Dilihat: 214 x

Save Page
Kisah Para Rasul 16:16-18
16:16 Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar. 16:17 Ia mengikuti Paulus dan kami dari belakang sambil berseru, katanya: "Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan." 16:18 Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.

Penjelasan:

* Kis 16:16 - Roh tenung
Roh tenung. Secara harfiah, roh phyton. Imam perempuan dari Apolo yang ada di Delfi dinamakan phyton, dan sebutan tersebut kemudian juga dikenakan kepada tukang tenung atau tukang ramal. Seseorang yang dirasuki roh phyton dianggap mendapat ilham dari Apolo, dewa yang dikaitkan dengan ramalan. Gadis ini dirasuk setan. dan ucapan-ucapannya yang tidak terkendali dianggap sebagai pesan-pesan dewa. Juragannya memanfaatkan keadaan itu untuk memperoleh keuntungan dari ramalan-ramalannya. Sebagaimana ada roh jahat yang mengenali Yesus sebagai Yang Kudus (Mrk. 1:24), demikian juga roh jahat yang satu ini mengenali kuasa ilahi yang ada dalam Paulus dan rekan-rekannya.

* Kis 16:17 - Allah Yang Mahatinggi // Jalan kepada keselamatan
Allah Yang Mahatinggi. Sebutan bagi Allah Yahudi yang tertinggi oleh orang-orang kafir. Jalan kepada keselamatan. Ungkapan umum di dalam agama Hellenistis dan merupakan hal sangat penting bagi banyak orang kafir.

