Dilihat: 589 x

Save Page
1 Samuel 18:5
18:5 Daud maju berperang dan selalu berhasil ke mana juga Saul menyuruhnya, sehingga Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit. Hal ini dipandang baik oleh seluruh rakyat dan juga oleh pegawai-pegawai Saul.

Penjelasan:

* 1Sam 17:55--18:5
Bagian ini termasuk ke dalam tradisi yang juga tercantum dalam 1Sa 17:12-30. Daud belum dikenal Saul dan ini tidak sesuai dengan 1Sa 16:14-23. Maka terjemahan Yunani dahulu tidak memuat 1Sa 17:55-18:5 dan 1Sa 17:12-31.

* Awas: iri dan benci!
Apa yang menyebabkan rasa sayang Saul berubah menjadi benci, bahkan ia berniat membunuh Daud? Semula Saul sangat terkesan pada Daud. Tiga kali ia bertanya, anak siapa Daud itu (1Sam. 17:55-58). Dari sumber yang benar didapat jawaban bahwa Daud memiliki latar belakang yang baik. Ia anak Isai (1Sam. 17:58), keturunan Boas dari Rut (1Taw. 2:12; Rut 4:18-22). Lalu Saul menerima Daud sebagai tangan kanannya untuk berperang melawan musuh (1Sam. 18:5). Bahkan Yonatan, putra Saul, mengikat persahabatan dengan Daud (1Sam. 18:1-4).
Namun ketertarikan Saul dan ketertarikan Yonatan kepada Daud berbeda. Waktulah yang membuktikan. Saat ujian datang menggempur, Saul limbung dan terhempas. Ketertarikan bergeser jadi kebencian. Apa pemicunya? Sederhana! Tarian dan nyanyian! Untaian lagu yang dilantunkan oleh rakyat Israel berisi syair yang lebih meninggikan Daud (ayat 7). Tentu saja, telinga Raja Saul tidak nyaman mendengarnya. Rasa iri menyelinap masuk dan berlabuh di hatinya. Bagai dipupuk, iri hati semakin merasuk dan menusuk. Rasa tertarik berubah jadi benci. Fokus Raja Saul sekarang hanya satu, yaitu melenyapkan Daud (ayat 11-29). Mulailah ia menyusun rencana dan langsung dilaksanakan, satu demi satu. Syukur kepada Tuhan, tak satu pun yang berhasil. Semua gagal, karena Tuhan menyertai Daud.
Betapa dahsyatnya dosa iri itu merusak relasi dan terutama diri sendiri. Oleh karena iri hati, orang bersedia menghancurkan sesamanya dengan cara apapun. Mulai dengan memfitnah sebagai upaya pembunuhan karakter, sampai pada upaya menggeser kedudukan dengan menggunakan pengaruh dan tekanan. Bahkan kalau perlu nyawa dihabisi! Inilah akibat orang yang membiarkan diri dikendalikan oleh ego. Iblis memanfaatkan rasa ego tersebut (1Sam. 18:10), yang pada akhirnya membinasakan jiwanya sendiri. Karena itu, berjagalah dan pelihara hati yang penuh kasih kepada sesama. Juga puas dirilah dengan anugerah Tuhan atas kita.


SGDK
MINGGU VIII SESUDAH EPlFANIA
RABU, 6 MARET 2019
SAUL MEMPROMOSIKAN DAUD
1 Samuel 18:5

BEBERAPA CATATAN : SUATU PENGANTAR
1. Perikop bacaan kita (1 Sam 18:5) hanya 1 (satu) ayat yang terdiri dari 2 (dua) kalimat yang mengungkapkan 3 (tiga) hal. Kalimat pertama mengungkapkan 2 hal, yaitu:
1). Daud selalu berhasil dalam perang ke mana pun ia disuruh oleh Saul, dan
2). Karena itu, Saul mengangkat (mempromosikan) Daud mengepalai prajurit. Sedangkan kalimat yang kedua mengungkapkan bahwa hal keputusan Saul mempromosikan Daud me-
ngepalai prajurit mendapat apresiasi (tanggapan positif) baik dari kalangan rnasyarakat maupun dari kalangan birokrat.

