Save Page
Filemon 1:4-7
Ucapan syukur
1:4 Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku, 1:5 karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus. 1:6 Dan aku berdoa, agar persekutuanmu di dalam iman turut mengerjakan pengetahuan akan yang baik di antara kita untuk Kristus. 1:7 Dari kasihmu sudah kuperoleh kegembiraan besar dan kekuatan, sebab hati orang-orang kudus telah kauhiburkan, saudaraku.


Penjelasan:



* Flm 1:4-5 - kasih // iman
Ketika mengingat Filemon (sou) dalam doanya, Paulus senantiasa mengucap syukur. Ciri khas dari Filemon ialah kasih dan iman: sikap yang terutama ditujukan (pros) kepada Kristus, tetapi yang termanifestasi di dalam (eis) gereja (J. B. Lightfoot, St. Paul's Epistles to the Colossians and to Philemon, in loco).

* Flm 1:6-7 - Turut mengerjakan // yang baik // kasih // Hati
Turut mengerjakan. Orang percaya harus memiliki pemahaman yang memadai tentang yang baik yang dimiliki olehnya di dalam Kristus (epignosis; lihat tafsiran atas Kol. 1:9; 2:1-3). Pelayanan Filemon didorong oleh pengertiannya mengenai kasih dan kebenaran kristiani. Paulus bersukacita di dalam kenyataan ini dan berharap agar motivasi tersebut dapat mempengaruhi sikap Filemon terhadap budaknya yang telah melarikan diri itu. Hati (splagchna; ay. 12, 20). Perasaan yang paling dalam, "dari yang sebenarnya" (Moule).

* Rasul Paulus mengungkapkan kasih sayangnya seutuhnya kepada Filemon, dengan mengucap syukur dan berdoa kepada Allah atas namanya, dan sangat bersukacita atas banyak kebaikan pada diri Filemon yang ia tahu dan dengar (ay. 4-7). Ucapan syukur dan doa Rasul Paulus untuk Filemon dikemukakan di sini, yaitu untuk siapa, dalam keadaan apa, dan apa perkaranya, yang melalui semuanya ini Rasul Paulus mengetahui banyak kebaikan yang diterima Filemon.
    1. Berikut ini kita melihat kepada siapa puji-pujian dan doa-doa Paulus bagi Filemon dipersembahkan: Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku (ay. 4). Perhatikanlah,
        (1) Allah adalah pencipta semua kebaikan yang ada pada siapa saja, atau yang dilakukan oleh mereka. Dari pada-Ku engkau mendapat buah (Hos. 14:8). Oleh sebab itulah segala pujian hanya bagi Dia. Sebab siapakah aku ini dan siapakah bangsaku, sehingga kami mampu memberikan persembahan sukarela seperti ini? Sebab dari pada-Mulah segala-galanya, baik itu apa yang dipersembahkan maupun kehendak dan hati untuk melakukannya. Oleh karena itu (kata Daud), ya Allah kami, kami bersyukur kepada-Mu dan memuji nama-Mu yang agung itu (1Taw. 29:13-14).
        (2) Merupakan hak istimewa orang-orang baik bahwa puji-pujian dan doa-doa mereka sampai kepada Allah sebagai Allah mereka: ya Allah kami, kami bersyukur kepada-Mu, kata Daud. Dan aku mengucap syukur kepada Allahku, kata Paulus.
        (3) Doa-doa dan puji-pujian kita harus dipersembahkan kepada Allah, bukan hanya bagi diri sendiri, melainkan juga bagi orang lain. Menyampaikan permohonan secara pribadi tidak boleh dilakukan dengan jiwa mementingkan diri sendiri, dengan hanya memikirkan urusan-urusan kita, tetapi orang lain juga harus kita ingat. Kita harus tersentuh dengan sukacita dan ucapan syukur atas kebaikan apa saja yang ada pada mereka, atau dilakukan oleh mereka, atau dianugerahkan kepada mereka, sejauh itu kita ketahui, dan mengusahakan apa yang mereka butuhkan. Ini merupakan bagian penting yang harus ada dalam persekutuan orang-orang kudus. Paulus, dalam ucapan syukur dan doa pribadinya, sering kali mengingat teman-temannya secara khusus: Aku mengucap syukur kepada Allahku, setiap kali aku mengingat engkau dalam doaku. Kadang-kadang ia menyebutkan nama, atau paling tidak mengingat mereka secara khusus dalam pikirannya. Dan Allah tahu siapa yang dimaksudkan, meskipun namanya tidak disebutkan. Ini adalah sarana untuk menerapkan kasih dan mendapatkan kebaikan bagi orang lain. Berjuanglah denganku, dengan doa-doamu kepada Allah untukku, pinta Rasul Paulus. Dan apa yang dia inginkan bagi dirinya sendiri pasti ia lakukan juga bagi orang lain. Demikian pula seharusnya kita semua. Hendaklah kamu saling mendoakan, anjur Yakobus (Yak. 5:16).