* Roh Jahat Diusir; Penganiayaan di Filipi ( Kis 16:16-18)
    Paulus dan rekan-rekannya, meskipun sebelumnya untuk beberapa waktu mereka tidak dikenal oleh siapa-siapa di Filipi, namun sekarang mereka mulai mendapat perhatian orang banyak.
        I. Seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung menyebabkan mereka menjadi perhatian orang, dengan berseru-seru bahwa mereka adalah hamba Allah. Perhatikan,
            1. Apa yang dikatakan mengenai hamba perempuan ini: Dia adalah seorang tukang tenung, orang yang mempunyai semacam roh tenung, seperti gadis-gadis yang menjadi perantara sabda Apolo di Delfos. Dia digerakkan oleh suatu roh jahat, yang memberikan jawaban-jawaban yang tidak jelas kepada orang yang bertanya kepadanya, yang memuaskan keinginan mereka yang sia-sia untuk mengetahui masa depan, tetapi sering kali menipu mereka. Pada zaman ketika banyak orang bersikap tak acuh, tidak percaya, dan menyembah berhala, dengan seizin Allah Iblis menawan manusia di dalam kehendaknya. Jika tidak berpura-pura memberikan nasihat kepada mereka, ia tidak akan dipuja-puja seperti sekarang. Dengan kedua hal tersebut, ia bisa terus merebut kedudukan Allah sebagai allah dunia ini. Dengan tenungan-tenungan hamba perempuan ini, tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar. Banyak orang datang untuk meminta nasihat kepada tukang sihir ini untuk menemukan harta yang hilang dirampok, menemukan barang hilang, dan khususnya untuk meramal nasib mereka. Dan tidak ada yang datang tanpa membawa upah bagi tenungan yang diberikan, tergantung kedudukan orang yang bersangkutan dan tingkat pentingnya persoalannya. Mungkin ada banyak orang yang menjadi peramal, namun agaknya yang ini lebih terkenal daripada yang lain. Karena sementara yang lain mendatangkan sejumlah keuntungan, yang ini mendatangkan penghasilan besar bagi tuan-tuannya, sehingga lebih banyak didatangi daripada yang lain.
            2. Kesaksian yang diberikan hamba perempuan ini mengenai Paulus dan rekan-rekannya. Ia bertemu dengan mereka di jalan, ketika mereka sedang pergi ke tempat sembahyang itu, atau untuk berdoa di sana (ay. Kis 16:16). Mereka pergi ke sana tanpa sembunyi-sembunyi, dan setiap orang tahu ke mana mereka pergi, dan apa yang hendak mereka lakukan. Jika apa yang dilakukan hamba perempuan itu sepertinya mengganggu mereka, atau menghalangi pekerjaan mereka, maka bisa diketahui betapa halusnya cara Iblis, si penggoda besar itu, dalam menggunakan kesempatan untuk menyesatkan kita ketika kita hendak beribadah, untuk membingungkan dan membuat kita marah ketika seharusnya kita bersikap tenang. Saat hamba perempuan itu bertemu dengan mereka, ia mengikuti mereka sambil berseru-seru, "Orang-orang ini, meskipun tampak hina dan dipandang rendah, adalah orang-orang besar, karena mereka adalah hamba-hamba Allah yang Mahatinggi. Orang-orang ini seharusnya kita sambut dengan baik, karena mereka memberitakan kepada kita jalan kepada keselamatan, keselamatan yang akan menjadi kebahagiaan kita, dan jalan untuk mendapatkannya yang akan menguduskan kita." Perhatikan,
                (1) Kesaksian ini benar. Kesaksian ini merupakan suatu pujian yang sangat menyeluruh terhadap Injil, dan menjadikan kedatangan mereka indah (Rm. 10:15). Meskipun mereka adalah orang-orang biasa seperti kita, dan merupakan bejana tanah liat, namun,
                    [1] "Mereka adalah hamba Allah yang Mahatinggi. Mereka mendampingi Dia, dipekerjakan oleh Dia, dan dikhususkan bagi kehormatan-Nya, seperti halnya bagi seorang hamba. Mereka datang kepada kita sebagai utusan-Nya, pesan yang mereka bawa berasal dari-Nya, dan mereka melayani tujuan serta kepentingan kerajaan-Nya. Dewa-dewa yang disembah oleh kita, orang-orang kafir ini, adalah ujud-ujud yang rendah, dan karena itu mereka bukan allah. Tetapi orang-orang ini berasal dari Roh yang tertinggi, dari Allah yang Mahatinggi, yang mengatasi semua manusia, semua allah, yang telah menciptakan kita semua, dan kepada-Nya kita semua bertanggung jawab. Mereka adalah hamba-Nya, oleh sebab itu kita wajib menghormati dan mendengarkan mereka demi Allah mereka, dan celakalah kita jika kita melawan mereka."
                    [2] "Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan." Bahkan orang kafir pun cukup paham tentang keadaan manusia yang malang dan menyedihkan, serta membutuhkan keselamatan, dan itulah yang mereka cari-cari. Hamba perempuan itu berkata, "Nah, mereka ini adalah orang-orang yang menunjukkan kepada kita apa yang telah kita cari dengan sia-sia dengan bertanya-tanya kepada para imam dan dewa-dewa kita yang semuanya hanyalah takhayul dan tidak berguna." Perhatikan, Allah melalui Injil Putra-Nya, telah dengan jelas menunjukkan jalan keselamatan kepada kita, dan telah memberitahukan apa yang harus kita lakukan supaya terbebas dari kemalangan yang menimpa kita gara-gara dosa kita sendiri. Namun,
                (2) Bagaimana mungkin kesaksian ini datang dari mulut seorang yang memiliki roh tenung? Apakah Iblis terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri? Maukah ia meninggikan orang-orang yang hendak membinasakan dia? Kita bisa memahaminya seperti ini,
