Save Page
Yohanes 4:21-26
4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." 4:25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." 4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Penjelasan:


* Yoh 4:21-24 - Saatnya akan tiba // menyembah Bapa, // kamu // Keselamatan datang dari bangsa Yahudi // Saatnya ... sudah tiba sekarang // di dalam Roh dan kebenaran. Roh // kebenaran // Roh
Saatnya akan tiba. Di dalam tatanan baru yang dimulai dengan kedatangan Kristus, tempat penyembahan tidak sepenting Tokoh yang disembah. Hal yang penting ialah bahwa orang menyembah Bapa, yang sudah diberitakan melalui kedatangan Sang Anak. Dengan mempergunakan istilah kamu Yesus mungkin mengantisipasi pertobatan orang-orang Samaria. Ibadah orang Samaria merupakan hal yang kacau (bdg. II Raj. 17:33). Keselamatan datang dari bangsa Yahudi di dalam anti bahwa penyataan khusus tentang cara mendekati Allah dengan benar disampaikan kepada mereka: dan Yesus sendiri, sang Juruselamat, berasal dari bangsa ini (Rm. 9:5). Saatnya ... sudah tiba sekarang. Bahkan sebelum sistem keagamaan yang baru diresmikan dengan sifatnya yang universal, para penyembah sejati memperoleh kehormatan untuk menyembah Allah sebagai Bapa di dalam Roh dan kebenaran. Roh tampaknya menoleh ke belakang. ke Yerusalem dan penyembahan Yerusalem yang berdasarkan apa yang tersurat (hukum Taurat). Sedangkan kebenaran bertentangan dengan penyembahan orang Samaria yang tidak memadai dan palsu. Cara menyembah yang baru ini merupakan keharusan. sebab Allah itu Roh adanya (bukan sebuah Roh).

* Yoh 4:25-26 - memberitakan segala sesuatu // Akulah Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau
Gambaran perempuan itu tentang Mesias mungkin dilandaskan pada Ulangan 18:15-18, yang diterima sebagai Alkitab oleh orang Samaria. Sebagai nabi yang paling unggul, Mesias akan mampu memberitakan segala sesuatu. Pandangan ke depan yang muram ini tidak perlu. Akulah Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau. Akan sangat berbahaya bagi Yesus untuk memperkenalkan diri-Nya dengan cara ini kepada orang-orang Yahudi, di mana pengertian mereka tentang Mesias diwarnai politik. Di tempat ini rupanya Dia menganggap hal itu dapat dilakukan dengan aman. Benih telah ditanam, dan pada waktu yang tepat, sebab percakapan itu terhenti dengan kedatangan para murid.

*  Kristus mengisyaratkan alasan mengapa Allah harus disembah dengan cara demikian.
                        a. Karena di zaman Injil hanya mereka yang menyembah Allah dengan cara demikian sajalah yang dianggap sebagai penyembah-penyembah yang benar. Injil menegakkan cara penyembahan yang rohani, sehingga orang-orang yang mengaku percaya kepada Injil tidaklah jujur dalam pengakuan mereka dan tidak hidup berdasarkan terang Injil dan hukum Allah, jika mereka tidak menyembah Allah dalam roh dan kebenaran.
                        b. Karena Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

                        Ini mengisyaratkan:

                            (a) Bahwa penyembah-penyembah yang demikian itu sangat langka dan jarang ditemui (Yer. 30:21). Pintu yang menuju kepada penyembahan rohani itu sempit.
                            (b) Bahwa penyembahan yang demikian itu diperlukan dan dituntut oleh Allah di sorga. Ketika Allah datang untuk menanyakan para penyembah, pertanyaan-Nya bukanlah "Siapakah yang menyembah di Yerusalem?", melainkan "Siapakah yang menyembah di dalam roh?". Itulah yang akan dinilai.
                            (c) Bahwa Allah amat berkenan dan dengan murah hati menerima penyembahan dan penyembah-penyembah yang demikian. Aku mengingininya (Mzm. 132:13-14; Kid. 2:14).
                            (d) Bahwa ada, dan akan tetap ada sampai akhirnya, sisa-sisa penyembah-penyembah yang demikian. Perkataan bahwa Allah mencari penyembah-penyembah yang demikian menyiratkan bahwa Allah menjadikan mereka demikian. Allah di segala zaman mengumpulkan bagi diri-Nya suatu generasi penyembah-penyembah rohani.
                        c. Karena Allah itu Roh. Kristus datang untuk menyatakan Allah kepada kita (1:8), dan inilah yang Ia nyatakan mengenai Allah. Ia menyatakannya kepada perempuan Samaria yang malang itu, karena orang yang paling hina itu ingin mengenal Allah. Dengan cara ini, Ia memperbaiki kesalahan perempuan itu mengenai hal beribadah yang benar, bahwa untuk beribadah, hal yang sangat diperlukan adalah mengenal Allah dengan benar.

