Dilihat: 620 x

Save Page
Imamat 18:21-30
18:21 Janganlah kauserahkan seorang dari anak-anakmu untuk dipersembahkan kepada Molokh, supaya jangan engkau melanggar kekudusan nama Allahmu; Akulah TUHAN. 18:22 Janganlah engkau tidur dengan laki-laki secara orang bersetubuh dengan perempuan, karena itu suatu kekejian. 18:23 Janganlah engkau berkelamin dengan binatang apapun, sehingga engkau menjadi najis dengan binatang itu. Seorang perempuan janganlah berdiri di depan seekor binatang untuk berkelamin, karena itu suatu perbuatan keji. 18:24 Janganlah kamu menajiskan dirimu dengan semuanya itu, sebab dengan semuanya itu bangsa-bangsa yang akan Kuhalaukan dari depanmu telah menjadi najis. 18:25 Negeri itu telah menjadi najis dan Aku telah membalaskan kesalahannya kepadanya, sehingga negeri itu memuntahkan penduduknya. 18:26 Tetapi kamu ini haruslah tetap berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku dan jangan melakukan sesuatupun dari segala kekejian itu, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu, 18:27 -- karena segala kekejian itu telah dilakukan oleh penghuni negeri yang sebelum kamu, sehingga negeri itu sudah menjadi najis -- 18:28 supaya kamu jangan dimuntahkan oleh negeri itu, apabila kamu menajiskannya, seperti telah dimuntahkannya bangsa yang sebelum kamu. 18:29 Karena setiap orang yang melakukan sesuatupun dari segala kekejian itu, orang itu harus dilenyapkan dari tengah-tengah bangsanya. 18:30 Dengan demikian kamu harus tetap berpegang pada kewajibanmu terhadap Aku, dan jangan kamu melakukan sesuatu dari kebiasaan yang keji itu, yang dilakukan sebelum kamu, dan janganlah kamu menajiskan dirimu dengan semuanya itu; Akulah TUHAN, Allahmu."

Penjelasan:



* Im 18:21 - Janganlah kauserahkan ...
Korban berupa anak yang dibuat "melindungi api", artinya dibakar, adalah sebuah adat penduduk Kanaan. Adat itu dikutuk oleh hukum Taurat, Ima 20:2-5; Ula 12:31; 18:10. Adat itu memang juga menyusup ke dalam bangsa Israel, khususnya di Yerusalem di "Tofet", ialah tempat pembakaran di lembah Ben-Hinom (Gehenna), 2Ra 16:2; 21:6; 23:10; Yes 30:33; Yer 7:31; 19:4 dst Yer 32:35; Yeh 16:21. Kata "molekh" (molokh) berasal dari bahasa Fenisia. Dalam bahasa itu kata "molekh" berarti salah satu jenis korban. Di Ugarit kata itu menjadi nama seorang dewa. Di Israel kata itu diartikan sebagai sebutan ilahi dan ada sejumlah ayat yang berkata tentang korban yang dipersembahkan kepada Molokh. Sebenarnya Molokh harus diucapkan sebagai melek, artinya raja. Tetapi kemudian huruf mati (mlk) dibubuhi dengan huruf hidup kata bosyet, artinya: malu untuk mencemoohkan dewa.

* Im 18:21 - Dipersembahkan kepada Molokh // dipersembahkan
Dipersembahkan kepada Molokh. Kata dipersembahkan ini sebenarnya tidak ada di dalam nas Ibrani aslinya namun merupakan sekadar sisipan yang dilakukan oleh para penerjemah berdasarkan nas-nas seperti II Raja-Raja 16:3; 17:17; 21:6. Sesungguhnya, sifat dari penyembahan yang ditunjukkan bisa mencakup baik api maupun kurban manusia sekalipun hal itu tidak disebutkan. Molokh adalah dewa orang kafir yang juga disebut sebagai Milkom (I Raj. 11:33; Zef. 1:5). Dalam I Raja-Raja 11:5 dewa ini juga disebut sebagai "dewa kejijikan sembahan orang Amon," dan dalam I Raja-Raja 11:7 Salomo dikatakan telah mendirikan sebuah tempat penyembahan baginya di gunung yang terletak di depan Yerusalem. Dalam Yeremia 32:35 disebutkan bahwa Molokh disembah di tempat-tempat penyembahan dewa Baal sehingga menunjukkan bahwa di antara kedua dewa ini ada hubungan yang erat. Dengan menyembah Molokh bani Israel mencemarkan nama Allah. Mencemarkan (hillēl) artinya "meremehkan, mengotori, menjadikan sama rendah." Menarik untuk diperhatikan bahwa dalam ejaannya ada kata Ibrani yang sangat mirip tetapi artinya justru kebalikan (hillēl) yaitu "memuji, merayakan, memuliakan."