                    [1] Karena roh tenung ini dipaksa melakukannya oleh kuasa Allah untuk memuliakan Injil. Ini seperti Iblis yang dipaksa berkata demikian tentang Kristus (Mrk. 1:24), Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah. Kebenaran kadang-kadang diagungkan oleh pengakuan dari musuh, yang dengannya mereka justru bersaksi melawan diri sendiri. Kristus mau menggunakan kesaksian hamba perempuan ini sebagai pernyataan terhadap orang-orang di Filipi yang merendahkan dan menganiaya para pemberita Injil. Meskipun sebenarnya Injil tidak membutuhkan kesaksian seperti itu, namun kesaksian itu akan bermanfaat untuk membuat orang semakin kagum karena hamba perempuan yang mereka mintai nasihat dalam hal-hal yang lain ternyata mengakui bahwa para pemberita Injil itu adalah hamba-hamba Allah.
                Atau,
                    [2] Seperti yang direncanakan oleh si roh jahat itu, si ular yang cerdik itu, untuk merendahkan Injil. Sebagian orang berpendapat bahwa dalam hal ini hamba perempuan ini merancang hal ini untuk mencari pujian bagi dirinya sendiri dan pekerjaan ramalannya. Dengan begitu ia bisa menambah penghasilan tuannya dengan berpura-pura memihak para pemberita Injil tersebut, yang menurutnya sedang mulai terkenal. Atau untuk menjilat Paulus, supaya Paulus tidak menjaga jarak dengan dirinya dan orang-orang semacamnya. Yang lain berpendapat bahwa Iblis, yang mampu menyamar sebagai malaikat terang, dan sanggup mengatakan apa saja demi mendapatkan keuntungan, dalam hal ini bertujuan mempermalukan para pemberita Injil itu. Seakan-akan perkataan tukang tenung ini berasal dari sumber yang sama dengan Allah mereka, sebab tukang tenung itu memberikan kesaksian tentang mereka. Dengan begitu orang-orang akan terus percaya kepada apa yang sudah biasa mereka percayai. Orang-orang yang kemungkinan besar mau menerima ajaran para rasul ini biasanya tidak menyukai roh-roh tenung ini, sehingga melalui kesaksian ini, mereka juga bisa berprasangka buruk terhadap Injil. Sedangkan mereka yang menghormati tukang tenung ini, sudah pasti dikuasai oleh Iblis.
        II. Kristus membuat para rasul itu menjadi perhatian orang banyak, dengan memberi mereka kuasa untuk mengusir setan dari hamba perempuan ini. Hamba perempuan itu melakukan hal tersebut be-berapa hari lamanya (ay. Kis 16:18), dan agaknya, Paulus tidak mempedulikannya. Paulus mungkin tidak mengetahui bahwa mungkin saja hamba perempuan itu sudah ditetapkan Allah untuk melayani-Nya, dengan bersaksi tentang para pelayan-Nya. Namun karena mungkin Paulus mendapati bahwa kejadian itu menimbulkan prasangka buruk terhadap mereka dan bukannya malah membantu mereka, maka ia segera membungkam mulut hamba perempuan itu, dengan mengusir setan itu keluar darinya.
            1. Paulus tidak tahan lagi. Ia merasa terganggu melihat hamba perempuan itu dipakai Iblis untuk menipu orang banyak, dan melihat orang-orang terseret oleh ramalannya. Ia merasa terusik mendengar suatu kebenaran kudus dilecehkan begitu rupa, dan perkataan yang baik keluar dari mulut yang begitu najis, dengan tujuan yang najis dan jahat. Mungkin perkataan itu diucapkan dengan nada mengejek dan sinis, seolah mengolok-olok apa yang dilakukan para pemberita Injil itu. Ia hendak mengejek mereka, seperti ketika orang-orang yang menganiaya Kristus menyanjung-Nya dengan mengatakan "Salam, hai raja orang Yahudi!" Karena itu, pantaslah apabila Paulus, karena hatinya begitu baik, tidak tahan lagi mendengar kebenaran Allah diseru-serukan di jalan-jalan dengan nada menghina.
            2. Paulus menyuruh roh jahat itu keluar dari perempuan ini. Dia berpaling dengan amarah yang kudus, baik terhadap segala sanjungan maupun ejekan dari roh yang najis itu, dan berkata, "Demi nama Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Melalui ini, Paulus ingin menunjukkan bahwa orang-orang ini adalah hamba Allah yang hidup, dan mampu membuktikannya sendiri, tanpa kesaksian perempuan ini. Dengan kebungkaman perempuan tersebut, hal itu akan lebih terbukti daripada melalui kata-kata perempuan itu. Melalui peristiwa ini Paulus benar-benar menunjukkan jalan kepada keselamatan, yaitu dengan menghancurkan kuasa Iblis dan membelenggunya, supaya ia tidak dapat menyesatkan bangsa-bangsa (Why. 20:3). Peristiwa itu juga menunjukkan bahwa keselamatan ini diperoleh hanya di dalam nama Yesus Kristus, karena di dalam nama-Nyalah Iblis diusir, dan bukan dengan nama lain. Jauh sebelum peristiwa ini, dengan sebuah perkataan Kristus mengusir setan dari orang-orang yang dirasukinya, yaitu setan yang menakut-nakuti orang banyak dan mengganggu mereka sehingga tidak seorang pun yang berani melalui jalan itu (Mat. 8:28), dan ini merupakan suatu berkat yang luar biasa bagi daerah itu. Namun ketika sekarang Paulus, dengan nama Kristus, mengusir setan keluar dari seorang yang menyesatkan orang banyak dan memanfaatkan kepercayaan mereka, hal itu menjadi suatu kebaikan yang lebih besar lagi bagi daerah tersebut. Kuasa berjalan seiring dengan firman Kristus, dan Iblis tidak mampu bertahan di hadapan kuasa firman-Nya ini, dan dipaksa melepaskan cengkeramannya, yang di dalam peristiwa ini, begitu kuatnya: Seketika itu juga keluarlah roh itu.

