Dilihat: 668 x

Save Page
1 Tawarikh 25:1-7
Para penyanyi
25:1 Selanjutnya untuk ibadah Daud dan para panglima menunjuk anak-anak Asaf, anak-anak Heman dan anak-anak Yedutun. Mereka bernubuat dengan diiringi kecapi, gambus dan ceracap. Daftar orang-orang yang bekerja dalam ibadah ini ialah yang berikut: 25:2 dari anak-anak Asaf ialah Zakur, Yusuf, Netanya dan Asarela, anak-anak Asaf di bawah pimpinan Asaf, yang bernubuat dengan petunjuk raja. 25:3 Dari Yedutun ialah anak-anak Yedutun: Gedalya, Zeri, Yesaya, Simei, Hasabya dan Matica, enam orang, di bawah pimpinan ayah mereka, Yedutun, yang bernubuat dengan diiringi kecapi pada waktu menyanyikan syukur dan puji-pujian bagi TUHAN. 25:4 Dari Heman ialah anak-anak Heman: Bukia, Matanya, Uziel, Sebuel, Yerimot, Hananya, Hanani, Eliata, Gidalti, Romamti-Ezer, Yosbekasa, Maloti, Hotir dan Mahaziot. 25:5 Mereka ini sekalian adalah anak-anak Heman, pelihat raja, menurut janji Allah untuk meninggikan tanduk kekuatannya; sebab Allah telah memberikan kepada Heman empat belas orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan. 25:6 Mereka ini sekalian berada di bawah pimpinan ayah mereka pada waktu menyanyikan nyanyian di rumah TUHAN dengan diiringi ceracap, gambus dan kecapi untuk ibadah di rumah Allah dengan petunjuk raja. Demikianlah keadaan bani Asaf, Yedutun dan Heman. 25:7 Jumlah mereka bersama-sama saudara-saudara mereka yang telah dilatih bernyanyi untuk TUHAN -- mereka sekalian adalah ahli seni -- ada dua ratus delapan puluh delapan orang.


Penjelasan:


* Pengaturan orang Lewi (23:1-26:32).
Salah satu sumbangan penting yang paling abadi dari Daud bagi keturunannya adalah pengaturan pelayanan suku Lewi. Kepiawaiannya yang tampak di dalam mengatur jadwal pelayanan suku Lewi membantu memelihara keteraturan pelayanan suku tersebut di bawah para penggantinya, memberikan tenaga administrasi untuk penghidupan kembali teokrasi Musa di bawah pimpinan Ezra (lih. ps. 6, pendahuluan), yang berfungsi terus sebagai dasar untuk organisasi keagamaan Israel hingga ke zaman Perjanjian Baru. Kebijakan dasar Daud antara lain ialah membagi tiga puluh delapan ribu orang Lewi pada zamannya menjadi empat kelompok (23:3-5). Sesudah sebuah uraian tentang berbagai kaum dan keluarga suku Lewi (ay. 7-23) dan sebuah ulasan singkat tentang tugas mereka (ay. 24-32), keempat kelompok tersebut disebutkan satu persatu: dua puluh empat ribu merupakan kelompok yang melanjutkan tugas-tugas di rumah Allah (ps. 24), keturunan Harun juga termasuk kelompok ini (24:1-19) maupun orang-orang Lewi lainnya yang membantu keluarga tersebut; empat ribu orang Lewi yang bertugas sebagai penyanyi (ps. 25); empat ribu orang Lewi yang bertugas sebagai penjaga pintu gerbang dan juga harta kekayaan Bait Allah (26:1-28); dan akhirnya para pejabat dan para hakim yang bertugas untuk mengatur urusan-urusan luar bangsa Israel (26:29-32). Para imam, orang-orang Lewi di Bait Allah (?) serta para penyanyi kemudian diatur lebih lanjut ke dalam dua puluh empat kelompok yang pergantian tugasnya disesuaikan dengan masa-masa ibadah bulanan.

