Dilihat: 313 x

Save Page
1 Raja-raja 18:36-46
18:36 Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini. 18:37 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." 18:38 Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya. 18:39 Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!" 18:40 Kata Elia kepada mereka: "Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorangpun dari mereka tidak boleh luput." Setelah ditangkap, Elia membawa mereka ke sungai Kison dan menyembelih mereka di sana. 18:41 Kemudian berkatalah Elia kepada Ahab: "Pergilah, makanlah dan minumlah, sebab bunyi derau hujan sudah kedengaran." 18:42 Lalu Ahab pergi untuk makan dan minum. Tetapi Elia naik ke puncak gunung Karmel, lalu ia membungkuk ke tanah, dengan mukanya di antara kedua lututnya. 18:43 Setelah itu ia berkata kepada bujangnya: "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." Bujang itu naik ke atas, ia melihat dan berkata: "Tidak ada apa-apa." Kata Elia: "Pergilah sekali lagi." Demikianlah sampai tujuh kali. 18:44 Pada ketujuh kalinya berkatalah bujang itu: "Wah, awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." Lalu kata Elia: "Pergilah, katakan kepada Ahab: Pasang keretamu dan turunlah, jangan sampai engkau terhalang oleh hujan." 18:45 Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel. 18:46 Tetapi kuasa TUHAN berlaku atas Elia. Ia mengikat pinggangnya dan berlari mendahului Ahab sampai ke jalan yang menuju Yizreel.

Penjelasan:

* 1Raj 18:36-37 - Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel. Waktu
Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel. Waktu doa Elia yang sangat singkat, walaupun bersungguh-sungguh, sangatlah kontras dengan cara ibadah para nabi Baal yang menjerit, melompat dan menari secara hiruk-pikuk. Sang nabi hanya mengutarakan bahwa semua itu dilakukan olehnya semata-mata sesuai dengan apa yang telah diperintahkan Allah.

*  1Raj 18:38 - Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis kurban bakaran
Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis kurban bakaran. Demikian hebatnya api ilahi itu sehingga menghabiskan batu-batu mezbah, dan bahkan seluruh air yang menggenang di parit pada waktu itu. Campur tangan adikodrati sebagai tanggapan terhadap doa iman yang dipanjatkan oleh nabi Allah tersebut menyelesaikan masalah yang ada.

*  1Raj 18:39 - "Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!"
Orang-orang yang ingat akan syarat-syarat dari duel rohani itu langsung berseru, "Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!"

*  1Raj 18:40 - Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput // Kison
Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput. Pembantaian para nabi Baal atas perintah Elia itu dipersoalkan oleh para kritikus. Hendaknya diingat bahwa pembantaian ini merupakan tindakan pembalasan terhadap pembantaian nabi-nabi Yehova yang diperintahkan Izebel, dan bahwa kematian merupakan hukuman yang ditetapkan Allah bagi mereka yang menyembah berhala (Ul. 13:13-15). Kison. Sebuah aliran air yang muncul di Gunung Tabor dan mengalir ke Laut Mediterania. Di samping sungai inilah Elia membunuh nabi-nabi Baal.

*  1Raj 18:41 - Pergilah, makanlah dan minumlah
Pergilah, makanlah dan minumlah. Untuk menunjukkan bahwa kekeringan pada waktu itu bukan sekadar musibah alamiah yang biasa, melainkan merupakan sebuah tindakan hukuman oleh Allah, maka masa kekeringan itupun diakhiri dengan cara yang sama dengan awalnya - yaitu atas perintah seorang abdi Allah (Yak. 5:18).

*  1Raj 18:43 - Ia berkata kepada bujangnya, "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut."
Ia berkata kepada bujangnya, "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." Laut yang dimaksudkan ialah Laut Mediterania. Perairan yang mempesonakan itu dapat dilihat dengan jelas dari ketinggian Gunung Karmel. Enam kali bujang Elia disuruh ke puncak bukit untuk melihat datangnya hujan. Setiap kali dia kembali dengan kecewa.

*  1Raj 18:44 - a
Tetapi pada kali yang ketujuh dia kembali dengan laporan, "Awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." 45a. Langit makin gelap dengan awan dan angin. Awan yang semula hanya sebesar telapak tangan itu dengan cepat makin besar sehingga langit pun menjadi gelap. Kilat menyambar, bagaikan ular, dan guntur menggemuruh di jurang-jurang Gunung Karmel sementara bumi yang sudah lama kering menantikan hujan itu.