SBU

MINGGU V SESUDAH EPIFANIA
KAMIS, 14 FEBRUARI 2019
Renungan Pagi
KERENDAHAN HATI SEBAGAI BUAH PERTOBATAN

Kisah Para Rasul 16:13-15
Marilah menumpang dirumahku (ay.15)

Masih didapati waga jemaat GPIB yang menolak jadwal ibadah rumah tangga dirumahnya. Alasan mereka baik istri maupun suami selalu pulang kerja hingga larut malam. Jadi, katanya. tidak enak rasanya kalau tidak bisa menyambut warga yang datang beribadah. Lalu koordinator sektor, mengusulkan agar jadwalnya diubah pada hari sabtu, sebab mereka sudah libur kerja. Tetapi tetap saja mereka beralasan, "Aduh hari Sabtu adaiah hari untuk keluarga. Pada hari sabtu kami selalu mengajak anak kami yang baru 6 iahun untuk weekend diiuar rumah!". Kita sangat menyayangkan sikap keluarga kristen demikian. Sebab mereka tidak menunjukan kerelaan hati sebagai orang yang sudah dikasihi Tuhan Yesus.

Seorang perempuan penjual kain ungu bernama Lidia, sangat serius dan fokus mendengarkan pembaritaan Paulus di Sinagoge (rumah ibadah orang Yahudi). Atas pertolongan Roh Kudus, hatinya terbuka menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Lidia dan seisi rumahnya menjadi percaya dan meminta dibaptis.

Sekarang Lidia dan seisi rumahnya telah menjadi anggota keluarga Aliah. Mereka menghayati dan meneruskan cinta kasih setia kebaikan Tuhan kepada sesama dan bagi pekerjaan-Nya. Lidia menawarkan agar mereka rnenumpang dirumahnya: "Jika kamu berpendapat, bahwa aku bersungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang dirumahku". Rombongan Pauius menerirna tawaran itu.

Saudara. dihari yang baru ini, mari kita menghayati kebaikan Tuhan, dengan cara mengingat dan menghitung berbagaj pemberianNya yang sudah kita terima. Semoga cara ini akan memotivasi kerelaan hati kita menopang pekerjaan Tuhan dan mengambil bagian dalam tugas pelayanan bagi kernuliaan Allah".

KJ 393:3
Doa : (Ingatkan kami ya Tuhan, agar selalu membuk hati untuk melihat dan rela berpartisipasi bagi pekerjaan-Mu di dunia ini)



MINGGU V SESUDAH EPIFANIA
KAMIS, 14 FEBRUARI 2019
Renungan Malam
KJ.413 : 1,2 -Berdoa
MEMBEBASKAN BELENGGU KEJAHATAN

Kisah Para Rasul 16:16-18
dan setelah bertemu dengan saudara-saudara di situ dan menghiburkan mereka, berangkatlah kedua rasul itu.   (ay. 18b)

Ketika warga jemaat melaksanakan pekerjaan Tuhan, selalu saja roh penyesat berusaha menghalang-halangi pekerjaan itu. Cara kerja roh penyesat biasanya tampil melalui peritaku buruk dan orang yang telah disusupinya. Orang itu bisa hadir dari Iuar, tetap| b|sa
juga dari dalam lingkungan anggota jemaat. Biasanya orang yang disusupi roh jahat tidak menyadari, kalau hati dar| pikirannya sudah dikendalikan oleh roh jahat. Karena itu jangan heran jika ia berani berkata dengan mengatas namakan Yesus. ketika melakukan tindakan yang merusak. Sungguh ironis bukan? Lalu bagaimana kita harus menghadapi mereka? Mari kita belajar dari firman Tuhan berikut ini.

