Dilihat: 863 x

Save Page
Minggu, 17 Maret 2019   
Minggu Sengsara III
Mazmur 23:1-6   
Lukas 13:31-35   

Lukas 13:31-35

Yesus harus mati di Yerusalem Keluhan terhadap Yerusalem
13:31 Pada waktu itu datanglah beberapa orang Farisi dan berkata kepada Yesus: "Pergilah, tinggalkanlah tempat ini, karena Herodes hendak membunuh Engkau." 13:32 Jawab Yesus kepada mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada si serigala itu: Aku mengusir setan dan menyembuhkan orang, pada hari ini dan besok, dan pada hari yang ketiga Aku akan selesai. 13:33 Tetapi hari ini dan besok dan lusa Aku harus meneruskan perjalanan-Ku, sebab tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem. 13:34 Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. 13:35 Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kamu tidak akan melihat Aku lagi hingga pada saat kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"


Penjelasan:

* Luk 13:31 - Herodes hendak membunuh Engkau
Herodes hendak membunuh Engkau. Orang Farisi mungkin hanya berusaha untuk menakut-nakuti Yesus agar Dia meninggalkan wilayah itu. Dalam pada itu, Herodes memiliki perasaan yang tidak enak, dan berpikir bahwa Yesus mungkin adalah Yohanes Pembaptis yang telah bangkit (bdg. 9:7).

* Luk 13:32 - Si serigala // Pada hari yang ketiga Aku akan selesai
Si serigala. Salah satu dari sedikit istilah penghinaan yang dipakai oleh Tuhan kita. Istilah itu mengandung arti kelicikan dan pengecut. Pada hari yang ketiga Aku akan selesai. Yesus menunjukkan bahwa Dia mempunyai suatu rencana hidup yang pasti, dan bahwa Ia tidak takut pada ancaman Herodes.

* Luk 13:33 - Tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem
Tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem. Jawaban-Nya kepada orang Farisi berarti bahwa diri-Nya tidak merasa bahaya oleh ancaman Herodes, tetapi oleh kekerasan dari kota mereka sendiri.

* Luk 13:34 - Yerusalem, Yerusalem
Yerusalem, Yerusalem. Kristus meratapi kota itu karena kasih-Nya dan karena apa yang Ia lihat tentang masa depan. Dia sangat mengetahui apa yang akan menimpa kota itu.

* Luk 13:35 - Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi // Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan
Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Penghancuran Bait Suci pada tahun 70 M dan pengusiran orang-orang Yahudi kemudian oleh Hadrian (135 M) memusnahkan sama sekali persemakmuran Yahudi itu. Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan. Sebuah kutipan dari Mzm. 118:26 yang dikenakan kepada Mesias. Yesus mengidentifikasi diri-Nya dengan pengharapan bangsa itu.