*  1Raj 18:45 - b. Yizreel, // Kuasa Tuhan berlaku atas Elia. Ia ... berlari mendahului Ahab
Yizreel, terletak pada puncak Gunung Gilboa yang merupakan tempat peristirahatan musim dingin dari Raja Ahab. 46. Kuasa Tuhan berlaku atas Elia. Ia ... berlari mendahului Ahab. Elia merayakan kemenangan Allah. Untunglah dia tidak mengetahui ujian berat yang segera akan menghadang.

*  Para nabi Baal memulai doa mereka yang digabungkan dengan tarian ritual (= tata cara dalam upacara keagamaan) termasuk ritual penyiksaan diri yang ternyata sia-sia (ayat 26-29). Sebaliknya Elia yang berdoa tanpa ritual mendapatkan jawaban yang menakjubkan. Api Allah bukan hanya membakar habis daging persembahan, tetapi juga membakar mezbah, tanah, bahkan air di parit (ayat 30-38). Peristiwa itu menyadarkan bangsa Israel untuk kembali pada Allah Israel yang sejati (ayat 39). Setelah itu, Elia menubuatkan akan turunnya hujan (ayat 41-45). Terbuktilah siapa Allah sejati, yaitu Ia yang telah mengalahkan Baal dengan api dan hujan, bahkan berkuasa menahan dan mencurahkan hujan.Siapakah Tuhan dalam hidup Anda? Allah sejati atau allah lain seperti: harta, kuasa, popularitas, astrologi, dlsb?


SBU

MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA
JUMAT, 22 FEBRUARI 2019
Renungan Pagi
NONTON BARENG BABAK PERTAMA
1 Raja-Raja 18:20-35
"Kalau TUHAN itu Allah, ikutilah Dia, dan kalau Baal, ikutilah dia." (ay 21b).

Kita masing-masing memiliki hobi nonton pertandingan olah raga. Ada yang hobi nonton bulu tangkrs, bola volly dan tinju. Mungkin terbanyak orang senang menonton sepak bola. Nas perikop Alkitab pagi ini bukan merujuk pada pertandingan f|s|k semacam itu. Lebih tepat disebut sebaga| sebuah pagelaran kepercayaan. Perhatikan! Jika pada pertandingan fisik, dibutuhkan stamina prima, kecerdikari individu ditambah kekornpakan grup, maka pagelaran imam dan keyakinan butuh kekuatan dan keutuhan hati bathin kepada Siapa ia menggantungkan kepercayaannya. Sponsor pertarungan ini adalah raja Ahab yang menggelar tontonan besar ini. Penonton berdatangan bukan untuk menyalurkan hobinya, tetapi karena
perintah dari raja Ahab.

Pada awalnya raja Ahab percaya kepada Tuhan. Namun setelah menikah dengan Izebel anak Etbaal, raja Sidon, dia menyembah Baal dan bertindak sangat kejam di atas semua orang yang mendahului pemerintahannya (16:30,31). Momentum tepat ketika nabi Elia menegor raja Ahab: ‘bahwa tidak akan ada lagi embun dan hujan pada tahun-tahun ini‘ (17:1). Berbagai cara dilakukan ke450 nabi Baal, meminta agar api didatangkan Baal (dewa kemak-
muran) membakar persembahan mereka yang tersedia, namun Baal tidak memiliki kuasa bagi hidup sejahtera. Menarik perhatian bukan? Saudara ingin hidup bahagia? Jangan andalkan kemakmuran. Jangan menggantungkan diri pada harta benda, harta karun. Ia tidak menjamin hidup sejahtera yang berkelanjutan. Jangan tergoda pada kekayaan, karena ia tidak memberikan kelimpahan hidup bagi saudara. Jaminan dan kelimpahan hidup yang se-
sungguhnya hanya pada Tuhan. Renungkanlah.

GB.15:2
Doa : (Kami mengaku seringkali meninggalkan Engkau Tuhan, untuk menyembah pada kuasa yang menyesatkan. Tolonglah kami Tuhan.)


MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA
JUMAT, 22 FEBRUARI 2019
Renungan Malam
GB. 6:1 -Berdoa
HASIL PAGELARAN

1 Raja-Raja 18:36-46
. "TUHAN, Dialah Allah!" TUHAN, Dlalah Allahl" (ay.39b}.

Pada babak kedua pagelaran ini, turunlah nabi Elia selaku nabi Tuhan menjadi pemeran utama yang ditonton penyembah-penyembah Baal. Rakyat terbawa tontonan adegan pertama (nas
tadi pagi) ketika 450 nabi Baal dengan segala cara : berjingkat-jingkat, memekik dan berteriak, menoreh-noreh diri dengan tombak sampai berdarah-darah dan kerasukan namun Baal tidak menjawab persembahan mereka (ay. 26-29).

Peragaan kedua tampil beda, sederhana saja. Elia sebagai nabi Tuhan mamanggil rakyat datang mendekatinya. la memperbaiki mezbah Tuhan, mengangkat 12 batu lambang keturunan Yakub (lsrael) dan mernbentuk mezbah Tuhan. la membuat parit sekeliling
mezbah dan menyusun kayu api. la memotong lembu bagiannya dan meletakkan kayu api di atasnya. Akhirnya ia meminta rakyat menyiram potongan-potongan lernbu dan kayu api itu dengan air sampai tiga kali, sehingga memenuhi mezbah bahkan parit di sekelilingnya (lih. ay.31-35).

Permohonan nabi Elia kepada Tuhannya sederhana saja. la mohon jawaban Tuhan atas doanya pada pagelaran ini, agar bangsa ini mengetahui siapa Tuhan dan kemudian membuat mereka kembali bertobat. Api Tuhan turun dan membakar habis korban bakaran, kayu, batu, tanah dan air dalam parit itu habis dijilat api. (lih.ay.36-38). Seluruh rakyat penonton pagelaran ini segera bersujud serta berkata : "TUHAN, Dialah Allah!" "TUHAN, Dialah Allah!" (ay.39). Usai sudah pertarungan kedua pihak, para nabi yang mengandalkan Baal dengan para pengikutnya di satu pihak dan nabi Elia yang diutus Tuhan pada pihak lain. Pada peristiwa ini yang terjadi adalah minoritas yang mengalahkan mayoritas. Hal ini terjadi karena
andalan kemakmuran dikalahkan oleh yang mengandalkan keselamatan atau Tuhan. Bagaimana dengan kita?

GB 6:2
Doa : (Tolong kami Tuhan untuk selalu percaya pada-Mu dan bukan Pada llah-Ilah zaman modern ini yang mangedepankan kuasa sementara)

Label:   1 Raja-raja 18:36-46 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB - Sabtu, 23 Februari 2019 - GEMBALA MENGALAHKAN PENDEKAR - 1 Samuel 17:31-36 - MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - Kamis, 21 Februari 2019 - MENGERAHKAN POTENSI BAGI TUHAN - 1 Raja-raja 5:13-18 - MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar 1 Raja-raja





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 26 Agustus - Mazmur 82; 2 Tawarikh 20; Mazmur 83


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 25 Agustus 2019
Made A Way - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
While I'm Waiting - Travis Greene feat. Chandler Moore

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing But The Blood - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Without Your Love - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Worship Rise - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Won't Let Go - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
We Labor Unto Glory - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
Little Things With Great Love - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
The Earth Shall Know - The Porter`s Gate feat. Urban Doxology, Casey J & Leslie Jordan

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing to Fear - The Porter`s Gate feat. Audrey Assad

Minggu, 25 Agustus 2019
Establish the Work of Our Hands (feat. Aaron Keyes & Urban Doxology) - The Porter`s Gate

Sabtu, 24 Agustus 2019
More Than I Can Bear - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
I Smile - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
Better - Pat Barrett

