Save Page
Yosua 9:26-27
9:26 Demikianlah dilakukannya kepada mereka. Dilepaskannyalah mereka dari tangan orang-orang Israel, sehingga mereka tidak dibunuh. 9:27 Dan pada waktu itu Yosua menjadikan mereka tukang belah kayu dan tukang timba air untuk umat itu dan untuk mezbah TUHAN, sampai sekarang, di tempat yang akan dipilih-Nya.

Penjelasan:

* Perjanjian dengan Catur kota Orang Gibeon (9:1-27).
Iman terancam pada saat umat Allah gagal untuk mengaitkan setiap keputusan mereka dengan kehendak Allah (bdg. 9:14). Dewasa ini orang Kristen perlu waspada terhadap berbagai upaya dari musuh bebuyutan kita (II Kor. 2:11).

* Yos 9:3-27
Kisah ini ternyata sebuah saduran yang dikerjakan sesuai dengan pikiran tradisi Ulangan. Tetapi beberapa tradisi tua dimanfaatkan. Tradisi-tradisi itu tidak lagi dapat dipisahkan dari saduran, namun pasti berasal dari suku Benyamin.- Orang Gibeon tidak hanya mendiami kota Gibeon (el-Jib, di sebelah timur laut Yerusalem), tetapi juga tiga kota lain yang berdekatan yang namanya disebut dalam Yos 8:17. Orang Gibeon yang tidak berbangsa Kanaan tinggal di tengah-tengah bangsa Kanaan, bdk Yos 7:11; 19. Ini menjelaskan mengapa mereka berusaha menggabungkan diri dengan suku-suku Israel. Dan memang sejak dahulu kala ada persekutuan antara orang Gibeon dan orang Israel, hal mana dibuktikan tindakan Daud yang memberi silih kepada penduduk Gibeon, 2Sa 21. tetapi caranya hal itu diceritakan dalam kitab Yosua memperlihatkan pikiran teologis tertentu: Persekutuan semacam itu dianggap bertentangan dengan hukum perang suci, Yos 6:17+. Hanya hukum itu tidak berlaku untuk bangsa-bangsa di luar negeri Kanaan. Ini menjelaskan ceritera lucu mengenai orang Gibeon yang menipu orang Israel. Sumpah yang diangkat tidak dapat dibatalkan lagi.


SBU

MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA
SABTU, 9 FEBRUARI 2019
Renungan Pagi
GB.262:1 -Berdoa
KARENA TUHAN

Yosua 9:16-25
Berkatalah pemimpin-pemimpin itu kepada seluruh umat: "Kami telah bersumpah kepada mereka demi TUHAN, Allah Israel; oleh sebab itu kita tidak dapat mengusik mereka. (ay.19)

Lewat tiga harl. 'gak pake lama' Tuhan mombongkar kebohongan orang Gibeon kepada Yosua dan orsng Israel. Sangat menyakitkan ketlka msngetahui dlbohongi di depsn mata. Bagaimana orang Israel msnghadapi kebohongan orang Gibeon?

Pertama, berdialog. Yosua coba berblcsrs dengan baik dan mengetahui alasan atas sikap berbohong yang dilakukan orang Gibeon. Tindakan inl bukan berarti berloleransi dengan kobohong-an. sekalipun alasan yang diberikan cukup masuk akal. Hukuman atas kebohongan yang dilakukan tstap harus diborlkan. Orang Gibeon dikutuk menjadl hamba pembeiah kayu dan tukang tirnba air. Ksdua. tetap memegang janji karena Tuhan sebagai saksi. Para pemimpin mengambil slkap bijak dengan lstap bsrkomitmen pada janji yang telah diikatkan karsna takut kepada Tuhan.