2. Dari catatan tersebut di atas, maka dapat disimpulkan:
a) Ada hubungan sebab-akibat antara keberhasilan Daud dalam tugas perang yang diperintahkan oleh Saul dengan keputusan raja Saul mempromosikan Daud mengepalai prajurit. Karena Daud berhasil, maka Saul mempromosikan dia.
b) Masyarakat dan birokrat mengapresiasi Saul atas keputusannya itu, dan
c) Hal ini menunjukkan bahwa pada awal persahabatan Yonatan dan Daud (ay. 1-4) mungkin sekali diketahui oleh Saul, dan terjadi pada saat Saul dalam kondisi baik (tidak terganggu jiwanya oleh roh-roh jahat).

3, Mengapa Daud berhasil dalam tugasnya sebagai prajurit?
Karena ia sudah diurapi oleh Samuel menjadi raja menggantikan Saul. Sesudah itulah, Daud mengalahkan Goliat. la selalu berhasil dalam perang kemana juga Saul menyuruhnya. Betul bahwa keberhasilannya itu diapresiasi oleh raja Saul dalam bacaan kita malam ini, tetapi dalam kisah-kisah berikutnya.keberhasilan Daudj ustru membuat raja Saul menjadi iri hati
padanya, sehingga ia berkali-kali berusaha untuk membunuh Daud. Dalam konteks inilah persahabatan Yonatan dengan Daud menempatkan Yonatan dan Daud berada dalam suasana yang dilematis. Mereka bersahabal; dalam konteks politik saat bangsa Israel berada dalam proses menuju suksesi menggantikan raja Saul. Keduanya (baik Yonatan maupun Daud)
berhak menjadi raja Israel. Yonatan adalah putra mahkota. karena dia anak sulung raja Saul, sedangkan Daud belum lama diurapi Tuhan Iewat Samuel jadi raja Israel. Di mana-mana Daud dielu-elu oleh masyarakat dengan ungkapan "Saul membunuh beribu-ribu, tetapi Daud membunuh berlaksa-laksa" (selaksa berarti sepuluh ribu). Pastilah hal ini membuat jengkel, bukan hanya raja Saul, tetapi juga Yonatan, anak Saul.

4. Jika dapat dikatakan bahwa pengurapan itu merupakan unsur iman, maka keberhasilan itu adalah unsur perbuatan. Pertanyaannya ialah manakah lebih dulu, iman ataukah perbuatan?
Jelas dalam cerita kitab 1 Samuel bahwa pengurapan Daud mendahului keberhasilannya. Lalu kemudian dikatakan bahwa semakin Daud berhasil, maka Saul semakin iri kepadanya,
karena itu Saul berusaha membunuh Daud. Dalam PB, khususnya di Yakobus 2:22, menegaskan bahwa iman dan perbuatan bekerja sama dan saling menumbuhkan satu terhadap yang lain. Dikatakan bahwa iman tanpa perbuatan itu sia-sia. Demikian sebaliknya, perbuatan tanpa iman itu sia-sia juga. Oleh sebab itu, iman dan perbuatan itu bertumbuh-kembang secara bersama-sama. Demikian juga halnya dengan Daud: semakin ia berhasil, maka semakin ia meyakini pengurapannya; semakin ia meyakini pengurapannya, maka semakin ia berhasil. Mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama harus bertumbuh
bersama-sama.

PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN:
1. Jika hubungan iman dan perbuatan itu saling melengkapi, saling membutuhkan, dan saling membangun satu terhadap yang satunya, apakah konsekuensi pengakuan ini dalam proses pendidikan anak-anak warga jemaat? Berikanlah beberapa usul saudara, lalu diskusikan!

2. Apakah yang perlu saya Iakukan agar imanku dan perbuatanku dapat bertumbuh bersama-sama? Berikan usul-usul yang konkrit, satu orang satu usul, dan setelah semua peserta memberi usul, lalu diskusikanlah usul-usul tersebut!



