Save Page
1 Raja-raja 18:36-46
18:36 Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini. 18:37 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." 18:38 Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya. 18:39 Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!" 18:40 Kata Elia kepada mereka: "Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorangpun dari mereka tidak boleh luput." Setelah ditangkap, Elia membawa mereka ke sungai Kison dan menyembelih mereka di sana. 18:41 Kemudian berkatalah Elia kepada Ahab: "Pergilah, makanlah dan minumlah, sebab bunyi derau hujan sudah kedengaran." 18:42 Lalu Ahab pergi untuk makan dan minum. Tetapi Elia naik ke puncak gunung Karmel, lalu ia membungkuk ke tanah, dengan mukanya di antara kedua lututnya. 18:43 Setelah itu ia berkata kepada bujangnya: "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." Bujang itu naik ke atas, ia melihat dan berkata: "Tidak ada apa-apa." Kata Elia: "Pergilah sekali lagi." Demikianlah sampai tujuh kali. 18:44 Pada ketujuh kalinya berkatalah bujang itu: "Wah, awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." Lalu kata Elia: "Pergilah, katakan kepada Ahab: Pasang keretamu dan turunlah, jangan sampai engkau terhalang oleh hujan." 18:45 Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel. 18:46 Tetapi kuasa TUHAN berlaku atas Elia. Ia mengikat pinggangnya dan berlari mendahului Ahab sampai ke jalan yang menuju Yizreel.

Penjelasan:

* 1Raj 18:36-37 - Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel. Waktu
Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel. Waktu doa Elia yang sangat singkat, walaupun bersungguh-sungguh, sangatlah kontras dengan cara ibadah para nabi Baal yang menjerit, melompat dan menari secara hiruk-pikuk. Sang nabi hanya mengutarakan bahwa semua itu dilakukan olehnya semata-mata sesuai dengan apa yang telah diperintahkan Allah.

*  1Raj 18:38 - Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis kurban bakaran
Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis kurban bakaran. Demikian hebatnya api ilahi itu sehingga menghabiskan batu-batu mezbah, dan bahkan seluruh air yang menggenang di parit pada waktu itu. Campur tangan adikodrati sebagai tanggapan terhadap doa iman yang dipanjatkan oleh nabi Allah tersebut menyelesaikan masalah yang ada.

*  1Raj 18:39 - "Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!"
Orang-orang yang ingat akan syarat-syarat dari duel rohani itu langsung berseru, "Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!"

*  1Raj 18:40 - Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput // Kison
Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput. Pembantaian para nabi Baal atas perintah Elia itu dipersoalkan oleh para kritikus. Hendaknya diingat bahwa pembantaian ini merupakan tindakan pembalasan terhadap pembantaian nabi-nabi Yehova yang diperintahkan Izebel, dan bahwa kematian merupakan hukuman yang ditetapkan Allah bagi mereka yang menyembah berhala (Ul. 13:13-15). Kison. Sebuah aliran air yang muncul di Gunung Tabor dan mengalir ke Laut Mediterania. Di samping sungai inilah Elia membunuh nabi-nabi Baal.

*  1Raj 18:41 - Pergilah, makanlah dan minumlah
Pergilah, makanlah dan minumlah. Untuk menunjukkan bahwa kekeringan pada waktu itu bukan sekadar musibah alamiah yang biasa, melainkan merupakan sebuah tindakan hukuman oleh Allah, maka masa kekeringan itupun diakhiri dengan cara yang sama dengan awalnya - yaitu atas perintah seorang abdi Allah (Yak. 5:18).

*  1Raj 18:43 - Ia berkata kepada bujangnya, "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut."
Ia berkata kepada bujangnya, "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." Laut yang dimaksudkan ialah Laut Mediterania. Perairan yang mempesonakan itu dapat dilihat dengan jelas dari ketinggian Gunung Karmel. Enam kali bujang Elia disuruh ke puncak bukit untuk melihat datangnya hujan. Setiap kali dia kembali dengan kecewa.

*  1Raj 18:44 - a
Tetapi pada kali yang ketujuh dia kembali dengan laporan, "Awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." 45a. Langit makin gelap dengan awan dan angin. Awan yang semula hanya sebesar telapak tangan itu dengan cepat makin besar sehingga langit pun menjadi gelap. Kilat menyambar, bagaikan ular, dan guntur menggemuruh di jurang-jurang Gunung Karmel sementara bumi yang sudah lama kering menantikan hujan itu.

*  1Raj 18:45 - b. Yizreel, // Kuasa Tuhan berlaku atas Elia. Ia ... berlari mendahului Ahab
Yizreel, terletak pada puncak Gunung Gilboa yang merupakan tempat peristirahatan musim dingin dari Raja Ahab. 46. Kuasa Tuhan berlaku atas Elia. Ia ... berlari mendahului Ahab. Elia merayakan kemenangan Allah. Untunglah dia tidak mengetahui ujian berat yang segera akan menghadang.

*  Para nabi Baal memulai doa mereka yang digabungkan dengan tarian ritual (= tata cara dalam upacara keagamaan) termasuk ritual penyiksaan diri yang ternyata sia-sia (ayat 26-29). Sebaliknya Elia yang berdoa tanpa ritual mendapatkan jawaban yang menakjubkan. Api Allah bukan hanya membakar habis daging persembahan, tetapi juga membakar mezbah, tanah, bahkan air di parit (ayat 30-38). Peristiwa itu menyadarkan bangsa Israel untuk kembali pada Allah Israel yang sejati (ayat 39). Setelah itu, Elia menubuatkan akan turunnya hujan (ayat 41-45). Terbuktilah siapa Allah sejati, yaitu Ia yang telah mengalahkan Baal dengan api dan hujan, bahkan berkuasa menahan dan mencurahkan hujan.Siapakah Tuhan dalam hidup Anda? Allah sejati atau allah lain seperti: harta, kuasa, popularitas, astrologi, dlsb?


