Save Page
Yohanes 20:24-29
Yesus menampakkan diri kepada Tomas
20:24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. 20:25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." 20:26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." 20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" 20:29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."


Penjelasan:

* Yoh 20:24-25
Yohanes mencatat ketidakhadiran Tomas tetapi tidak menjelaskannya. Karena Yesus tidak menegur Tomas atas kemungkinan bahwa ia kehilangan minat untuk tetap menjadi murid, maka adalah bijaksana bagi kita untuk juga berlaku demikian. Tomas mungkin ingin sendirian dalam dukacitanya atas kematian Sang Juruselamat. Laporan teman-temannya tentang pertemuan mereka dengan Yesus menekankan bahwa mereka telah melihat tangan dan lambung bekas luka pada Tuhan. Tomas menuntut untuk tidak hanya melihat itu semua, tetapi menyentuh sendiri sebagai syarat untuk percaya bahwa Yesus memang telah bangkit.

* Yoh 20:26
Seminggu kemudian, dengan kondisi yang sama seperti sebelumnya. termasuk pintu-pintu yang tertutup, Yesus muncul untuk kedua kalinya dengan salam yang sama.

* Yoh 20:27 - tangan dan lambung. 28 // Tuhanku dan Allahku
Dengan bahasa-Nya sendiri Tuhan menyatakan bahwa Dia mengetahui apa yang telah dikatakan oleh Tomas. Karena itu Dia pasti hidup ketika sang rasul yang ragu-ragu tersebut berbicara tentang tangan dan lambung. 28. Segala keraguan, Tomas langsung sirna. Tomas bangkit dan mengucapkan suatu pernyataan iman sebagai tanggapan terhadap tantangan Yesus. Tuhanku dan Allahku. Tomas menyadari bahwa dirinya berada di hadirat Tuhan.

* Yoh 20:29 - Karena engkau telah melihat Aku
Karena engkau telah melihat Aku. Tidak ada petunjuk bahwa Tomas menyentuh Sang Juruselamat. Dengan melihat Dia saja sudah cukup. Tetapi bagaimana dengan banyak orang yang tidak memiliki kesempatan untuk melihat Tuhan. Sebuah berkat diucapkan atas orang-orang yang berani mengambil langkah iman semacam itu (bdg. I Ptr. 1:8).

