Save Page
1 Raja-raja 22:41-51
Yosafat, raja Yehuda
22:41 Yosafat, anak Asa, menjadi raja atas Yehuda dalam tahun keempat zaman Ahab, raja Israel. 22:42 Yosafat berumur tiga puluh lima tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua puluh lima tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Azuba, anak Silhi. 22:43 Ia hidup mengikuti jejak Asa, ayahnya; ia tidak menyimpang dari padanya dan melakukan apa yang benar di mata TUHAN. (#22-#44) Hanya bukit-bukit pengorbanan tidak dijauhkan. Orang masih mempersembahkan dan membakar korban di bukit-bukit itu. 22:44 (#22-#45) Dan Yosafat hidup dalam damai dengan raja Israel. 22:45 (#22-#46) Selebihnya dari riwayat Yosafat dan kepahlawanan yang dilakukannya dan bagaimana ia berperang, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda? 22:46 (#22-#47) Dan sisa pelacuran bakti yang masih tinggal dalam zaman Asa, ayahnya, dihapuskannya dari negeri itu. 22:47 (#22-#48) Tidak ada raja di Edom, karena itu yang menjadi raja ialah seorang kepala daerah. 22:48 (#22-#49) Yosafat membuat kapal-kapal Tarsis untuk pergi ke Ofir mengambil emas, tetapi kapal-kapal itu tidak jadi pergi ke sana, sebab kapal-kapal itu pecah di Ezion-Geber. 22:49 (#22-#50) Pada waktu itu Ahazia, anak Ahab, berkata kepada Yosafat: "Baiklah anak buahku pergi bersama-sama anak buahmu dengan kapal-kapal itu." Tetapi Yosafat tidak mau. 22:50 (#22-#51) Kemudian Yosafat mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di kota Daud, bapa leluhurnya. Maka Yoram, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Ahazia, raja Israel
22:51 (#22-#52) Ahazia, anak Ahab, menjadi raja atas Israel di Samaria dalam tahun ketujuh belas zaman Yosafat, raja Yehuda, dan ia memerintah atas Israel dua tahun lamanya.


Penjelasan:

* Konsisten dengan imannya.
Seseorang yang pernah mengalami anugerah Tuhan seharusnya memelihara imannya dengan konsisten. Ia tahu bahwa Allah satu-satunya sumber kebenaran, sehingga ia tidak menjual imannya untuk apapun.
Yosafat adalah seorang anak Tuhan yang belajar dari pengalaman iman, lalu hidup konsisten dengan imannya. Ia tidak mau gegabah menuruti nasihat Ahab untuk berperang bersama melawan Aram (ayat 22:1-28). Ia meminta nasihat nabi Allah sebelum melakukannya. Ia mengalami anugerah Tuhan, ketika ia ikut Ahab memerangi Aram. Seharusnya ia mati dalam peperangan itu, tetapi karena anugerah Tuhan, ia selamat dan Ahab yang mati (ayat 22:29-40). Bagi Yosafat pengalaman berharga ini menyebabkan imannya makin teguh pada Tuhan. Alkitab mencatat ia mengikuti jejak ayahnya, Asa yang saleh (ayat 43). Ia melakukan lebih dari Asa, yaitu menghapuskan praktek pelacuran bakti yang masih ada pada masa sebelumnya (ayat 47).
Ada satu hal yang secara konsisten Yosafat terapkan. Walaupun ia hidup berdamai dengan raja Israel, yaitu Ahab dan kemudian Ahazia, anak Ahab (ayat 45), ia tidak mau terlibat lagi dengan "permainan" politik. Ia tahu turut serta dengan orang tidak seiman lebih banyak menghasilkan kerusakan daripada kebaikan.

