Save Page
Minggu,  14 April 2019
HARI MINGGU I PRAPASKAH
Pagi :    Yohanes 12:1-8 (SGD)
Malam :     Yohanes 12:12-19

Yohanes 12:1-8
Yesus diurapi di Betania
12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. 12:2 Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus. 12:3 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. 12:4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: 12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" 12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya. 12:7 Maka kata Yesus: "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. 12:8 Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu."


Penjelasan:


*  Yesus diurapi Maria (12:1-11)
Pasal 12 merupakan pasal peralihan. Kematian Tuhan Yesus disebutkan berkali-kali dalam pasal ini. Perisitiwa dan perkataan pasal ini menuju pada salib, yaitu kemuliaan Tuhan Yesus.
Morris878 dan Carson879 membahas peristiwa pengurapan Tuhan Yesus yang diceritakan dalam Injil Matius pasal 26:6-13; Injil Markus pasal 14:3-9; Injil Lukas pasal 7:36-50; dan Injil Yohanes pasal 12:1-11. Baik Morris maupun Carson setuju bahwa Matius, Markus, dan Yohanes membahas peristiwa yang sama dengan perincian yang sesuai dengan tema-tema yang ditekankan oleh masing-masing penulis.880 Mereka juga berkata bahwa Lukas 7:36-50 membahas peristiwa yang lain.
Perbandingan antara Matius pasal 26:6-13 dan Markus pasal 14:3-9 mudah. Dua perikop tersebut menceritakan peristiwa yang sama, dan menekankan tema-tema yang sama.
Tampaknya peristiwa yang dicatat dalam Lukas pasal 7:36-50 bukanlah sama dengan yang diceritakan oleh Matius dan Markus. Lukas menceritakan sesuatu yang terjadi lebih awal, dan di Galilea, bukan di Betania. Rupanya kedua peristiwa terjadi di rumah yang dimiliki oleh orang yang bernama "Simon", tetapi nama itu sangat lazim di kalangan orang Yahudi. Simon yang diceritakan dalam Injil Lukas adalah seorang Farisi yang perlu ditegur, sedangkan Simon yang diceritakan dalam Injil Markus disebutkan "Simon si kusta". Perempuan yang mengurapi Tuhan Yesus dalam Injil Lukas adalah perempuan "yang terkenal sebagai seorang berdosa". Pengampunannya merupakan salah satu pokok peristiwa itu dalam Injil Lukas, tetapi pengampunan tidak dikmukakan dalam Injil Markus.
Tampaknya pengurapan yang diceritakan oleh Markus (dan Matius) adalah sama dengan pengurapan yang diceritakan oleh Yohanes, tetapi Yohanes menyebutkan perincian-perincian yang lain karena tujuan dan tema yang dia tekankan tidak sama dengan Markus. Misalnya, Markus dan Matius menceritakan bahwa kepala Tuhan Yesus diurapi, karena mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus adalah raja yang diurapi, sedangkan Yohanes menceritakan bahwa kaki Tuhan Yesus diurapi, karena kerendahan hati Maria. Dengan demikian, sikap Maria jauh berbeda dari sekap murid-murid-Nya yang tidak siap membasuh kaki Tuhan Yesus dalam pasal 13. Tampaknya banyak minyak dipakai (lihat penjelasan di bawah), lebih dari apa yang diperlukan untuk mengurapi kepala Tuhan Yesus. Walaupun Markus dan Matius menceritakan bahwa kepala Tuhan Yesus diurapi, mereka juga mencatat bahwa Tuhan Yesus berkata bahwa tubuh-Nya diurapi (Matius 26:12 dan Markus 14:8), bukan kepada saja.
Dalam Injil Yohanes pengurapan itu jelas terjadi sebelum mereka masuk kota Yerusalem disongsong dengan daun-daun palem, tetapi dalam Injil Matius dan Injil Markus pengurapan diceritakan sesudah Tuhan Yesus dielu-elukan di Yerusalem. Namun kita harus ingat bahwa dalam Injil Sinoptik urutan perikop tidak selalu mengikuti urutan waktu. Kesimpulannya adalah bahwa Matius, Markus, dan Yohanes menceritakan peristiwa pengurapan yang sama, tetapi perincian masing-masing sesuai dengan tema masing-masing.


