Save Page
Yohanes 4:21-26
4:21 Kata Yesus kepadanya: "Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran." 4:25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." 4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Penjelasan:

* Yoh 4:21-24 - Saatnya akan tiba // menyembah Bapa, // kamu // Keselamatan datang dari bangsa Yahudi // Saatnya ... sudah tiba sekarang // di dalam Roh dan kebenaran. Roh // kebenaran // Roh
Saatnya akan tiba. Di dalam tatanan baru yang dimulai dengan kedatangan Kristus, tempat penyembahan tidak sepenting Tokoh yang disembah. Hal yang penting ialah bahwa orang menyembah Bapa, yang sudah diberitakan melalui kedatangan Sang Anak. Dengan mempergunakan istilah kamu Yesus mungkin mengantisipasi pertobatan orang-orang Samaria. Ibadah orang Samaria merupakan hal yang kacau (bdg. II Raj. 17:33). Keselamatan datang dari bangsa Yahudi di dalam anti bahwa penyataan khusus tentang cara mendekati Allah dengan benar disampaikan kepada mereka: dan Yesus sendiri, sang Juruselamat, berasal dari bangsa ini (Rm. 9:5). Saatnya ... sudah tiba sekarang. Bahkan sebelum sistem keagamaan yang baru diresmikan dengan sifatnya yang universal, para penyembah sejati memperoleh kehormatan untuk menyembah Allah sebagai Bapa di dalam Roh dan kebenaran. Roh tampaknya menoleh ke belakang. ke Yerusalem dan penyembahan Yerusalem yang berdasarkan apa yang tersurat (hukum Taurat). Sedangkan kebenaran bertentangan dengan penyembahan orang Samaria yang tidak memadai dan palsu. Cara menyembah yang baru ini merupakan keharusan. sebab Allah itu Roh adanya (bukan sebuah Roh).

* Yoh 4:25-26 - memberitakan segala sesuatu // Akulah Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau
Gambaran perempuan itu tentang Mesias mungkin dilandaskan pada Ulangan 18:15-18, yang diterima sebagai Alkitab oleh orang Samaria. Sebagai nabi yang paling unggul, Mesias akan mampu memberitakan segala sesuatu. Pandangan ke depan yang muram ini tidak perlu. Akulah Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau. Akan sangat berbahaya bagi Yesus untuk memperkenalkan diri-Nya dengan cara ini kepada orang-orang Yahudi, di mana pengertian mereka tentang Mesias diwarnai politik. Di tempat ini rupanya Dia menganggap hal itu dapat dilakukan dengan aman. Benih telah ditanam, dan pada waktu yang tepat, sebab percakapan itu terhenti dengan kedatangan para murid.

*  Kristus mengisyaratkan alasan mengapa Allah harus disembah dengan cara demikian.
                        a. Karena di zaman Injil hanya mereka yang menyembah Allah dengan cara demikian sajalah yang dianggap sebagai penyembah-penyembah yang benar. Injil menegakkan cara penyembahan yang rohani, sehingga orang-orang yang mengaku percaya kepada Injil tidaklah jujur dalam pengakuan mereka dan tidak hidup berdasarkan terang Injil dan hukum Allah, jika mereka tidak menyembah Allah dalam roh dan kebenaran.
                        b. Karena Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

                        Ini mengisyaratkan:

                            (a) Bahwa penyembah-penyembah yang demikian itu sangat langka dan jarang ditemui (Yer. 30:21). Pintu yang menuju kepada penyembahan rohani itu sempit.
                            (b) Bahwa penyembahan yang demikian itu diperlukan dan dituntut oleh Allah di sorga. Ketika Allah datang untuk menanyakan para penyembah, pertanyaan-Nya bukanlah "Siapakah yang menyembah di Yerusalem?", melainkan "Siapakah yang menyembah di dalam roh?". Itulah yang akan dinilai.
                            (c) Bahwa Allah amat berkenan dan dengan murah hati menerima penyembahan dan penyembah-penyembah yang demikian. Aku mengingininya (Mzm. 132:13-14; Kid. 2:14).
                            (d) Bahwa ada, dan akan tetap ada sampai akhirnya, sisa-sisa penyembah-penyembah yang demikian. Perkataan bahwa Allah mencari penyembah-penyembah yang demikian menyiratkan bahwa Allah menjadikan mereka demikian. Allah di segala zaman mengumpulkan bagi diri-Nya suatu generasi penyembah-penyembah rohani.
                        c. Karena Allah itu Roh. Kristus datang untuk menyatakan Allah kepada kita (1:8), dan inilah yang Ia nyatakan mengenai Allah. Ia menyatakannya kepada perempuan Samaria yang malang itu, karena orang yang paling hina itu ingin mengenal Allah. Dengan cara ini, Ia memperbaiki kesalahan perempuan itu mengenai hal beribadah yang benar, bahwa untuk beribadah, hal yang sangat diperlukan adalah mengenal Allah dengan benar.

                        Perhatikan:

                            (a) Allah itu Roh, artinya Ia adalah akal budi yang tidak terbatas dan kekal, keberadaan yang cerdas, tidak memiliki tubuh jasmani, tidak terbentuk dari partikel materi apa pun, tidak dapat dilihat, dan tidak dapat binasa. Lebih mudah mengatakan apa yang bukan Allah daripada apa Allah itu; roh tidak ada daging dan tulangnya, namun siapakah yang mengetahui jalan sebuah roh? Jika Allah bukan Roh, Ia tidak dapat sempurna, terbatas, tidak kekal, selalu bergantung, dan tidak bisa menjadi Bapa segala roh.
                            (b) Sifat Allah yang rohani adalah alasan yang sangat baik mengapa Dia juga harus disembah secara rohani. Jika kita tidak menyembah Allah yang adalah Roh itu di dalam roh, maka kita tidak memberi Dia kemuliaan karena nama-Nya, dan itu sama saja dengan tidak menyembah, dan karena itu pula kita tidak dapat berharap akan mendapatkan belas kasih dan perkenanan-Nya, dan akhirnya kita gagal mencapai tujuan kita menyembah Dia (Mat. 15:8-9).
        . Pokok pembicaraan terakhir dengan perempuan ini adalah mengenai Sang Mesias (ay. 25-26).


Epistel : Yesaya 2:2-5
2:2 Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana, 2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem." 2:4 Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang. 2:5 Hai kaum keturunan Yakub, mari kita berjalan di dalam terang TUHAN!

Penjelasan:

* Yes 2:2 - pada hari-hari yang terakhir, // Menjulang tinggi di atas bukit-bukit // Segala bangsa // banyak suku bangsa,
Gunung tempat rumah TUHAN. Tepatnya ialah Gunung Moria (yang disebut Sion), di mana Bait Salomo dibangun. Tetapi, Bait Suci fisik itu adalah kiasan untuk Bait Suci rohani
yaitu Gereja Perjanjian Baru, atau tubuh Kristus (Ef. 2:21), cahaya suar kesaksian ilahi bagi dunia. Karena itu, berkumpulnya bangsa-bangsa ke Yerusalem dengan iman yang sangat besar menunjukkan pertobatan bangsa-bangsa lain. Tetapi, karena dikatakan bahwa pemandangan ini terjadi pada hari-hari yang terakhir, dan karena kitab lain mengajar kita bahwa pada akhirnya Kerajaan Allah akan mengalahkan semua kerajaan dunia ini, maka kita harus mengharapkan bahwa penggenapan sepenuhnya nubuat ini akan terjadi pada masa kedatangan kembali Kristus, yaitu pada akhir dari masa kita sekarang. Ayat ini memberi tahu kita sekilas mengenai tujuan akhir Allah bagi Israel dan umat manusia. Menjulang tinggi di atas bukit-bukit. Kerajaan Allah akan ditinggikan di atas kerajaan-kerajaan dunia ini (Dan. 2:35). Segala bangsa. Semua gôyîm, atau bangsa-bangsa lain, yang dibedakan dengan 'am atau "umat" kepunyaan TUHAN - yaitu bangsa Israel. Tetapi, bangsa-bangsa ini disebut dalam ayat 3 sebagai banyak suku bangsa, atau 'ammîm.