Kebohongan merupakan perbuatan yang sering tsrjadl dalam kehidupan ini. termasuk dalam keluarga Kristen. Berbohong dsngan alasan terientu. Kebohongan tidak dapat ditutupi dan pasti akan terbongkar dan ketahuan. Kemarahan akan meledak. Pertengkaran hebat akan tarjadi bahksn bisa saja perpisahan. Ssmua ini merupakan akibat dari cara hidup kita yang tidak msngandalkan Tuhan,

Jangan biarkan kesalahsn dan dosa kemudian terus membelenggu karsna sakit hati dibohongi. Yosua dan orang Israel menunjukkan kepada kita bahwa mereka bersedia memaafkan orang Gibeon. Bukan karena orang Gibeonnya tetapi karsna takut kepada Tuhan Klta pun harus bersedia memaafkan : menerima kenyataan bahws mereka telah berbuat kesalahan dan dosa. Bukan hanya saja memaafkan. tstapl jugs melupakan kesalahan, apalagi jika mereka
mengakui kesalahan dan bersedia menanggung hukuman. Damaikan dirl dengan hatl yang terluka karena takut kepada Tuhan, akan, menolong berdamai dengan sesama. Demlkian cara kita dapat  mewujudkan hidup bsrsama dalam damai yang sesungguhnya.

GB 58
Doa : (Tuhan, pulihkan hati kami yang terluka sehingga dapat memaafkan sesama)


MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA
SABTU, 9 FEBRUARI 2019
Renungan Malam
GB.260:1.2 -Berdoa
BERJIWA BESAR

Yosua 9:26-27
Demikianlah dilakukannya kepada mereka. Dilepaskannyalah mereka dari tangan orang-orang Israel, sehingga mereka tidak dibunuh. (ay.26).

Setiap perbuatan memilikl risiko atau konsakuensi. Yosua dan orang Israel mengingat parjanjian dengan orang Gibeon, sehigga walaupun dibohongi orang-orang Israel harus melepaskan mereka. Sebagai akibat dari kebohongan yang dilakukan, maka orang
Gibeon harus menjadi tukang belah kayu dan tukang tirnba air untuk umat dan mezbah Tuhan.

Tidak semua orang bersedia menarima konsekuansi negatif atas pilihan atau perbuatannya. Kebanyakan orang melemparkan kesalahan tersebut kepada orang lain dan malarikan diri sehingga terbebas dari hukuman. Narnun, ada juga beberapa orang yang bersedia berhadapan dengan konsekuensi tersebut. Meskipun hal tersebui tarlalu barat bahkan seolah-olah direkayasa, sehingga tidak seimbang dengan perbuatannya.

Ada baberapa sikap yang harus dimiliki orang yang bersedia menerima kunsekuensi. Pertama, mengakui bahwa tindakannya kellru. Sekalipun maksudnya baik, tetapi bila manggunakan cara yang salah, maka tetap salah. Tidak boleh bertahan dengan merasa  bahwa tindakan itu benar. Orang Gibeon mengakui bahwa mereka salah. walaupun sebenarnya mereka bertujuan menyelamatkan diri. Kedua, menjalani hukuman dengan pasrah merupakan sabuah parmohonan maaf tanpa kata. Menjadi tukang belah kayu dan tukang timba air, berani menempatkan orang Gibean pada posisi sebagai seorang hamba, budak yang malayani orang Israel. Ketiga, mamiliki jiwa yang besar.

Kita harus memiliki jiwa besar dalam menjalanl kehidupan ini balk dalam pelayanan maupun pekerjaan. Kesernpurnaan bukanlah milik kita, sehingga kesalahan dapat menjadl bagian diri kita. Seperti menyakiti sesama melalui kata dan perbuatan. tidak menyelesaikan
tugas dan tanggung jawab dengan baik, tidak bisa memenuhi target yang diharapkan. Berjiwa besarlah untuk mengakui kesalahan dan menerima kekurangan diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita.

GB.260:3,4
Doa : (Tuhan, berikanlah hati yang kuat dan jiwa yang besar untuk menerima tanggung jawab sebagai akibat dari perbuatan kami)


Label:   Yosua 9:26-27 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB - Minggu, 10 Februari 2019 - ADAKAH BATASAN MENOLONG? - Lukas 10:25-34 (SGD) - MINGGU V SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - Jumat, 8 Februari 2019 - DIPERDAYA - Yosua 9:10-15 - MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Yosua




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,