* Pesan Kristus kepada Herodes (13:31-35)
    Inilah:
    I. Sebuah saran kepada Kristus tentang bahaya yang mengancam dari Herodes, ketika Ia sekarang sedang berada di Galilea, wilayah kekuasaan Herodes (ay. 31). Beberapa orang Farisi (sebab orang-orang dari golongan ini tersebar di seluruh bangsa Yahudi) datang kepada Kristus, dengan berpura-pura bersahabat dan peduli akan keselamatan-Nya, dan berkata, "Pergilah dari wilayah ini, dan tinggalkanlah tempat ini, kalau tidak, Herodes hendak membunuh Engkau, seperti yang dilakukannya terhadap Yohanes." Menurut sebagian orang, orang-orang Farisi ini sama sekali berbohong, karena Herodes tidak pernah mengatakan apa pun mengenai hal ini. Mereka sendiri yang merancangkan kebohongan ini, untuk mengusir-Nya dari Galilea, sebab di situ Dia semakin disukai banyak orang, dan untuk mendesak-Nya pergi ke Yudea, sebab di sana mereka tahu ada orang-orang yang benar-benar ingin mencabut nyawa-Nya. Akan tetapi, karena jawaban Kristus ditujukan langsung kepada Herodes sendiri, tampaknya ada alasan tertentu mengapa orang-orang Farisi itu sampai berkata demikian. Tampaknya Herodes sangat geram terhadap Kristus, dan sedang merancang suatu kejahatan terhadap-Nya, sebab Ia memberikan kesaksian yang sangat baik tentang Yohanes Pembaptis dan tentang ajaran pertobatan yang diberitakan Yohanes. Herodes sangat ingin mengusir Kristus dari wilayah kekuasaannya, dan kalaupun ia tidak berani membunuh-Nya, ia berharap dapat menakut-nakuti-Nya dengan pesan yang mengancam ini, supaya Ia segera meninggalkan tempat itu.
    II. Tantangan-Nya terhadap kemarahan Herodes dan terhadap orang-orang Farisi. Ia tidak takut seorang pun dari mereka itu: Pergilah dan katakanlah kepada si serigala itu (ay. 32). Dengan memanggil Herodes serigala, Kristus menggambarkan karakter atau tabiatnya yang sebenarnya, sebab ia licik seperti serigala, terkenal akan kecerdikannya, tipu dayanya, dan kebengisannya, dan ia memangsa korbannya (seperti yang dikatakan orang tentang serigala) di tempat yang paling jauh dari liangnya sendiri. Meskipun ini sifat yang jahat dan buruk, Kristus tidaklah jahat dalam menggambarkan Herodes secara demikian, dan Ia juga tidak melanggar hukum yang berbunyi "Janganlah engkau berkata jahat tentang seorang pemimpin bangsamu." Sebab, Kristus adalah seorang Nabi, dan para nabi selalu mempunyai kebebasan berbicara dalam menegur para penguasa dan pembesar. Dan bukan itu saja, Kristus lebih daripada seorang nabi, Dia adalah Raja, Raja segala raja, dan segala pembesar di dunia ini harus bertanggung jawab kepada-Nya, dan karena itu Dia memang harus memanggil raja yang congkak ini dengan namanya yang sebenarnya. Namun demikian, hal ini tidaklah untuk dijadikan contoh bagi kita. "Pergilah, dan katakanlah kepada serigala itu, ya, katakan kepada serigala ini juga" (begitulah dalam bahasa aslinya, te alopeki taute). "Orang Farisi itu, siapa pun dia, yang mau membisik-bisikkan berita ini ke telinga-Ku, biarlah dia tahu bahwa Aku tidak takut kepadanya, dan juga tidak menggubris ancaman-ancamannya."

    Karena:

        . "Aku tahu bahwa Aku harus mati, dan Aku akan mati sebentar lagi. Aku menyadarinya, dan Aku mengharapkannya, yaitu pada hari ketiga," yang berarti "sudah sangat singkat; waktu-Ku sudah dekat." Perhatikanlah, kita dengan sangat mudah akan mampu mengatasi rasa takut terhadap kematian, dan terhadap mereka yang berkuasa atas kematian, jika kita melihat kematian bukan sebagai sesuatu yang aneh bagi kita, jika kita sadar bahwa kematian pasti akan datang, jika kita selalu merenungkannya, sering memikirkannya, dan melihatnya sebagai sesuatu yang sudah ada di ambang pintu. "Jika Herodes hendak membunuh-Ku, itu sama sekali tidak membuat-Ku terkejut."
        . "Aku tahu bukan saja bahwa kematian tidak akan menyusahkan-Ku, melainkan juga bahwa kematian itulah yang memang akan lebih Kupilih. Oleh karena itu, katakanlah kepadanya bahwa aku tidak takut terhadapnya. Ketika Aku mati Aku akan selesai. Ketika itulah Aku selesai dengan bagian tersulit dari pekerjaan-Ku, saat itulah Aku tuntas dengan tugas-Ku," teleioumai -- Aku akan ditahbiskan. Ketika Kristus mati, dikatakan bahwa saat itulah Ia menguduskan diri-Nya. Ia menahbiskan diri-Nya sebagai imam dengan darah-Nya sendiri.
        . "Aku tahu bahwa Herodes ataupun orang lain tidak dapat membunuh-Ku sebelum Aku menyelesaikan pekerjaan-Ku. Pergilah, dan katakanlah kepadanya bahwa Aku sama sekali tidak menggubris kemarahannya yang tidak punya gigi itu. Aku mengusir setan dan menyembuhkan orang, pada hari ini dan besok," artinya, "sekarang dan sedikit waktu lagi, tidak peduli dengan Herodes dan segala ancamannya itu. Aku harus berjalan, Aku harus meneruskan perjalanan-Ku, dan dia sama sekali tidak berkuasa untuk menghalang-halangi Aku. Aku harus pergi berkeliling, seperti yang biasa Kulakukan, memberitakan Injil dan menyembuhkan orang, hari ini dan besok dan lusa." Perhatikanlah, sungguh baik bagi kita untuk melihat bahwa waktu yang tersedia di depan kita ini hanyalah sedikit saja, paling banyak mungkin dua atau tiga hari saja, agar kita terpacu untuk mengerjakan tugas untuk hari ini pada hari ini juga. Merupakan penghiburan juga bagi kita dengan mengetahui bahwa musuh-musuh kita, dengan segala kejahatan mereka, tidak berkuasa membunuh kita selama Allah masih mempunyai tugas bagi kita yang harus kita lakukan. Dua saksi Allah (dalam Kitab Wahyu -- pen.) tidak dibunuh sebelum mereka menyelesaikan kesaksian mereka.
        . "Aku tahu bahwa Herodes tidak dapat melukai-Ku sedikit pun, bukan hanya karena saat-Ku belum tiba, tetapi juga karena tempat yang ditentukan bagi kematian-Ku adalah Yerusalem, yang tidak termasuk dalam wilayah kekuasaannya. Tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem," artinya, "tidak di mana pun juga kecuali di Yerusalem." Apabila seorang nabi yang benar dibunuh, ia dihukum mati sebagai nabi palsu. Nah, tidak ada yang bisa mengadili dan menghakimi para nabi selain Mahkamah Agama (Sanhedrin) sendiri, yang berkedudukan di Yerusalem. Mahkama Agama lokal di tempat-tempat lain tidak bisa menangani perkara ini, dan karena itu, jika seorang nabi dihukum mati, keputusannya harus dijatuhkan oleh Mahkamah Agama di Yerusalem.