* 1Taw 25:1 - Untuk ibadah Daud ... menunjuk anak-anak Asaf // Asaf ... Heman dan ... Yedutun,
Untuk ibadah Daud ... menunjuk anak-anak Asaf (tertentu). Pengaturan ini, yang diperintahkan oleh Tuhan, disampaikan kepada Daud melalui Nabi Natan dan Gad (II Taw. 29:25). Asaf ... Heman dan ... Yedutun, yang secara berurutan merupakan anggota kaum Gerson, Kohat dan Merari (6:33-47), diangkat menjadi pemimpin biduan pada saat Tabut Perjanjian memasuki Yerusalem (16:5, 41).

* 1Taw 25:2 - Asaf, yang bernubuat
Asaf, yang bernubuat. Banyak nubuat di dalam Perjanjian Lama adalah dalam bentuk puisi (bdg. nabi-nabi pemain musik dalam I Sam. 10:5); dan, karena itu, banyak puisi Perjanjian Lama yang sifatnya nubuat (bdg. taf. ay. 4). Secara khusus, Asaf dan keturunannya telah menggubah Mazmur 50 dan 73-83. 3. Sesudah nama Yesaya tercantumkan nama Simei agar jumlahnya lengkap enam orang.

* 1Taw 25:4 - Berawal dari putra yang keenam, Hananya,
Berawal dari putra yang keenam, Hananya, nama-nama ini bila diterjemahkan dari bahasa Ibrani merupakan doa berikut yang dipanjatkan oleh Heman tentang tugasnya sebagai nabi penyanyi: (ke-6) Bermurah hatilah ya Tuhan, (ke-7) bermurah hatilah kepada kami! (ke-8) Engkaulah Allahku; (ke-9) Aku memuji (ke-10) dan meninggikan untuk memperoleh pertolongan; (ke-11) sekalipun sekarang sedang kalah, (ke-12) aku telah memberitakan (ke-14) penglihatan-penglihatan (ke-13) yang termulia.

* 1Taw 25:5 - Heman, pelihat raja, menurut janji Allah // Anak-anak Heman ... untuk meninggikan tanduk kekuatannya // Tiga orang anak perempuan
Heman, pelihat raja, menurut janji Allah. Heman mungkin merupakan orang yang telah menggubah beberapa Mazmur (42-49; 84; 85; 87; 88) yang dikatakan telah digubah oleh kaumnya, yaitu kaum Kohat (6:33-38). Anak-anak Heman ... untuk meninggikan tanduk kekuatannya. Maksudnya tanduk (kuasa) Heman; Allah telah memberkatinya dengan keluarga yang besar. Tiga orang anak perempuan. Perempuan juga memperoleh kesempatan untuk ikut berperan serta dalam pelayanan musik (Mzm. 68:25).

* Biduan-biduan bagi Allah.
Penjelasan yang panjang-lebar tentang para penyanyi menunjukkan minat penulis Tawarikh terhadap musik. Perikop ini memiliki 2 bagian: [1] Keluarga penyanyi (ayat 1-8) dan [2] Pembagian tugas-tugas (ayat 9-31). Memuji Allah telah merupakan bagian ibadah sejak Israel kuno. Dalam rangkaian pengaturan ibadah di bait Allah, Daud dan para panglimanya menunjuk tiga keluarga sebagai penyanyi. Mereka bertugas menyanyikan firman Tuhan (bernubuat) dengan diiringi alat musik: ceracap, gambus, dan kecapi. Di sini dengan jelas dinyatakan bahwa musik kaum Lewi dipakai baik untuk ibadah maupun untuk peperangan.
Ketiga keluarga itu adalah Asaf (ayat 2), Yedutun (ayat 3), dan Heman (ayat 4-5). Ketiganya kita kenal juga lewat mazmur-mazmur yang mereka nyanyikan. Asaf: Mazmur 50, 73-83. Yedutun: Mazmur 39. Heman: Mazmur 88. Yang menarik ialah menurut 1Raj. 4:31, Heman bukan orang Israel melainkan orang Kanaan. Ketiga keluarga ini dibagi menurut anak-anak mereka masing-masing menjadi dua puluh empat kelompok. Setiap kelompok dua belas orang. Dengan undian setiap kelompok mendapatkan gilirannya.
Apa tugas mereka? Setiap kelompok bagaikan suatu paduan suara kecil untuk mengiringi ibadah. Mereka akan menyanyikan syukur dan puji-pujian bagi TUHAN. Pada saat yang sama mereka akan bernubuat. Bernubuat bisa dimengerti sebagai menyampaikan firman Tuhan. Itu berarti mereka tidak sembarangan menyanyi, mempertunjukkan keindahan musik atau suara mereka, tetapi di dalamnya ada berita yang hendak disampaikan. Demikian kita melihat mazmur-mazmur ditulis untuk menyampaikan suatu berita kepada umat. Dengan demikian, pujian dan syukur akan dipanjatkan oleh umat dengan lebih sungguh-sungguh lagi. Inilah pola ibadah untuk menuju pemulihan setelah periode pembuangan.



