Save Page
Senin, 1 April 2019
MINGGU III PRAPASKAH
Pagi :   1 Samuel 7:2-14
Malam :   1 Samuel 12:20-25

1 Samuel 12:20-25
12:20 Dan berkatalah Samuel kepada bangsa itu: "Jangan takut; memang kamu telah melakukan segala kejahatan ini, tetapi janganlah berhenti mengikuti TUHAN, melainkan beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hatimu. 12:21 Janganlah menyimpang untuk mengejar dewa kesia-siaan yang tidak berguna dan tidak dapat menolong karena semuanya itu adalah kesia-siaan belaka. 12:22 Sebab TUHAN tidak akan membuang umat-Nya, sebab nama-Nya yang besar. Bukankah TUHAN telah berkenan untuk membuat kamu menjadi umat-Nya? 12:23 Mengenai aku, jauhlah dari padaku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakan kamu; aku akan mengajarkan kepadamu jalan yang baik dan lurus. 12:24 Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu. 12:25 Tetapi jika kamu terus berbuat jahat, maka kamu akan dilenyapkan, baik kamu maupun rajamu itu."

Penjelasan:




* 1Sam 12:21 - JANGANLAH MENYIMPANG UNTUK MENGEJAR DEWA KESIA-SIAAN.
Samuel mengingatkan orang Israel untuk tidak menyembah dewa-dewa yang tidak berdaya; hanya Tuhan Allah yang sanggup memberikan bantuan yang mereka perlukan pada saat-saat krisis. Untuk keterangan lebih lanjut tentang penyembahan berhala,

* 1Sam 12:22 - TUHAN TIDAK AKAN MEMBUANG UMAT-NYA.
Allah tetap bekerja dengan bangsa Israel sekalipun mereka telah membuat pilihan yang salah dan menyimpang dari kehendak-Nya yang sempurna bagi mereka. Dalam kemurahan dan kesabaran-Nya, sering Allah tetap menolong kita sekalipun kita telah membuat pilihan yang salah dan menapaki jalan yang bukan sepenuhnya menjadi kehendak-Nya bagi kita. Ketika kita menyimpang, kita harus memohon pengampunan dan kembali menaati dan melayani Allah dengan segenap hati (ayat 1Sam 12:24). Apabila ini dilakukan, Allah akan memberkati kita dalam situasi sekarang ini. Tetapi apabila kita terus menurut kemauan kita sendiri, kita mendatangkan kehancuran atas diri kita (ayat 1Sam 12:25).

*  1Sam 12:23 - JAUHLAH DARIPADAKU UNTUK BERDOSA ... DENGAN BERHENTI MENDOAKAN KAMU.
Samuel adalah orang yang senantiasa berdoa.
    1) Ia lahir sebagai jawaban atas doa permohonan ibunya (1Sam 1:10-20); ia berdoa bagi umat Allah dan melalui doa ia melihat Israel dibebaskan dari musuh mereka (1Sam 7:5-14); ia berdoa ketika Israel menolak Allah (1Sam 8:6); ia senantiasa berdoa agar umat Allah takut akan Tuhan dan melayani Dia dengan setia (1Sam 12:23-24).
    2) Ayat Mazm 99:6 menyatakan bahwa ia termasuk "di antara orang-orang yang menyerukan nama-Nya." Yer 15:1 menunjukkan bahwa selaku juru syafaat, kedudukan Samuel setara dengan Musa di hadapan Allah.
    3) Samuel demikian memahami sifat, kepentingan, dan kuasa dari doa syafaat sehingga ia menganggapnya dosa apabila ia berhenti memanjatkan doa syafaat

*  1Sam 12:24 - HANYA TAKUTLAH AKAN TUHAN DAN SETIALAH BERIBADAH KEPADA-NYA.
Sekalipun Saul kini menjadi raja Israel, Samuel selaku nabi Allah tetap memanggil raja dan rakyatnya untuk berjalan di jalan Allah (ayat 1Sam 12:23). Sebagai nabi yang mewakili Allah dan firman-Nya, ia berdiri terpisah dari Saul dan semua raja di masa depan sebagai suara Allah (1Sam 3:20; 15:1; Kel 7:1-2). Raja-raja Israel harus tetap tunduk kepada kekuasaan, ajaran, dan teguran Allah yang disampaikan melalui para nabi-Nya (bd. 1Sam 13:13-14; 15:17-23; 2Sam 12:1-15).

