala yang baik di mataMu. Mereka menyerahkan diri sepenuhnya kepada belas kasihan Tuhan.

*  Hak 10:16 - Dan mereka menjauhkan para allah asing dari tengah-tengah mereka // Maka Tuhan tidak dapat lagi menahan hati-Nya melihat kesukaran mereka
Dan mereka menjauhkan para allah asing dari tengah-tengah mereka. Pengakuan dosa disertai dengan membuang segala sesuatu yang menyebabkan mereka berbuat dosa itu. Maka Tuhan tidak dapat lagi menahan hati-Nya melihat kesukaran mereka. Allah tidak bisa lagi berdiam diri dan membiarkan musuh itu menindas umat-Nya (bdg. Yes. 63:9a).

*  Hak 10:17 - Kemudian bani Amon dikerahkan dan berkemah di Gilead, sedang orang Israel berkumpul dan berkemah di Mizpa // Mizpa
Kemudian bani Amon dikerahkan dan berkemah di Gilead, sedang orang Israel berkumpul dan berkemah di Mizpa. Kedua pasukan tersebut saling berhadapan. Israel berkedudukan di Mizpa (menara pengawas), yang mungkin merupakan tempat di mana Yakub dan Laban dahulu mengikat perjanjian (Kej. 31:46-49).

*  Hak 10:18 - Siapakah orang yang berani memulai peperangan melawan bani Amon itu?
Siapakah orang yang berani memulai peperangan melawan bani Amon itu? Orang Gilead membutuhkan seorang pemimpin untuk mengatur pertempuran melawan para penindas mereka itu. Ayat ini merupakan pendahuluan dari kisah mengenai Yefta.

*  Akan tetapi, Israel kemudian menyadari kesalahan mereka (ayat 10). Mereka membuang semua sesembahan mereka dan berbalik kepada Allah. Allah pun tidak tinggal diam. Meski Allah marah atas penyelewengan mereka, tetapi pertobatan mereka membangkitkan belas kasihan-Nya (ayat 16).
Sebelum kita mencemooh Israel karena sikap mereka kepada Allah, mari kita bercermin diri. Tidakkah kita pun sering bersikap sama? Ketika usaha terancam bangkrut, khawatir pasangan hidup berpindah ke lain hati, khawatir penyakit merenggut nyawa, banyak orang yang berpaling dari Tuhan dan mencari sesuatu yang dapat melepaskan mereka dari semua itu. Bila Anda termasuk di dalamnya, jangan pergi lebih jauh lagi. Datanglah kepada Allah. Mohonlah pengampunan dan juga pertolongan-Nya. Belas kasihan-Nya akan turun atas Anda.


SBU

MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA
Senin, 4 Februari 2019
Renungan Pagi
GB.244 -Berdoa
SETIALAH

Hakim-Hakim 10:1-9
Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, dan Ia menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin dan bani Amon. (ay.7)

Tuhan sangat setia dan mengasihi bangsa Israel, namun bangsa Israel menunjukkan sikap yang tidak setia kepada Tuhan. Hakim-Hakim 10:6, sikap orang Israel jelas melakukan yang jahat di mata TUHAN dengan beribadah kepada para Baal. Mereka meninggalkan TUHAN dan tidak berrbadah kepada Tuhan. Sesungguhnya sikap bangsa Israel merupakan gambaran manusia pada umumnya yang sudah menikmat:i kaslh setla dan berkat Tuhan yang beriirnpah. tetapi sering meninggalkan Tuhan.

Mengapa manusia meninggalkan Tuhan? Manusia ingin rnewujudkan keinginannya dengan segera, sehingga seringkali tidak ingin mengikuti proses. Manusia tidak sabar menanti waktu yang lama. Manusia berjuang dan bekerja dengan keras sehingga rnelupakan Tuhan: lupa berdoa, lupa beribadah bahkan Iupa bersyukur. Apa. akbat yang akan diterima karena meninggalkan Tunan?