SBU


MINGGU II PRAPASKAH
RABU, 10 APRIL 2019
Renungan Pagi
GB.71:1,3 -Berdoa
BAGAIMANA TANGGUNG JAWAB IBADAH KITA?

1 Tawarikh 16:37-43
" .... .. Syukur bagi TUHAN. Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya". (ay. 41).

Setelah akhirnya menduduki tam puk pemerintahan sebagai raja Israel, hal pertama yang dilakukan Daud adalah memindahkan Tabut perjanjian Allah dari Kiryat Yearim ke Yerusalem kota Sion. Daud tidak mau proses pemindahan itu berjalan seadanya. la mengatur dengan sangat serius dan teliti. Mulai dari siapa yang mengangkat, bagaimana proses pengangkatannya, perjalanannya, siapa saja yang mengiringi proses pemindahan tersebut, siapa yang bertanggung jawab, dan siapa yang tetap tinggal di Kemah Suci di Gibeon agar mezbah korban bakaran tidak pernah kosong.

Daud mengatur dengan serius, teliti dan bersungguh-sungguh. Daud memilih orang-orang terbaik sesuai keahlian dan potensi dirinya. Bagi Daud semua yang terkait Kemuliaan Allah harus dilaksanakan dengan sungguh hati, tidak main-main, bukan hanya dengan tangan tetapi juga dengan hati, pikiran dan perasaan.

Bagaimana saudara melaksanakan tanggung jawab ibadah saudara? Seadanya? Setengah hati? Tidak serius? Sebagai pelayan maupun sebagai warga jemaat, misalnya ketika memberi
persembahan apakah seadanya atau yang terbaik? Renungkanlah Tuhan tidak pernah mengasihi dan memimpin kita setengah-setengah. Tuhan selalu serius dan bersungguh-sungguh.

GB.226 : 1,3
Doa : (Terima kasih ya Tuhan untuk kesempatan-kesempatan baru yang Engkau berikan setiap hari. Tolong kami agar hari ini kami berani membangun komitmen untuk melakukan praktik ibadah dengan serius)



MINGGU II PRAPASKAH
RABU, 10 APRIL 2019
Renungan Malam
KJ.161 : 1,2 -Berdoa
SELALU ADA KISAH UNTUK DIWARTAKAN

1 Tawarikh 25 : 1 -7
"... mereka sekallan adalah ahli seni ada duaratus delapan puluh delapan orang" (ay.7)

Ada istilah Behind every favorite songs there is an untold stories. Selalu ada kisah dibalik setiap Iagu yang disukai. Kurang lebih seperti itu terjemahannya. Seperti Iagu yang diciptakan pastor Gustav Boberg di Swedia. Suatu hari Boberg berjalan kaki pulang
dari gereja, langit gelap guntur dan kilat saling menyambar, tetapi dalam waktu yang tidak begitu lama, Bouberg melihat matahari muncul, gelap hilang dan burung-burung mulai bersiul. Sampai di rumah lahirlah Iagu How Great Thou Art atau Bila ku lihat bintang
gemeflapan.

Semua pujian yang ada dalam Alkitab, memiliki kisah dibaliknya. Ratusan pujian Daud memiliki ratusan kisah dibaliknya. Daud sangat menghargai setiap pujian karena puji-pujiannya menggambarkan pengalaman imannya berhadapan dengan Allah yang
Agung dan Perkasa. ltu nampak dari keseriusannya membentuk barisan pemuji dalam ritual-ritual ibadah. Para pemuji adalah orang pilihan, dengan pemimpin pujian yang terbaik. Mereka wajib berlatih dan menjalankan tugas mereka dengan serius dan teliti sehingga dapat mem persembahkan yang terbaik.