* Yes 2:3 - Dari Sion akan keluar pengajaran // Pengajaran // akan keluar
Perhatian utama dari bangsa-bangsa lain yang masih bertahan hidup "pada hari-hari yang terakhir" itu ialah mencari kehendak Allah dan melakukannya. Dan mereka sangat ingin agar orang-orang lain ikut mendapat berkat dari hubungan perjanjian dengan Allah, karenanya mereka akan saling menasihati dan mendorong satu sama lain untuk datang kepada-Nya. Mereka akan berusaha mengetahui jalan-jalan-Nya dan hidup dalam jalan kekudusan. Dari Sion akan keluar pengajaran. Sion di sini melambangkan satu penyataan ilahi yang berkuasa, sebab di Sionlah Allah bertemu manusia untuk memberikan pencerahan dan pengampunan, bukan di tempat lain mana pun. Pengajaran atau tôrâ, di sini berarti pengajaran yang diilhamkan dalam pengertian yang luas (sebab tôrâ berasal dari kata kerja hôrâ atau yrâ, "mengajar"). Kata kerja akan keluar juga bisa diterjemahkan dengan keluar (dalam waktu sekarang atau present tense). Karenanya kata tersebut secara tepat bisa termasuk dalam 'hari-hari terakhir' menurut pengertian bangsa-bangsa yang sudah bertobat, setelah mereka menyadari kebenaran yang unik dari penyataan orang Kristen Ibrani.

* Yes 2:4 - Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa. TUHAN // Menjadi wasit
Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa. TUHAN sendiri (yakni Tuhan Yesus, menurut 11:3, 4) akan menegakkan pemerintahan yang adil di atas bumi dan memaksa bangsa-bangsa melaksanakan kebenaran dan keadilan satu terhadap yang lain. Karena itu, tidak akan ada pertikaian antar bangsa (internasional), tidak akan ada bangsa-bangsa agresor, semua negara akan hidup bersama-sama secara damai. Menjadi wasit. Karena tidak akan ada dorongan untuk mempersenjatai diri atau melakukan kekerasan guna menyelesaikan perselisihan - sebab semua akan diatur oleh keputusan pengadilan Kristus - senjata-senjata untuk perang akan diubah menjadi alat-alat untuk perdamaian dan memajukan produktivitas perekonomian. Kerajaan Seribu Tahun akan ditandai oleh masyarakat yang tanpa perang.

* Yes 2:5
Mengingat janji-janji Allah untuk mengampuni orang-orang berdosa yang bertobat, dan mengingat prospek-prospek cemerlang bagi pertobatan bangsa-bangsa lain pada masa yang akan datang, maka sang nabi mendesak bangsanya untuk berjalan dalam terang dan hidup untuk menyenangkan Allah, dengan percaya bahwa Dia akan melaksanakan firman-Nya.
Mereka harus melakukan ini, meskipun itu berarti melawan arus zaman dan menentang kecenderungan-kecenderungan modern masa kini.


Label:   Yohanes 4:21-26 




German Christian Songs
Latest Christian Song

NEXT:
Minggu, 27 Okt 2019 - Berbagai-bagai Amsal - Khotbah: Amsal 22:8-12 1 - Epistel: Korintus 6:1-8 - XIX DOB TRINITATIS

PREV:
Minggu, 13 Okt 2019 - Khotbah : Mazmur 25:8-15 - Epistel : Matius 21:28-32 - XVII DOB TRINITATIS

Garis Besar Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Oktober - Matius 23-25


23 Oktober - Yohanes 7:1-13, 1 Petrus 4:12-19, Kidung 7, Ratapan 2

Arsip Khotbah Gereja Gereja Anggota UEM 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392
Daftar Resmi Susunan Kabinet Jokowi Jilid II
Klik Disini



Latest Christian Song






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HARI DOA SEDUNIA 2019 - hari Reformasi, Kamis, 31 Oktober 2019
MARILAH SEGALA SESUATU TELAH TERSEDIA - Lukas 14:15-24
Link VIDEO Pesan Majelis Sinode dalam rangka HUT ke-9 PELKAT PKLU GPIB Minggu, 13 Oktober 2019

