Save Page
Minggu, 31 Maret 2019  
Minggu Sengsara V   
Mazmur 9:12-21   
Yohanes 16:16-28    

Yohanes 16:16-28
Dukacita yang mendahului kemenangan
16:16 "Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku." 16:17 Mendengar itu beberapa dari murid-Nya berkata seorang kepada yang lain: "Apakah artinya Ia berkata kepada kita: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku? Dan: Aku pergi kepada Bapa?" 16:18 Maka kata mereka: "Apakah artinya Ia berkata: Tinggal sesaat saja? Kita tidak tahu apa maksud-Nya." 16:19 Yesus tahu, bahwa mereka hendak menanyakan sesuatu kepada-Nya, lalu Ia berkata kepada mereka: "Adakah kamu membicarakan seorang dengan yang lain apa yang Kukatakan tadi, yaitu: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku? 16:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. 16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. 16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. 16:23 Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. 16:24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. 16:25 Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. 16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, 16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. 16:28 Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa."


Penjelasan:

* Yoh 16:16
"Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku."

Dalam pasal 14:18-19 Dia telah berkata, "Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu. Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup." Dalam ayat ini Dia memakai ungkapan yang hampir sama.
Dalam ayat 17-19 kita membaca bahwa murid-murid-Nya bingung, dan hendak menanyakan apa artinya pernyataan ini. Kita juga ingin menanyakan arti pernyataan Tuhan Yesus.
Carson1115 dan Beasley-Murray1116 menjelaskan bahwa ungkapan Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi merujuk pada kematian-Nya. Sudah berkali-kali Dia memperingatkan mereka bahwa Dia harus berpisah dari mereka. Ungkapan dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku merujuk pada kebangkitan-Nya.1117 Namun dalam ayat 19-28 ada ungkapan-ungkapan tertentu yang seolah-olah merujuk pada kedatangan-Nya untuk kedua kalinya. Dengan sengaja Tuhan Yesus memakai ungkapan-ungkapan tersebut supaya mereka (dan kita) memahami bahwa kebangikitan-Nya menandai kelahiran zaman baru.1118 Dengan kata lain, kebangkitan Tuhan Yesus adalah permulaan Kerajaan Mesias di bumi.1119 Hal yang sama diceritakan oleh Rasul Paulus dengan ungkapan "buah sulung" dalam 1 Korintus 15:20-23.

* Yoh 16:17-18
Mendengar itu beberapa dari murid-Nya berkata seorang kepada yang lain, "Apakah artinya Ia berkata kepada kita: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku? Dan: Aku pergi kepada Bapa?" Maka berkali-kali1120 mereka berkata, "Apakah artinya Ia berkata: Tinggal sesaat saja? Kita tidak tahu apa maksud-Nya."
Pernyataan Tuhan Yesus dalam ayat 16 kurang jelas, dan murid-murid-Nya sungguh ingin mengerti, mungkin karena mereka sungguh mencari penghiburan karena masalah kepergian Tuhan Yesus.
Pernyataan Tuhan Yesus dicatat dalam ayat 16, dan diulangi dalam ayat 17. Ungkapan tinggal sesaat saja juga diulangi dalam ayat 18. Lagipula pernyataan-Nya diulang dalam ayat 19. Pengulangan yang berkali-kali seperti ini jarang dalam Perjanjian Baru. Oleh karena pengulangan ini murid-murid-Nya menghafal pernyataan-Nya, dan hal ini penting, karena setelah Dia disalibkan mereka harus mengerti bahwa kalimat Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku mengandung suatu janji kebangkitan. Setelah Dia disalibkan mereka mengerti bahwa ungkapan Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku menceritakan kematian-Nya, maka mereka juga dapat mengerti bahwa ungkapan dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku adalah janji bahwa Dia akan kembali dari maut.
Mereka juga mengutip kata Tuhan Yesus, Aku pergi kepada Bapa, yang diucapkan-Nya dalam ayat 5 dan ayat 10. Mungkin mereka merasa ada kontradiksi antara ungkapan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku yang menceritakan kesementaraan, dan ungkapan Aku pergi kepada Bapa, yang menceritakan kepergian selamanya. Morris1121 menceritakan kebingungan murid-murid-Nya dengan dua pertanyaan: "Jika Yesus hendak mendirikan Kerajaan Mesias, mengapa pergi? Jika Dia tidak berhendak demikian, mengapa balik kembali?"