Dikisahkan, bahwa Paulus dan rombongan yang masih tinggal di Filipi kembali mendatangi tampat ibadah. Diperjalanan mereka berjumpa dengan dukun perernpuan. Dukun itu mengikuti perjalanan Paulus sambil berteriak-teriak : "Orang-orang ini adalah hamba
A||ah...". Hal itu di!akukannya beberapa kali (ay.17,18). Meski apa yang diteriakkan itu benar, tetapi Paulus merasa terganggu. Dengan pertolongan Roh Kudus, Paulus tahu bahwa itu adalah suara roh jahat yang berteriak menghalang-halangi pekerjaan Tuhan. Paulus
yang sudah tak tahan lagi melihat ulah dukun itu, berkata: "Demi Nama Yesus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini!".

Perkataan yang diucapkan dalam Nama Tuhan dengan penuh kesungguhan mempunyai khasiat Iuar biasa. Terjadi kesernbuhan pada dukun perempuan itu. la pulih dan terbebas dari jerat kuasa jahat. Kuasa Yesus tidak akan dapat dikalahkan. Karena itu sebelum t|dur, mari kita memohon kepada-Nya supaya Tuhan Yesus berkenan menjadikan kita sebagai alat-Nya; menjadi hamba yang membebaskan sesama dari belenggu kuasa kegelapan dan kejahatan.

KJ 413:3
Doa : (Tuhan, kaml mohon. kiranya Roh-Mu tetap rnangawasl hidupku saat; aku terbaring dalam istlrahat rnalam agar jlka kaml terbangun esok, kami kami siap menjadi alat-Mu yang mambabaskan satiap orang yang terjerat roh jahat)


Label:   Kisah Para Rasul 16:16-18 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB JUMAT, 15 FEBRUARI 2019 - DOA DAPAT MENOLONG KITA DARI BERBAGAI BELENGGU - Kisah Para Rasul 16:25-28 - MINGGU V SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB RABU, 13 FEBRUARI 2019 - MEMBAGI KEBAiKAN ATAS NAMA YESUS - Kisah Para Rasul 9:36-43 (SGDK) - MINGGU V SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Kisah Rasul





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Agustus - 2 Tawarikh 4-6


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Unstoppable God - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Lazarus - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
No Longer Slaves - Lauren Daigle - spontaneous worship