*  Ketidakpercayaan Tomas, ketika laporan ini disampaikan kepadanya, yang menimbulkan penampakan Kristus untuk kedua kalinya.
        . Di sini kita melihat Tomas tidak hadir dalam pertemuan ini (ay. 24). Dia dikatakan sebagai seorang dari kedua belas murid, salah seorang dari kumpulan para rasul, yang sekarang jumlahnya sebelas, tadinya berjumlah dua belas dan akan berjumlah dua belas lagi. Mereka hanya bersebelas, dan salah seorang dari mereka tidak hadir: murid-murid Kristus tidak akan pernah berkumpul bersama-sama secara lengkap sebelum terjadinya perkumpulan umum pada hari yang besar itu. Mungkin karena ada masalah dengan Tomas sehingga ia tidak hadir -- entah karena ia sakit, atau karena ia tidak diberi tahu. Atau mungkin karena dosa dan kebodohannya -- entah karena ia terganggu oleh urusan duniawi atau teman, yang lebih diutamakannya daripada kesempatan ini, atau ia tidak berani datang karena takut kepada orang-orang Yahudi. Dan ia menganggap dirinya bertindak dengan bijaksana serta berhati-hati, padahal sebenarnya ia berbuat seperti seorang pengecut. Bagaimanapun juga, karena ketidakhadirannya itu, ia kehilangan kesempatan untuk melihat Gurunya bangkit, dan untuk berbagi sukacita dengan murid-murid yang lain dalam kesempatan itu. Perhatikanlah, banyak orang yang tidak tahu apa yang mereka lewatkan ketika mereka dengan ceroboh tidak hadir dalam perkumpulan-perkumpulan Kristen yang khidmat yang sudah ditetapkan itu.
        . Kesaksian yang diberikan kepadanya oleh murid-murid yang lain mengenai kunjungan Guru mereka (ay. 25). Di lain waktu ketika mereka melihatnya, mereka berkata kepadanya, dengan begitu bersukacita, "Kami telah melihat Tuhan!" Dan pasti mereka menceritakan kepadanya segala sesuatu yang sudah terjadi, khususnya kepuasan yang diberikan-Nya kepada mereka dengan menunjukkan tangan dan lambung-Nya. Tampaknya, meskipun Tomas pada waktu itu tidak berada bersama-sama dengan mereka, ia tidak menjauh dari mereka. Orang-orang yang tidak hadir untuk sementara tidak boleh dikutuk sebagai orang-orang murtad untuk selama-lamanya: Tomas bukanlah Yudas. Amatilah bagaimana mereka mengatakannya dengan kegembiraan dan kemenangan yang meluap-luap: "Kami telah melihat Tuhan, ini penglihatan yang sangat memberi penghiburan yang pernah kami lihat." Perkataan ini mereka sampaikan kepada Tomas,
            (1) Untuk mencela dia karena ketidakhadirannya: "Kami telah melihat Tuhan, tetapi kamu belum." Atau mungkin lebih tepatnya,
            (2) Untuk memberi tahu dia: "Kami telah melihat Tuhan, dan kami berharap kamu ada di sini, untuk melihat-Nya juga, karena ini akan sungguh memuaskan hatimu." Perhatikanlah, murid-murid Kristus harus berusaha membangun satu sama lain di atas dasar iman mereka yang paling suci, baik dengan mengulangi apa yang sudah mereka dengar kepada orang-orang yang tidak hadir, supaya mereka dapat mendengarnya dari pihak kedua, maupun dengan menceritakan apa yang telah mereka alami. Mereka yang dengan iman telah melihat Tuhan, dan telah mengecap betapa baiknya Dia, harus memberi tahu orang lain apa yang telah diperbuat Allah bagi jiwa mereka. Hanya saja, janganlah kita memegahkan diri.
        . Keberatan-keberatan yang diajukan Tomas dalam melawan bukti yang ada, untuk membenarkan dirinya sendiri yang tidak bersedia mengakuinya. "Tolong jangan katakan bahwa kalian telah melihat Tuhan hidup. Kalian juga mudah tertipu.

        Ada orang yang sudah mempermainkan kalian. Kalau aku, sebelum aku tidak hanya melihat bekas paku pada tangan-Nya tetapi juga mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu, dan mencucukkan tanganku ke dalam bekas luka di lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." Sebagian orang, dengan membandingkan perkataan ini dengan apa yang sudah dikatakannya sebelumnya (11:16; 14:5), menduga bahwa Tomas adalah orang yang kasar, berperangai muram, dan cenderung berbicara dengan nada ketus, karena orang-orang yang baik tidak sama berbahagianya dalam perilaku mereka. Bagaimanapun juga, sudah pasti ada banyak kesalahan dalam tindakannya kali ini.