*  Yoh 16:19
Yesus tahu, bahwa mereka hendak menanyakan sesuatu kepada-Nya, lalu Ia berkata kepada mereka, "Adakah kamu membicarakan seorang dengan yang lain apa yang Kukatakan tadi, yaitu: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku?

Tidak dijelaskan kepada kita bagaimana caranya Tuhan Yesus tahu hal ini. Mungkin Dia tahu karena Dia mendengar bisikan mereka, atau karena Dia melihat bahwa mereka saling berbisik. Mungkin juga Dia mengetahui secara supranatural.1122

*  Yoh 16:20
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap,1123 tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu1124 akan berubah menjadi sukacita.

Penjelasan yang mereka harapkan akhirnya disampaikan, dengan diawali ungkapan khidmat Aku berkata kepadamu. "Tinggal sesaat saja", Dia akan meninggal, dan mereka akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira.

* Yoh 16:21
Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.

Perubahan yang dijanjikan dalam ayat 20 di atas (dukacita menjadi sukacita) diuraikan dalam ayat ini. Uraian ini pasti membawa pikiran mereka pada Hari Kiamat. Baik dalam Perjanjian Baru (Matius 24:8) maupun dalam Perjanjian Lama (misalnya Yesaya 21:2-3; 26:16-21; 66:7; Yeremia 13:21; Hosea 13:13; dan Mikha 4:9-10) penderitaan akhir zaman dikiaskan sebagai sakit lahir. Kiasan ini juga muncul dalam sastra dan ajaran rabi-rabi Israel pada zaman itu. Mereka memakai ungkapan "sakit lahir Mesias" untuk menceritakan kesusahan-kesusahan yang akan dialami oleh dunia sebelum Mesias datang.1126
Namun Tuhan Yesus tidak membahas kedatangan-Nya yang kedua kali. Yang dibahas adalah kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, yang mendirikan Kerajaan Allah di dalam hati kita. Dukacita dan sukacita yang mereka alami terkait dengan dukacita dan sukacita akhir zaman, karena kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus adalah permulaan akhir zaman bagi mereka.

* Yoh 16:22
Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.

Sebelum dunia mengalami Kerajaan Allah, dunia harus mengalami Masa Kesusahan Besar. Demikian juga, sebelum murid-murid-Nya mengalami Kerajaan Allah secara batin, mereka harus mengalami kesusahan. Baik kesusahan yang akan dialami oleh dunia, maupun kesusahan yang dialami oleh murid-murid-Nya, dikiaskan sebagai sakit lahir. Dunia belum mengalami Kesusahan Besar itu, karena Mesias belum datang kembali. Murid-murid-Nya mengalami kesusahan itu pada waktu Tuhan Yesus disalibkan, karena bagi mereka Kerajaan Allah mulai pada waktu Dia bangkit dari antara orang-orang mati.1127
Ungkapan hatimu akan bergembira juga ada dalam Yesaya 66:14.1128 Dalam Yohanes 16:22 permulaan Zaman Masehi yang rahasia diceritakan, sedangkan dalam Yesaya 66:14 permulaan Zaman Masehi yang nyata diceritakan.
Memang mereka akan melihat Dia, tetapi Tuhan Yesus berkata, Aku akan melihat kamu lagi, karena kebenaran itu lebih pokok. Hal yang sama nyata dalam pasal 15:16 dan juga Galatia 4:9.1129
Tuhan Yesus berjanji bahwa tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu. Janji ini tidak berarti bahwa orang percaya tidak mengalami kesedihan. Janji ini berarti bahwa dalam segala situasi orang percaya memiliki suatu sukacita yang mendasar, yang tidak tergantung pada lingkungan, keadaan, situasi, atau pengalaman yang terjadi di bumi ini.1130

* Yoh 16:23
Dan pada hari itu kamu tidak akan minta1131 apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku.

