Save Page
Kejadian 12:16-20
12:16 Firaun menyambut Abram dengan baik-baik, karena ia mengingini perempuan itu, dan Abram mendapat kambing domba, lembu sapi, keledai jantan, budak laki-laki dan perempuan, keledai betina dan unta. 12:17 Tetapi TUHAN menimpakan tulah yang hebat kepada Firaun, demikian juga kepada seisi istananya, karena Sarai, isteri Abram itu. 12:18 Lalu Firaun memanggil Abram serta berkata: "Apakah yang kauperbuat ini terhadap aku? Mengapa tidak kauberitahukan, bahwa ia isterimu? 12:19 Mengapa engkau katakan: dia adikku, sehingga aku mengambilnya menjadi isteriku? Sekarang, inilah isterimu, ambillah dan pergilah!" 12:20 Lalu Firaun memerintahkan beberapa orang untuk mengantarkan Abram pergi, bersama-sama dengan isterinya dan segala kepunyaannya.

Penjelasan:

*  Kej 12:11-16
 Ketakutan mulai mencengkeram Abram ketika berada dekat dengan istana raja. Dia membayangkan bahwa Firaun akan berusaha membunuhnya untuk dapat menjadikan Sarai salah satu gundiknya. Mengingat kemungkinan tersebut, Abram memikirkan rencana untuk mengakui istrinya sebagai saudara, sementara ia menenangkan nuraninya dengan pikiran bahwa Sarai memang adalah adik tirinya sendiri. Tindakan tersebut memalukan. Akibatnya, calon ibu dari para pemimpin bangsa Israel itu diangkut ke harem Firaun Mesir!

*  Kej 12:17-20
Selanjutnya, ketika Firaun ternyata terkena tulah barulah disadari olehnya bahwa ada sesuatu yang tidak beres sehingga dia mengusir para pendatang tersebut dari negerinya. Abram mengambil istrinya, para pengikut dan hartanya --- yang bertambah besar selama tinggal sementara di Mesir --- lalu kembali melintasi jarak bermil-mil ke Negeb dan terus ke Kanaan. Tindakan Abram di Mesir tersebut sama sekali tidak layak dilakukan oleh jiwa besar seorang utusan khusus Yehovah kepada bangsa-bangsa. Abram perlu bertumbuh imannya jika akan melaksanakan rencana Allah bagi hidupnya. Dia perlu kembali ke Betel dan mendirikan kembali mezbah bagi Yehovah.

* Selama Sarai sedang berada dalam bahaya ini, Abram mendapat perlakuan yang lebih baik oleh karena dia. Firaun memberi dia kambing domba, lembu sapi, dan sebagainya (ay. 16), untuk mendapat hatinya, supaya Firaun bisa berhasil dengan lebih mudah untuk mendapatkan Sarai, yang dikiranya sebagai adik Abram. Kita tidak bisa berpikir bahwa Abram sudah menduga hal ini akan terjadi ketika ia turun ke Mesir, apalagi sampai mengharapkan untuk menyangkal istrinya. Tetapi Allah mendatangkan kebaikan dari keburukan. Dan dengan demikian kekayaan orang-orang berdosa ternyata, dalam satu atau lain cara, ditumpuk bagi orang benar.

 Dibebaskannya Sarai dari bahaya ini. Dengan kehendak-Nya sendiri Allah berulang kali membebaskan kita dari segala kesesakan dan kesusahan yang kita datangkan karena dosa dan kebodohan kita sendiri. Kalau Dia tidak melakukan ini, kita sudah binasa segera, bahkan sudah lama binasa. Kita tidak bisa mengharapkan Allah untuk berjanji melakukan penyelamatan seperti ini kepada kita. Ia tidak memperlakukan kita seperti yang sepantasnya sudah harus kita dapatkan.