                        Perhatikan:

                            (a) Allah itu Roh, artinya Ia adalah akal budi yang tidak terbatas dan kekal, keberadaan yang cerdas, tidak memiliki tubuh jasmani, tidak terbentuk dari partikel materi apa pun, tidak dapat dilihat, dan tidak dapat binasa. Lebih mudah mengatakan apa yang bukan Allah daripada apa Allah itu; roh tidak ada daging dan tulangnya, namun siapakah yang mengetahui jalan sebuah roh? Jika Allah bukan Roh, Ia tidak dapat sempurna, terbatas, tidak kekal, selalu bergantung, dan tidak bisa menjadi Bapa segala roh.
                            (b) Sifat Allah yang rohani adalah alasan yang sangat baik mengapa Dia juga harus disembah secara rohani. Jika kita tidak menyembah Allah yang adalah Roh itu di dalam roh, maka kita tidak memberi Dia kemuliaan karena nama-Nya, dan itu sama saja dengan tidak menyembah, dan karena itu pula kita tidak dapat berharap akan mendapatkan belas kasih dan perkenanan-Nya, dan akhirnya kita gagal mencapai tujuan kita menyembah Dia (Mat. 15:8-9).
        . Pokok pembicaraan terakhir dengan perempuan ini adalah mengenai Sang Mesias (ay. 25-26).


Epistel : Yesaya 2:2-5
2:2 Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, 2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem." 2:4 Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang. 2:5 Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN!

Penjelasan:


* Yes 2:2 - pada hari-hari yang terakhir, // Menjulang tinggi di atas bukit-bukit // Segala bangsa // banyak suku bangsa,
Gunung tempat rumah TUHAN. Tepatnya ialah Gunung Moria (yang disebut Sion), di mana Bait Salomo dibangun. Tetapi, Bait Suci fisik itu adalah kiasan untuk Bait Suci rohani
yaitu Gereja Perjanjian Baru, atau tubuh Kristus (Ef. 2:21), cahaya suar kesaksian ilahi bagi dunia. Karena itu, berkumpulnya bangsa-bangsa ke Yerusalem dengan iman yang sangat besar menunjukkan pertobatan bangsa-bangsa lain. Tetapi, karena dikatakan bahwa pemandangan ini terjadi pada hari-hari yang terakhir, dan karena kitab lain mengajar kita bahwa pada akhirnya Kerajaan Allah akan mengalahkan semua kerajaan dunia ini, maka kita harus mengharapkan bahwa penggenapan sepenuhnya nubuat ini akan terjadi pada masa kedatangan kembali Kristus, yaitu pada akhir dari masa kita sekarang. Ayat ini memberi tahu kita sekilas mengenai tujuan akhir Allah bagi Israel dan umat manusia. Menjulang tinggi di atas bukit-bukit. Kerajaan Allah akan ditinggikan di atas kerajaan-kerajaan dunia ini (Dan. 2:35). Segala bangsa. Semua gôyîm, atau bangsa-bangsa lain, yang dibedakan dengan 'am atau "umat" kepunyaan TUHAN - yaitu bangsa Israel. Tetapi, bangsa-bangsa ini disebut dalam ayat 3 sebagai banyak suku bangsa, atau 'ammîm.