    III. Ratapan-Nya atas Yerusalem, dan pernyataan murka atas kota itu (ay. 34, 35). Hal ini sudah kita baca sebelumnya dalam Matius 23:37-39. Mungkin perkataan ini tidak diucapkan di Galilea, namun penulis Injil ini, tanpa bermaksud menempatkannya pada tempat yang sesuai, menyelipkannya di sini, saat Kristus menyinggung hal kematian-Nya di Yerusalem.

    Perhatikanlah:

        . Kejahatan orang-orang dan tempat-tempat yang mengaku lebih beragama dan lebih bersekutu dengan Allah daripada semua orang dan tempat lainnya sangatlah menggusarkan dan mendukakan hati Tuhan Yesus. Betapa sedihnya Kristus ketika Ia berbicara tentang dosa dan kehancuran kota suci itu! Oh Yerusalem, Yerusalem.
        . Orang yang tidak dapat mengambil manfaat dari berlimpahnya sarana anugerah yang mereka nikmati, sering kali berprasangka buruk terhadap segala sarana anugerah itu. Banyak orang tidak mau mendengarkan nabi-nabi atau menyambut utusan-utusan Allah, lalu membunuh dan merajam mereka. Jika kejahatan manusia tidak ditaklukkan, kejahatan tersebut semakin menjadi-jadi.
        . Yesus Kristus telah menunjukkan bahwa diri-Nya rela, sangat rela, untuk menerima dan menghibur jiwa-jiwa malang yang datang kepada-Nya dan menyerahkan diri mereka ke dalam perlindungan-Nya: berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, dengan begitu penuh perhatian dan kelembutan!
        . Alasan mengapa para pendosa tidak dilindungi dan dipelihara oleh Tuhan Yesus, seperti anak-anak ayam yang dilindungi dan dipelihara oleh induknya, adalah karena mereka tidak mau: Aku rindu, Aku sering kali rindu, tetapi kamu tidak mau. Kerelaan Kristus semakin memberatkan ketidakrelaan para pendosa. Kerelaan-Nya itu membiarkan darah mereka tertumpah di atas kepala mereka sendiri.
        . Rumah yang ditinggalkan Kristus pasti juga akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Bait Allah, meskipun dihiasi dengan begitu megahnya dan sering dikunjungi orang, akan menjadi sunyi begitu Kristus meninggalkannya. Ia membiarkan Bait Allah itu ke tangan mereka. Mereka telah menjadikannya berhala, jadi biarlah mereka sendiri yang mengurusnya dan melakukan apa saja dengannya, Kristus tidak akan memedulikannya lagi.
        . Sudah selayaknya Kristus menarik diri dari orang-orang yang mengusir-Nya. Mereka tidak akan dikumpulkan oleh-Nya, dan karena itu, kata-Nya, "Kamu tidak akan melihat Aku lagi, kamu tidak akan mendengar Aku lagi," seperti yang dikatakan Musa kepada Firaun ketika Firaun mengusirnya dari hadapannya (Kel. 10:28-29).
        . Penghakiman pada hari agung itu akan menyadarkan orang-orang tidak percaya yang sekarang tidak mau yakin: "Maka kamu akan berkata, diberkatilah Dia yang datang," dan, "waktu itu kamu akan sadar betapa berbahagianya kamu bila berada bersama orang-orang yang berkata demikian. Kamu baru akan melihat-Ku sebagai Mesias, ketika semuanya sudah terlambat."