Tata Ibadah Syukur HUT ke-9 PKLU GPIB - Minggu, 13 Oktober 2019
1-JUKLAK HUT KE-9 PKLU GPIB, 2-PESAN MS GPIB HUT ke-9 PKLU, 3-SURAT PENGANTAR TATA IBADAH HUT PKLU KE-9, 4-TAIB HUT 9 PKLU




New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 20 Oktober 2019
Joy To The World - David Crowder

Minggu, 20 Oktober 2019
The First Noel - Third Day

Minggu, 20 Oktober 2019
Away in a Manger - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Come and Worship - Bebo Norman

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come O Come Emmanuel - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Hallelujah (Light Has Come) - BarlowGirl

Minggu, 20 Oktober 2019
Hark The Herald Angels Sing - Matt Maher

Minggu, 20 Oktober 2019
O Come All Ye Faithful - Casting Crowns

Minggu, 20 Oktober 2019
Let Us Adore - Hillsong Worship

Jumat, 18 Oktober 2019
Wanted - Danny Gokey

Rabu, 16 Oktober 2019
Oh The Glory of His Presence - Terry MacAlmon

Rabu, 16 Oktober 2019
No Longer Slaves - Jonathan David & Melissa Helser

Rabu, 16 Oktober 2019
In Jesus' Name - Darlene Zschech

Rabu, 16 Oktober 2019
Breakthrough - Red Rocks Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Breathe - Hillsong Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Love Won't Give Up - Elevation Worship