* 1Sam 8:1--12:25
Kisah tentang terbentuknya pemerintahan berupa kerajaan di Israel ini memberitakan sebuah kejadian yang memutuskan perjanjian di Silo sudah hancur dan persatuan bangsa terancam oleh karena tekanan dari pihak orang Filistin semakin menghebat. Dengan mengulang tawaran yang pernah disampaikan kepada Gideon, Hak 8:22 dst, dan percobaan yang diadakan Abimelekh, Hak 9:1 dst, sebagian dari bangsa Israel menurut seorang raja "seperti ada pada bangsa-bangsa lain", padahal sebagian lainnya menentang usul itu karena berpendapat bahwa Tuhan sendiri, satu-satunya Penguasa di Israel, akan membangkitkan pemimpin-pemimpin manakala diperlukan, seperti dahulu diperbuatNya pada zaman para hakim. Tetapi kurang tepat kiranya berkata tentang "Kisah yang berhaluan anti-monarki" (dari kalangan mereka yang melawan lembaga kerajaan), (bab 1Sa 8; 10:17-24; 12)dan tentang "Kisah yang berhaluan monarki" (dari kalangan pendukung lembaga kerajaan), 1Sa 9:1-10:16:11. Memang ada dua macam tradisi yang berasal dari dua tempat kudus. Tetapi kedua tradisi itu sehaluan mengenai peranan kenegaraan dan keagamaan Samuel. Adapun jasa Samuel yang terbesar adalah: Ia memenangkan suatu lembaga kerajaan yang mempertahankan hak-hak Allah atas bangsa Israel. Cita-cita itu tercapai dalam pemerintahan Daud, setelah usaha Saul mengalami kegagalan. Kepercayaan Daud yang luhur berhasil mempersatukan segikeagamaan dan segi keduniaan yang ada pada lembaga kerajaan di Israel. Sebagai negara Daud tidak melalaikan kewajibannya sebagai orang yang diurapi Tuhan. Selanjutnya cita-cita itu tidak lagi tercapai oleh para pengganti Daud dalam jabatan raja. Maka Daudlah yang tetap lambang raja di masa mendatang, ialah "Orang yang diurapi oleh Tuhan", Mesias. Melalui Dialah Allah mengerjakan keselamatan umatNya.
Jerusalem: 1Sam 12:1-25
Dengan wejangan perpisahan Samuel ini boleh dibandingkan wejangan perpisahan Musa, Ula 12:29-30, dan wejangan perpisahan Yosua, Yos 23. Pada awal tiap-tiap tahap baru dalam sejarah - perebutan negeri Kanaan, zaman para Hakim, zaman para raja - seorang tokoh besar mengenangkan karya Allah di masa yang lampau dan menjanjikan pertolonganNya di masa mendatang, asal saja umat tetap setia. Dalam hal Musa dan Yosua wejangan itu berkaitan dengan pembaharuan perjanjian. Ula 31; Yos 24. Ini juga tersirat dalam wejangan Samuel, 1Sa 12:7-15. Tempatnya wejangan itu diucapkan rupanya Gilgal, seperti dalam 1Sa 11:15.


SBU


MINGGU III PRAPASKAH
SENIN. 1 APRIL 2019
Renungan Pagi
KJ.405 : 1,2-Berdoa
BERIBADAH DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH

1 Samuel 7:2-15
Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: "Sampai di sini TUHAN menolong kita."  (ay.12)

Hal paling menyenmqkan adalah jika permohonan kita dikabulkan. Narnun kita saring mengabaikan dan bahkan melupakan prosesnya. Samuel memimpin orang Israel untuk menghadapi Filistin yang datang menyerang rnereka di Mizpa. Orang lsraei sedang berada dalam kondisi mental yang jatuh. Peristiwa direbutnya Tabut Allan oleh orang Filistin (pasal 4) telah rnembuat orang Israel menjadi begitu ketakutan setiap mendengar dan berhadapan dengan orang Filistin!. Samuel menegaskan kepada orang Israel bahwa yang utama yang harus dilakukan adalah beribadah dangan benar dan sunggu-sungguh kepada Allah (ay 3).