* Im 18:22 - Janganlah engkau tidur dengan laki-laki secara orang bersetubuh dengan perempuan
Janganlah engkau tidur dengan laki-laki secara orang bersetubuh dengan perempuan. Penyimpangan hubungan seksual yang disebutkan di sini dan dalam ayat 23 tidak mungkin menghasilkan keturunan sehingga menyalahi tujuan yang untuk itu manusia telah diberi tanggung jawab dan kemampuan. Karena itu tindakan ini merupakan pemberontakan baik terhadap Allah maupun terhadap masyarakat yang diatur oleh Allah.

* Im 18:24 - Janganlah kamu menajiskan dirimu
Janganlah kamu menajiskan dirimu. Bandingkan ayat 3. Gambaran yang diberikan dalam ayat-ayat yang terakhir dari pasal ini ialah tentang seorang yang muak melihat segenap kerusakan dan kenajisan yang ada di dalam dirinya sehingga dengan keras membuang dari cara hidupnya hal-hal yang hanya akan makin menajiskan dirinya. Sebagai kontras, Allah mengingatkan bangsa itu agar mereka memandang Dia sebagai Allah mereka dan memisahkan diri dari kebiasaan-kebiasaan bangsa kafir di sekitar mereka dan mengabdi kepada Dia.

* Im 17:1--26:46
Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, dari pelbagai segi. Bagian ini djauh lebih mendalam adjarannja daripada pasal 1-16 jang lebih memperhatikan segi lahiriah dan rituil sadja. Kekudusan Tuhan Israil menuntut dari umatNja kesutjian jang tidak terdiri atas ketahiran lahiriah dan rituil semata-mata, tetapi djuga dan terutama atas kesutjian moril dan batiniah. Pasal #TB Ima 1-16 memperbintjangkan segala sesuatu jang menghalang umat berhadapan Allah dalam ibadah; pasal #TB Ima 17-26 mengutarakan apa jang dituntut dari orang jang hendak menghubungi Jahwe.

* Im 18:1-30
Hukum-hukum ini mengatur perkawinan dan hidup seksuil. Berkat peraturan inilah umat Jahwe Perdjandjian Lama dibidang ini amat menondjol diantara segala bangsa kafir sekelilingnja.


SBU

MINGGU I SESUDAH PASKAH
SELASA, 30 APRIL 2019
Renungan Pagi
KJ.318 : 1 -Berdoa
JAGA KEKUDUSAN PERKAWINAN

Imamat 18 : 1 - 20
Sesungguhnya kamu harus berpegang pada ketetapan-Ku dan peraturan-Ku.... (ay-5)

Kerabat yang dimaksud Nas Alkitab di atas bertalian dengan kerabat biologis dan kerabat oleh perkawinan. Baik kerabat biologis atau satu darah-daging maupun oleh ikatan perkawinan keduanya terhisap dalam satu keluarga besar. Sebagai kerabat dalam satu keluarga besar harus saling mengasihi, menolong dan menghargai serta menghormati satu dengan lainnya. Sehingga patutlah menjaga, merawat keharmonisan dan kebaikan bersama berdasarkan
norma yang baik serta benar. Termasuk menjaga, menghormati nilai-nilai dan norma perkawinan yang sepatutnya dihargai.

Berdasarkan firman TUHAN kepada Musa agar Musa harus mengingatkan umat Israel. Supaya mereka menjaga kekudusan perkawinan yang suci sesuai kehendak TUHAN. Oleh kerena umat
Israel sendiri adalah umat pilihan yang dikuduskan atau dikhususkan TU HAN berbeda dengan bangsa Mesir dan Kanaan. Sehingga praktek perkawinan orang Mesir dan Kanaan tidak boleh diikuti umat Israel. Umat Israel harus tetap kokoh menjaga dan merawat kekudusan perkawinan mereka dalam hubungan pertalian kekerabatan. Janganlah hawa nafsu seksual menguasai mereka sehingga kerabatnya sendiri dilecehkan.

