Save Page
Lukas 24:1-12
24:1 tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka. 24:2 Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu, 24:3 dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus. 24:4 Sementara mereka berdiri termangu-mangu karena hal itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan. 24:5 Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? 24:6 Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, 24:7 yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga." 24:8 Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu. 24:9 Dan setelah mereka kembali dari kubur, mereka menceriterakan semuanya itu kepada kesebelas murid dan kepada semua saudara yang lain. 24:10 Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul. 24:11 Tetapi bagi mereka perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu. 24:12 Sungguhpun demikian Petrus bangun, lalu cepat-cepat pergi ke kubur itu. Ketika ia menjenguk ke dalam, ia melihat hanya kain kapan saja. Lalu ia pergi, dan ia bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi.

Penjelasan:

* Luk 24:1 - Pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu. Hari pertama
Pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu. Hari pertama dimulai pada hari Sabtu sore. Markus tampaknya menunjukkan (16:1, 2) bahwa para wanita itu selesai membeli rempah-rempah pada malam sebelumnya, dan datang ke kubur pada pagi hari sebelum ada orang lain di sana.

* Luk 24:2 - Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu
Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu. Kubur itu merupakan sebuah gua yang dibuat dengan melubangi batu yang keras, yang di lubang depannya terdapat batu yang dapat digelindingkan sehingga tidak ada orang masuk. Para perempuan itu terkejut melihat bahwa kubur itu sudah terbuka.

* Luk 24:3 - Tidak menemukan mayat
Tidak menemukan mayat. Mereka mengetahui betul di mana letak kubur Yesus, tetapi kini kubur tersebut sudah kosong. Semua kisah sama mengatakan bahwa kubur itu sudah kosong pada pagi hari dari hari pertama.

* Luk 24:4 - Mereka berdiri termangu-mangu // Dua orang berdiri dekat mereka // Pakaian yang berkilau-kilau. Berkilau-kilau
Mereka berdiri termangu-mangu. Perempuan-perempuan itu tidak dapat menjelaskan apa yang telah terjadi. Jelas para murid tidak merencanakan untuk menyingkirkan tubuh Yesus (sebagaimana dituduhkan para pemimpin Yahudi) sebab jika demikian pastilah perempuan-perempuan tersebut mengetahuinya. Mungkin mereka berpikir bahwa Yusuf dan anak buahnya telah memindahkan mayat itu ke tempat yang lebih aman. Dua orang berdiri dekat mereka. Matius (28:2-6) dan Markus (16:5) mengatakan bahwa seorang malaikat di dalam kubur yang memberitakan bahwa Yesus telah bangkit. Tidak ada pertentangan hakiki dengan apa yang dilaporkan Lukas ini; Salah satu malaikat mungkin merupakan jurubicara untuk kedua malaikat. Dua saksi menyertai Yesus pada saat Pemuliaan (Luk. 9:30) dan pada saat kenaikan-Nya ke surga (Kis. 1:10). Lukas mungkin mengemukakan bahwa dua tokoh yang sama muncul pada saat Kebangkitan-Nya. Pakaian yang berkilau-kilau. Berkilau-kilau (Yunani: astraptousē) berarti terang seperti kilat.

* Luk 24:6 - Ingatlah apa yang dikatakan-Nya ... di Galilea
Ingatlah apa yang dikatakan-Nya ... di Galilea. Yang dikatakan-Nya waktu itu adalah, "kepergian yang akan digenapi-Nya di Yerusalem" (9:31). Dan sebelum meninggalkan Galilea, Yesus telah memberikan petunjuk yang jelas kepada murid-murid-Nya mengenai perlunya kematian-Nya (18:31-34).

* Luk 24:8 - Maka teringatlah mereka
Maka teringatlah mereka. Ketika Dia pertama kali membicarakan hal-hal ini, pikiran murid-murid-Nya penuh dengan konsep yang lain, tetapi Kebangkitan-Nya menempatkan seluruh ajaran-Nya di dalam perspektif yang baru.