            (1) Kalau bukannya tidak memperhatikan, ia mungkin tidak mempertimbangkan dengan benar apa yang sudah dikatakan Kristus dengan begitu sering, dan yang juga sesuai dengan Perjanjian Lama, bahwa Dia akan bangkit pada hari ketiga. Jadi seharusnya dia berkata, "Dia telah bangkit," meskipun dia belum melihat-Nya, atau belum berbicara dengan siapa saja yang sudah melihat-Nya.
            (2) Ia tidak menghormati dengan semestinya kesaksian teman-temannya sesama murid, yang merupakan orang-orang bijak dan tulus, yang sewajarnya dihargai. Ia tahu mereka itu orang-orang jujur. Semuanya ada sepuluh dari mereka yang bersama-sama membenarkan kesaksian itu dengan sangat meyakinkan. Namun, ia tidak mau mengakui bahwa kesaksian mereka adalah benar. Kristus telah memilih mereka untuk menjadi saksi-saksi kebangkitan-Nya bagi segala bangsa, namun Tomas, salah seorang dari kelompok persaudaraan mereka sendiri, tidak mau mengakui mereka sebagai saksi-saksi yang patut dipercaya, dan juga tidak mempercayai mereka lebih daripada apa yang dapat dilihatnya pada diri mereka. Meskipun demikian, sebenarnya bukan kejujuran merekalah yang dipertanyakannya, melainkan kebijaksanaan mereka. Ia takut kalau-kalau mereka terlalu mudah percaya.
            (3) Ia mencobai Kristus, dan menyakiti hati Yang Kudus dari Israel, ketika ia ingin diyakinkan dengan caranya sendiri atau tidak akan sama sekali. Ia tidak bisa yakin bahwa bekas paku pada tangan-Nya, yang dikatakan para rasul telah mereka lihat, akan membuatnya dapat mencucukkan jarinya ke dalam bekas paku itu, atau luka di lambung-Nya dapat membuatnya mencucukkan tangannya ke dalamnya. Lagi pula, sungguh tidak pantas untuk memperlakukan tubuh yang hidup dengan kasar seperti itu. Namun, Tomas menggantungkan imannya pada bukti ini, yakni ia akan terhibur dan keinginannya dipuaskan, atau ia tidak akan percaya (Mat. 16:1; 27:42).
            (4) Pengakuan yang terang-terangan akan ketidakpercayaan ini di hadapan para murid merupakan suatu penghinaan bagi mereka dan membuat mereka kecil hati. Itu bukan sekadar dosa melainkan juga mendatangkan aib. Sama seperti satu orang pengecut membuat banyak orang mengikutinya, demikian pula halnya dengan satu orang percaya, atau satu orang yang ragu-ragu membuat hati saudara-saudaranya tawar seperti hatinya (Ul. 20:8). Seandainya saja ia memikirkan kejahatan ini, dan kemudian menutup mulutnya dengan tangannya, untuk menahannya, maka kesalahannya akan tetap pada dirinya sendiri. Namun, dengan menyatakan ketidakpercayaannya, dan disampaikan dengan begitu yakin, mungkin akan membawa dampak yang buruk kepada murid-murid yang lain, yang pada saat itu masih lemah dan goyah.



SBU

MINGGU PASKAH ,
SENIN, 22 APRIL 2019 ,
Renungan Pagi
GB. 28 : 1 -Berdoa
DAMAI SEJAHTERA

Yohanes 20 : 19 - 23
".... Terimalah Roh Kudus ..." (ay. 22)

Tuhan Yesus datang untuk pertama kalinya kfipmln para murid setelah la bangkit. Dengan salam yang khas Yahudi. Tuhan menyapa para murid yang sedang ketakutan akibal take:-urzm orang-oragng Yahudi. Mereka yang sudah terlebih dahulu lahu melalui pemberitaan dari Maria Magdalena, menyambut-Nya dengan penuh srmacita. Dan Tuhan perlu menunjukkan tangan dan lambung~Nya, untuk membuktikan bahwa Dia bukan hantu. mealainkan sungguh-
sungguh bangkit dengan tubuh-Nya yang terdahulur Hal ini membuktikan bahwa kebangkitan tubuh sebagaimana yang dinubuatkan oleh para nabi di PL, sungguh-sungguh digenapi secara nyata, bukan hanya kiasan (Dan.12:2, 13).

Dengan kebangkitan, sapaan damai sejahtera rnemiliki makna yang berbeda. Bukan sekedar sapaan, melainkan suatu keyakinan baru bahwa tidak ada lagi alasan untuk merasa resah akibat pergumulan dan sengsara dunia, karena Allah sungguh-sungguh mewujudkan janji-Nya yang menuntun umat-Nya pada hidup yang penuh dengan damai sejahtera.