Kecenderungan dewasa ini dalam menjaga nilai-nilai luhur perkawinan agak memudar. Pelecehan seksual demi pemenuhan hawa nafsu sejenak merusak kesucian perkawinan itu sendiri. Bahkan hubungan seksual itu bisa saja terjadi sebelum ataupun di luar perkawinan yang kudus. Sangat memprihatinkan bagi kita semua karena masih banyak terjadi pelecehan seksual dalam lingkup kerabat. Baik kerabat biologis sedarah-daging maupun kerabat oleh ikatan perkawinan. Perkara ini adalah pergumulan kita bersama selaku umat percaya.

KJ.318 : 2
Doa : (Tuhan Yesus gembala baik dan agung tolonglah kami semua menjaga serta merawat kekudusan perkawinan)


MINGGU I SESUDAH PASKAH
SELASA, 30 APRIL 2019
Renungan Malam
KJ.402 : 1 -Berdoa
PELIHARA KEKUDUSAN SPIRITUAL DAN MORALITAS

lmamat 18 : 21 - 30
Dengan demikian kamu harus tetap berpegang pada kewajibanmu terhadap Aku,... (ay.30)

TUHAN memerintahkan Musa menjaga dan merawat kekudusan hidup kerohanian umat Israel termasuk juga moralitas mereka. Umat Israel dilarang mempersembahkan anak-anaknya bagi
Molokh seperti untuk dipersembahkan kepada dewa orang Amon. Anak-anak yang dipersembahkan untuk dewa orang Amon harus dibakar di Lembah Hinom dekat Yerusalem. Praktek kerohanian seperti itu tidak sesuai dengan cara beriman umat Israel. Karena
itu TUHAN tidak menghendaki umat-Nya mempraktekan cara beriman seperti tradisi kerohanian bangsa di sekitar Israel tennasuk Kanaan dan orang Amon.

Spiritualitas umat Israel sangat berkaitan erat dengan moralitas hidup demi menjaga kekudusan selaku umat pilihan. TUHAN tetap ingatkan Musa supaya umat Israel menjauhkan diri dari penyimpangan seksual. Yakni hubungan seksual di luar batas-batas kewajaran sebagai manusia baik laki-laki maupun perempuan. Larangan TUHAN bagi Israel berkaitan dengan kekudusan. Karena TUHAN Kudus, maka Israel juga harus tetap menjaga kekudusan
sebagai umat pillhan TU HAN. Bila Israel ikut mempraktekan kebiasaan dan melakukan tindakan buruk yang menyimpang, itu berarti umat Israel terpengaruh dan ldentik dengan bangsa sekitarnya

Memellhara hidup kudus secara spiritualitas dan moralitas selaku orang percaya tetap berlaku sepanjang masa. Kapan dan dimanapun kita berada di dunia ini. Sebagal umat yang telah ditebus serta dlkuduskan Tuhan Allah dalam Yesus Kristus harus tetap menjaga kekudusan. Tanpa dalih apapun kita musti berupaya serta berusaha hidup kudus di hadapan dan di dalam Tuhan Yesus.

KJ.402:2
elDoa : (Tuhan Yesus mampukan dan kuatkan kerohanian serta moralitas kami selaku umat tebusan-Mu)




Label:   Imamat 18:21-30 




German Christian Songs
HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Rabu, 1 Mei 2019 - PEDULI TERHADAP ORANG UPAHAN - Imamat 25:47-55 (SGK) - MINGGU I SESUDAH PASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Senin, 29 April 2019 - TAK HABIS-HABIS MENGAMPUNI - Matius 18:21-22 - MINGGU I SESUDAH PASKAH

Garis Besar Imamat





BACAAN ALKITAB SETAHUN:


Hari ini, 26 Agustus - Mazmur 82; 2 Tawarikh 20; Mazmur 83


Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..

Register   Login  

contoh kj 392 bukan kj.392



Beli Kaos C59. Klik Disni






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
TATA IBADAH SYUKUR HUT KEMERDEKAAN RI KE-74

TATA IBADAH HUT KE-69 PELKAT GP GPIB & JUKLAK - Minggu, 28 Juli 2019
URAT PENGANTAR JUKLAK HUT KE-69 PELKAT GP, Petunjuk Pelaksanaan HUT GP ke 69 bersama jemaat, JUKLAK SERAGAM-LOGO-MARS PELKAT GP GPIB 2019, TATA IBADAH HUT KE 69 PELKAT GP, Pesan HUT ke 69 Pelkat GP
TATA IBADAH HARI MINGGU dan SYUKUR 38 TAHUN PELKAT PKB GPIB Minggu, 21 Juli 2019
Surat Pengantar Pengiriman Juklak HUT ke 38 PKB, JUKLAK HUT KE-38 Pelkat PKB, JUKNIS BMKB HUT KE-38, JUKNIS IHMPA di Bulan Khusus - HUTPKB 5-Pesan Dewan PKB - HUT ke 38 6-JUKLAK-KBA-pdr Evie 7-TATA IBADAH HUT KE 38 PELKAT PKB