SBU

MINGGU VIII SESUDAH EPIFANIA
RABU, 6 MARET 2019
Renungan Pagi
KJ 421:1 -Berdoa
YONATHAN BERSAHABAT DENGAN DAUD

1 Samuel 18:1-4
Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri.  (ay 3)

Yonathan mengikat perjanjian persahabatan dengan Daud karena ia mengasihi Daud seperti dirinya sensiri, dengan memberikan jubahnya, baju perangnya, pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya kepada Daud. Jelas dikatakan di dalam teks bahwa ikatan persahabatan itu bermula dari berpadunya dua jiwa dalam diri Yonathan dan Daud.

Hubungan persahabatan dengan Daud itu diikat oleh Yonathan setelah Daud diurapi menjadi raja okeh Samuel (pasal 6:1-16). Persahabatan itu diwujudkan dalam konteks adanya hubungan politis di antara mereka berdua, sebab Daud sudah diurapi untuk kelak menjadi raja Israel menggantikan Saul ayah Yonathan. Secara politis Yonathan akan menjadi raja Israel menggantikan ayahnya Saul, sebab ia anak sulung Saul. Hubungan persahabatan itu berdasarkan kasih. Sedangkan hubungan poiitik itu berdasarkan kepentingan (salah satu prinsip politik ialah "tidak ada sahabat yang abadi, yang ada adalah kepentingan yang abadi).

Jika dilihat dari posisi Yonathan selaku anak sulung Saul dan pewaris raja Israel dan posisi Daud selaku orang yang sudah diurapi jadi raja, maka persahabatan Yonathan dan Daud ini membuat keduanya dalam posisi dileatis. Mengapa? Sebab keduanya sah menjadi raja Israel. Yonathan Sah karena dia anak sulung Saul, sedangkan Daud sah atas dasar pengurapan Samuel. Tanpa disadari mereka sedang bersaing menjadi raja. Siapakah yang akhirnya menjadi raja Israel menggantikan raja Saul. Yonathan atau Daud? Jawabnya ialah Daud, karena ia pilihan Tuhan. Umat Israel yakin bahwa raja Israel adalah pilihan Tuhan. Persahabatan mereka tidak ternodai karena perseteruan politik. Yonathan membantu Daud melarikan diri dari usaha pembunuhan Saul dan Daud sangat memperhatikan mefiboset
anak Yonathan, setelah ia menjadi raja.

KJ 421:3
Doa : (Ya Tuhan, tolong kami agar kami sungguh percaya akan Firman-Mu)


MINGGU VIII SESUDAH EPIFANIA .
RABU, 6 MARET 2019
Renungan Malam
KJ 422:1,2 -Berdoa
SAUL MEMPROMOSIKAN DAUD

1 Samuel 18:5
sehingga Saul mengangkat dia mengepalai para prajurit. Hal ini dipandang baik oleh seluruh rakyat dan juga oleh pegawai-pegawai Saul. (ay.5b)

Ada debat tentang pertanyaan perlumbuhan anak, yaitu, manakah yang Iebih dulu: kaki anak kuat atau anak berjalan'?. Mana pun jawaban yang kita pilih, rnaka kedua-duanya benar, se-
hingga perdebatan tidak akan selesai. Benar bahwa anak jadi kuat jika bisa berjalan, dan anak bisa berjalan jika kakinya kuat.

Jika kita simak baik-baik bacaan kita malam hari ini, maka ada tiga hal yang diinformasikan, yaitu: 1) Kemana pun Daud ditugaskan berperang, ia selalu berhasil; 2) karena itu Saul memprornosikan Daud jadi kepala prajurit; dan 3) promosi Daud itu dipandang baik
oleh seluruh rakyat dan para pegawai Saul. Mengapa Daud selalu berhasil? la selalu berhasil setelah dia diurapi oleh Samuel menjadi raja untuk menggantikan Saul.