Bangsa Israel meninggalkan Tuhan, maka TUHAN rnurka sehingga menyerahkan rnereka ke tangan orang Filistin dan bani Amon. Pada zaman sekarang jika meninggalkan Tuhan. rnaka terdapat akibat yang harus ditanggung. Sesuatu yang instan tidak mengikuti proses yang sebenarnya menyebabkan jiwa yang tidak tangguh, sehingga mudah menyerah pada saat rnenghadapi tantangan. Bekerja keras sehingga Iupa berdoa dan Iupa beribadah
menyebabkan jiwa menjadi kosong sehingga tidak kuat menghadapi godaan, iman menjadi kering dan garing sehingga gampang putus asa dan tidak memiliki pengharapan. Akibatnya. stress dan bisa stroke (sakit) dan akhimya stop (meninggal).

Meninggalkan Tuhan menyebabkan akibat yang harus diitangcukup berat, baik materi maupun psikis. Olen karena iiu.marilah kita belajar setla kepada Tuhan, bersedia untuk mengikuti
proses hidup yang sukar, semangat dalam bekeria dan berjuang. sabar menanti jawaban atas doa dan pengharapan. Seiamat memulai hari yang baru.

Doa : (Tuhan, mampukan kami menjaga hati dan menjunjung komitmen iman untuk tidak maninggalkan-Mu)




MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA ‘.
SENIN, 4 FEBRUARI 2019
Renungan Malam
GB.12 : 1,2 -Berdoa
MEMAAFKAN

Hakim-Hakim 10:10-18
"Dan mereka menjauhkan para allah asing dari tengah-tengah mereka, lalu mereka beribadah kepada TUHAN. Maka TUHAN tidak dapat lagi menahan hati-Nya melihat kesukaran mereka." (ay.16)

Meninggalkan Tuhan menyebabkan penderilazrn. Pada posisi terpojok, terjepit. menderita maka bangsa Israel mencari TUHAN dan mengakui bahwa telah berdosa karena meninggalkan Tuhan. serta mengakui bahwa hanya TUHAN yang dapal menolong. Mengapa rnanusia mencari TUHAN?

Pertama. seluruh kehidupan manusia dapat berlangsung karena Tuhan. Bahkan dalam menghadapi tantangan dan pergumulan hidup, masaIah dan penderitaan Tuhan hadir untuk rnemberikan pertolongan. Tuhan berkuasa atas kehidupan manueia. Kedua. Tuhan penuh belas-kasihan terhadap manusia. Tuhan sangat murka dengan tindakan rnanusia yang meninggalkan-Nya. Tuhan menyatakan bahwa IA tak mau lagi menolong (ayat 13-14). Tetapi
ketika bangsa Israel terus mencari Tuhan dan meminta pertolongan Nya. Tuhan tidak dapat menahan hati-Nya meIihat kesukaran bangsa Israel, sehingga Tuhan memberikan pengampunan dan menolong mereka.Tuhan mengampuni karena hati-Nya penuh belas
kasihan.

Sebelum mengakhiri hari ini, kita perlu merenung sejenak. Dalam kehidupan bersarna dengan yang Iain, Ierkadang kita pun ditinggalkan. Hanya diingat ketika memerlukan bantuan. Ibarat pepatah "habis manis sepah dibuang." Tindakan ini menghadirkan kemarahan dan sakit hati yang rnenyebabkan renggangnya hubungan di antara saudara, sahabat bahkan orang tua dan anak. Sebagai orang yang mencari Tuhan karena mengakui dan menyakini bahwa TUHAN menjadi penolong, dan telah menerima pengampunan dari Tuhan, maka sikap yang kita tunjukkan adalah bersedia memaafkan mereka yang telah menyakiti hati. Dengan bersedia memperbaiki sikap untuk membangun relasi yang baik, maka kita bersedia memberlkan pertolongan dengan ikhlas saat diperlukan dan melupakan kesalahan serta sakit hati. Memaafkan dapat meIepaskan kita dari jeral kemarahan yang rnembelenggu, sehingga dapat menjalani hidup dengan damai dan sukacita.

GB.50:1,2
Doa : (Tuhan, mampukan karni menanggalkan kemarahan, kebencian dan dendam terhadap sesama kami}






Label:   Hakim-Hakim 10:10-18 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 5 FEBRUARI 2019 - MENANG - Hakim-Hakim 11:4-11 - MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 3 Februari 2019 - TAKUT KEPADA TUHAN - 1 Samuel 26:1-16 (SGD) - MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Hakim-hakim




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,