Rabu, 16 Oktober 2019
Here in the Presence - Elevation Worship

video lagu rohani kristen, lagu gereja 2019, lagu rohani kristen 2019, lagu lagu rohani kristen terbaru, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   khotbah matius 7 ayat 15 sampai 23,   renungan zefanya 3:9-20,   renungan zefanya 3:9-20,   renungan zefanya 3:9-20,   tata ibadah hkbp 13 oktober 2019,   lagu persembahan,   Lagu Rohani GitaBakti,   Lagu Rohani GitaBakti,   lagu kristen persembahan,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   lagu KJ penutup,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   kunci gitar yesus nampi nu dosa,   pujian Pkj 35 Suci.suci.suci,   kalender liturgi,   kalender liturgi,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   khotbah untuk pemuda dan remaja Ulangan 7 : 12-14,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   ayat untuk persembahan,   Rngn 1 kor 4:6-21,   Rngn 1 kor 4:6-21,   kalender.katolik bln oktober .2019,   free mp3 pujiam kristen,   free mp3 pujiam kristen,   renungan yoel 2 28,   download sound of praise - janjiMu Ya dan Amin,   khotbah : Tdk Ada Yg Mustahil Bagi Orang Percaya,   eksposisi zefanya 3:9-20 stemi,   ayat persembahan,   tak usah ku takut renna,   bahan diskusi zefanya 3:9-20,   contoh renungan kejadian 2:21-24 dan ilustrasinya,   epistel minggu 27 oktober 2019,   tampilan nats Amsal 22:8-12,   renungan wahyu 7 13-17,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lagu gms,   renungan yosua 2:1-7,   lirik lagu di tengah kesukaran,   partitur satb kidung jemaat,   kunci gitar bila ku ingat cinta Tuhanku,   khotbah dalam matius 10¦1-4,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   kj 384,   kj 384,   gita bakti 47 note,   CONTOH BPJ GKII JEMAAT INDUK DI INDONESIA,   teks lagu puji syukur no 320,   ilustrasi khotbah amsal 22:8-12,   rancangan khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi oktober 2019,   kalender liturgi oktober 2019,   lagu rohani untuk persembahan ,   lagu penu5up ibadah ,   khotbah amsal 22 : 8-12,   doa persembahan di partangiangan,   chord gitar bri padanya segnap hatimu,   lagu doa gereja singkat,   lagu doa gereja singkat,   lagu dan gerakan anak sekolah minggu umur 3-6 tahun,   gke tata ibadah,   Lagu rohani kuduslah tuhan yg terbaru,   Renungan Wahyu 7:13-18,   lyrics lagu yesus mulia,   lyrics lagu yesus mulia,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   khotbah zefanya 3 9 - 20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   renungan ibadah pemuda zefanya 3:9-20,   ny rohani 94,   lagu natal ceria,   lagu kidung ceria,   Lagu kur gereja tiberias,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   khotbah amsal 22:8-12,   khotbah amsal 22:8-12,   kalender liturgi katolik 2019,   lagu persembahan,   renungan hagai 1; 12-14,   kalender liturgi katolik 2019,   hagai 1:12-14,   hagai 1:12-14,   kunci lagu senja mulai terbenam lagu rohani,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   jamita 1 korintus 6 1-8,   khotbah kristiani kitab 2 timotius 3 : 10 -17,   renungan Melayani Tuhan seumur hidup,   Ambilan minggu bapa gkps 3september 2019 gkps,   khotbah Ulangan 7 : 12-14,   pelita hidup lukas 17:11-19 khotbah,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   pelita hidup khotbah lukas 17:11-19,   tafsiran amsal 22 8 12,   renungan zefanya 3:1-20,   renungan umat tuhan menjadi kenamaan dan pujian menurut zefanya 3:9-20,   patitur mazmur 150,   makna lagu burung pipit yang kecil,   Sabda bina pemuda gpib bulan oktober,   sabda bina umat gpib 21 oktober 2019,   khotbah yosua 23:1-28,   khotbah yosua 23:1-28,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   rancangan khotbah poda 22:8-12,   lirik tabur tabur mari menabur,   Oneway terbang. Mp3,   renungan matius 12:33,   contoh ilustrasi dari pembacaan kitab Yoel 1:13-20,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   chord gitar kidung ceria 265,   yesus nampi nu dosa loril,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa lirik,   Kidung kabungahan no 45 yesus nampi nu dosa,   kotbah gpib galilea minggu 20 oktober 2019 ,   lagu yang cocok untik persembahn,   renungan amsal 22:8-12,   kalender liturgi 2019,   Amsal 22; 8-22,   lagu-gereja.com,   renungan dari amsal 22 ,8;12,   khotbah dari amsal 22;8-12,   Penafsiran 1 yoh 4 ; 1 - 6,   dia girangkanku mp3,   download lagu kumasuki gerbangnya mp3 frankie,   download lagu kumasuki gerbangnya,   Sabda bina umat 17 Oktober 2019 ,   LAGU ROHANI PERSEMBAHAN,   lagu gereja baru,   lagu pernikahan dari kj atau nkb,   kotbah amsal 22:8-12,   katekisasi 22,   pembacaan Alkitab GMIM 20 oktober 2019,   slide ezra 4:1-16,   lirik lagu rohani hanya dekat allahku,   almanak HKI,   hari hari besar dalam kalender gerejawi gki,   alkitab johanes 4:21-26,   alkitab johanes 4:21-26,   isi nats johanes 4:21-26,   johanes 4:21-26,   lagu memberi persembahan,   jamita Johannes 4:21-26,   khotbah ibadah GMIT minggu 29 september 2019,   lagu rohani sebelum doa syafaat,   khotbah bilangan 22,   rohani 16,   lagu mazmur 121,   Jamita johanes 4:21-26,   download 40 lagu rohani kristen paling menyentuh hati saat teduh,   warna liturgii 20 oktober 2019,   khotbah tentang 2 timotius 3:14-4:5,   penilik jemaat dan kewajibannya,   doa berkat,   menjadi kenamaan di bumi,   menjadi kenamaan di bumi,   khotbah minggu,20 oktober 2019,   lirik lagu rohani badai prahara,   khotbah johannes 4,21_26,   lirik lagu rohani badai prahara,   lirik lagu rohani badai prahara,   renungan yohanes 4 : 21 - 26,   khotbah bilangan 22,   khotbah bilangan 22,   lagu rohani gita bakti bila ku seorang diri,   Ilustrasi khotbah yohanes 4:21-26,   kumpulan lagu pujian penutup ibadah,   Renungan Wahyu 7:13-17,