Oleh sebab itu, Tuhan Yesus mewarlskan pengutusan-Nya dari Bapa kepada para murid. Roh Kudus dihambusknn untuk melengkapi para murid dalam melaksanakan lugas pengutusan-Nya tersebut. Selain itu, dengan kuasa Roh Kudus, para murid menerima wibawa untuk menyatakan pengampunan dosa terhadap umat manusia. Pengampunan dosa dinyatakan borlaku karena Yesus sebagai anak domba Allah sekaligus imam tidak tinggal dalam maut, melainkan tetap hidup untuk menjadi paranlara manusia dengan Allah.

Keyakinan yang baru akan kemenangrm itu, mambawa damai sejahtera sebagai tujuan pekerjaan Roh Kudus di tengah-tengah umatAllah, untuk diwujudkan dalam hidup seluruh ciptaan Allah di dunia ini. Damai sejahtera bagi kita yang dakal, juga bagi mereka
yang jauh. Untuk kita yang didalam, juga untuk mereka yang diluar

GB.28:2
Doa : (Ampunilah dosa kaml ya Tuhan dan jadikanlah kami sebagai pembawa damai sejahtera-Mu di dunia Ini)


MINGGU PASKAH ,
SENIN, 22 APRIL 2019 ,
Renungan Malam
GB.220 : 1 -Berdoa
DIA HADIR DALAM PERSEKUTUAN

Yohanes 20:24-29
"Tidak ada bersama-sama mereka" (ay.24)

Ada baiknya, pada kesempatan ini, kita menambah pengetahuan tentang rasul Tomas. Memang dalam bacaan kita, Tomas terkesan sebagai orang yang tidak begitu saja percaya dengan apa yang baru dialami oleh para murid. Namun disisi lain, Tomas tercatat sebagai orang yang loyal kepada Yesus dan berani untuk tetap bersama Dia. Pada Yoh.11 :16, ketika Yesus mau pergi ke Betania di tengah ancaman adanya upaya pembunuhan terhadap diri-Nya,
Tomas berkata kepada para murid, "Marilah kita pergi juga untuk mati bersama-sama dengan Dia!" Loyalitas dan keberanian itu menunjukkan rasa cinta Tomas kepada Yesus. Dan hal ini juga yang membuat perasaannya terpukul dengan kematian Yesus di kayu salib.

Sepertinya Tomasjuga adalah seorang yang penyendiri. Sikap itu dapat dilihat dari ketidakhadirannya ketika para murid sedang berkumpul di satu tempat dimana Yesus datang menjumpai mereka. Tomas lebih memilih untuk mengambil jarak dengan para murid dalam menghadapi kedukaannya.

Akan tetapi hal ini segera menjadi persoalan bagi Tomas, karena justru di dalam kesendirian, dia tidak berjumpa dengan Yesus. Yesus memilih untuk hadir di tengah-tengah kumpulan para murid. Hal ini sedikitnya membawa sebuah pesan pada kita bahwa di dalam persekutuan bersama para murid, perjumpaan dengan Yesus dapat terjadi.

Dengan kata lain, jangan sampai kita menjauh dari persekutuan apabila kita menghadapi pergumulan yang menimbulkan kedukaan dan patah hati. Persekutuan dapat menjadi sarana bagi Tuhan untuk menjumpai kita dan memulihkan kita kembali. Itu sebabnya, mengapa Roh Kudus berkarya untuk menghadirkan gereja di tengah-tengah dunia. Karena melalui gereja-Nya, pemulihan dapat berlangsung.

GB.220:2
Doa : (Ya Tuhan, bawalah kami untuk setia dalam persekutuan umat-Mu)


Label:   Yohanes 20:24-29 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 23 April 2019 - PENGALAMAN YANG MENGGERAKKAN - Lukas 24:28-35 - MINGGU PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 21 April 2019 - MENCARI DIA YANG HIDUP - Lukas 24:1-12 (SGD) - HARI PASKAH

Garis Besar Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,