* Yes 2:3 - Dari Sion akan keluar pengajaran // Pengajaran // akan keluar
Perhatian utama dari bangsa-bangsa lain yang masih bertahan hidup "pada hari-hari yang terakhir" itu ialah mencari kehendak Allah dan melakukannya. Dan mereka sangat ingin agar orang-orang lain ikut mendapat berkat dari hubungan perjanjian dengan Allah, karenanya mereka akan saling menasihati dan mendorong satu sama lain untuk datang kepada-Nya. Mereka akan berusaha mengetahui jalan-jalan-Nya dan hidup dalam jalan kekudusan. Dari Sion akan keluar pengajaran. Sion di sini melambangkan satu penyataan ilahi yang berkuasa, sebab di Sionlah Allah bertemu manusia untuk memberikan pencerahan dan pengampunan, bukan di tempat lain mana pun. Pengajaran atau tôrâ, di sini berarti pengajaran yang diilhamkan dalam pengertian yang luas (sebab tôrâ berasal dari kata kerja hôrâ atau yrâ, "mengajar"). Kata kerja akan keluar juga bisa diterjemahkan dengan keluar (dalam waktu sekarang atau present tense). Karenanya kata tersebut secara tepat bisa termasuk dalam 'hari-hari terakhir' menurut pengertian bangsa-bangsa yang sudah bertobat, setelah mereka menyadari kebenaran yang unik dari penyataan orang Kristen Ibrani.

* Yes 2:4 - Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa. TUHAN // Menjadi wasit
Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa. TUHAN sendiri (yakni Tuhan Yesus, menurut 11:3, 4) akan menegakkan pemerintahan yang adil di atas bumi dan memaksa bangsa-bangsa melaksanakan kebenaran dan keadilan satu terhadap yang lain. Karena itu, tidak akan ada pertikaian antar bangsa (internasional), tidak akan ada bangsa-bangsa agresor, semua negara akan hidup bersama-sama secara damai. Menjadi wasit. Karena tidak akan ada dorongan untuk mempersenjatai diri atau melakukan kekerasan guna menyelesaikan perselisihan - sebab semua akan diatur oleh keputusan pengadilan Kristus - senjata-senjata untuk perang akan diubah menjadi alat-alat untuk perdamaian dan memajukan produktivitas perekonomian. Kerajaan Seribu Tahun akan ditandai oleh masyarakat yang tanpa perang.

* Yes 2:5
Mengingat janji-janji Allah untuk mengampuni orang-orang berdosa yang bertobat, dan mengingat prospek-prospek cemerlang bagi pertobatan bangsa-bangsa lain pada masa yang akan datang, maka sang nabi mendesak bangsanya untuk berjalan dalam terang dan hidup untuk menyenangkan Allah, dengan percaya bahwa Dia akan melaksanakan firman-Nya.
Mereka harus melakukan ini, meskipun itu berarti melawan arus zaman dan menentang kecenderungan-kecenderungan modern masa kini.


Label:   Yohanes 4:21-26 




Lagu Natal (Christmas)
Latest Christian Song

NEXT:
Minggu, 27 Okt 2019 - Berbagai-bagai Amsal - Khotbah: Amsal 22:8-12 1 - Epistel: Korintus 6:1-8 - XIX DOB TRINITATIS

PREV:
Minggu, 13 Okt 2019 - Khotbah : Mazmur 25:8-15 - Epistel : Matius 21:28-32 - XVII DOB TRINITATIS

Garis Besar Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes






November 17-23 (Week 47) - Ezra 1-2; John 21 || Ezra 3-4; Psalm 92; 1 John 1 || Haggai; Zechariah 1; Ps 138; 1 John 2 || Zech 2-5; Psalm 93; 1 John 3 || Zech 6-8; 1 John 4

Hari ini, 22 November - 1 Korintus 5-8

Hari ini, 22 November - Maz 127:5-128:6, Yeh 29-30, Yak 3, Ams 29:12-13

Hari ini, 22 Nopember - Yohanes 13:1-11, 3 Yohanes 1-14, Ayub 20, Daniel 5-6

BACAAN ALKITAB SETAHUN:



Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2019..