Gereja GPIB di Jakarta (Map)
Gereja GPIB di Surabaya (Map)
Gereja GPIB di Makassar (Map)
Gereja GPIB di Medan (Map)
Gereja GPIB di Bandung (Map)
Gereja GPIB di Manado (Map)
Gereja GPIB di Bekasi (Map)
Gereja GPIB di Tangerang (Map)
Gereja GPIB di Denpasar (Map)
Gereja GPIB di Bogor (Map)


New Submit
Sabtu, 07 April 2018
He Who Would Valiant Be Hymn

Selasa, 16 Februari 2016
26 Old Timeless Gospel Hymns Classics

Rabu, 20 Maret 2019
Sing - Ellie Holcomb

Minggu, 25 Agustus 2019
Made A Way - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
While I'm Waiting - Travis Greene feat. Chandler Moore

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing But The Blood - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Without Your Love - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Worship Rise - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
Won't Let Go - Travis Greene

Minggu, 25 Agustus 2019
We Labor Unto Glory - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
Little Things With Great Love - The Porter`s Gate

Minggu, 25 Agustus 2019
The Earth Shall Know - The Porter`s Gate feat. Urban Doxology, Casey J & Leslie Jordan

Minggu, 25 Agustus 2019
Nothing to Fear - The Porter`s Gate feat. Audrey Assad

Minggu, 25 Agustus 2019
Establish the Work of Our Hands (feat. Aaron Keyes & Urban Doxology) - The Porter`s Gate

Sabtu, 24 Agustus 2019
More Than I Can Bear - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
I Smile - Kirk Franklin

Sabtu, 24 Agustus 2019
Better - Pat Barrett

Minggu, 18 Agustus 2019
I'm Not Alright - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Changed - Sanctus Real