    1. Allah menghajar Firaun, dan dengan demikian mencegah dia melakukan dosa selanjutnya. Perhatikanlah, sungguh membahagiakan penghajaran-penghajaran yang mencegah kita di jalan dosa, dan yang secara berhasil membawa kita pada kewajiban kita, dan secara khusus pada kewajiban untuk mengembalikan apa yang sudah kita ambil dan pertahankan dengan salah. Amatilah, bukan Firaun saja, melainkan juga seisi istananya tertimpa tulah, mungkin terutama punggawa-punggawa yang sudah menyarankan Sarai kepada Firaun. Perhatikanlah, kawan dalam dosa sudah sewajarnya dijadikan kawan dalam hukuman. Orang yang melayani hawa nafsu orang lain harus bersiap-siap akan berbagi dalam tulah mereka. Kita tidak diberi tahu secara khusus tulah-tulah apa ini. Tetapi tidak diragukan lagi bahwa ada sesuatu di dalam tulah-tulah itu sendiri, atau suatu penjelasan yang ditambahkan padanya, yang cukup untuk meyakinkan mereka bahwa karena Sarailah mereka ditimpa tulah seperti itu.
    2. Firaun menegur Abram, dan kemudian menyuruhnya pergi dengan hormat.
        (1) Teguran itu tenang, tetapi sangat adil: Apakah yang kauperbuat ini terhadap aku? Sungguh suatu hal yang tak pantas! Sungguh tidak patut dilakukan oleh orang yang bijak dan baik! Perhatikanlah, jika orang-orang yang mengaku beragama melakukan apa yang tidak baik dan tidak jujur, terutama apabila mereka mengatakan sesuatu yang sudah masuk di dalam wilayah dusta, maka mereka harus sadar bahwa dusta mereka itu akan ketahuan, dan berterima kasih kepada orang-orang yang mau memberitahukannya kepada mereka. Kita mendapati seorang nabi Tuhan pantas ditegur dan dimarahi oleh seorang nakhoda kafir (Yun. 1:6). Firaun berbantah dengannya: Mengapa tidak kauberitahukan, bahwa ia isterimu?, yang menunjukkan bahwa, seandainya ia sudah mengetahui hal ini, ia tidak akan membawa Sarai ke dalam istananya. Perhatikanlah, adalah suatu kesalahan yang begitu sering dilakukan oleh orang-orang baik bahwa mereka selalu curiga terhadap orang lain melebihi yang sebenarnya. Sering kali kita mendapati lebih banyak kebajikan, kehormatan, dan hati nurani pada sebagian orang daripada yang kita duga. Jadi seharusnya kita bergembira ketika kita menjadi kecewa, seperti Abram yang mendapati bahwa Firaun itu ternyata seorang yang baik melebihi sangkaannya. Kemurahan hati mengajar kita untuk mengharapkan yang terbaik.
        (2) Perintah Firaun agar Abram pergi sungguh baik dan sangat murah hati. Ia mengembalikan istrinya kepada dia tanpa melakukan sesuatu yang menghina kehormatannya: Inilah isterimu, ambillah (ay. 19). Perhatikanlah, orang-orang yang ingin mencegah dosa harus menyingkirkan godaannya, atau menjauhkan diri darinya. Firaun juga menyuruh Abram pergi dengan damai, dan sama sekali tidak mempunyai rancangan untuk membunuhnya, seperti yang dikhawatirkan Abram, tetapi sebaliknya justru memedulikannya secara khusus. Perhatikanlah, kita sering kali membingungkan dan menjerat diri kita sendiri dengan ketakutan-ketakutan yang akan segera terlihat tidak berdasar sama sekali. Kita sering kali takut pada saat kita tidak perlu takut. Kita terus gentar sepanjang hari terhadap kepanasan amarah orang penganiaya, apabila ia bersiap-siap memusnahkan, padahal sebenarnya tidak ada bahaya (Yes. 51:13). Abram akan lebih mendapat pujian dan penghiburan jika ia mengatakan yang sebenarnya pada awalnya. Sebab, bagaimanapun juga, kejujuran adalah jalan yang paling aman. Bahkan, dikatakan (ay. 20),


SBU

MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA
RABU, 6 FEBRUARI 2019
Renungan Pagi
GB 252 : 1 -Bordoa
PERCAYALAH

Kejadian 12:1-15
Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lotpun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.   (ay.4)

Ada beberapa orang yang awalnya begitu berani dan semangat menunjukkan sikap mencintai Tuhan Yesus, tetapi akhirnya menyangkal imannya kepada Tuhan Yesus. Penyebab utama ada|ah karena meragukan kasih dan kuasa Tuhan Yesus.

Abram adalah seorang yang menerima perintah TUHAN dan menyakini janji TUHAN. Tanpa keraguan Abram meninggalkan kampung halaman dan kaum keluarganya. Abram bersedia keluar dari zona nyaman dan kemudian masuk ke situasi yang sesungguhnya balum pasti karena Abram sangat percaya kepada firman dan janji TUHAN. TUHAN berfirman : "...pergilah ka negeri yang akan kutunjukkan kepadamu" (ayat 1}.

Saat mengalami kelaparan dan menjadi orang asing di Mesir, rasa percaya Abram kepada TUHAN goyah dan berubah. Abram takut jikalau orang Mesir akan mernbunuhnya Karena Sarai, maka Abram berbohong kepada Firaun bahwa Sarai adalah adikrlya. Hal ini menunjukkan bahwa Abram mengalami keraguan terhadap janji penyertaan TUHAN.