* Jangan serba tanggung dan jangan hanya pribadi saja.
Yosafat seorang raja yang hidup menurut jejak ayahnya yaitu hidup menurut jalan Tuhan dan melakukan apa yang benar di mata Allah. Bahkan Allah menghargai apa yang ia lakukan (2Taw. 17:3- 4). Selama pemerintahannya, ia berhasil mengadakan reformasi kerohanian bangsa. Hanya apa yang ia lakukan masih ada kekurangan.
Reformasi rohani yang Yosafat lakukan belum total. Ia sudah berhasil melakukan reformasi yang dimulai dari dirinya sendiri. Namun reformasi masyarakat secara tuntas belum ia lakukan. Buktinya ia sudah menghapuskan sisa pelacuran bakti, namun ia tidak menjauhkan bukit-bukit pengorbanan, sehingga bangsa Yehuda masih mempersembahkan dan membakar korban di bukit-bukit itu. Dalam kehidupan pribadinya, nampaknya Yosafat memilah-milah antara kehidupan rohani dan kehidupan non-rohani yaitu urusan dagang dan politiknya. Dulu ia sengaja bersekutu dengan Ahab untuk memerangi Ramot-Gilead, padahal Allah melarangnya melalui nabi Mikha (2Taw. 19:1-3). Kemudian ia melakukan kerja sama perdagangan dengan Ahazia, anak Ahab yang melakukan apa yang jahat di mata Allah. Allah menegurnya melalui Eliezer dan bencana menimpa kapal-kapalnya (2Taw. 20:36-37). Baru setelah itu ia tidak berani melakukan kerjasama dengan Ahazia (ayat 50).
Kekurangan-kekurangan itu bukanlah hal sepele. Karena berakibat cukup fatal bagi kehidupan keturunannya dan bangsa Yehuda setelah zamannya. Yoram anak Yosafat ternyata tidak hidup menurut jalan ayahnya. Ia membunuh saudara-saudara kandungnya dan melakukan apa yang jahat di mata Allah. Walaupun tidak dikatakan sebagai akibat langsung dari kekurangan Yosafat, namun dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa karena Yosafat serba tanggung di dalam melakukan reformasi kerohanian, sehingga tidak mampu memberikan fondasi yang kuat bagi kehidupan kerohanian keluarga dan masyarakat. Yang diutamakan hanyalah kehidupan rohani pribadinya. Ia mengabaikan kehidupan rohani keluarga dan masyarakatnya.


SBU

MINGGU II PRAPASKAH
SELASA, 9 APRIL 2019
Renungan Pagi
GB.113:1 -Berdoa
BERANI MENGHADAPI REALITAS

1 Raja-Raja 15:9-15
"Asa melakukan apa yang benar di mata Tuhan seperti Daud, bapa leIuhurnya". (ay.11)

Asa dikenal sebagai salah satu raja Yehuda yang pemberani karena sangat yakin Allah dipihaknya. Asa sangat tekun dalam melakukan yang baik di mata Allah. la menghancurkan mezbah-mezbah berhala dan bukit-bukit pengorbanan. Menyingkirkan ritual pelacuran. la meruntuhkan pilar-pllar berhala dan merobohkan patung-patung yang terbuat dari kayu. lajuga memerintahkan rakyat Yehuda untuk mencari Allah, melakukan hukum Taurat dan
perintah-perintah-Nya, bahkan Asa memecat neneknya, Maakha dari posisi ibu suri ketika mengetahui neneknya beribadah pada illah lain.

Asa berusaha hidup benar di hadapan Allah. Apakah dasar keberanian Asa? Hidup benar dan jujur di hadapan Allah. Orang yang hidup benar dan jujur sesuai keinginan Allah, pasti berani
menghadapi apapun termasuk ketika menghadapi pergumulan dan persoalan hidup yang berat. Berani menghadapi dunia karena tahu Allah dipihaknya. Orang yang berlutut di hadapan Allah pasti kuat berdiri di hadapan persoalan kehidupan.

Hari ini TNI Angkatan Udara berulang tahun. Kita perlu mendukung agar kegagahan fisik dan keahlian, ditunjang dengan kekuatan mental menghadapi realitas hidup dalam keseharian
maupun dalam keluarga sehingga tetap teguh menjadi sayap pelindung tanah air Indonesia.

