Save Page
1 Samuel 17:31-36
17:31 Terdengarlah kepada orang perkataan yang diucapkan oleh Daud, lalu diberitahukanlah kepada Saul. Dan Saul menyuruh memanggil dia. 17:32 Berkatalah Daud kepada Saul: "Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu." 17:33 Tetapi Saul berkata kepada Daud: "Tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi prajurit." 17:34 Tetapi Daud berkata kepada Saul: "Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya, 17:35 maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya. 17:36 Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup."

Penjelasan:

* 1Sam 17:34 - Apabila datang singa atau beruang
Apabila datang singa atau beruang. Sebuah bentuk tidak sempurna yang tidak senantiasa terjadi - "Dari Lebanon kadang-kadang turun beruang; dari Yordan naiklah singa." Beruang Siria dikatakan galak sekali dan karena itu lebih ditakuti daripada singa. Daud telah mengalami banyak pengalaman mendebarkan, namun senantiasa berhasil melindungi kawanan domba milik ayahnya dari serangan hewan buas. Kini dia meyakinkan Saul bahwa dia bisa melindungi kawanan domba Allah dari ancaman orang Filistin yang tidak bersunat itu. Iman pada berbagai peristiwa yang lalu memberikan keberanian kepada orang percaya untuk mengandalkan kuasa Allah dalam menghadapi krisis saat ini.

* Daud belum tahu bahwa bangsanya terancam
Filistin. Mendengar hinaan Goliat, hati nuraninya yang sejak kecil beribadah kepada Tuhan berkobar. Dengan berani Daud menawarkan diri melawan Goliat. Keberaniannya itu adalah hasil tempaan Tuhan melalui pengalaman menggembalakan domba. Ia tahu, penyertaan Tuhan yang telah membuatnya mengalahkan binatang buas (ayat 34-36) tetap tidak berubah.
Pengalaman iman. Daud berani bukan tanpa alasan; tetapi ada dasarnya. Kunci keberanian Daud terletak pada pengalaman iman bersama Tuhan (ayat 37). Keberanian tanpa disertai iman yang matang hanya akan menghasilkan tindakan nekad atau impulsif (tanpa pertimbangan) belaka. Keberanian yang sejati yang bersumber dari Tuhan sendiri, akan menghasilkan tindakan yang dilandasi pada pemahaman iman yang terbentuk dan matang.


SBU
MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA
SABTU, 23 FEBRUARI 2019
Renungan Pagi
GB 272:1 -Berdoa
PEMBELA BARISAN ALLAH YANG HIDUP

1 Samuel 17:20-30
Ia berani mencemohkan barisan daripada Allah yang hidup (ay.26b)

Kadangkala kita memandang seseorang dari penampilannya, dari cara berpakaian, berbicara dan bahasa tubuh. Kita cenderung kurang menghargai orang yang tampil sederhana, seorang petani, gembala atau buruh. Sebaliknya kita akan berlaku hormat dan segan pada orang yang berperawakan tinggi, gagah dan kekar atau yang memiliki posisi penting di kantor atau di masyarakat.

Nas perikop yang kita baca pagi ini bisa membuknkan pemikiran ini. Kisah tentang dua bangsa yang saling berhadap-hadapan dalam perang. Bangsa Filistin yang memiliki perlengkapan perang yang kuat dan Bangsa Israel yang sedang mengatur kehidupannya
di pemukiman baru, tanpa persenjataan yang memadai.

Barisan tentara yang satu menampilkan pendekarnya yang bertubuh besar dan kekar, diperlengkapi dengan peralatan perang yang hebat, sedangkan yang lain masih mengatur barisannya. Daud maju dalam kepercayaan diri yang tinggi. Selain memiliki penga-
laman sebagai gembala yang berani menantang binatang buas (17:34-37) ia juga diperlengkapi Roh Allah (1 Sam. 6:13). Sepintas lalu ditinjau dari penampilan, Daud, mestinya kalah. Terlalu riskan bagi dirinya menghadapi pendekar Filistin, Goliat. Namun ditinjau
dari pengalaman sebagai gembala dan perlengkapan Roh Tuhan. buktinya terbalik, sang pendekar Goliat bertekuk lutut kalah (ayat 50)

Dunia manusia telah banyak berubah. Namun misi Allah yang sama tetap menuntut Gereja, untuk terus bergumul dan berharap hanya kepada-Nya. Yang dibutuhkan gereja dewasa ini hadirnya para gembala yang berpenampilan sederhana, memiliki pengalaman dan disertai Roh Allah untuk berkiprah mengalahkan para pendekar dunia dengan kuasa dan kepongahannya.

GB 272:3
Doa: (Tuhan, berbicaralah kepada kami untuk selalu ingat akan tugas pengabdian kami baik di rumah, maupun dalam persekutuan jemaat)



MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA
SABTU, 23 FEBRUARI 2019
Renungan Malam
GB 289:1 -Berdoa
GEMBALA MENGALAHKAN PENDEKAR

1 Samuel 17:31-36
 ".. karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup."  (ay.36b)

Alkitab seringkali menampilkan cerita tentang seseorang atau sekelompok orang dengan pekerjaannya yang diperhadapkan dengan kemuliaan Tuhan. Misalnya bagi mereka yang berada dalam ruang lingkup nelayan yang bekerja di laut, para petani yang bekeja di ladang maupun para gembala yang bekerja di padang rumput. Tentu saja ada maksud tertentu dari Firman Tuhan ketika menyoroti para pengerja ini.

Nas perikop Alkitab rnalam ini menyoroti konteks pagelaran karya gernbala. Warta tentang kelahiran Yesus pertama kali diberitakan oleh malaikat kepada para gembala di padang Efrata
sebagai berita favorit di malam Natal. Menarik perhatian kita adalah mengapa Daud dalam Mazmur 23 rnenyoroti pribadi Tuhan sebagai gembala yang baik."

Dalam kondisi ketakutan orang-orang Israel terhadap Filistin, Daud tarnpil sebagai gembala melawan Goliat, penclekar Filistin. Daudjugalah yang berhasil meyakinkan Saul sebagai raja, bahwa cfialah orangnya yang mampu rnenghadapi dan mengalahkan Saul, karena pekerjaannya sebagai gembala bukanlah pekerjaan ringan. Sebagai gembala, dia telah berhasil rnenunjukkan kekuatannya melawan binatang-binatang buas, maka tidak ada alasan baginya untuk takut meiawan Goliat, pendekar Filistin yang mencemooh kehadiran Israel dengan barisan Allah yang hidup.

Renungan kita malam hari ini mengajarkan kita untuk memberikan penghormatan bagi semua anak-anak Tuhan yang selalu bersedia menyumbangkan tenaganya melayani Tuhan dan menumpas segala kendala yang berusaha menjegal atau menghambat pelayanan memuliakan Tuhan.



GB.269 :2
Doa : (Berikan Tuhan kemuliaan-Mu me!iputi kami yang beribadah memuliakan nama-Mu. Jaga dan pelihara kami bagi kemuliaan nama-Mu)

Label:   1 Samuel 17:31-36 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB - Minggu, 24 Februari 2019 - SEPERTI MENYAMBUT TUHAN - Galatia 4:12-15 (SGD) - MINGGU VII SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - Jumat, 22 Februari 2019 - HASIL PAGELARAN - 1 Raja-raja 18:36-46 - MINGGU VI SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar 1 Samuel




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,