Dalam keadaan apa: Setiap kali aku mengingat engkau. Setiap kali, biasanya, bukan hanya satu dua kali, tetapi sering. Demikianlah kita harus sering-sering mengingat teman-teman kita seiman, sebagaimana mereka mungkin membutuhkannya, mengingat mereka di dalam pikiran dan hati kita di hadapan Allah kita.

Apa isi pujian dan doanya, dalam hubungannya dengan Filemon.
        (1) Isi pujiannya.
            [1] Rasul Paulus bersyukur kepada Allah atas apa yang didengarnya tentang kasih Filemon kepada Tuhan Yesus. Tuhan Yesus harus dikasihi sebagai Allah melebihi segala-galanya, sebagaimana yang dituntut oleh kesempurnaan ilahi-Nya, dan dalam hubungannya dengan kita, yaitu Dia sebagai Tuhan, Tuhan kita, Pencipta kita, Penebus, dan Juruselamat yang telah mengasihi kita dan menyerahkan diri-Nya bagi kita. Paulus bersyukur kepada Allah atas apa yang didengarnya tentang ini, tentang tanda-tanda dan ungkapan-ungkapannya dalam diri Filemon.
            [2] Dan juga atas iman Filemon kepada Kristus. Kasih kepada Kristus, dan iman kepada Dia, adalah anugerah-anugerah kristiani yang utama, yang untuk itu ada banyak alasan untuk memuji Allah, apabila Ia memberkati siapa saja dengan anugerah-anugerah itu, seperti dalam Roma 1:8, aku mengucap syukur kepada Allahku sebab telah tersiar kabar tentang imanmu di seluruh dunia. Dan, ketika merujuk kepada jemaat di Kolose (Kol. 1:3-4), kami selalu mengucap syukur kepada Allah, karena kami telah mendengar tentang imanmu dalam Kristus Yesus. Ini adalah anugerah yang menyelamatkan, dan merupakan dasar ajaran kehidupan kristiani dan semua perbuatan baik.
            [3] Rasul Paulus juga memuji Allah atas kasih Filemon kepada semua orang kudus. Kedua hal ini harus berjalan bersama-sama. Sebab barangsiapa yang mengasihi Dia yang melahirkan, harus dan akan mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya. Rasul Paulus menggabungkan kedua kasih ini dalam Kolose 1:3-4, kami selalu mengucap syukur kepada Allah, karena kami telah mendengar tentang imanmu dalam Kristus Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus. Mereka ini menampakkan gambar Kristus, yang akan dikasihi oleh setiap orang Kristen. Perasaan dan sikap terhadap hal-hal yang tidak penting tidak akan membuat perbedaan dalam cinta akan kebenaran, meskipun perbedaan dalam tingkatan-tingkatan kasih bergantung pada seberapa banyak gambar Kristus itu dicerna masing-masing orang. Perbedaan-perbedaan lahiriah belaka tidak menjadi masalah di sini. Paulus menyebut seorang hamba yang malang yang bertobat sebagai buah hatinya. Kita harus mengasihi, seperti Allah, semua orang kudus. Paulus bersyukur kepada Allah atas kebaikan yang bukan hanya ada di dalam jemaat-jemaat, melainkan juga dalam orang-orang tertentu yang ditulisi surat olehnya, meskipun hal ini juga diketahuinya hanya dari laporan orang: Mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus. Inilah yang dicari tahu olehnya tentang teman-temannya, yaitu kebenaran, pertumbuhan, dan berbuahnya setiap anugerah yang ada pada mereka, iman mereka kepada Kristus, kasih kepada-Nya dan kepada semua orang kudus. Kasih kepada orang kudus, jika tulus, akan menjadi kasih yang umum kepada semua orang kudus. Tetapi iman dan kasih, meskipun merupakan hal yang tersembunyi di dalam hati, diketahui melalui dampak-dampaknya. Oleh sebab itu,
        (2) Rasul Paulus menggabungkan doa dengan puji-pujian, supaya buah-buah dari iman dan kasih Filemon semakin terlihat lagi, sehingga penyampaian iman dan kasih itu akan mendesak orang lain untuk mengakui semua kebaikan yang ada pada dirinya dan keluarganya terhadap Kristus Yesus. Supaya terang mereka bercahaya di depan orang, sehingga orang lain, karena melihat perbuatan mereka, dapat tergugah untuk meneladani mereka, dan memuliakan Bapa mereka yang di sorga. Perbuatan-perbuatan baik harus dilakukan bukan karena kesombongan ingin dilihat orang, melainkan supaya orang melihatnya dan memberikan kemuliaan kepada Allah dan kebaikan bagi sesama.