Pergumulan yang dialami pada zaman sekarang: ekonomi, sakit, situasi rumah tangga membuat kita bisa memiliki sikap yang sama dengan Abram meragukan janji penyertaan Tuhan. Hal ini terlihat dalam tindakan: pergi ke dukun untuk rnemima kesembuhan, men-
dapatkan kekayaan, menghadirkan kedamaian dalam kehidupan rumah tangga. maupun menyogok supaya lulus atau mendapatkan pekerjaan atau kariernya meningkat. lnilah perilaku yang menunjukkan keraguan terhadap kuasa dan kasih Tuhan. Seakan Tuhan
tidak sanggup menolong, sehingga orang menggunakan kekuatan duniawi untuk melindungl diri dan mewujudkan harapan.

Memulai aktifitas di hari baru, setiap orang dapat menyatakan kepada dirinya : "Jangan melihat diri yang terbalas, tetapi lihatlah Tuhan Yesus yang tidak terbatas. Dalam percaya kepada Tuhan Yesus, maka tidak ada yang mustahil. Pertolongan-Nya tidak terIambat. Bardoa dan percayalah kepada Tuhan Yesus".

GB 252:2,4
Doa : (Tuhan Yesus, tanggalkanlah karaguan di hati kami, supaya kami hidup dalam iman dan percaya kepada-Mu)



MINGGU IV SEUDAH EPIFANIA
RABU, 6 FEBRUARI 2019
Renungan Malam
GB.214:1 -Berdoa
MELEPASKAN SAKIT HATI

Kejadian 12:16-20
Mengapa engkau katakan: dia adikku, sehingga aku mengambilnya menjadi isteriku? Sekarang, inilah isterimu, ambillah dan pergilah!"  (ay 19)

Firaun mengetahui kebohongan Abram melalui tulah yang terjadi di Mesir. Sebagai seorang raja, Firaun pasti sangat marah dari sakit hati karena dibohongi oleh rakyat, apalagi seorang asing yang datang ke negerinya. Secara aturan pasti ada hukuman berat bag Abram karena telah 'menghina' orang Mesir dengan membohangi raja mereka yang merupakan simbol kekuasaan tertinggi. Akibat dari kebohongan Abram, Tuhan menunjukkan kuasa-Nya dengan
mendatangkan tulah atas Mesir. Tuhan tetap menyerlai Abram sebagaimana janji-Nya. Karena Tuhan, maka Hraun tetap memperlakukan Abram dengan baik. Firaun tidak menyimpan sakitnya. tetapi melepaskan sakit hatinya terhadap Abram. Firaun juga tidak pura-pura memaafkan tetapi dengan tulus memaafkan. Hal ini terIihat melalui tindakan Firaun lerhadap Abram : mengembalikan Sarai, isteri Abram dan tidal meminta kembali hadiah yang diberi-
kan kepada Abram. Firaun rnemberikan periindungan terhadap Abram dan Sarai.

Sakit hati menjadi bagian dari diri manusia : sakit hati dibohongi, tidak dihargai, dicurangi dan diperiakukan tidak adil. Apakah menyenangkan hidup dalam sakit hati? Tdak. Menyimpan
sakit hati hanya mendatangkan penyakit. baik fisik maupun batin; rnenganggu hubungan antar sesarna. Karena akan menimbulkan pertengkaran, dendam dan luka batin. Karena itu menjadi penting untuk hidup dalam pengampunan dan kasih dengan melepaskan sakit hati terhadap sesama. Melepaskan sakit hati berarti memaafkan dengan setulus hati tidak merasa diri yang benar, tidak terus-menerus memperbincangkan tentang hati yang terluka, Tidak
mengungkit-ungkit kesalahan atau kebaikan yang telah diperbuat. Pokoknya, rnemaafkan dengan setulus hati. Selamat memasuki malarn dalam istirahat dengan hati yang telah berdamai dengan diri sendiri dan sesama.

GB.62:3
Doa : (Tuhan, rnarnpukan kami melepaskan saklt hati terhadap sesama, sehlngga kami dapat hldup dalam damai).

Label:   Kejadian 12:16-20 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB - Kamis, 7 Februari 2019 - AKAL SEBAGAI ANUGERAH TUHAN - Yosua 9:3-5 - MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 5 FEBRUARI 2019 - MENANG - Hakim-Hakim 11:4-11 - MINGGU IV SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar Kejadian




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,