Salah satu unsur kegembiraan yang akan mereka miliki setelah Dia bangkit adalah hubungan doa kepada Bapa dalam nama Tuhan Yesus, maka tema doa dalam zaman baru diuraikan kepada mereka dalam ayat 23-27. Walaupun mereka bukan imam, mereka boleh berdoa kepada Allah, dan Dia akan mengabulkan doa mereka. Oleh karena kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus, orang percaya boleh mendekat kepada Allah Bapa, dan berdoa kepada-Nya.
Ungkapan pada hari itu sering dipakai mengenai Hari Kiamat dalam Perjanjian Lama (misalnya dalam Yesaya 2:11, 17, 20; 3:7, 18; 4:1, 2; 7:18, 20, 23; 10:20, 27; 11:10 dan 11) dan Perjanjian Baru (Markus 13:11, 17, 19; 14:25; Kisah Para Rasul 2:18; 2 Timotius 1:12, 18; Ibrani 8:10; dan Wahyu 9:15), sehingga apa yang dikatakan mengenai kiasan "sakit lahir" dalam bahasan ayat 21 juga berlaku dalam ayat ini. Dapat dikatakan bahwa hari yang dibahas dalam ayat ini, yaitu hari kebangkitan-Nya, adalah permulaan akhir zaman.1132
Bagi mereka, percakapan ini mendorong mereka untuk tetap setia dalam kesusahan yang mereka hadapi, supaya sesaat lagi, mereka dapat menikmati hak doa yang luar biasa. Sedangkan bagi para pembaca Injil Yohanes yang belum percaya pada Kristus, nas ini mendorong mereka supaya mereka percaya pada Kristus, sehingga mereka dapat berdoa kepada Allah Bapa dalam nama Tuhan Yesus.


* Yoh 16:24
Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Saat itu doa dalam nama Tuhan Yesus belum merupakan hak orang percaya, karena Dia belum disalibkan sebagai Juruselamat. Sesaat lagi mereka boleh berdoa dalam nama Tuhan Yesus, Juruselamat mereka.
Sukacita yang dijanjikan dalam ayat 22 disediakan bagi orang yang berdoa, orang yang taat, dan yang tetap tinggal dalam Kristus. Doa mereka akan dikabulkan. Mereka akan menerima apa yang mereka minta.

* Yoh 16:25
Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan.1133 Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu.

Dalam ayat 12 Tuhan Yesus sudah berkata, "Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya." Dia masih harus berbicara kepada mereka secara samar-samar, karena mereka masih "belum dapat menanggung" kebenaran yang terus terang mengenai Allah Bapa. Meskipun demikian, perkataan Tuhan Yesus yang dikatakan kepada murid-murid-Nya adalah lebih terus terang daripada perkataan-Nya yang dikatakan kepada khalayak, seperti apa yang dijelaskan oleh Dia dalam Injil Marus 4:33-34. Tampaknya murid-murid-Nya lebih mampu menerima perkataan-Nya daripada orang banyak.
Saat yang disebut dalam ayat ini juga dibahas dalam ayat yang berikut.