Dan ibadah yang sungguh-sungguh harus diikuti dengan perbuatan yang sungguh-sungguh juga! Ibadah yang sungguh-sungguh menjadi dasar untuk semakin meyakini kuasa
dan kasih TUHAN. Pertolongan TUHAN nyata. Ketika Samuel mengarahkan orang Israel untuk tetap yakin dan bersandar pada kuasa TUHAN, maka orang Israel berhasil memukul mundur orang Filistin sampai hilir Bet-Kar (ay.11), Dan untuk mengingatkan peristiwa itu dan pengalaman iman Israel." ... Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana, ia menemaninya Eben-Heezer, katanya : "Sampai disini TUHAN menolong kita." (ay.12).

Ibadah kepada Tuhan bukanlah sekadar sebuah upacara agama! Ibadah kepada Tuhan adalah keistimewaan, karena TUHAN Allah yang Mahakudus. Mahatinggi, Mahakuasa berke-
nan untuk dijumpai oleh ciptaanNya. Lebih istimewa lagi, TUHAN berkenan untuk hadir dalam hidup setiaporang yang percaya kepada-Nya dan berkarya dalam kehidupan mereka. Beribadah dengan sungguh-sungguh dan hiduplah sesuai dengan ibadahmu kepada TUHAN.

KJ 405:3
(Ya TUHAN, berkatilah ibadah kami kepada-Mu, sehingga berkenan dan menjadi berkat bagi hidup kami)




MINGGU III PRAPASKAH
SENIN. 1 APRIL 2019
Renungan Malam
KJ 400 : 1,2 -Berdoa
BERIBADAH DENGAN SEGENAP HATI

1 Samuel 12:20-25
Dan berkatalah Samuel kepada bangsa itu: "Jangan takut; memang kamu telah melakukan segala kejahatan ini, tetapi janganlah berhenti mengikuti TUHAN, melainkan beribadahlah kepada TUHAN dengan segenap hatimu.  (ay.20)

Samuel, di akhir masa kepemirnpinannya atas orang Israel. mengingatkan dan menguatkan arang Israel. Samuel mengingatkan orang Israel akan segala bentuk kedegilan heti mereka sehingga membuat mereka melakukan segala kejahatan dan banyak perbuatan yang tidak berkenan bagi Allah. Sebaliknya, Samuel juga menguatkan orang Israel bahwa mereka dapat terhindar dari segala hal dan perbuatan yang tidak berkenan kepada Allah dengan mem-
bangun dan memelihara hidup beribadah yang setia, yang sungguh-sungguh dan dengan segenap hati.

Beribadah dengan segenap hati berarti beribadah dengan kerinduan dan kerendahan, karena sadar bahwa ibadah adalah kesempatan yang istimewa yang diberikan Allah untuk dijumpai
oleh Allah. Beribadah dengan segenap hati berarti beribadah dengan kesungguhan untuk mau membuka diri dan menerirna apa yang menjadi kehendak Allah dalam hidup. Beribadah dengan segenap hati berarti beribadah dengan ketaatan dan keyakinan untuk mau
melandasi setiap langkah hidup dalarn keyakinan akan pemeliharaan Allah dan dalam ketaatan alas semua yang Allah kehendaki.

Bagaimana dengan kehidupan beribadah kita, dengan segenap Setengah hati? Seperempat hati? Atau tidak ada hati? Jawaban yang sebenar-benamya dari kita, TUHAN tahu. Segenap
hati bukan karena para pelayan ibadahnya, bukan Karena perangkat ibadah yang membuat kenyamanan: tetapi karena Allah yang sedia dan setia mengasihi dan selalu memberkati.