Minggu, 18 Agustus 2019
Trust In You - Lauren Daigle - Spontaneous Worship

Rabu, 14 Agustus 2019
Jehovah Reigns - Jamel Strong

Selasa, 13 Agustus 2019
Side Of My Heart - Rachael Lampa

Selasa, 13 Agustus 2019
Canvas and Clay - Pat Barrett feat. Ben Smith

Selasa, 13 Agustus 2019
My Reason - Planetshakers

Selasa, 06 Agustus 2019
King of Kings - Hillsong

Selasa, 06 Agustus 2019
Chances - Isaac Carree

Selasa, 06 Agustus 2019
But God - Isaac Carree

Jumat, 02 Agustus 2019
You Know My Name - the Brooklyn Tabernacle Choir

Jumat, 02 Agustus 2019
No Longer Slaves - Zach Williams

Jumat, 02 Agustus 2019
I Believe (Island Medley) - Jonathan Nelson

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu rohani indonesia inggris dgn nyayian buka mata hatiku kumemandangmu,   penatalayanan menurut 1 tawarikh 6:31-53,   lagu mengalahkan kejahatan dengan kebaikan,   kotbah 1petrus 3:8-12,   pkj 81,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   kotbah 3musa25:93-43.,   kotbah 3musa25:93-43.,   keluaran 19-21,   JadikanKu AlatMu chord,   JadikanKu AlatMu chord,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah nehemia 5:1-13,   https://rwuyatfty.wordpress.com/2012/08/25/kumpulan-lagu-rohani-persekutuan/,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah imamat 25:39-43,   lagu persiapan hati,   lagu rohani instrumental,   renungan mtpj 1 tawarikh 6:31-53,   imamat 25: 39-43,   download album lagu rohani semangat 2019,   Khotbah minggu 25-8-2019. Ev lukas 6:27-36. Epistel mus 25:39-43.,   lagu rohani dangdut,   lirik hymne pkp,   Khotbah GMIT 25 agustus 2019 ulangan 18:1-12,   lagu rohani kristen untuk pernikahan,   khotbah imamat 25:39-43,   mp3 lagu kristen barat lirik,   lagu rohani doddie dengar tuhan,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Hatorangan epistel 3 Musa 25: 37-43,   kotbah Nehemia,   Imamat 25:39-43,   Renungan dari pdt Gilbert ulangan 5 :32-33,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Lagu persembahan syukur,   tata ibadah rumah tangga GKE,   pembahassn kotbah imamat 25:39-43,   tata ibadah hut gereja,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   pembahadan kotbah imamat 25:39-43,   khotbah kristen tentang keberhasilan yosia,   renungan amos 5:7-13,   lirik lagu gembala baik dan cord,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   nehemia 5 : 1-13,   tata ibadah perkawinan gpdi,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   renungan roma 11 : 33 - 36,   pengertian mazmur 146 : 1,   imamat 25:39-43,   penjelasan matius 6:25-34,   kotbah imamat 25:39-43.,   kotbah imamat 25:39-43.,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   8 lagu rohani yang mengucap syukur kepada Tuhan,   notasi kppk 325,   kotbah imamat 25:39-43,   lagu rohani tentang kekuatiran,   khotbah amos 5:7-12,   khotbah amos 5:7-12,   renungan ayub 5:1-27,   imamat 25:39-43,   imamat 25:39-43,   download ilusttasi dan renungan pengkhotbah 11:1 menabir untuk menuai,   nyanyian rohani,   jamita 3 musa 25 39-43,   nyanyian rohani mp3,   nyanyian rohani,   yesaya 5.bangsa asing sebagai murka Allah,   2 petrus 2:17-22.,   Rngn yak 1:2-8,   sbu 20 agustus 2019,   Contoh renungan kotbah agama Kristen Protestan,   Amsal 12:1-4,   gms live 2019,   khotbah kolose 1;21-23,   Renungan rohani bil 21:1-3,   download lagu shane filan beautiful in white mp3,   renungan kitap maleakhi 2:1-9,   Khotbah sekolah minggu GPIB 1 Petrus 3 : 8 - 12,   nyanyian rohani,   download lagu rohani alan jackson mp3,   Nehemia 8:1-9,   lagu fb dounload,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   yesaya 48:16-19,   Latar belakang Lukas 6:31,   chord kasih yesus melingkupi saya,   chord kasih yesus melingkupi saya,   lirik lagu pkj biarpun gunung gunung beranjak,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   download video lagu karaoke rohani kristen,   Khotbah Imamat 25:39-43,   Dihadapan tahtamu mp3 download,   bahan sermon imamat 3 : 39 - 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   khotbah imamat 25 35 55,   ilustrasi kitab imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   a love i know free download mp3 planetshakers,   renungan lukas 6 : 1-5,   kotbah imammat 25:39-43,   kotbah imammat 25:39-43,   contoh doa persembahan kolekte singkat,   contoh doa setelah persembahan,   khotbah tentang kasih 1Korentus 13:4-8,   lagu persembahan,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah 1 yohanes 2:7-17,   dowload lagu rohani kristen terbaru,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah amsal 3:16,   khotbah amsal 3:16,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Khotbah ibadah minggu 25 Agustus 2019,   santapan haran filemon 1,   sabda bina umat 2019,   Jamita Minggu 19 Februari 2019,   khotbah imamat 25 35-46,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah kristen agustus,   1 Tawarikh 6:31-53,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   renungan 1 tawarikh 6,   kodbah 3 musa 25:39-43,   kodbah 3 musa 25:39-43,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   kunci gitar ikut dikau saja tuhan,   1 Tawarikh 6:31-53,   Tafsiran Alkitab Pengkhotbah 11:1-8,   cerita sekolahmunggu amsal4:1-4,   Amsal 12:1-4,   lagu sion database,   download lagu rohani ambon katakan padaku,   almanak gkpi minggu 25 agustus 2019,   renungan yesaya 5:25-30,   khotbah 22 september 2019,   Bacaan injil tanggal 28 september 2019,   lagu ,   lagu ,   lagu ,   Dangdut gerejawi pernikahan,   download lagu menunggu rhoma ful album,   khotbah mazmur 99:1-9,   khotbah mazmur 99:1-9,   Download lagu pujian kuingin dengar cerita o...o...,   Download lagu pujian kuingin dengar cerita o...o...,   lagu mengumpulkan persembahan dari kidung jemaat,