* Maria Mengurapi Kaki Kristus; Kemunafikan Yudas; Kemarahan Imam-imam Kepala (12:1-8)
    Dalam ayat-ayat di atas diceritakan mengenai:
    I. Kunjungan bersahabat yang dilakukan Tuhan Yesus terhadap kawan-kawan-Nya di Betania (ay. 1). Enam hari sebelum Paskah, Dia keluar dari wilayah-Nya untuk mampir ke Betania, sebuah kota yang menurut perhitungan para ahli, begitu dekat letaknya dengan Yerusalem sampai rasanya tidak ada bedanya bagi Dia untuk berada dalam lingkaran kematian. Dia singgah di sana, di rumah kawan-Nya Lazarus, yang baru saja dibangkitkan-Nya dari kematian. Kedatangan-Nya ke Betania dapat dianggap:
        . Sebagai pengantar untuk hari Paskah yang hendak Ia rayakan.

        Paskah ini dijadikan acuan waktu dalam menggambarkan waktu kedatangan-Nya, yaitu enam hari sebelum Paskah. Sebelum hari Paskah tiba, orang-orang saleh memang biasanya meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri mereka dalam menyambut hari yang penuh khidmat itu. Demikian pula yang diperbuat Tuhan Yesus supaya Ia dapat menggenapkan seluruh kehendak Allah. Melalui teladan-Nya itu, Ia telah mengajari kita supaya mempersiapkan diri untuk menyambut Paskah Injil dengan khidmat. Marilah kita dengarkan suara yang berseru-seru, Persiapkanlah jalan bagi Tuhan.

        . Sebagai tanda kesukarelaan-Nya untuk menampakkan diri di hadapan murka para musuh-Nya. Kini ketika saat-Nya telah tiba, Ia mendekat ke dalam jangkauan mereka dan menyerahkan diri-Nya kepada mereka secara sukarela, meskipun Dia telah membuktikan bahwa Ia bisa saja meloloskan diri dengan mudah dari semua jebakan mereka.

     



SBU


HARI MINGGU I PRAPASKAH 
MINGGU, 14 APRIL 2019
PENEGUHAN SIDI
Renungan Pagi
KJ.416 : 1 -Berdoa
KERJA BUKAN SEKEDAR "OMDO"

Yohanes 12 : 1 -8
"Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murnl yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dongun nnnhulnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah ltu." (ny.3)

Bacaan di hari Minggu pagi ini, mengajak kita belajar dari dua tokoh penting yang berbeda perilaku. Pertama, Maria saudara Lazarus dan Marta. Maria tidak banyak bertanya-tanya tentang apa yang akan dikerjakan. Maria, mengambii minyak narwastu dan meminyaki kaki Yesus dengan menggunakan rumbutnya. Kedua, Yudas lskariot, murid Yesus. Yudas mengkritik purbuatan Maria dengan mengajukan sebuah opsi lain, yaitu minyak narwastu
dijual dan uangnya diberikan kepada orang miskin. Apa komentar Yesus terhadap dua sikap yang berbeda itu‘? Yesus mengatakan orang miskin selalu ada pada Yudas, sedangkan diri-Nya tidak selalu ada pada Yudas. Yudas hanya "omdo" (omog doang) tetapi tidak pernah berbuat seperti yang dikatakan, Yudas lebih sering mencuri uang yang dipercayakan padanya (ayat 6), bukan orang tetapi dihatinya hanya uang. Maria saudara Lazarus tidak "omdo".
Maria melakukan syukur dengan meminyaki kaki Yesus. Apa dampak dari perbuatan Maria? Selain Yasus yang dihormati, seluruh isi rumahpun dapat menikmati wangi narwastu.

Seseorang yang mau bertindak akan lebih memusnikan hasil nyata dibandingkan mereka yang hanya mengkritik tanpa berbuat apa-apa. Seseorang yang bekerja dengan tulus dan jujur meskipun awal kerjanya seperti sulitdimengerti, tetapi pada akhirnya semua orang akan merasakan dampak yang baik dari seseorang yang mau bekerja. Oleh sebab itu kembangkanlah sikap mau bekerja dan berbuat seperti Maria dan bukan menjadi seseorang yang hanya "omdo" seperti Yudas. Sebab sikap perilaku yang mau bekerja dengan tulus danjujur itulah yang dikehendaki Tuhan Yesus bagi kita.