Bagaimana dengan saudara? Ketika memuji Tuhan apakah dilakukan dengan seadanya, sesukanya, tanpa mempersiapkan diri dan hati atau justru sebaliknya? lngatlah Allah bertakhta di atas puji-pujian. Dibalik setiap pujian selalu ada pengalaman iman sang pencipta. Pengalaman iman itu seharusnya juga menggugah dan memperkaya kita.

GB.15 : 1,2
Doa : (Tuhan berikan kami semangat untuk melihat pujian sebagai bagian dari khotbah sehingga kami serius mempersiapkan dan menyanyikannya dengan benar sebagai bentuk sembah dan syukur kami kepada-Mu)


Label:   1 Tawarikh 25:1-7 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Kamis, 11 April 2019 - DUKUNGAN SEPENUH HATI - Ester 4:15-17 - MINGGU II PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 9 April 2019 - BELAJAR PEKA PADA SUARA TUHAN - 1 Raja-raja 22:41-51 - MINGGU II PRAPASKAH

Garis Besar 1 Tawarikh





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 21 Agustus - 2 Tawarikh 4-6


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Unstoppable God - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Lazarus - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
No Longer Slaves - Lauren Daigle - spontaneous worship

Minggu, 18 Agustus 2019
Trust In You - Lauren Daigle - Spontaneous Worship

Rabu, 14 Agustus 2019
Jehovah Reigns - Jamel Strong

Selasa, 13 Agustus 2019
Side Of My Heart - Rachael Lampa

Selasa, 13 Agustus 2019
Canvas and Clay - Pat Barrett feat. Ben Smith

Selasa, 13 Agustus 2019
My Reason - Planetshakers

Selasa, 06 Agustus 2019
King of Kings - Hillsong

Selasa, 06 Agustus 2019
Chances - Isaac Carree

Selasa, 06 Agustus 2019
But God - Isaac Carree

Jumat, 02 Agustus 2019
You Know My Name - the Brooklyn Tabernacle Choir

Jumat, 02 Agustus 2019
No Longer Slaves - Zach Williams

Jumat, 02 Agustus 2019
I Believe (Island Medley) - Jonathan Nelson

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



lagu rohani indonesia inggris dgn nyayian buka mata hatiku kumemandangmu,   penatalayanan menurut 1 tawarikh 6:31-53,   lagu mengalahkan kejahatan dengan kebaikan,   kotbah 1petrus 3:8-12,   pkj 81,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   kotbah 3musa25:93-43.,   kotbah 3musa25:93-43.,   keluaran 19-21,   JadikanKu AlatMu chord,   JadikanKu AlatMu chord,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah nehemia 5:1-13,   https://rwuyatfty.wordpress.com/2012/08/25/kumpulan-lagu-rohani-persekutuan/,   pembahasan kotbah imamat 25:39-43,   bahan khotbah imamat 25:39-43,   lagu persiapan hati,   lagu rohani instrumental,   renungan mtpj 1 tawarikh 6:31-53,   imamat 25: 39-43,   download album lagu rohani semangat 2019,   Khotbah minggu 25-8-2019. Ev lukas 6:27-36. Epistel mus 25:39-43.,   lagu rohani dangdut,   lirik hymne pkp,   Khotbah GMIT 25 agustus 2019 ulangan 18:1-12,   lagu rohani kristen untuk pernikahan,   khotbah imamat 25:39-43,   mp3 lagu kristen barat lirik,   lagu rohani doddie dengar tuhan,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   sermon hkbp lukas 6:27-36,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Hatorangan epistel 3 Musa 25: 37-43,   kotbah Nehemia,   Imamat 25:39-43,   Renungan dari pdt Gilbert ulangan 5 :32-33,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   Lagu persembahan syukur,   tata ibadah rumah tangga GKE,   pembahassn kotbah imamat 25:39-43,   tata ibadah hut gereja,   jamita partangiangan 3 musa 25:39-43 tgl 25 agustus 2019,   pembahadan kotbah imamat 25:39-43,   khotbah kristen tentang keberhasilan yosia,   renungan amos 5:7-13,   lirik lagu gembala baik dan