* Luk 24:9 - Kepada semua saudara yang lain
Kepada semua saudara yang lain. Di Yerusalem Yesus memiliki sekelompok pengikut yang lebih besar jumlahnya daripada sekedar sebelas murid itu. Yusuf dari Arimatea, para perempuan, dan banyak lagi orang lain pasti termasuk di dalam kelompok ini.

* Luk 24:10 - Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus
Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Maria Magdala mungkin disebut demikian menurut kota Magdala di Galilea. Yohana adalah istri Khuza bendahara Herodes (lih. 8:3). Maria ibu Yakobus disebutkan dalam Matius (27:56) dan Markus (15:40).

* Luk 24:11 - Omong kosong
Omong kosong. Kata Yunaninya leros. Para murid tidak siap untuk mempercayai kisah pertama yang mereka dengar, sehingga mereka mulai memeriksa secara kritis.

* Luk 24:12 - Petrus bangun // Kain kafan // Apa yang kira-kira telah terjadi
Petrus bangun. Seluruh ayat 12 ini tidak ada di dalam teks Barat, tetapi tercantum dalam naskah-naskah lain, dan selaras dengan kisah yang diberikan di dalam Yohanes 20:2-10 (bdg. 22:19; 24:34). Kain kafan adalah kain lenan lebar mirip perban untuk dibalutkan pada tubuh. Apa yang kira-kira telah terjadi. Petrus tidak bisa mengerti mengapa kain itu ditinggalkan di situ, dan bagaimana mayat itu bisa dilepaskan dari kain tersebut.




SBU

MINGGU, 21 APRIL 2019
HARI PASKAH
Renungan Pagi
GB. 174: 1-Berdoa
MENCARI DIA YANG HIDUP

Lukas 24 :1 - 12
mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala..  (ay,5).

Kehilangan orang yang dikasihi tentu sangat menyedihkan orang yang ditinggalkan untuk beberapa waktu lamanya terus mungunjungi makamnya. Ada yang karena bersalah dan belum sempat diselesaikan. Ada juga karena rasa rindu yang mencekam. Ada pula yang karena belum bisa menerima kepergian orang yang dikasihinya.  Maria dari Magdala, Yohana dan Maria ibu Yakobus bersama pana purempuan lainnya juga berbuat hal yang sama. Merekapun pergi ke kubur Yesus untuk mengungkapkan kepedihan hati mereka. Hal itu mereka lakukan  karena mereka seringkali ikut dalam pelayanan Yesus ke berbagai
tempat. Merekapun hadir sebagai saksi mate pnnyaliban Yesus dan penguburan-Nya. Mereka mengetahui dengan persis apa yang Yesus lakukan untuk orang banyak dan bagaimana penderitaan luar biasa yang dialami-Nya. Karenanya mereka bermaksud merempah-rempahi
jasad Yesus sebagai rasa hormat dan cinta kasalh yang dalam kepada-Nya.

Mereka kecewa karena ketika masuk ka dalam kubur itu jasad Yesus tidak ada. Dengan tertunduk lesu mereka keluar dan dijumpai oleh dua orang yang berpakaian berkilau-kilauan. Agaknya kedua orang itu adalah malaikat Tuhan yang dengan tegas menegur mereka : "Me-
ngapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?"' Kesedihan yang mereka alami telah membuat mereka lupa pada perkataan Yesus sebelumnya bahwa "Anak manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari
yang ketiga." Tidak jarang tekanan dan pergumulan hidup membuat kita mengalami kesedihan yang berkepanjangan yang dapat membuat kita lupa akan janji penyertaan dan kasih-Nya bagi kita. Dengan demikian pesan untuk mencari Dia yang hidup menjadi sangat relevan bagi kita dalam merayakan Paskah. Mencari Dia yang hidup menegaskan iman kita bahwa: Yesus memang pernah mati. Kematian-Nya justru untuk "mematikan" segala tabiat dosa yang melekat pada kita. Yesus telah bangkit dari kematian. Kebangkitana-Nya adalah proklamasi kemenangan-Nya atas kuasa dosa dan maut.