Paulus menambahkan satu alasan lagi, baik untuk doanya maupun puji-pujiannya (ay. 7): "Dari kasihmu sudah kuperoleh kegembiraan besar dan kekuatan, sebab hati orang-orang kudus telah kauhiburkan, saudaraku. Kebaikan yang telah engkau lakukan dan masih engkau lakukan adalah sesuatu yang memberikan sukacita dan penghiburan berlimpah bagiku dan bagi orang lain. Oleh karena itulah kami ingin supaya engkau terus berkelimpahan dalam buah-buah yang baik seperti itu, bagi kehormatan Allah dan nama baik agama. Pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah" (2Kor. 9:12).



SBU



MINGGU VII SESUDAH EPIFANIA
KAMIS, 28 FEBRUARI 2019
Renungan Pagi
GB 285:1,2 -Berdoa
TEMAN SEKERJA DAN SEPERJUANGAN

Filemon 1:1-3
Dari Paulus, seorang hukuman karena Kristus Yesus dan dari Timotius saudara kita, kepada Filemon yang kekasih, teman sekerja kami  dan kepada Apfia saudara perempuan kita dan kepada Arkhipus, teman seperjuangan kita dan kepada jemaat di rumahmu: (ay 1-2)

Teman seperti apakah yang akan saudara pilih, seorang yangmenghabiskan waktu bersama untuk bersenang-senang atau seorang yang selalu ada di saat-saat sulit dan penuh perjuanganatau mungkin memilih keduanya?

Filemon adalah tujuan dari surat Paulus ini. Filemon adalah nama seorang Kristen Yunani yang artinya "seorang teman (a friend).". Paulus tidak hanya memandang Filemon sebagai teman
biasa sebab itu Paulus menyebutnya "yang kekasih". Paulus menyebut juga nama Timotius dan menyebutnya saudara. Filemon sebagai kekasih dan teman sekerja.; Apfia sebagai saudara perempuan; Arkhipus sebagai teman seperjuangan (bd. Kol 4:17).
Ini berarti Paulus menampakkan dirinya sejajar atau sederajatdengan mereka sebagai saudara dan teman sekerja. Hal ini menunjukkan kerendahan hati Paulus. Paulus menyadari bahwa sekalipun dia memiliki jabatan tertinggi dalam gereja yaitu seorang rasul, dia tidak menganggap dirinya lebih tinggi dari teman-teman sekerja dan saudara-saudara seiman, karena itu dengan rendah hati dia menyebut dirinya sebagai seorang hukuman yang berarti sedangdipenjara karena memberitakan Injil Kristus. Paulus menyadari bahwa sebagai rasul dia membutuhkan teman-teman sekerja yang bisa melayani bersama-sama, sekaligus berjuang untuk memberitakan Injil Kristus, dan ia menghargai mereka.