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   dari sinai beralih kesion,   maksud dari lukas 8 17,   renungan Roma 2 ayat 1 sampai 16,   lagu batak full album mp3,   lirik lagu rohani pembuka ibadah,   Tata Ibadah HUT Lansia GKI,   liturgi ulang tahun lansia,   Tata Ibadah Hari Ulang Tahun Orang Lanjut Usia (Kristen),   tata ibadah lansia gmim,   matius 6:5-15,   lagu satriaksih,   liturgi ibadah lansia,   Tata Ibadah HUT Lansia (Kristen),   lagu rohani kristen mp3 free download,   khotbah 1 tawarikh 6 : 31-54,   download lagu GMS,   great is thy faithfilness kpri,   kotbah kristen nehemia 13 : 25-31 kotbah Penta kosta,    sermon dari ayat matius 19 ayat 1-12,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   Lagu babtisan,   khotbah mazmur 147:1-6,   khotbah mazmur 147:1-6,   Kotbah bulan Agustus 2019,   renungan ibadah keluarga kejadian 3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   sabda bina umat agustus 2019,   download instrumen piano lagu agama aku berserah,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   Lirik tasbiih al rab,   kumpulan lagu rohani gpdi,   khotbah mazmur 147:1-6,    3 Musa 25:39-43 apa artinya,   buku pujian methodist,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   lagu rohani mazmur,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   tatacara ibadah gky,   lagu pengakuan dlsa,   lagu greja,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun hotbah ulang tahun,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   Lagu2 rohani indonesia timur,   khotbah kejadian 3,   maranatha tuhan datanglah lirik,   hotbah roma 13:1-7,   tafsiran 1 tawarikh 6:31-53,   ayat untuk persembahan,   AYAT ALKITAB TENTANG MEMBERI PERSEMBAHAN,   karismatik katolik lagu mp3,   doa persembahan kolekte,   3musa 25:39-43 batak toba,   3musa 25:39-43,   lagu batak gereja hkbp,   3 musa 25:39,   hotbah roma 13:1-7,   3 musa 25:39-43 batak,   tata ibadah gpib 25 agustus 2019,   kotbah dari imamat 25:39-43,   kj hkbp no 119,   www.renungan lukas 13 22 30,   renungan 1 tawarikh 6,   khotbah 1 tawarikh 6:31-53,   sabda bina umat agustus 2019,   sabda bina umat agustus 2019,   buku pujian methodist,   khotbah dari lukas 6:27-36,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   download kidung keesaan,   Lagu rohani advent jilid 1,   Lagu rohani advent jilid 1,   khotbah 1 tawarikh 25 1-7,   download lagu rohani kristen 2019,   renungan alkitab lukas 13:22-30,   lagu pemberkatan nikah,   lagu pemberkatan nikah,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   renungan harian 1 tawarikh 6:31-53,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   kidung muda mudi,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kunci lagu rohani elsady2 nada dasa f,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   1 tawarikh 6:31-49,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   kotbah lukas 6:27-36,   nkb 119 dengan notasi,   download aplikasi kidung ceria,   renungan injil lukas 13:22-30,   khotbah dari matius 7:17-18,   renungan tentang kemerdekaan kristen kaitan dengan Lukas 12 : 13 21,   mars pelkat Pt,   khotbah dari matius 7:17-18,   1 tawarikh 6:31-49,   Mazmur 119;5-15 (bahasa toraja),   kotbah 1petrus3:8-12,   apa arti ipuh dlm amos 5:7,   sabda bina umat agustus 2019,   lagu pujian rohani kemerdekaan,   pkj 223,   imamat 25 : 39-43,   lagu penutup ibadah pemuda,   download lagu rohani takkan pernah terlambat pertolonganmu,   lagu sekolah minggu terbaru 2019,   KK 476 Berlimpah Sukacita Dihatiku ,   lagu penutup ibadah pengucapan syukur,   Kidung Keesaan 399 Mengikut Yesus Keputusanku,   download MIDI rohany kapata grup,   pengertian lukas6:27-36,   download instrument lagu rohani,   lagu walau seribu lidahku,   lagu walau seribu lidahku,   chord lagu tabu gendang,   di pintumu kudatang dan mengetok mp3,   kidung puji pujian kristen walau seribu lidahku graha bethany nginden,   lukas 13 22-30,   reungan roma 11: 33-36,   ilustrasi dalam roma 11: 33-36,   mp3 lagu rohani terbaru 2019,   Khotbah 3 musa 25:39-43,   doa persembahan,   download lagu kristen arab,   download lagu kristen arab,   renungan injil luk 13:23-30,   lagu penutup ibadah pemuda,   khotbah: Efesus 3:20-21,   lagu untuk pembukaan ibadah raya,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,dari nas Ratapan 1:1-6?,   Renungan imamat 25:39-43,   hatorangan ni lukas6:27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   partitur nkb 100,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   Cerita kerna amsal 12:1-4,   Renungan kolose 2:16-23,   Kotbah pendeta amsal 12:1-4,   kidung keesaan,   kidung keesaan 2,   Khotbah minggu 25 agustus 2019 BNKP,   kita semua anak raja sekolah minggu mp3,   1 tawarikh 6:31-53 stemi,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   khotbah lukas 6 : 27 - 36,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   sabda bina umat 23 agustus 2019 ,   renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,