GB.113 : 2,3
Doa : (Ya Tuhan kami memohon berikanlah keberanian bagi kami untuk menghadapi realitas kehidupan karena kami percaya pada penyertaan-Mu. Kami berdoa untuk TNI Angkatan Udara, sudilah Tuhan memberkati seluruh karya layan mereka untuk bangsa dan negara. Mampukanlah para anggota TNI AU sehingga mereka tetap dalam kondisi sehat dan kuat, memiliki keberanian dalam menjalankan tanggung jawabnya dan berdiri di atas kebenaran)



MINGGU II PRAPASKAH
SELASA, 9 APRIL 2019
Renungan Malam
GB.16 : 1,2 -Berdoa
BELAJAR PEKA PADA SUARA TUHAN

1 Raja-Raja 22:41-51
"Yosafat membuat kapal-kapal Tarsis untuk pergi ke Ofir... tetapi kapal-kapal itu tidak jadi pergi ke sana" (ay.49).

Yosafat adalah putra raja Asa. la adalah penggam baran kita yang hidup di abad ini. Berusaha untuk setia tetapi seringkali gagal, berdamai dengan kesalahan orang lain agar diterima oleh |ingkungannya. Tahu mana yang boleh mana yang tidak, tetapi "melihat dari balikjari-jari." Pura-pura tidaktahu selama konsistensi iman sendiri tidak terganggu. Ka/au tidak mau diganggu, jangan mengganggu, mungkin seperti itu bahasanya.

Yosafat berbesan dengan raja Ahab, bahkan membangun kerjasama militer dan perdagangan dengan Ahazia putra Raja Ahab, menantunya. Alasannya sangat politis. Tetapi ketika nabi Eliezer menegurnya, Yosafat sadar dan dengan tegas menolak untuk melanjutkan kerjasamanya dengan Ahazia. Yosafat tidak mengeraskan hatinya, mengerti dan mau mengakui kesalahannya. Ia mau diajar untuk diubahkan menjadi orang yang bukan hanya tahu kepada siapa beriman, tetapi berani menyaksikan iman itu kepada orang lain tentang siapa Allah yang disembahnya.

Kita seringkali berhadapan dengan bujuk rayu hedonisme, egoisme, eksklusivisme yang menantang kekristenan kita. Kita bahkan hanyut mengikuti arus dunia. Ketika firman Tuhan menegur kita, apakah kita dapat bertindak seperti Yosafat yang menyadari lalu mengubah dirinya? Atau kita mengeraskan hati? Belajarlah peka pada suara Tuhan.

GB. 196:1
Doa : (Ya Tuhan tolonglah agar kami tidak menjadi anak-anak Tuhan yang keras kepala dan keras hati. Ajarkan kami untuk memiliki kerendahan hati untuk mau mendengar suara-Mu)


Label:   1 Raja-raja 22:41-51 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 10 April 2019 - SELALU ADA KISAH UNTUK DIWARTAKAN - 1 Tawarikh 25:1-7 (SGK) - MINGGU II PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 8 April 2019 - JANGAN CEPAT PERCAYA - 1 Raja-raja 13:11-25 - HARI MINGGU II PRAPASKAH

Garis Besar 1 Raja-raja




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2 *, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Lord, What's Happening To Your People - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Wings of a Dove - Ferlin Husky

    Jumat, 19 April 2019
    How Great Thou Art - Carrie Underwood featuring Vince Gill

    Jumat, 19 April 2019
    Peace in the Valley - Elvis Presley

    Jumat, 19 April 2019
    Will the Circle be Unbroken - Johnny Cash and Family

    Jumat, 19 April 2019
    Precious Memories - Alan Jackson

    Jumat, 19 April 2019
    I Saw the Light - Hank Williams

    Jumat, 19 April 2019
    Amazing Grace - Dolly Parton

    Jumat, 19 April 2019
    Looking Up - Citizens (U.S.)

    Rabu, 17 April 2019
    Glory - Building 429

    Rabu, 17 April 2019
    Glory Defined - Building 429

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,