SBU

MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA
JUMAT, 22 FEBRUARI 2019
Renungan Pagi
NONTON BARENG BABAK PERTAMA
1 Raja-Raja 18:20-35
"Kalau TUHAN itu Allah, ikutilah Dia, dan kalau Baal, ikutilah dia." (ay 21b).

Kita masing-masing memiliki hobi nonton pertandingan olah raga. Ada yang hobi nonton bulu tangkrs, bola volly dan tinju. Mungkin terbanyak orang senang menonton sepak bola. Nas perikop Alkitab pagi ini bukan merujuk pada pertandingan f|s|k semacam itu. Lebih tepat disebut sebaga| sebuah pagelaran kepercayaan. Perhatikan! Jika pada pertandingan fisik, dibutuhkan stamina prima, kecerdikari individu ditambah kekornpakan grup, maka pagelaran imam dan keyakinan butuh kekuatan dan keutuhan hati bathin kepada Siapa ia menggantungkan kepercayaannya. Sponsor pertarungan ini adalah raja Ahab yang menggelar tontonan besar ini. Penonton berdatangan bukan untuk menyalurkan hobinya, tetapi karena
perintah dari raja Ahab.

Pada awalnya raja Ahab percaya kepada Tuhan. Namun setelah menikah dengan Izebel anak Etbaal, raja Sidon, dia menyembah Baal dan bertindak sangat kejam di atas semua orang yang mendahului pemerintahannya (16:30,31). Momentum tepat ketika nabi Elia menegor raja Ahab: ‘bahwa tidak akan ada lagi embun dan hujan pada tahun-tahun ini‘ (17:1). Berbagai cara dilakukan ke450 nabi Baal, meminta agar api didatangkan Baal (dewa kemak-
muran) membakar persembahan mereka yang tersedia, namun Baal tidak memiliki kuasa bagi hidup sejahtera. Menarik perhatian bukan? Saudara ingin hidup bahagia? Jangan andalkan kemakmuran. Jangan menggantungkan diri pada harta benda, harta karun. Ia tidak menjamin hidup sejahtera yang berkelanjutan. Jangan tergoda pada kekayaan, karena ia tidak memberikan kelimpahan hidup bagi saudara. Jaminan dan kelimpahan hidup yang se-
sungguhnya hanya pada Tuhan. Renungkanlah.

GB.15:2
Doa : (Kami mengaku seringkali meninggalkan Engkau Tuhan, untuk menyembah pada kuasa yang menyesatkan. Tolonglah kami Tuhan.)


MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA
JUMAT, 22 FEBRUARI 2019
Renungan Malam
GB. 6:1 -Berdoa
HASIL PAGELARAN

1 Raja-Raja 18:36-46
. "TUHAN, Dialah Allah!" TUHAN, Dlalah Allahl" (ay.39b}.

Pada babak kedua pagelaran ini, turunlah nabi Elia selaku nabi Tuhan menjadi pemeran utama yang ditonton penyembah-penyembah Baal. Rakyat terbawa tontonan adegan pertama (nas
tadi pagi) ketika 450 nabi Baal dengan segala cara : berjingkat-jingkat, memekik dan berteriak, menoreh-noreh diri dengan tombak sampai berdarah-darah dan kerasukan namun Baal tidak menjawab persembahan mereka (ay. 26-29).

Peragaan kedua tampil beda, sederhana saja. Elia sebagai nabi Tuhan mamanggil rakyat datang mendekatinya. la memperbaiki mezbah Tuhan, mengangkat 12 batu lambang keturunan Yakub (lsrael) dan mernbentuk mezbah Tuhan. la membuat parit sekeliling
mezbah dan menyusun kayu api. la memotong lembu bagiannya dan meletakkan kayu api di atasnya. Akhirnya ia meminta rakyat menyiram potongan-potongan lernbu dan kayu api itu dengan air sampai tiga kali, sehingga memenuhi mezbah bahkan parit di sekelilingnya (lih. ay.31-35).

Permohonan nabi Elia kepada Tuhannya sederhana saja. la mohon jawaban Tuhan atas doanya pada pagelaran ini, agar bangsa ini mengetahui siapa Tuhan dan kemudian membuat mereka kembali bertobat. Api Tuhan turun dan membakar habis korban bakaran, kayu, batu, tanah dan air dalam parit itu habis dijilat api. (lih.ay.36-38). Seluruh rakyat penonton pagelaran ini segera bersujud serta berkata : "TUHAN, Dialah Allah!" "TUHAN, Dialah Allah!" (ay.39). Usai sudah pertarungan kedua pihak, para nabi yang mengandalkan Baal dengan para pengikutnya di satu pihak dan nabi Elia yang diutus Tuhan pada pihak lain. Pada peristiwa ini yang terjadi adalah minoritas yang mengalahkan mayoritas. Hal ini terjadi karena
andalan kemakmuran dikalahkan oleh yang mengandalkan keselamatan atau Tuhan. Bagaimana dengan kita?

GB 6:2
Doa : (Tolong kami Tuhan untuk selalu percaya pada-Mu dan bukan Pada llah-Ilah zaman modern ini yang mangedepankan kuasa sementara)

Label:   1 Raja-raja 18:36-46 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB - Sabtu, 23 Februari 2019 - GEMBALA MENGALAHKAN PENDEKAR - 1 Samuel 17:31-36 - MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - Kamis, 21 Februari 2019 - MENGERAHKAN POTENSI BAGI TUHAN - 1 Raja-raja 5:13-18 - MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar 1 Raja-raja




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,