KJ. 400 : 3,4
Doa : (TUHAN, kami mau beribadah kopadaMu dengan segenap hati)


Label:   1 Samuel 12:20-25 


HEALING WORSHIP SONGS
Latest Christian Song
Jesus Is Risen Song


NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 2 April 2019 - MEMBANGUN IBADAH AKTUAL = Roma 12:1-8 - MINGGU III PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 31 Maret 2019 - SEJAHTERA DALAM SEMUA ORANG - Yeremia 29:1-9 (SGD) - HARI MINGGU III PRAPASKAH

Garis Besar 1 Samuel




BACAAN ALKITAB SETAHUN:
  • Bacaan Alkitab Setahun di FGCC (Gereja di Malaysia)
  • Bacaan Alkitab Setahun - ProSesama (GKI, GKPS dll)
  • Bacaan Alkitab Setahun GBI
  • Pembacaan Alkitab Gereja GKPS Tahun 2019
  • Kalender Liturgi Katolik 2019
  • Kalender GKJ 2019
  • Bacaan Alkitab GMIT 2019
  • Pembacaan Alkitab GMIM 2019
  • Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2019..


    rss lagu-gereja.com  Register   Login  

    contoh kj 392 bukan kj.392





    Beli Kaos C59. Klik Disni

    Nyanyian Ibadah Gereja
    English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate) *,
    JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, NR, NKB, KC, MNR1, MNR2 *, MAZMUR MP3 GKI, Nyanyian Pujian, Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, Puji Syukur, Madah Bakti,
    Kenya Worship Songs
    Ghana Worship Songs
    Russian Worship Songs
    Chinese Praise and Worship Song
    Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
    Thai Christian Song
    Hebrew Christian Song
    Arab Christian Song
    Christian Songs In Dutch
    German Christian Songs
    Hindi Worship Song
    Japanese Christian Song
    Italian Christian Song
    Lagu Rohani Batak
    Lagu Rohani Ambon
    Greek Worship Songs
    French Worship Songs
    Spanish Worship Songs





    Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 dan Tata Ibadah Paskah 21 April 2019 GPIB
    Terlampir disampaikan : 1. Tata Ibadah Perjamuan Kudus Jumat Agung 19 April 2019 2. Tata Ibadah Paskah 21 April 2019



    Gereja GPIB di Jakarta (Map)
    Gereja GPIB di Surabaya (Map)
    Gereja GPIB di Makassar (Map)
    Gereja GPIB di Medan (Map)
    Gereja GPIB di Bandung (Map)
    Gereja GPIB di Manado (Map)
    Gereja GPIB di Bekasi (Map)
    Gereja GPIB di Tangerang (Map)
    Gereja GPIB di Denpasar (Map)
    Gereja GPIB di Bogor (Map)


    New Submit
    Rabu, 24 April 2019
    Overcome - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    This Is My Story (My Song) - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    When I See You - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    Freedom In The Spirit - Sarah Kroger

    Rabu, 24 April 2019
    For Us - Sarah Kroger

    Minggu, 21 April 2019
    Come Back Home - Manafest feat. Trevor McNevan

    Sabtu, 20 April 2019
    How He Loves - Peter Mattis | Bethel Music

    Sabtu, 20 April 2019
    Still - Amanda Lindsey Cook

    Jumat, 19 April 2019
    With You On My Mind - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Lord, What's Happening To Your People - Kenny Smith

    Jumat, 19 April 2019
    Wings of a Dove - Ferlin Husky

    Jumat, 19 April 2019
    How Great Thou Art - Carrie Underwood featuring Vince Gill

    Jumat, 19 April 2019
    Peace in the Valley - Elvis Presley

    Jumat, 19 April 2019
    Will the Circle be Unbroken - Johnny Cash and Family

    Jumat, 19 April 2019
    Precious Memories - Alan Jackson

    Jumat, 19 April 2019
    I Saw the Light - Hank Williams

    Jumat, 19 April 2019
    Amazing Grace - Dolly Parton

    Jumat, 19 April 2019
    Looking Up - Citizens (U.S.)

    Rabu, 17 April 2019
    Glory - Building 429

    Rabu, 17 April 2019
    Glory Defined - Building 429

    Pemilihan Presiden
    Quick Count    |    Real Count

    christian music charts, new contemporary christian songs, top christian radio songs, top 20 christian songs this week, top 10 christian songs, download lagu kristen mp3, lagu terbaru rohani kristen, mp3 rohani kristen, lagu2 rohani terbaru, lagu rohani yang enak, mp3 lagu rohani kristen terbaru,