Label:   Lukas 13:31-35 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Minggu, 24 Maret 2019 - Ibrani 9:11-28 - Minggu Sengsara IV

PREV:
Minggu, 10 Maret 2019 - Dosa dan penderitaan - Lukas 13:1-9 - Minggu Sengsara II

Garis Besar Lukas





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Agustus - 2 Tawarikh 4-6


Arsip Khotbah GMIT 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Unstoppable God - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Lazarus - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
No Longer Slaves - Lauren Daigle - spontaneous worship

Minggu, 18 Agustus 2019
Trust In You - Lauren Daigle - Spontaneous Worship

Rabu, 14 Agustus 2019
Jehovah Reigns - Jamel Strong

Selasa, 13 Agustus 2019
Side Of My Heart - Rachael Lampa

Selasa, 13 Agustus 2019
Canvas and Clay - Pat Barrett feat. Ben Smith

Selasa, 13 Agustus 2019
My Reason - Planetshakers

Selasa, 06 Agustus 2019
King of Kings - Hillsong

Selasa, 06 Agustus 2019
Chances - Isaac Carree

Selasa, 06 Agustus 2019
But God - Isaac Carree

Jumat, 02 Agustus 2019
You Know My Name - the Brooklyn Tabernacle Choir

Jumat, 02 Agustus 2019
No Longer Slaves - Zach Williams

Jumat, 02 Agustus 2019
I Believe (Island Medley) - Jonathan Nelson

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu pengakuan dosa nkb,   kotbah imamat 25 ayat 39,   lagu pengakuan dosa,   lagu ,   Kotbah masmur 100,   lagu rohani indonesia inggris dgn nyayian buka mata hatiku kumemandangmu,   penatalayanan menurut 1 tawarikh 6:31-53,   lagu mengalahkan kejahatan dengan kebaikan,   kotbah 1petrus 3:8-12,   pkj 81,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   kotbah 3musa25:93-43.,   kotbah 3musa25:93-43.,   keluaran 19-21,   JadikanKu AlatMu chord,   JadikanKu AlatMu chord,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah nehemia 5:1-13,   https://rwuyatfty.wordpress.com/2012/08/25/kumpulan-lagu-rohani-persekutuan/,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah imamat 25:39-43,   lagu persiapan hati,   lagu rohani instrumental,   renungan mtpj 1 tawarikh 6:31-53,   imamat 25: 39-43,   download album lagu rohani semangat 2019,   Khotbah minggu 25-8-2019. Ev lukas 6:27-36. Epistel mus 25:39-43.,   lagu rohani dangdut,   lirik hymne pkp,   Khotbah GMIT 25 agustus 2019 ulangan 18:1-12,   lagu rohani kristen untuk pernikahan,   khotbah imamat 25:39-43,   mp3 lagu kristen barat lirik,   lagu rohani doddie dengar tuhan,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Hatorangan epistel 3 Musa 25: 37-43,   kotbah Nehemia,   Imamat 25:39-43,   Renungan dari pdt Gilbert ulangan 5 :32-33,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Lagu persembahan syukur,   tata ibadah rumah tangga GKE,   pembahassn kotbah imamat 25:39-43,   tata ibadah hut gereja,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   pembahadan kotbah imamat 25:39-43,   khotbah kristen tentang keberhasilan yosia,   renungan amos 5:7-13,   lirik lagu gembala baik dan cord,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   nehemia 5 : 1-13,   tata ibadah perkawinan gpdi,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   renungan roma 11 : 33 - 36,   pengertian mazmur 146 : 1,   imamat 25:39-43,   penjelasan matius 6:25-34,   kotbah imamat 25:39-43.,   kotbah imamat 25:39-43.,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   8 lagu rohani yang mengucap syukur kepada Tuhan,   notasi kppk 325,   kotbah imamat 25:39-43,   lagu rohani tentang kekuatiran,   khotbah amos 5:7-12,   khotbah amos 5:7-12,   renungan ayub 5:1-27,   imamat 25:39-43,   imamat 25:39-43,   download ilusttasi dan renungan pengkhotbah 11:1 menabir untuk menuai,   nyanyian rohani,   jamita 3 musa 25 39-43,   nyanyian rohani mp3,   nyanyian rohani,   yesaya 5.bangsa asing sebagai murka Allah,   2 petrus 2:17-22.,   Rngn yak 1:2-8,   sbu 20 agustus 2019,   Contoh renungan kotbah agama Kristen Protestan,   Amsal 12:1-4,   gms live 2019,   khotbah kolose 1;21-23,   Renungan rohani bil 21:1-3,   download lagu shane filan beautiful in white mp3,   renungan kitap maleakhi 2:1-9,   Khotbah sekolah minggu GPIB 1 Petrus 3 : 8 - 12,   nyanyian rohani,   download lagu rohani alan jackson mp3,   Nehemia 8:1-9,   lagu fb dounload,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   yesaya 48:16-19,   Latar belakang Lukas 6:31,   chord kasih yesus melingkupi saya,   chord kasih yesus melingkupi saya,   lirik lagu pkj biarpun gunung gunung beranjak,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   download video lagu karaoke rohani kristen,   Khotbah Imamat 25:39-43,   Dihadapan tahtamu mp3 download,   bahan sermon imamat 3 : 39 - 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   khotbah imamat 25 35 55,   ilustrasi kitab imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   a love i know free download mp3 planetshakers,   renungan lukas 6 : 1-5,   kotbah imammat 25:39-43,   kotbah imammat 25:39-43,   contoh doa persembahan kolekte singkat,   contoh doa setelah persembahan,   khotbah tentang kasih 1Korentus 13:4-8,   lagu persembahan,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah 1 yohanes 2:7-17,   dowload lagu rohani kristen terbaru,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah amsal 3:16,   khotbah amsal 3:16,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Khotbah ibadah minggu 25 Agustus 2019,   santapan haran filemon 1,   sabda bina umat 2019,   Jamita Minggu 19 Februari 2019,   khotbah imamat 25 35-46,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah kristen agustus,   1 Tawarikh 6:31-53,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   renungan 1 tawarikh 6,   kodbah 3 musa 25:39-43,   kodbah 3 musa 25:39-43,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   kunci gitar ikut dikau saja tuhan,   1 Tawarikh 6:31-53,   Tafsiran Alkitab Pengkhotbah 11:1-8,   cerita sekolahmunggu amsal4:1-4,   Amsal 12:1-4,   lagu sion database,   download lagu rohani ambon katakan padaku,   almanak gkpi minggu 25 agustus 2019,   renungan yesaya 5:25-30,   khotbah 22 september 2019,   Bacaan injil tanggal 28 september 2019,   lagu ,   lagu ,   lagu ,   Dangdut gerejawi pernikahan,   download lagu menunggu rhoma ful album,