Perjalanan hidup kita ke depan mungkin masih akan mengalami berbagai masalah, pergumulan dan takanan. Teruslah bertekun untuk mencari Dia yang hidup. Dia adalah Yesus: yang bangkit dan menang. Dengan mencari Dia yang hidup maka kita dimampukun untuk bangkit dari segala masalah yang membuat kita terpuruk. Dia yang hidup dan menang akan membuat hidup kita salalu berkemenangan di dalam dan bersama-Nya.

GB 174:2
Doa : (Kristus, kami bersyukur atas keselamatanMu yang kami alami)


MINGGU, 21 APRIL 2019
HARI PASKAH
Renungan Malam
KJ.341 : 1 -Berdoa
KARYA ALLAH DAN DAYA PIKIR MANUSIA

Yohanes 20 : 1 - 10
"Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati" (ay.9)

Bisajadi karena kesedihan yang mendalam akibat penyaliban Yesus atau ketakutan karena menjadi sorotan sebagai pengikut Yesus yang tersalib, para murid tidak lagi ingat dengan perkataan Yesus semasa melayani di Galilea (Yoh.2:19-22).

Mereka melihat dan percaya apa yang dikatakan Maria Magdalena, bahwa jenazah Yesus sudah hilang. Namun ada satu hal yang dicatat oleh Yohanes yang merupakan bukti yang membantah kesimpulan Maria Magdalena bahwa jenazah Yesus dicuri, yaitu kain peluh yang dipakai menutup muka Yesus, yang sudah tergulung. Andai kata memang jenazah Yesus dicuri, mengapa para pencuri itu harus membuang waktu dengan menggulung kain peluh
tersebut?

Kubur kosong dan kain peluh yang tergulung adalah bukti dari kebangkitan Yesus. Peristiwa itu adalah rencana Allah, dan sudah diutarakan oleh Allah sejak masa para nabi, yang kemudian dimuat dalam kesaksian kitab suci. Dengan kata lain, peristiwa kebangkit-
an adalah pemenuhan nubuat kitab suci.

Tidak mengertinya para murid dan munculnya kesimpulan jenazah Yesus dicuri, adalah hasil dari daya berpikir manusia yang terbatas pada hal-hal yang masuk akal. Sementara itu peristiwa kebangkitan adalah karya Allah yang jauh melebihi akal pikiran manusia.
Oleh sebab itu, pengaruh peristiwa kebangkitan dalam hidup kita hanya dapat berlangsung apabila ada kuasa Allah yang menaungi kita. Kita dapat merasakan kebangkitan-Nya menyentuh jiwa dan kehidupan kita apabila kita bersedia membuka diri terhadap tuntunan kuasa Roh Kudus. Jadi jangan andalkan pengertian kita untuk hidup dalam kuasa kebangkitan Yesus Kristus.

KJ.341:3
Doa : (Ya Tuhan, berkuasalah atas diri kami agar semangat Paskah senantiasa memenuhi kehidupan kami)


Label:   Lukas 24:1-12 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 22 April 2019 - DIA HADIR DALAM PERSEKUTUAN - Yohanes 20:24-29 - MINGGU PASKAH Hari Bumi

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 20 April 2019 - KUBUR YESUS MENGUBAH KARAKTER - Yohanes 19:38-42 - SABTU TEDUH

Garis Besar Lukas




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Jumat, 26 April 2019
    Were You There - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    It Is No Secret (What God Can Do) - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Nearer My God To Thee - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    God Bless America - Kate Smith

    Jumat, 26 April 2019
    Wholy Holy - Aretha Franklin

    Jumat, 26 April 2019
    Respect - Aretha Franklin

    Kamis, 25 April 2019
    When I Get Where I'm Going - Brad Paisley Feat. Dolly Parton

    Kamis, 25 April 2019
    Holes in the Floor of Heaven - Steve Wariner

    Kamis, 25 April 2019
    You're Not My God - Keith Urban

    Kamis, 25 April 2019
    The Old Rugged Cross - Johnny Cash

    Kamis, 25 April 2019
    The Little Girl - John Michael Montgomery

    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,