Jika pengurapan itu merupakan unsur iman, maka keberhasilan itu adalah unsur perbuatan. Pertanyaannya ialah manakah lebih dulu iman atau perbuatan? Jelas dalam cerita kitab 1 Samuel bahwa pengurapan Daud mendahului keberhasilannya. Laiu dikatakan bahwa semakin Daud berhasil, maka Saul semakin iri kepada Daud. Karena itu Saul semakin berusaha membunuh dia. Dalam PB, khususnya di Yakobus 2:22, menegaskan bahwa iman dan per-
buatan bekeaja sama dan saling menumbuhkan satu terhadap yang lain. Dikatakan bahwa iman tanpa perbuatan itu sia-sia. Demikian sebaliknya, perbuatan tanpa iman itu juga sia-sia. Oleh sebab itu, iman dan perbuatan itu bertumbuh-kembang secara bersama-sama
Demikian ll-I99 halnya dengan Daud : semakin ia berhasil maka; semakin ia yakin akan pengurapannya; semakin ia yakin dengan harapannya, maka semakin ia berhasil. Mengasihi Tuhan dan mengasihi sesame harus bertumbuh bersama. Jika hanya satu sisi saja (iman atau perbuatan) ditumbuhkan, maka hasilnya keduanya tidak bertumbuh.

KJ.422:3,4
Doa : (Kaml barsyukur pada Tuhan atas promosimu bagi orang beriman)

Label:   1 Samuel 18:5 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB KAMIS, 7 MARET 2019 - RAHAB MEMBER! INFORMASI - Yosua 2:7-10 - MINGGU VIII SESUDAH EPIFANIA

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB SELASA, 5 MARET 2019 - YITRO MEMPERSEMBAHKAN KORBAN - Keluaran 18:12 - MINGGU VIII SESUDAH EPIFANIA

Garis Besar 1 Samuel





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Agustus - 2 Tawarikh 4-6


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Unstoppable God - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Lazarus - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
No Longer Slaves - Lauren Daigle - spontaneous worship