Minggu, 18 Agustus 2019
Commitment - Sanctus Real

christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,



khotbah 1 Tawarik 6 : 31-53,   dari sinai beralih kesion,   maksud dari lukas 8 17,   renungan Roma 2 ayat 1 sampai 16,   lagu batak full album mp3,   lirik lagu rohani pembuka ibadah,   Tata Ibadah HUT Lansia GKI,   liturgi ulang tahun lansia,   Tata Ibadah Hari Ulang Tahun Orang Lanjut Usia (Kristen),   tata ibadah lansia gmim,   matius 6:5-15,   lagu satriaksih,   liturgi ibadah lansia,   Tata Ibadah HUT Lansia (Kristen),   lagu rohani kristen mp3 free download,   khotbah 1 tawarikh 6 : 31-54,   download lagu GMS,   great is thy faithfilness kpri,   kotbah kristen nehemia 13 : 25-31 kotbah Penta kosta,    sermon dari ayat matius 19 ayat 1-12,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   mars teruna gpib kord,   Lagu babtisan,   khotbah mazmur 147:1-6,   khotbah mazmur 147:1-6,   Kotbah bulan Agustus 2019,   renungan ibadah keluarga kejadian 3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   renungan ibadah keluarga kejadian3,   sabda bina umat agustus 2019,   download instrumen piano lagu agama aku berserah,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   khotbah kristen nehemia 13 : 25-31 khotbah Pentakosta,   Lirik tasbiih al rab,   kumpulan lagu rohani gpdi,   khotbah mazmur 147:1-6,    3 Musa 25:39-43 apa artinya,   buku pujian methodist,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   3 musa 25 : 39 _ 43 apa maksudnya,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   kumpulan syair lagu rohani grace simon,   lagu rohani mazmur,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   lirik lagu rohani yang menyentuh hati,   tatacara ibadah gky,   lagu pengakuan dlsa,   lagu greja,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun khotbah ulang tahun,   Lagu kidung jemaat yang menuntun hotbah ulang tahun,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   kotbah gpib Nehemia 1 1-7,   Lagu2 rohani indonesia timur,   khotbah kejadian 3,   maranatha tuhan datanglah lirik,   hotbah roma 13:1-7,   tafsiran 1 tawarikh 6:31-53,   ayat untuk persembahan,   AYAT ALKITAB TENTANG MEMBERI PERSEMBAHAN,   karismatik katolik lagu mp3,   doa persembahan kolekte,   3musa 25:39-43 batak toba,   3musa 25:39-43,   lagu batak gereja hkbp,   3 musa 25:39,   hotbah roma 13:1-7,   3 musa 25:39-43 batak,   tata ibadah gpib 25 agustus 2019,   kotbah dari imamat 25:39-43,   kj hkbp no 119,   www.renungan lukas 13 22 30,   renungan 1 tawarikh 6,   khotbah 1 tawarikh 6:31-53,   sabda bina umat agustus 2019,   sabda bina umat agustus 2019,   buku pujian methodist,   khotbah dari lukas 6:27-36,   renungan 1 tawarikh 6:31-53,   download kidung keesaan,   Lagu rohani advent jilid 1,   Lagu rohani advent jilid 1,   khotbah 1 tawarikh 25 1-7,   download lagu rohani kristen 2019,   renungan alkitab lukas 13:22-30,   lagu pemberkatan nikah,   lagu pemberkatan nikah,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   doa deklarasi persembahan,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   renungan harian 1 tawarikh 6:31-53,   renungan pkb 1 tawarikh 6:31-53,   kidung muda mudi,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kunci lagu rohani elsady2 nada dasa f,   renungan Tawarikh 6 : 31-53,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   1 tawarikh 6:31-49,   kemerdekaan terakhir bagi orang benar Maleakhi 3 :13 -14khotbah kristen,   kotbah lukas 6:27-36,   nkb 119 dengan notasi,   download aplikasi kidung ceria,   renungan injil lukas 13:22-30,   khotbah dari matius 7:17-18,   renungan tentang kemerdekaan kristen kaitan dengan Lukas 12 : 13 21,   mars pelkat Pt,   khotbah dari matius 7:17-18,   1 tawarikh 6:31-49,   Mazmur 119;5-15 (bahasa toraja),   kotbah 1petrus3:8-12,   apa arti ipuh dlm amos 5:7,   sabda bina umat agustus 2019,   lagu pujian rohani kemerdekaan,   pkj 223,   imamat 25 : 39-43,   lagu penutup ibadah pemuda,   download lagu rohani takkan pernah terlambat pertolonganmu,   lagu sekolah minggu terbaru 2019,   KK 476 Berlimpah Sukacita Dihatiku ,   lagu penutup ibadah pengucapan syukur,   Kidung Keesaan 399 Mengikut Yesus Keputusanku,   download MIDI rohany kapata grup,   pengertian lukas6:27-36,   download instrument lagu rohani,   lagu walau seribu lidahku,   lagu walau seribu lidahku,   chord lagu tabu gendang,   di pintumu kudatang dan mengetok mp3,   kidung puji pujian kristen walau seribu lidahku graha bethany nginden,   lukas 13 22-30,   reungan roma 11: 33-36,   ilustrasi dalam roma 11: 33-36,   mp3 lagu rohani terbaru 2019,   Khotbah 3 musa 25:39-43,   doa persembahan,   download lagu kristen arab,   download lagu kristen arab,   renungan injil luk 13:23-30,   lagu penutup ibadah pemuda,   khotbah: Efesus 3:20-21,   lagu untuk pembukaan ibadah raya,   Rancangan khotbah ibadah minggu ,dari nas Ratapan 1:1-6?,   Renungan imamat 25:39-43,   hatorangan ni lukas6:27-36,   hatorangan ni lukas6:27-36,   partitur nkb 100,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   CATATAN KHOTBAH PENDETA TENTANG MENGHAKIMI DI DALAM ROMA 14 AYAT 1 SAMPAI 12,   Cerita kerna amsal 12:1-4,   Renungan kolose 2:16-23,   Kotbah pendeta amsal 12:1-4,   kidung keesaan,   kidung keesaan 2,   Khotbah minggu 25 agustus 2019 BNKP,   kita semua anak raja sekolah minggu mp3,   1 tawarikh 6:31-53 stemi,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   khotbah lukas 6 : 27 - 36,   lagu penutup ibadah Pemuda Remaja,   sabda bina umat 23 agustus 2019 ,   renungan kotbah. Yesaya 40: 37-41.,   lagu rohani GPI,   Lukas 6 :1-5,   lagu penyembahan pantekosta,   khotbah kristen tentang kemunafikan,