Register   Login  

contoh kj 424 bukan kj.424



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
Contoh Tata Ibadah Natal Tahun Lalu
TATA IBADAH MALAM NATAL KELUARGA 24 DESEMBER, TATA IBADAH MALAM NATAL 24 DESEMBER, NATAL 25 DESEMBER, NATAL 26 DESEMBER, MALAM TH BARU 31 DESEMBER, TAHUN BARU 1 JANUARI, TATA IBADAH MALAM TAHUN BARU KELUARGA 31 DESEMBER, TATA IBADAH JAMUAN KASIH NATAL
Tata Ibadah HUT ke-37 Pelkat PT GPIB

Tata Ibadah Syukur HUT ke 71 GPIB - Minggu, 3 November 2019





New Submit

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



tafsiran kitab habakuk 3:1-6,   jesus ma bahenonmu goarna,   sabda gereja gpib,   renungan Habakuk 3:1-6,   Renungan Habakuk 3 : 1-6,   khotbah Habakuk 3 : 1-6,   Khotbah kristen dari kitab efesus 3:14-21,   doa persembahan syukur,   kalender liturgi katolik 2020,   doa persembahan syukur,   jamita partangiangan matius 6:47-50,   lagugereja.com,   khotbah kristen bulan november 2019,   Khotbah Habakuk 3:1-6,   lagu jecklin celose mp3 arti kehadiranmu,   kalender liturgi 2020,   kalender liturgi 2020,   lagu anak sekolah minggu terbaru 2019,   download liturgi gmit tanggal 24 november 2019,   sabda bina umat 22 november 2019 ,   lagu kemenangan iman,   gb 402c,   gita bakti pdf,   gita bakti pdf,   apa yg Tuhan kehendaki dalam kitab ibrani 11:1-6,   lagu kristen pantekosta,   renungan kitab nahum,   ilustrasi 2 tesalonika 3:1-15,   Kotba greja katolik minggu tgl 24 november 2019,   lirik lagu penyembahan kolekte,   free download mp3 kj 400 kudaki jalan mulia,   eksposisi lukas 23:33-43,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   tuhan terang kasihmu bersinarchoire,   Jamita epistel : mateus 13 : 47 - 50,   Khotbah ayub 7:7-10,   lagu persembahan rohani,   Khotbah Kristen Habakuk 3 ayat 1 - 19,   khotbah minggu 17 november 2019,   lirik lagu sukacita persembahan,   partitur lagu natal,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   partitur lagu natal gloria in excelsis deo,   Liturgi gereja katolik desember 2019-november 2020, tahun YA.,   Khotbah ayub 7:7-10,   2 tesalonika 3:6-13,   Kotbah Hari Minggu Pesta Raja Semesta Alam 2019,   khotbah natal dalam kitab matius pasal 2 ayat 1-12,   bukalah mata hatiku lirik,   lagu-lagu christmas carol,   lagu penutup ibadah,   jamita Habakuk 3 : 1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   khotbah habakuk 3:1-6,   renungan nahum 1:1-8,   kelender luturgi bulan november 2019,   renungan kristen tentang mazmur 82,   Khotbah kristen dari kitab yesaya 48:17-19,   kotbah acwc 2019,   khotbah berkati dan lindungi kami perjanjian lama,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   lagu skidung ceria 139 alkitab mengisahkan,   materi khotbah mazmur 127:1 - 5, anak panah di tangan Tuhan,   di saat ini david graham chord,   lirik timor rohani rab,   sbu gpib Desember 2019,   khotbah. maleakhi. 4: 1-2a,   efesus 4 : 28,   khotbah habakuk 3:1-6,   lagu gereja 2019 kristen,   tata ibadah natal 25 Desember 2019,   lirik gita bakti 22,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   not GB 22 besar dan ajaib chord gitar bersama not lagunya,   khotbah Habakuk 3 : 1 - 6, minggu 24 November 2019,   bahan khotbah UEM,   khotbah minggu 24 november 2019,   kc 140,    ucapan doa menabur persembahan,   kalender liturgi 2020,   lirik firman mu pelita,   partitur lagu kumbayah my lord,   KHotbah habakuk 3:1-6,   ayat alkitab angkat sidi,   kotbah roma1:18-25,   khotbah Hosea 8:1-14,   bahan kotbah roma 1:8-15,   Donload lagu lagu natal,   lagu yang berhubungan dengan bait allah,   nahum 1 : 2-8,