* Yoh 16:26-27

16:26-27 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
Adanya ungkapan pada hari itu berarti ayat ini memberi petunjuk mengenai "saatnya" yang disebutkan dalam ayat 25 di atas. Setiap ayat dari ayat 13 sampai dengan ayat 26 menunjuk pada "saat" atau hari yang sama. Semuanya digenapi pada waktu Tuhan Yesus bangkit dari antara orang-orang mati sebagai Juruselamat yang telah mengalahkan maut, dan dinyatakan sebagai Anak Allah. Dengan demikian Dia menjadi Pengantara doa kita kepada Allah Bapa.
Tuhan Yesus menghendaki supaya kita mengerti bahwa ungkapan berdoa dalam nama-Ku tidak berarti bahwa mereka lebih jauh dari Allah Bapa. Ungkapan ini tidak berarti bahwa doa kita dibatasi. Ungkapan ini tidak berarti bahwa kita harus berdoa kepada Tuhan Yesus, lalu mudah-mudahan Tuhan Yesus meminta bagi mereka kepada Bapa. Tuhan Yesus bukan merupakan seorang "satpam" yang melindungi Bapa dari gangguan orang banyak!1134

Oleh karena kasih Allah Bapa bagi kita, maka kita boleh berdoa langsung kepada Bapa dalam nama Tuhan Yesus. Sebagai orang yang mengenal Tuhan Yesus, kita dikasihi, dan Tuhan Yesus tidak perlu berbicara kepada Allah Bapa dan meyakinkan Dia bahwa doa kita layak dikabulkan. Dia sendiri mengasihi kita.

* Yoh 16:28
Aku datang1135 dari Bapa dan Aku datang1136 ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula1137 dan pergi kepada Bapa."

Dengan sekian kata yang begitu sederhana, Tuhan Yesus meringkaskan seluruh pelayanan-Nya. Dia mengembangkan pernyataan "Aku datang dari Allah" dalam ayat 27. Ungkapan yang dipakai dalam ringkasan ini adalah ungkapan-ungkapan yang sering dipakai dalam Injill Yohanes, sehingga ringkasan ini lebih penuh dengan arti bagi kita yang telah membaca Injil Yohanes. Dia berasal dari Bapa: Dia memiliki kesatuan dengan Bapa, yang telah mengutus Dia dengan suatu tugas tertentu di dunia ini. Dia datang ke dalam dunia dan menjelma menjadi manusia di dunia: Dia memiliki kesatuan dengan kita. Dia kembali kepada Bapa: Dia diterima di sana karena Dia melakukan kehendak Bapa yang mengutus Dia. Dia adalah Pengantara, yang dapat mengadakan persekutuan antara Allah dan manusia.
Banyak yang dapat Dia katakan mengenai apa yang harus terjadi di kayu salib. Banyak yang dapat dikatakan mengenai pentingnya darah yang dicurahkan di situ. Namun semuanya itu diringkaskan dengan kata-kata yang terpusat pada hubungan-Nya dengan Allah Bapa yang Dia kasihi dan taati!


Label:   Yohanes 16:16-28 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
TEMA & BACAAN ALKITAB GMIT BULAN APRIL 2019

PREV:
Minggu, 24 Maret 2019 - Ibrani 9:11-28 - Minggu Sengsara IV

Garis Besar Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 23 Juli - Yeremia 13; Mazmur 13,14

Hari ini, 23 Juli - Maz 85:5-11, Ezra 3-4, Kis 23:12-35, Ams 21:8-9

Arsip Khotbah GMIT 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392




Beli Kaos C59. Klik Disni




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB
MARS YAPENDIK GPIB | Lirik dan Video Lagu - MINGGU, 14 JULI 2019




Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Senin, 22 Juli 2019
Come As You Are - David Leonard