KJ.416: 2
Doa : (Bapa sorgawi, bimbing kaml untuk melayani dengan segera sesama yang berkesusahan sahlngga berkat Tuhan nyata adanya)




HARI MINGGU I PRAPASKAH 
MINGGU, 14 APRIL 2019
Renungan Malam
GB.126 : 1 -Berdoa
SUGUHKAN DAMAI DITENGAH KEBENCIAN

Yohanes 12 : 12 - 19
" ..... ..Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah seluruh dunia datang mengikuti Dia" (ay.19)

Sejak peristiwa kebangkitan Lazarus, popularitas kaum Farisi mulai memudar dan nama Yesus makin bersinar. Keadaan ini membuat mereka menjadi marah dan makin membenci Yesus. Orang banyak Iebih tertarik melihat mujizat dan tanda ajaib yang Yesus Iakukan dibanding Hukum Taurat kaum Farisi. Pada satu sisi, kaum Farisi mencari cara dan jalan agar Yesus tidak menjadi pusat perhatian khalayak ramai. Segala usaha dilakukan kaum Farisi untuk
menjatuhkan Yesus dan mencari-cari kesalahan yang Yesus perbuat. Pada sisi Iain, orang-orang Yahudi termasuk murid Yesus berpikir bahwa Yesus adalah Mesias yang datang untuk menyelamatkan orang-orang Yahudi dari pemerintahan Romawi. Oleh karena itu mereka terus mengikuti Yesus dengan harapan bahwa pembebasan akan mereka miliki. Namun, konsep mesianik yang dipahami Yesus berbeda dengan pandangan Yahudi.

Dalam perjalanan peiayanan-Nya dari Bethania, Yesus menuju ke kota Yerusalem. Kota pusat peribadahan Yahudi yang menunjukkan identitas keyahudian di mana berkumpulnya kaum Farisi, ahli-ahli Taurat dan Yahudi militan. Yesus datang kesana dan Yesus tahu bahwa ia berada di tengah-tengah orang-orang yang membenci-Nya. Yesus datang bukan meningkatkan popularitas. Bukan mencari dukungan yang Iebih kuat melawan kaum Farisi dan ahli Taurat, melainkan menciptakan damai di tengah kesesakan dan beban hidup.

Seorang Pendamai (Yesus) menghadapi orang-orang yang berusaha menghambat upaya menciptakan damai dengan berbagai cara (representasi dari para Farisi). Beranikah kita seperti Yesus? Datang kepada orang yang membenci kita dan menawarkan damai?
Datang menawarkan damai kepada orang yang telah berlaku arogan dan kasar dengan kita. Keberanian berdamai dengan orang yang membenci, membutuhkan kerendahan hati dan bukan ke-kerasan hati yang membatu.

GB. 126 : 2
Doa : (Tuhan, tolong saya untuk memiliki kerendahan hati agar dapat membangun damai dengan orang-orang yang membenci)



Label:   Yohanes 12:1-8 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 15 April 2019 - BENCI HIDUP DALAM GELAP - Yohanes 12:27-36 - MINGGU I PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Sabtu, 13 April 2019 - GB.3 ; 1,2 -Berdoa RENDAH HATI ITU MENENANGKAN - Matius 5:25-26 - MINGGU II PRAPASKAH

Garis Besar Yohanes

Garis Besar 1 Yohanes

Garis Besar 2 Yohanes

Garis Besar 3 Yohanes




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2 *, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Lord, What's Happening To Your People - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Wings of a Dove - Ferlin Husky

    Jumat, 19 April 2019
    How Great Thou Art - Carrie Underwood featuring Vince Gill

    Jumat, 19 April 2019
    Peace in the Valley - Elvis Presley

    Jumat, 19 April 2019
    Will the Circle be Unbroken - Johnny Cash and Family

    Jumat, 19 April 2019
    Precious Memories - Alan Jackson

    Jumat, 19 April 2019
    I Saw the Light - Hank Williams

    Jumat, 19 April 2019
    Amazing Grace - Dolly Parton

    Jumat, 19 April 2019
    Looking Up - Citizens (U.S.)

    Rabu, 17 April 2019
    Glory - Building 429

    Rabu, 17 April 2019
    Glory Defined - Building 429

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,