Saudaraku, Paulus menunjukkan kepada kita bahwa teman dan saudara baginya bukan hanya seiman, namun juga yang mau terlibat dalam pelayanan dan pemberitaan Injil. Teman sekerja dan seperjuangan adalah teman yang rela melewati masa-masa sulitagar Injil tetap diberitakan. Teman sekerja dan seperjuangan adalah setiap orang Kristen yang dengan penuh kerendahan hati melayaniTuhan dengan talenta yang dimilikinya. Yang jelas teman sekerja
dan seperjuangan adalah pelayan Tuhan yang memiliki kedudukan' sama yaitu kawan sekerja Allah (I Kor 3:9a). Saudara, maukahengkau dipakai Allah menjadi kawan sekerjaNya?

GB 285:3,4
Doa : (Ya Roh Kudus, biarlah kuasaMu bekerja dalam diri kami agar kami terus dipakai oleh Allah untuk melayani menyatakankuasaNya)



MINGGU VII SESUDAH EPIFANIA
KAMIS, 28 FEBRUARI 2019
Renungan Malam
GB 287:1 -Berdoa
IMAN YANG MENGASIHI
Filemon 1;4-7
Karena aku mendengar tentang kasihmu kepada semua orang kudus dan tentang imanmu kepada Tuhan Yesus (ay 5).

Ketika terjadi kejadian Luar Biasa  di suku Asmat. Papua pada bulan Februari 2018 yaitu kematian puluhan anak-anak akibat penyakit asma dan kekurangan gizi, seseorang bertanya kepada saya kemana bisa negirimkan data untuk membantu saudara-saudara disana. Saya menganjurkan supaya beliau mengirim bantuan ke Majelis Sinode GPIB agar melalui Departemen Pelkes GPIB bantuan tersebut bisa disalurkan. Beliaupun mengirimkan dana yang
cukup besar. Beliau ini memang sering membantu pelayanan bagi jemaat-jemaat kecil dan juga orang-orang yang mengalami bencana.

Bagi Paulus, Filemon adalah seorang saleh yang telah memberikan hal-hal baik yang ada dalam dirinya kepada Tuhan dan saudara-saudara seiman. Paulus mendengar bahwa Filemon telah menunjukkan kasihnya kepada sesama saudara seiman dan iman Nya kepada Kristus. Sikap Filemon yang menunjukkan kasih kepada saudara-saudara seiman membuat Paulus, bersukacita dan memperoleh kekuatan, sehingga juga menghibur atau menyegarkan saudara-saudara seiman. Paulus juga tahu bahwa rumah Filemon menjadi tempat beribadah yang disebutnya di ayat 2.
Karenanya Paulus dalam doanya selalu menyebut nama Filemon sekaligus bersyukur kepada Allah akan kasih dan iman yang Filemon telah tunjukkan.  Doa Paulus bagi Filemon adalah agar dalam iman, Filemon semakin diperkaya dalam pengenalan akan Kristus dan terus mengerjakan hal-hal baik dalam hidup beriman.

Saudarku, iman kepada Kristus dan kasih kepada sesama saudara seiman merupakan dua hal penting dalam kerohanian kita dan kehidupan persekutuan. Iman tanpa kasih adalah kesia-siaan, "sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna" (bd 1 Kor 13:2). Pertumbuhan iman kita dapat terlihat dan terbukti dari tindakan kasih kita terhadap sesama. Karenanya,
"marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dalam perbuatan dan dalam kebenaran" (1 Yoh 4:18).

GB 287:2,3
Doa : (Ya Tuhan, kiranya Iman kami semakin bertumbuh untuk mengenal  Engkau dan mengasihi sesama).
















Label:   Filemon 1:4-7 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB - Jumat, 1 Maret 2019 - MEMBAWA KEPADA YESUS (2) - Markus 8:22-26 - MINGGU VII SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB - Rabu, 27 Februari 2019 - WALAU SULIT, TETAP MELAYANI - Kisah Para Rasul 28:7-10 (SGDK) - MINGGU VII SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Filemon




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,