Senin, 22 Juli 2019
Over and Over - Influence Music, Matt Gilman

Senin, 22 Juli 2019
Bright - Allan Scott

Senin, 22 Juli 2019
Redeemed - Influence Music

Senin, 22 Juli 2019
Dancing on Top of the World - The Afters

Senin, 22 Juli 2019
Fighter - Danny Gokey

Senin, 22 Juli 2019
Misfits - Apollo LTD

Senin, 22 Juli 2019
Step Into Love - Tedashii, Sarah Reeves

Senin, 22 Juli 2019
King of Heaven - Mack Brock

Senin, 22 Juli 2019
Here I Am - North Point InsideOut, Kaycee Hines

Senin, 22 Juli 2019
Every Good Thing - For All Seasons

Senin, 22 Juli 2019
Honest - We Are Messenger

Senin, 22 Juli 2019
New Day - Danny Gokey

Senin, 22 Juli 2019
Just A Vapor - Branan Murphy

Senin, 22 Juli 2019
Perfectly - Branan Murphy

Senin, 22 Juli 2019
For Worse or Better - Stars Go Dim

Senin, 22 Juli 2019
Symphony - Newsboys

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



youtobe ibadat sabda ,   lirik lagu kole kole senja mulai terbenam,   badai prahara rohani,   lirik lagu kole kole senja mulai terbenam,   download lagu bagi yesus kuserahkan hidupku seluruhnya,   lagu-lagu pujian dengan tema pengampunan,   downlosd lagu rohani kidung jemaat vol 363,   downlosd lagu rohani kidung jemaat vol 363,   kunci gitar seindah siang disinari terang,   renungan MAZMUR 119 :17-32,   dowenload buku bahasa arab kelas 12,   jamita epistel minggu tgl 30 september 2018,   lagu kidung jemaat untuk pembuka,   lagu rohani mainoro senja membayg di batas hari,   lagu rohani mainoro senja membayg di batas hari,   lagu kidung jemaat untuk mengumpulkan persembahan,   Kotbah Yohanes 1:5-12,   renungan kejadian 3:19,   renungan kejadian 3:19,   Free Download Mp3 lagu betapa mulianya true worship,   khotbah lukas 6:37-42,   nyanyian rohani 107,   nyanyian rohani 107,   Renungan ft imamat 25:35-55,   lagu rohani untuk persembahan kolekte,   lagu sekolah minggu pengakuan dosa,   lagu sekolah minggu pengakuan dosa,   partitur koor batak natal,   Renungan ft imamat 25:35-55,   galatia 6:1-10 tema: tetap semangat,   lagu persembahan syukur,   khotbah hakim-hakim 7:2-9,   download lagu christ is risen,   kumpulan lagu rohani terbaru 2018 mp3,   kalender gereja 2019,   Jamita. 1 tessalonika 4:13-18,   khotbah mazmur 119:17-32,   khotbah mazmur 119:17-32,   download instrumen keybord lagu ro,   kumpulan lagu pentakosta,   ayat pengantar persembahan,   bahan khotbah 1 timotius 6 2b 10,   tata ibadah gereja gbi,   khotbah kristen wahyu 2 10,   khotbah kristen wahyu 2 10,   renungan kisah para rasul 1 1-5,   renungan imamat 25 8 13,   Tafsiran zakaria 8:9-13,   ayat pengantar persembahan,   lagu rohani hkbp chord,   lagu anak sekolah minggu 2019,   Lagu Kebaktian SATB,   kotbah hakim hakim 7 2 9,   khotbah yoh 5:1-8,   khotba kolose 1:15-28,   Renungan firman yesaya 55:6-13,   renungan kisah rasul 14 8 20,   angka nada lagu disabat yang ceria,   download mp3 kj 429,   lirik lagu Suara gembira nomor 42,   Suara gembira nomor 42,   renungan mazmur 119:17-32,   Free mp3 rohani,   engkaulah darah Dan juga berkat pengorbananmu layakkan ku yesus engkau tuhanku,   pujian syukur,   renungan harian Kristen arti sepadan,   pengkhotbah 7 ayat 11 sampai 12,   khotbah amsal 