Minggu, 18 Agustus 2019
Trust In You - Lauren Daigle - Spontaneous Worship

Rabu, 14 Agustus 2019
Jehovah Reigns - Jamel Strong

Selasa, 13 Agustus 2019
Side Of My Heart - Rachael Lampa

Selasa, 13 Agustus 2019
Canvas and Clay - Pat Barrett feat. Ben Smith

Selasa, 13 Agustus 2019
My Reason - Planetshakers

Selasa, 06 Agustus 2019
King of Kings - Hillsong

Selasa, 06 Agustus 2019
Chances - Isaac Carree

Selasa, 06 Agustus 2019
But God - Isaac Carree

Jumat, 02 Agustus 2019
You Know My Name - the Brooklyn Tabernacle Choir

Jumat, 02 Agustus 2019
No Longer Slaves - Zach Williams

Jumat, 02 Agustus 2019
I Believe (Island Medley) - Jonathan Nelson

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu rohani indonesia inggris dgn nyayian buka mata hatiku kumemandangmu,   penatalayanan menurut 1 tawarikh 6:31-53,   lagu mengalahkan kejahatan dengan kebaikan,   kotbah 1petrus 3:8-12,   pkj 81,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   kotbah 3musa25:93-43.,   kotbah 3musa25:93-43.,   keluaran 19-21,   JadikanKu AlatMu chord,   JadikanKu AlatMu chord,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah nehemia 5:1-13,   https://rwuyatfty.wordpress.com/2012/08/25/kumpulan-lagu-rohani-persekutuan/,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah imamat 25:39-43,   lagu persiapan hati,   lagu rohani instrumental,   renungan mtpj 1 tawarikh 6:31-53,   imamat 25: 39-43,   download album lagu rohani semangat 2019,   Khotbah minggu 25-8-2019. Ev lukas 6:27-36. Epistel mus 25:39-43.,   lagu rohani dangdut,   lirik hymne pkp,   Khotbah GMIT 25 agustus 2019 ulangan 18:1-12,   lagu rohani kristen untuk pernikahan,   khotbah imamat 25:39-43,   mp3 lagu kristen barat lirik,   lagu rohani doddie dengar tuhan,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Hatorangan epistel 3 Musa 25: 37-43,   kotbah Nehemia,   Imamat 25:39-43,   Renungan dari pdt Gilbert ulangan 5 :32-33,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Lagu persembahan syukur,   tata ibadah rumah tangga GKE,   pembahassn kotbah imamat 25:39-43,   tata ibadah hut gereja,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   pembahadan kotbah imamat 25:39-43,   khotbah kristen tentang keberhasilan yosia,   renungan amos 5:7-13,   lirik lagu gembala baik dan cord,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   nehemia 5 : 1-13,   tata ibadah perkawinan gpdi,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   renungan roma 11 : 33 - 36,   pengertian mazmur 146 : 1,   imamat 25:39-43,   penjelasan matius 6:25-34,   kotbah imamat 25:39-43.,   kotbah imamat 25:39-43.,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   8 lagu rohani yang mengucap syukur kepada Tuhan,   notasi kppk 325,   kotbah imamat 25:39-43,   lagu rohani tentang kekuatiran,   khotbah amos 5:7-12,   khotbah amos 5:7-12,   renungan ayub 5:1-27,   imamat 25:39-43,   imamat 25:39-43,   download ilusttasi dan renungan pengkhotbah 11:1 menabir untuk menuai,   nyanyian rohani,   jamita 3 musa 25 39-43,   nyanyian rohani mp3,   nyanyian rohani,   yesaya 5.bangsa asing sebagai murka Allah,   2 petrus 2:17-22.,   Rngn yak 1:2-8,   sbu 20 agustus 2019,   Contoh renungan kotbah agama Kristen Protestan,   Amsal 12:1-4,   gms live 2019,   khotbah kolose 1;21-23,   Renungan rohani bil 21:1-3,   download lagu shane filan beautiful in white mp3,   renungan kitap maleakhi 2:1-9,   Khotbah sekolah minggu GPIB 1 Petrus 3 : 8 - 12,   nyanyian rohani,   download lagu rohani alan jackson mp3,   Nehemia 8:1-9,   lagu fb dounload,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   yesaya 48:16-19,   Latar belakang Lukas 6:31,   chord kasih yesus melingkupi saya,   chord kasih yesus melingkupi saya,   lirik lagu pkj biarpun gunung gunung beranjak,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   download video lagu karaoke rohani kristen,   Khotbah Imamat 25:39-43,   Dihadapan tahtamu mp3 download,   bahan sermon imamat 3 : 39 - 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   khotbah imamat 25 35 55,   ilustrasi kitab imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   a love i know free download mp3 planetshakers,   renungan lukas 6 : 1-5,   kotbah imammat 25:39-43,   kotbah imammat 25:39-43,   contoh doa persembahan kolekte singkat,   contoh doa setelah persembahan,   khotbah tentang kasih 1Korentus 13:4-8,   lagu persembahan,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah 1 yohanes 2:7-17,   dowload lagu rohani kristen terbaru,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah amsal 3:16,   khotbah amsal 3:16,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Khotbah ibadah minggu 25 Agustus 2019,   santapan haran filemon 1,   sabda bina umat 2019,   Jamita Minggu 19 Februari 2019,   khotbah imamat 25 35-46,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah kristen agustus,   1 Tawarikh 6:31-53,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   renungan 1 tawarikh 6,   kodbah 3 musa 25:39-43,   kodbah 3 musa 25:39-43,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   kunci gitar ikut dikau saja tuhan,   1 Tawarikh 6:31-53,   Tafsiran Alkitab Pengkhotbah 11:1-8,   cerita sekolahmunggu amsal4:1-4,   Amsal 12:1-4,   lagu sion database,   download lagu rohani ambon katakan padaku,   almanak gkpi minggu 25 agustus 2019,   renungan yesaya 5:25-30,   khotbah 22 september 2019,   Bacaan injil tanggal 28 september 2019,   lagu ,   lagu ,   lagu ,   Dangdut gerejawi pernikahan,   download lagu menunggu rhoma ful album,   khotbah mazmur 99:1-9,   khotbah mazmur 99:1-9,   Download lagu pujian kuingin dengar cerita o...o...,   Download lagu pujian kuingin dengar cerita o...o...,   lagu mengumpulkan persembahan dari kidung jemaat,