cord,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   Firman tuhan dari gmit pada minggu 25 agustus 2019,   nehemia 5 : 1-13,   tata ibadah perkawinan gpdi,   Sabda Bina Umat 21 Agustus 2019 ,   renungan roma 11 : 33 - 36,   pengertian mazmur 146 : 1,   imamat 25:39-43,   penjelasan matius 6:25-34,   kotbah imamat 25:39-43.,   kotbah imamat 25:39-43.,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   lagu rohani ada Orang buta Mp3 download,   8 lagu rohani yang mengucap syukur kepada Tuhan,   notasi kppk 325,   kotbah imamat 25:39-43,   lagu rohani tentang kekuatiran,   khotbah amos 5:7-12,   khotbah amos 5:7-12,   renungan ayub 5:1-27,   imamat 25:39-43,   imamat 25:39-43,   download ilusttasi dan renungan pengkhotbah 11:1 menabir untuk menuai,   nyanyian rohani,   jamita 3 musa 25 39-43,   nyanyian rohani mp3,   nyanyian rohani,   yesaya 5.bangsa asing sebagai murka Allah,   2 petrus 2:17-22.,   Rngn yak 1:2-8,   sbu 20 agustus 2019,   Contoh renungan kotbah agama Kristen Protestan,   Amsal 12:1-4,   gms live 2019,   khotbah kolose 1;21-23,   Renungan rohani bil 21:1-3,   download lagu shane filan beautiful in white mp3,   renungan kitap maleakhi 2:1-9,   Khotbah sekolah minggu GPIB 1 Petrus 3 : 8 - 12,   nyanyian rohani,   download lagu rohani alan jackson mp3,   Nehemia 8:1-9,   lagu fb dounload,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   yesaya 48:16-19,   Latar belakang Lukas 6:31,   chord kasih yesus melingkupi saya,   chord kasih yesus melingkupi saya,   lirik lagu pkj biarpun gunung gunung beranjak,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   download video lagu karaoke rohani kristen,   Khotbah Imamat 25:39-43,   Dihadapan tahtamu mp3 download,   bahan sermon imamat 3 : 39 - 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   tafsiran 3 Musa 25 ayat 39 s/d 43,   khotbah imamat 25 35 55,   ilustrasi kitab imamat 25:39-43,   khotbah imamat 25:39-43,   a love i know free download mp3 planetshakers,   renungan lukas 6 : 1-5,   kotbah imammat 25:39-43,   kotbah imammat 25:39-43,   contoh doa persembahan kolekte singkat,   contoh doa setelah persembahan,   khotbah tentang kasih 1Korentus 13:4-8,   lagu persembahan,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah 1 yohanes 2:7-17,   dowload lagu rohani kristen terbaru,   Renungah harrian gereja toraja selasa 20 agustus,   khotbah amsal 3:16,   khotbah amsal 3:16,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   renungan pengkhotbah 7:15-22,   Rngn penghotbah 7:1-22,   Khotbah ibadah minggu 25 Agustus 2019,   santapan haran filemon 1,   sabda bina umat 2019,   Jamita Minggu 19 Februari 2019,   khotbah imamat 25 35-46,   Khotbah 2 Tes 3 : 11-15,   download lagu rohani kristen mp3 gratis,   khotbah kristen agustus,   1 Tawarikh 6:31-53,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   renungan 1 tawarikh 6,   kodbah 3 musa 25:39-43,   kodbah 3 musa 25:39-43,   SBU tanggal 21 agustus 2019,   kunci gitar ikut dikau saja tuhan,   1 Tawarikh 6:31-53,   Tafsiran Alkitab Pengkhotbah 11:1-8,   cerita sekolahmunggu amsal4:1-4,   Amsal 12:1-4,   lagu sion database,   download lagu rohani ambon katakan padaku,   almanak gkpi minggu 25 agustus 2019,   renungan yesaya 5:25-30,   khotbah 22 september 2019,   Bacaan injil tanggal 28 september 2019,   lagu ,   lagu ,   lagu ,   Dangdut gerejawi pernikahan,   download lagu menunggu rhoma ful album,   khotbah mazmur 99:1-9,   khotbah mazmur 99:1-9,   Download lagu pujian kuingin dengar cerita o...o...,   Download lagu pujian kuingin dengar cerita o...o...,   lagu mengumpulkan persembahan dari kidung jemaat,