10 1 7,   instrumen buku ende,   instrumen buku ende,   santapan harian dr mazmur 119:17-32,   santapan harian dr mazmur 119:17-32,   lagu yang cocok untuk penutup ibadah,   www.download lagu rohani nada latuhari.com,   khotbah imamat 26 1-13,   Download lagu apapun yang terjadi didalam hidupku ini selalu ku katakan tuhan yesus baik,   khotbah imamat 26 1-13,   bahan khotbah kristen kisah para rasul 18 1 17,   bahan khotbah kristen kisah para rasul 18 1 17,   renungan imamat 26:1-13,   khotbah amos 7 : 1 - 3,   khotbah yeremia 31 16,   lagu penutup ibadah,   renungan dari Mazmur 29:1-11,   lagu penutup ibadah,   khotbah dalam kolose 1 15 23,   kumpulan kotbah kitah yohanes,   renungan imamat 26:1-13,   renungan Ulangan 6 :16-25,   judul lagu sekolah minggu gki hom hom,   kis 14:21-28,   renungan amsal 4:13-27,   lagu pernikahan Rohani kristen,   bahan khotbah gbkp bekasi - denpasar tgl 28 Juli 2019,   renungan kisah pararasul 8:4-25,   doa berkat penutup ibadah,   songwriter berkatilah keluargaku,   songwriter keluarga hidup indah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   tafsiran alkitab mazmur 36,   not angka pkj 255,   not angka pkj 255,   naot angka pkj 255,   kidung keesaan damai di dunia,   lirik mnr2 76,   kolose 1 15-23,   lirik nr 76 ,   lirik nr 76 ,   kotbah kisah para rasul 18 :24-28,   khotbah kolose 1 18,   lagu rohani bersyukur,   khotba imamat 26;1-13,   materi khotbah ulangan 6:16-25,   lirik nr 76,   materi hotbah ulangan 1:16-25,   Jamita Minggu Panguhum 7:2-9,   lirik nr 76 ,   lirik nr 76 ,   yang kunanti datangmu lagu rohani download gratis,   khotbah ulangan 6 : 6- 9,   khotbah ulangan 6 : 6- 9,   kolose 1 15-23,   lagu rohani tentang teladan,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   lagu penutup ibadah,   renungan imamat 26:1-13,   jamita hakim-hakim 7:2-9,   khotbah kejadian 37:12-36,   Baca dan renugan minggu 2019 yohanes 6:1_15 yesus memberi makan lima ribu orang,   Bacaan dan renugan minggu pagi 2019 yohanes 6:1_15,   Bacaan dan renugan minggu pagi 2019 yohanes 6:1_15,   gunung di israel,   gunung di israel,   jamita panguhum 7:2-9 bahasa batak,   jamita panguhum 7:2-9 bahasa batak,   Hakimhakim 7,2-9.,   lagu penutupan ibadah,   kolose 1:7-2:5,   renungan kaum bapak tentang efesus 5:14-17,   lagu rohani pengutusan,   lagu praise gms,   khotbah hut 2019,   lagu praise gms,   download lagu ketika hatiku tlah disakiti mp3,   download lagu ketika hatiku tlah disakiti mp3,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   Jamita sian panguhum 7 :2-9,   khotbah dari ulangan 6 : 16 - 25,   pujian syukur awal ibadah,   nyanyian rohani,   lagu sudah ku dapat sayang tuhan,   khotbah yakobus 1 2-12,   khotbah roma 3:1-8,   Ilustrasi Hakim-Hakim 7:2-9,   lagu untuk memberikan kolekte kristen,   renungan amos 5 : 24,   Kotbah Imamat 26:1-17,   download musik rohani let shine mp3,   mp3 untuk pkj 163,   dowenload lagu walau hanya sebentar tolong,   dowenload lagu walau hanya sebentar tolong,   download lagu gereja,   gita bakti 244 download mp3,   gita bakti 244 download mp3,   bahan khotbah imamat 26,   doa persembahan dlm perjamuan kudus,   kisah para rasul 14: 26-26,